Uang Hasil Scan QRIS Tidak Masuk Rekening, Pihak BukuWarung Hanya Terus Mengulur Waktu

Sebelumnya perkenalkan, saya Achmad Fauzi salah satu pengguna aplikasi BukuWarung. BukuWarung adalah salah satu aplikasi yang sangat membantu bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dimana para penggunanya bisa menggunakan aplikasi BukuWarung untuk mencatat keuangan, mencatat hutang, serta menerima pembayaran melalui fitur tagih dan scan QRIS.

Dengan menggunakan fitur QRIS ini, pelanggan dapat membayar dengan menggunakan e-wallet dan juga m-banking. Jika pelanggan melakukan pembayaran melalui scan QRIS, maka uang akan langsung diteruskan ke pemilik rekening yang didaftarkan di dalam QRIS BukuWarung ini secara realtime.

Pada tanggal 28 Juni 2022, ada pelanggan saya yang melakukan pembayaran melalui scan QRIS sebesar Rp589.311 pukul 19:37. Namun uang tidak langsung masuk ke rekening.

Bukti pembayaran

Hingga pada esok hari ketika saya cek mutasi rekening, uang saya tetap tidak masuk ke rekening saya. Lantas saya langsung menghubungi CS untuk menanyakan status transaksi saya tersebut dan CS pun membalas pesan saya 2 hari kemudian dari waktu saya menghubunginya.

Di sini saya mendapat nomor tiket laporan dengan nomor: 626295, dan pihak BukuWarung menyuruh saya untuk menunggu estimasi 1×24 jam.

Balasan cs yang pertama

Setelah 1×24 jam berlalu dan tidak ada kelanjutan dari laporan saya, saya menghubungi CS kembali. Di sini CS pun membalas pesan saya agar saya dapat menunggu selama 7 hari kerja.

Balasan CS setelah 1×24 jam tidak ada kelanjutan

Hari ini saya mengirimkan email ke pihak BukuWarung untuk menanyakan kelanjutan dan progress dari laporan saya ini. Pihak BukuWarung pun membalas pesan saya dengan kalimat dan alasan yang sama seperti balasan komplain saya sebelumnya. Namun, kali ini pihak BukuWarung mengulur waktu menjadi lebih lama, yaitu 30 hari kerja.

Isi balasan email pihak BukuWarung

Hingga surat ini dibuat, tidak ada dana yang masuk di rekening saya atas hasil pembayaran melalui scan QRIS tersebut. Ketika saya melihat beberapa ulasan di Google Play Store dan juga Instagram resmi BukuWarung, banyak orang yang mengalami hal serupa, yang mana uang hasil pembayaran dari scan QRIS-nya tidak masuk ke rekening.

Dari semua komplain yang dikirimkan melalui komentar di postingan Instagram BukuWarung, tidak ada satu pun komplain yang direspons oleh pihak BukuWarung. Di sini, pihak Customer Service BukuWarung juga sangat lambat dalam menanggapi keluhan pelanggan.

Semenjak kejadian ini, saya sangat merasa kecewa dengan pelayanan dan penanganan keluhan pihak BukuWarung terhadap customer. Saya harap dana yang tertahan akan segera langsung diproses oleh pihak BukuWarung, tanpa harus mengulur waktu dan tanpa memberikan batas waktu yang belum tentu bisa ditepati oleh pihak BukuWarung.

Achmad Fauzi
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BukuWarung:
[Total:39    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan BukuWarung atas Pengaduan Bapak Achmad Fauzi

Dengan Hormat, Kami mewakili BukuWarung menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Bapak Achmad Fauzi. Terkait dengan pengaduan yang...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Uang Hasil Scan QRIS Tidak Masuk Rekening, Pihak BukuWarung Hanya Terus Mengulur Waktu

    • 15 Juli 2022 - (18:45 WIB)
      Permalink

      Keutamaannya bukuwarung bisa secara realtime gan. Makanya sangat dibutuhin buat para umkm, jadi bisa buat diputer modal

    • 16 Juli 2022 - (02:40 WIB)
      Permalink

      Kapok pake bukuwarung. Pernah nyangkut 3 juta. Hampir ga bisa mudik lebaran kemarin.
      Masalahnya sih duit orang lain.
      Terimakasih bukuwarung display qrisnya. Dikasih pula. Tapi udah saya buang.

  • 15 Juli 2022 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Kalo ada kode RRN biasanya gk lama, tapi klo gk ada pasti lama, kyk saya kemaren, hampir 1minggu baru balik, itupun karna sy terbitin masalahnya disini, kalo gk mungkin bisa sebulan, btw kalo sy pengakuisisinya dari linkaja bkn bank BNI

    • 15 Juli 2022 - (18:44 WIB)
      Permalink

      Ini kasus tanggal 28 juni 2022 banyak yg nyangkut gan. Terutama yang scan di jam 7an malem., di ig banyak bgt komplenan nyangkut gini tapi gaada respon dari adminnya..
      Ini juga udh di wa sama orang bukuwarung, tp mereka ngasih waktu lg 7 hari kerja 😂

  • 16 Juli 2022 - (14:44 WIB)
    Permalink

    Jgn pernah pake deh, aplikasi yg lain juga ,lebih baik Qris dari bank, memang tidak real-time, tapi dana masuk ga lama koq, besok jam 9pagi ud masuk rekening .

  • 17 Juli 2022 - (03:31 WIB)
    Permalink

    Dengan nominal transaksi bisa mencapai sebesar itu sepertinya usaha anda bukan lagi warung tetapi termasuk toko/grosir sehingga bukuwarung nya eror, harusnya untuk usaha yang transaksi nya bisa mencapai ratusan ribu ke atas pakai nya aplikasi bukuToko atau bukuUsaha.

 Apa Komentar Anda mengenai BukuWarung?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Uang Hasil Scan QRIS Tidak Masuk Rekening, Pihak BukuWarung Hanya Teru…

oleh Achmad Fauzi dibaca dalam: 2 menit
11