Penagihan ke Telepon Kantor oleh DC Tunaiku

Tagihan saya di aplikasi Tunaiku (nomor fasilitas: 120320424) telat sebulan, yaitu cicilan bulan Mei 2022 kemarin. Karena memang dana untuk cicilan bulan Mei saya pakai untuk pembayaran kuliah adik saya. Sudah saya jelaskan lewat email kepada DC Tunaiku a.n. Faizal, lewat chat WA, lewat telepon, bahwa saya akan melunasi sekalian dengan tagihan bulan Juni (sekalian 2 bulan), beserta dendanya dengan total Rp3.210.000, pada tanggal 31 Juni 2022.

Namun tetap saja saya diganggu dengan telepon berkali-kali ke telepon kantor dan memaksa disambungkan ke bagian HRD. Alhasil saya dikasih SP dan saya terancam dipecat. Jika sudah begini, siapa mau bertanggung jawab? Bagaimana jika memang saya dipecat, bagaimana dengan sisa cicilan tagihan saya?

Sumber pendapatan saya ya dari pekerjaan saya sekarang ini, tapi malah dirusak oleh DC a.n. Faizal. Tolonglah pihak Tunaiku, tindakan seperti ini sangat merugikan nasabah.

Fransiskus Feri Suhardi
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tunaiku Amar Bank:
[Total:131    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Tunaiku atas Surat Bapak Fransiskus Fery Suhardi

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Bapak Fransiskus Fery Suhardi sampaikan. Menanggapi Surat Pembaca yang disampaikan Bapak Fransiskus...
Baca Selengkapnya

39 komentar untuk “Penagihan ke Telepon Kantor oleh DC Tunaiku

  • 15 Juni 2022 - (10:18 WIB)
    Permalink

    sama dengan saya pak, bahwa saya sudah sampaikan jika akan dibayar akhir bulan malah telp dikantor marah-marah tidak ada sopannya

    • 15 Juni 2022 - (22:35 WIB)
      Permalink

      sudah banyak yg komplein penagihan pinjol tp maaih saja banyak yg berani pinjam, menurut sy jika berani pinjam ya berani juga dengan konsekwensinya…karena pinjol tidak akan peduli kita mau di pecat mati dll sepanjang belum bayar di kejar ma mereka mereka ke kuburan juga 😅

      7
      7
  • 15 Juni 2022 - (10:26 WIB)
    Permalink

    “Saya berjanji akan membayar jika sudah ada dananya .. ”

    Pantesan aja, kalimat bunuh diri ini namanya

    10
    6
    • 15 Juni 2022 - (10:37 WIB)
      Permalink

      Bunuh diri gimana ya? intinya masih punya itikad baik untuk mau membayar, dan email,wa, bahkan telepon juga dijawab. Bukan lari dari tanggung jawab.

      16
      4
      • 15 Juni 2022 - (11:36 WIB)
        Permalink

        Jika sudah ada dananya itu kalimat ambigu, haruanya bilang aja pada saat gajian bulan berikut yg biasanya diterima tangal sekian….
        Debt collector emang kerjanya ngepush debitur lalai dgn berbagai cara dgn harapan debitur segera membayar
        Kita sebagai debitur minta dimaklumi, tapi kadang debitur tidak memaklumi…
        Saya jg ada pinjaman, kalau mau telat bayar, lbh baik hubungi duluan pihak kreditur, jangan sampai debt collector duluan yg menghubungi

        7
        2
      • 15 Juni 2022 - (15:51 WIB)
        Permalink

        Mas, saya juga ada 3x tagihan, saya bayarkan tagihan 2x sekaligus, status slik ojk saya col 5 dan dengan keterangan “tidak ada itikad baik” jadi ya begitulah resikonya main sama tunaiki, kacau.

        6
        1
        • 20 Juni 2022 - (13:29 WIB)
          Permalink

          gw malah udh dipecat, gara2 tunaiku, padahal belum sampai sebulan telat, ga gw bayar sekalian, udh gw laporin ke ojk, afpi…akhirnya tunaiku kirim surat permintaan maaf, gw hutang 12 juta pengembalian 18 juta, total yg gw udh bayar 16 jutaan cicilan tinggal 2x lagi, gw minta keringanan waktu…cs beda2 dibilang ok….ehhh dc malah tlp kantor ngomong macem2…laporin aja ojk soalnya tunaiku itu dibawah amar bank udh go public…semakin banyak yg lapor semakin hancur nilai sahamnya….kaya bank banten hancur gara2 nasabahnya

    • 15 Juni 2022 - (10:39 WIB)
      Permalink

      Ya betul, mungkin seharusnya dia jangan bilang jika sudah ada dana nya tetapi lebih ke tanggal tepat nya akan membayar biar kesan nya lebih bersungguh-sungguh ada itikad baik, karena masalah hutang memang sensitif meskipun dengan keluarga sekalipun apalagi ini dengan pinjol, Semoga dia cepat lunas hutang nya dan ga usah ada yg terjerat pinjol lagi siapapun itu.

      • 15 Juni 2022 - (10:42 WIB)
        Permalink

        Terima kasih ,
        untuk perihal tanggal pembayaran, sudah saya infokan ke DCnya melalui WA dan juga Telepon.

  • 15 Juni 2022 - (16:54 WIB)
    Permalink

    Maaf ni kak.. pantes anda d kejar2 DC, barusan cek kalendar, bulan Juni tanggal cm sampai 30 kak.. tidak ada tanggal 31 dibulan Juni..

    4
    1
  • 15 Juni 2022 - (17:20 WIB)
    Permalink

    Memang lebih baik bersabar keinginan sesuatu dengan menabung lebih murah dan aman dari pada pinjol dimana mana memang hutang harus dibayar tepat waktu.

  • 15 Juni 2022 - (21:40 WIB)
    Permalink

    Namanya cicilan perbulan ini mau dirapel enak bener pak hahahaha perusahaannya punya bapak bikin aturan sendiri dengan bilang ada itikad baik. Speak dah pak. Bayar perbulan jgn salahkan ditagih trus kalau pembayaraannya belum diterima. Jgn tulis di mk dll malu playing victim. Pembayaran aja belum dibayar hahaha

    1
    13
    • 16 Juni 2022 - (07:15 WIB)
      Permalink

      Ya biasanya saya tidak pernah terlambat seperti ini pak. Saya pinjam di Tunaiku sudah beberapa kali dan Sekarang limit saya sudah 20 jt Krn pembayaran sebelumnya lancar saja. Saya juga mengerti resiko dari pinjol ini, saya juga pinjam karena memang butuh mendadak. Tapi jika dilihat dari track record pembayaran sebelumnya pihak Tunaiku tidak mempertimbangkan itu. Disini bukan playing victim ya. Disini kita sebagai konsumen berhak mengadu jika ada pelayanan yang kurang memuaskan dan merugikan.
      Terlepas dari masalah yang sudah terjadi, Pihak Tunaiku sudah menyelesaikan hal tersebut secara baik-baik.
      Terima kasih.

      • 16 Juni 2022 - (08:09 WIB)
        Permalink

        Lah, anda blg tau resiko ngutang pinjol kaya gt, knpa skrg malah ngadu kesini?
        Itu namanya anda tdk tau.

        • 16 Juni 2022 - (08:17 WIB)
          Permalink

          Lah hak saya juga dong mau mengadu kemana saja. Tidak ada dalam perjanjian MK untuk melarang semua pengaduan yang penting valid.
          Justru setelah saya adu kesini pihak Tunaiku menghubungi saya dan masalahnya sudah diselesaikan.

          • 16 Juni 2022 - (13:57 WIB)
            Permalink

            Berarti anda ga paham dgn kata2 anda sendiri.

      • 16 Juni 2022 - (10:35 WIB)
        Permalink

        Aneh loh cicilan perbulan ga dibayar mau dirapel bicara lihat track record. pelayanan yang kurang memuaskan dan merugikan ini lo udah pemain lama di cicilan bank g bayar hahaha

        • 16 Juni 2022 - (10:59 WIB)
          Permalink

          intinya niat kita mau bayar kan? bukan lari dari tanggung jawab. apalagi dengan memberikan informasi no tlp palsu dll. Ini hanya salah satu kejadian yang saya alami , mungkin diluar sana punya pengalaman yg lebih parah dari yang saya alami. Ok kita ttd kontrak fix cicilan perbulan. tapi kita tidak tau jika ada kebutuhan diluar kendali kita yang diharuskan mengorbankan salah satunya. bukan soal ditagihnya atau apa, tapi cara penagihannya itu yang sudah meresahkan bahkan ada yang sampai kehilangan pekerjaan.

          5
          1
    • 16 Juni 2022 - (12:07 WIB)
      Permalink

      Maaf nih.. pasti ini DC si tunaiku ya??
      Kalo memang terdaftar OJK mereka seharusnya mempunya SOP yg berlaku terkait bagaimana cara penagihan nya…

      • 16 Juni 2022 - (13:57 WIB)
        Permalink

        Lagi2 org to**l yg komen kontra di aduan ky gini di bilang dc. Kalo gitu anda ngutangers ya?

          • 16 Juni 2022 - (21:10 WIB)
            Permalink

            Lo ngutangers ya? Cari duit yg halal, jgn dari riba. Bangga bnr jadi ngutangers

  • 16 Juni 2022 - (05:01 WIB)
    Permalink

    Jadi ke inget tahun 2018, temen ku pinjem di tunaiku 5juta pembayaran baik-baik aja sampai limitnya naik pinjam 10juta trus di cicilan ke 9 ada masalah dan dia telat bayar.di teror sudah pasti,sebar data ,di katain maling dan yang paling parah telfon ke kantor maki” HRDnya.telfon ke Manager sampek Direktur.temen ku kena SP 1 smpk SP3 langsung di pecat tidak terhormat krn menggangu jalannya perusahaan.setelah di pecat msh neror tmn”nya + kantor.asli udh di pecat di musuhi banyak org.skr gtw kabarnya yg jelas udh dr dlu tunaiku seperti itu wlpn dia ktanya OJK

    6
    1
      • 16 Juni 2022 - (08:56 WIB)
        Permalink

        Kurang tau kak soalnya g pernah nanya” juga.cuma wkt di masukin di group di jelasin sama DC nya ini itu tp segroup marahin DC nya soalnya menggangu bgd tengah mlm buat group dan notifikasinya banyak

    • 16 Juni 2022 - (10:39 WIB)
      Permalink

      Aneh lo teman ga bayar apa lo yang ga bayar cerita 😁😁😁. Ada gitu mau cerita ttg teman di media apalgi ttg cicilan ga bayar hahaha speak dah sok baaik

      • 16 Juni 2022 - (12:00 WIB)
        Permalink

        Iya si yang paling baik. Coba km cari apa nama ku ada pinjaman di Amar bank? Kalau ada tak ksh door price. Keluhan di atas itu jd bikin aku inget kejadian yg menimpa tmn makannya memang penagihannya agak kejam biar di baca org” kalau g menimpa 1 org aja tp real dr dulu kyk gtu.malah lu sewot. Masya Allah kalau saya baik.terima kasih bang jago

    • 16 Juni 2022 - (12:09 WIB)
      Permalink

      Ini namanya bukan team tunaiku bu.. tapi ini tenternir.. kalo dia memang team OJK naungan nya dia akan datang ke rmh baik baik.. DC hanya pihak ke 3 dari mereka.. ya seperti itu lah mereka mencari uang.. dari hasil maki maki

  • 16 Juni 2022 - (07:41 WIB)
    Permalink

    Udah tau minjem sama pinjol kok bisa2nya ngasih no hp kantor tempat bekerja udh jelas beresiko di telepon, kalo mau minjem lagi ubah aja no hp yang penting2 agar tidak jadi masalah kedepannya

    • 16 Juni 2022 - (07:48 WIB)
      Permalink

      Nomor HP kantor keluarga dll didapat dr hp konsumen, biasanya saat daftar, aplikasi pinjol minta akses ke contact hp konsumen

      • 16 Juni 2022 - (08:32 WIB)
        Permalink

        Iya saya tau pak tapi kan mereka tidak dihubungi untuk verifikasi misalnya apa benar ini no hp keluarga pak ….. apa benar ini no hp kantor pak …..? Tidak kan? Kenapa tidak memberi no hp yang salah untuk no keluarga dan no kantor
        yang penting kan no hp kita bisa mereka hubungi
        jika mereka mengambil data kontak kita tanpa ijin kan sebaiknya kita back up kontak kita dahulu terus hapus seluruh kontak yg tersimpan di hp sebelum mengajukan pinjaman untuk mencegah penagihan melalui kontak terdaftar

    • 16 Juni 2022 - (09:00 WIB)
      Permalink

      Itu kejadian 2017 dan telat” 2018 org” belum ahli kayak skr.dlu mah semuanya terlalu jujur dan dlu memang di konfirmasi ke nomor darurat buat di acc.g ksh nomor kantor tp kelihatan dr slip gaji PT nya jd di telfon nomor PT itu.untuk nomor org kantor dia dapat dr hasil ambil di HP nya termasuk masuk ke galery buat ambil foto”. Intinya di sini saya cuma keinget kejadian dlu krn baca keluhan konsumen

      • 16 Juni 2022 - (10:32 WIB)
        Permalink

        serem bgt ya sampe masuk ke gallery. bener2 ga ada privacy lg kalo minjem di pinjol. semua siap diekspos bila telat sehari saja. pernah ada kan kasusnya telat sehari saja udah telpon sana sini DC nya. perlu ditertibkan tata cara penagihan pinjol

  • 17 Juni 2022 - (04:38 WIB)
    Permalink

    Sebar data lunas…kl blm ada uang mau gmn lagi??masa mau maling??dari pada gali lobang tutup lobang mendingan galbay sekalian.apa lagi dikata2in anak pelacur.mendingan ngak saya bayar….urusan jelek apa ngak nya di OJK bodo amat.keluar kerjaan pasrah rejeki Allah yg menentukan ini.

  • 19 Juni 2022 - (21:01 WIB)
    Permalink

    Kemarin di tunaiku sy hampir selesai kira2 tggl 1,8jt lg,, beberapa bln gak ada kbr ehh dia nongol lagi,, nagih2 di tengah bulan. Tagihan jd naik 2,3jt. Berbulan2 bayar utang di tunaiku gak kelar2,rasanya kalau di hitung juga hutang sy seharusnya sdh balik modal buat mereka,,tapi ttp saja bunga jln trs kalau belum lunas. Jeleknya mereka selalu email ke bagian HRD kantor,, kalau sy sampe dipecat memang mereka gak mikir yaa,sy malah gak bisa bayar hutangnya kan.

 Apa Komentar Anda mengenai Tunaiku Amar Bank?

Ada 39 komentar sampai saat ini..

Penagihan ke Telepon Kantor oleh DC Tunaiku

oleh Zuhardy dibaca dalam: 1 menit
39