Penagihan ke Rumah yang Kasar dan Berulang Kali

Mohon maaf untuk bagian penagihan Kredivo, terkait tagihan mantan suami saya dua tahun lalu (atas nama Dwi Andri), sangat tidak mengenakan. Mereka datang ke rumah, berkata kasar dan menanyakan masalah pribadi rumah tangga yang tidak perlu diucapkan, sehingga mengundang tetangga datang membantu.

Posisi saya saat itu sedang bekerja, yang ada hanya ibu dan anak saya. Saya tidak tahu menahu mengenai tagihan tersebut. Namun tiba-tiba saja ada 2 orang debt collector yang datang menagih ke rumah (yang mereka tagih sebesar Rp3 juta, lalu membengkak menjadi Rp4 juta). Mereka berteriak kasar, memfoto rumah saya dan bersikeras bertemu dengan mantan suami saya.

Mereka tidak ada etika dan sopan santun, memaksa ibu saya memberitahu lokasi mantan suami saya, yang mana saya tidak pernah kontak 2 tahun yang lalu.

Nila Kurnia A.
Surabaya, Jawa Timur


Update (9 Agustus 2022): Surat pembaca di atas kembali mendapat tanggapan dari pihak Kredivo sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Total:330    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Nila Kurnia Asih

Terima kasih atas informasi yang Ibu Nila Kurnia Asih sampaikan di website MediaKonsumen.com pada tanggal 21 Juli 2022 pada kolom...
Baca Selengkapnya

66 komentar untuk “Penagihan ke Rumah yang Kasar dan Berulang Kali

  • 21 Juli 2022 - (16:22 WIB)
    Permalink

    lain kali teriak maling , rampok , kalau kita gak ada sangkut pautnya.
    biar kapok mereke.

    97
    4
    • 21 Juli 2022 - (18:56 WIB)
      Permalink

      Kmrn maunya gitu kak.. tp krn yang menghadapi orang tua saya, saya posisi sedang tdk dirumah

      13
      • 22 Juli 2022 - (18:23 WIB)
        Permalink

        Sejak kredivo pindah management (kredifazz) pelayanan kian parah , beda sama dulu.,
        Kalau dc datang kerumah lagi.
        Saran saya kak ( saran )
        Tanya dulu identitas dcnya., nama, tanda pengenal, surat tagihan atau apapun yg membuktikan dia dc.. Agar saat lapor ojk., investigasi bisa tepat… Kalau dc tidak mau memberitahu atau pake nama samaran., teriak maling saja…

        Kedua… Lapor ojk jika tidak punya bukti foto atau video., pakai surat pernyataan yg ditanda tangani rt sebagai saksi. , apalagi rw ( lebih kuat )

        Ketiga , lapor terus ke ojk , jangan cuma sekali., agar ojk menekan juga pihak pinjol tersebut.,

        Karena ojk juga kesulitan investigasi jika identitas dc tidak jelas ,
        Maklum lah dc pakai pihak ke 3., tidak paham SOP penagihan , inipun ojk juga berusaha melacak dc” yg seperti itu..,
        Makanya nmr mereka bnyak dan selalu ganti.,
        Begitu server nomornya bnyak laporan spam., dia ganti nmr.,

        Reminder, penagihan dan juru sita itu jobdesh berbeda”..,

        12
        • 22 Juli 2022 - (21:31 WIB)
          Permalink

          Lapor OJK tidak terlalu signifikan, langsung bawah ke polres setempat atau di Polsek setempat, DC berbuat seperti itu mereka paham kalau penghutang dilindungi UUD

        • 23 Juli 2022 - (14:35 WIB)
          Permalink

          Lapor OJK itu tidak diapaยฒkan. Yakin 100%. Karena saya sudah mencoba beberapa kali. Hanya dijawab silahkan melapor ke pihak kepolisian dan pihak bank/lembaga finansial yg bersangkutan.

          Lapor OJK itu ibarat berbicara dengan batu. Percuma. Nunggu kiamat juga tidak akan diselesaikan.

          11
    • 22 Juli 2022 - (01:15 WIB)
      Permalink

      kerumah lagi divideoin tunjukin ke ojk klu kredivo skrg perusahaan berkedok rentenir awal nya slogan nya aman dan terpercaya tp akhirnya gundah dan gelisah

      20
      1
      • 22 Juli 2022 - (13:05 WIB)
        Permalink

        Kemarin maunya ibu saya memfoto orang tsb tapi karna keburu gemetar karna habis dibentak org tsb ya kelupaan kak.. kalau dtg lagi kita sekeluarga sudah punya ancang2 foto dan video buat bukti, krn mereka juga memfoto rumah saya

        • 22 Juli 2022 - (13:32 WIB)
          Permalink

          iy kak tanyakin dari mana dan nama perusahaan penagihannnya untuk fintech apa kalau gak gt pihak kredivo selalu tutup mata sudah lama juga komplainan di twitter juga ada tentang kredivo penagihan nya seperti rentenir perusahaan berkedok rentenir… https://youtu.be/7KucD0wYgEQ
          ini yg disby juga kak coba diliat diyoutube

          2
          1
      • 24 Juli 2022 - (09:31 WIB)
        Permalink

        Ibu sya sudah saya peseni gt kak.. ini saya tunggu sabtu minggu brgkali kerumah saya mau videoin.. dan sudah koordinasi ma rt kalau dia dtg lagi sekalian ibu telpon rt saya, krn posisi senin sampai jumat saya kerja kak

    • 24 Juli 2022 - (09:01 WIB)
      Permalink

      Saling hina di medsos saja bisa dipidana ini nagih ga da akhlak… Otomatis bui.. lupakan OJK , ini kan oknum lapangan ya jadi polisi lebih baik bertindak karena berhubungan dengan keamanan rumah.. daripada OJK..

      • 24 Juli 2022 - (09:34 WIB)
        Permalink

        Kmrn saya sudah minta tolong rt setempat kak jdi kalau dia dtg lagi suruh telpon biar dtg kerumah..

    • 21 Juli 2022 - (18:57 WIB)
      Permalink

      Ya.. krn kebetulan ybs sudah lost contact dengan saya dn sy sudah ajukan gugatan

  • 21 Juli 2022 - (17:11 WIB)
    Permalink

    Siguhin kopi susu sianida buat debt colector yang gak punya etika, apalagi tagihan orang lain / mantan. Nagih ke rumah mungkin udah SOP mereka, apalagi alamatnya masih disana, tapi karena tagihan orang lain / mantan, gak boleh juga asal ngegas.

    Telepon aja mantannya, kasih tahu ada DC ke rumah, suruh bereskan aja sendiri. Jadi mantan sih oke-oke aja, tapi jangan malu-maluin gitu.

    13
    5
    • 22 Juli 2022 - (00:10 WIB)
      Permalink

      Waktu minjem masih suami ya jadi alamat pake rmh mertua indah
      DC ga tau kali kalo udah pisah & menurut peraturan apakah mantan suami bisa menjadi tanggung jawab mantan istri untuk membayar hutang (pinjaman) saat masih berstatus suami yg sah menurut UU ? Kalo di bank saudara bisa menjadi tanggung jawab untuk membayar hutang walaupun yg ngutang udah RIP (kecuali pake asuransi)

      1
      6
      • 22 Juli 2022 - (03:13 WIB)
        Permalink

        Anda ****** nya gak ketulungan.utang gak bisa di samaratakan… Maka nya sekolah. Tidak semua utang bisa di bayar oleh ahli waris. Jangan asal komen kalau ***** ya pak.

        8
        2
          • 23 Juli 2022 - (14:47 WIB)
            Permalink

            Memang bahaya kalo mantan yg utang. Orangnya sudah raib kemana.. ehh kita yg malah harus menanggung. Saya pernah mengalami ini dan bingung harus lapor kemana.. sedangkan si dc gak percaya kalo sudah jadi mantan dan lost contact

      • 22 Juli 2022 - (07:18 WIB)
        Permalink

        Ya itu posisi pinjam dll saya juga ndak tau krn dia gak pernah terbuka, baru stelah 2 tahun ini tiba2 muncul kasus spt ini

      • 22 Juli 2022 - (12:32 WIB)
        Permalink

        Klo di bank iya karana suami istri menandatangi perjanjian. Jd ikut bertanggung jawab biarpun sudah pisah. Tapi klo online setau saya tidak ya, karna hanya persetujuan peminjam. Dan jikapun no. Telpn kerabat dicantumkan bukan brarti ikut bertanggung jawab karna itu cm referensi. Itu setau saya.. Jd dalam kasus ini hanya peminjam yg ditagih klo pinjaman secara online. Itu menurut saya

        • 22 Juli 2022 - (12:54 WIB)
          Permalink

          Mangkanya dalam komentar saya sebelumnya ada tanda tanya? Artinya kalo ngutang di bank apakah sama peraturannya seperti pinjol
          Orang berpendidikan seperti anda pastingerti masud tulisan saya (kalau tidak sama ya kasih tau aja yang ngutang mantan, kalo tau alamatnya kasih tau sama DC, ga perlu takut, kalau ada intimidasi bisa share di sini, medsos, atau lapor polisi

          1
          1
          • 22 Juli 2022 - (13:02 WIB)
            Permalink

            Yah bener klo mau cepat selesai harusnya biarpun g da mantan, buat pertemuan langsung bs mengundang RT/RW dan salah satu tetangga sebagai saksi. Slagi dah pada tau juga karna adanya ribut2. Ceritakan dan ksi tau aja sekaligus klo boleh bikin pernyataan atau perjanjian. Klo masih ngeyel lapor polisi, pasti takut juga.

          • 22 Juli 2022 - (13:10 WIB)
            Permalink

            Sudah dikasih tau berkali kali ya kak.. mereka tetap memaksa buat bertemu saya, ini sudah ketiga kalinya mrka datg. Dan tdk pernah bertemu krn posisi sy sedang kerja. Dan dc tsb malah meminta alamat tempat kerja saya, lalu buat apa? Kan bukan atas nama saya. Sudah dijelaskan si mantan sudah tdk tinggal disini, saya dan mantan sudah cerai 2thn lalu, saya sudah pisah tetapi mrk tetap meminta alamat tempat kerja saya. Lalu buat apa, mau rame juga di tempat kerja saya

          • 22 Juli 2022 - (13:13 WIB)
            Permalink

            Ya nanti saya tunggu aja kak kalau mrka kembali lagi jelas saya akan panggil rt setempat untuk menjadi bukti dan penengah. Kalau dr awal mereka baik2 sih kita welcome, tp kalau untuk tanggung jawab bayar jelas sy tidak mau krn bukan atas nama saya

        • 22 Juli 2022 - (12:56 WIB)
          Permalink

          Lah itu kak masalahnya data referensi kn masih alamat saya yg sesuai dengan yg terdaftar di ktp.. kmrn kata ibu saya mereka meminta alamat kerja saya tp itu kn tidak ada sangkut pautnya krn bukan atas nama saya, tetapi alamat penagihan kn msh sesuai dengan yg tertera di aplikasi

      • 22 Juli 2022 - (18:05 WIB)
        Permalink

        Kan konsepnya bukan di bank., tapi pinjol., belajar memahami masalah ya..,
        Krna saudara anda di posisi tersebut.,
        Anda pasti akan memburu dc tersebut krna tidak memiliki attitude..
        Sampai sini paham ??

  • 21 Juli 2022 - (18:40 WIB)
    Permalink

    Hampir 2 tahun yg lalu penulis sudah pernah nulis disini. Tp tidak ada kata suami/mantan suami, adanya kata “saya”. Silahkan cek.

    3
    3
    • 21 Juli 2022 - (18:55 WIB)
      Permalink

      Kejadian sama dengan 2 tahun lalu, krn dlu yang menghadapi saya sendiri bukan orangtua.. lalu ini dtg kembali dengan tagihan yg sama, krn alamat penagihan sesuai dengan ktp

    • 21 Juli 2022 - (18:59 WIB)
      Permalink

      @Hery Mulyanto, Kalau gitu, penulis berbohong dong. Tujuan ngaku mantan apa? Ngeles, biar gak usah bayar? Duh, jika benar penulis utang sendiri, berarti modus dong! Diduga banyak modus yang bikin surat pembaca di MK, ngaku ditipu, padahal nipu diri sendiri. Udah gak percaya dengan orang-orang yang bikin surat kasus penipuan di MK ini, ngaku ditipu, dikadalin, dingapa-ngapain, padahal cuma MODUS, MODUS, MODUS.

      1
      12
      • 21 Juli 2022 - (19:03 WIB)
        Permalink

        Ya kali dlu msh suami dibilang mantan, klo skrg kn mantan.. masak iya saya dulu menyebarkan kejelekan dia. Krn masalah sudah serg berulang kli dan ini menimpa ortu

        • 21 Juli 2022 - (19:42 WIB)
          Permalink

          Buktinya ini tadi saya langsung di email dari pihak kredivo dan besok saya diberi solusi atas permasalahan ini.. kalau saya rasa semua orang tdk ingin seperti sy. Apalagi kalau orangtua saya sudah dikasari secara verbal, menanyakan hal2 pribadi kpn saya bercerai.. knp saya bercerai. Itu kn tidak etis

          11
          1
      • 21 Juli 2022 - (21:40 WIB)
        Permalink

        Yang sekiranya berkomentar menyudutkan tidak usah direspon, mungkin itu DC juga…..wakakakakak…..

      • 22 Juli 2022 - (04:53 WIB)
        Permalink

        Wuih…, Jangan langsung ngejudge dong bro. Hanya dari satu komen mas herry. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Hati hati Komen bahwa yang nulis di sini kebanyakan boong. Kena pasal fitnah nanti.

    • 22 Juli 2022 - (04:49 WIB)
      Permalink

      Teliti banget ente. ๐Ÿ˜‚. Sampai dua taun ngecek artine ente punya waktu sangat luang. Plus mungkin punya kepentingan. Jangan jangan ..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    • 22 Juli 2022 - (07:21 WIB)
      Permalink

      Ya enak donk yang janji saya yang bayarin gua.. ya ogah, uangnya aja kemana saya juga gak kecipratan orangnya aja udah kabur entah kemana

      • 22 Juli 2022 - (07:29 WIB)
        Permalink

        Maaf typo.. yang janji dia yang bayar saya, ngetiknya sampai ngegass krn barusan ditelpon temen suruh bayar aja tagihan.. lah enak aja mantan yg pinjem gua yg tanggung jawab

  • 22 Juli 2022 - (04:03 WIB)
    Permalink

    Lha itu sebenarnya utangnya atas nama siapa? Atas nama anda atau mantan suami anda? Kl atas nama mantan suami ya sudah beritahu saja alamat orang tuanya biar gantian dikasari. Tp kl utangnya atas nama anda, meski yg pakai mantan suami, ya bagaimanapun itu tsnggung jawab anda.

    • 22 Juli 2022 - (07:20 WIB)
      Permalink

      Atas nama suami saya.. orangtua dia skrg sudah meninggal dua2nya, rumah orangtua berada di flores

  • 22 Juli 2022 - (10:26 WIB)
    Permalink

    Hahahahaha mereka DC cuma berani sama perempuan,gue juga punya tagihan kredivo dan gue gak sanggup bayar karena usaha lagi sepi parah.gue bilang sama DC nya klo gue gak sanggup bayar silahkan proses perdata.sempat berdebat panjang lebar dan gue bilang sama mereka klo pihak kredivo mau tuntut gue secara hukum silahkan saja ….gue tunggu surat panggilan dari pengadilan.akhir nya mereka pergi dengan muka kusut kayak kanebo kering.

    • 22 Juli 2022 - (11:22 WIB)
      Permalink

      Kalau saya yang menghadapi sendiri mah gpp kak…ini posisi ibu saya sudah sepuh dan sendiri dirumah, bapak kebetulan keluar.. berteriak didepan pagar, membentak dan bertanya hal2 pribadi yg diluar sop penagihan kn gak wajar

  • 22 Juli 2022 - (11:10 WIB)
    Permalink

    Kalau mau cerai tu jangan kemakan pitam mau cepat2 pisah, clearkan dulu masalah keuangan dan darah daging. Udah kelihatan kok kek gmn rumah tangganya. Kalau Utang juga bakal kelihatan kek gimana jadinya. Alias sy yakin segala keputusan yg anda buat ataupun mantan suami anda buat adalah sama2 berdasarkan emosi sesaat. Perbaiki dulu diri anda. Trus namanya hutang itu PINJAMAN ya kak. Itu bukan jang turun dari langit, mohon untuk bisa mempertanggungjawabkannya, kalau emang niat mau utang ya harus niat buat bayar juga.

    • 22 Juli 2022 - (11:17 WIB)
      Permalink

      Wah kalau masalah pribadi gk bisa dibicarakan disini ya kak.. kalau soal pinjam meminjam memang tanpa sepengetahuan saya, jd saya hanya kena imbas. Buktinya sampai skrg juga tidak ada niatan untuk memberi nafkah setelah pisah.. toh kalau saya pinjampun juga pasti membayar, toh ini yg pinjam bukan atas nama saya. Ibu saya juga sudah menjelaskan persoalan ini ke dc yg datang, lalu dengan tidak sopan ya, maaf saja menggurui ibu saya dengan bertanya dlu ibu nikahinnya gimana, pisahnya karna apa..berapa lama, itu kn gak etis juga dia bertanya krn masalah pribadi ya kak. Dan bertanya juga didepan pagar rumah tidak masuk kerumah

    • 22 Juli 2022 - (11:20 WIB)
      Permalink

      Kalau yg pinjam atas nama saya saya juga akan bayar ya kak.. ini masalahnya atas nama mantan suami yg sudah pisah 2tahun lalu.. hallo kalau seandainya dc itu tidak membicarakan masalah pribadi rumh tangga saya dan tidak membentak ibu saya, saya no problem. Tp ini sudah keterlaluan, harusnya mrk ada sop.. menunjukkan surat tugas, dan id card dan plg tidak berbicara sedikit sopan kpd orang tua ya kak

  • 22 Juli 2022 - (22:05 WIB)
    Permalink

    @Nilakurnia
    Mbak, jikalau DC itu bertandang ke rumah dan mbak nya gak ada . Minta tolong sama ibu/bapak nya videokan DC tersebut. Kalau memang ternyata mereka ini berkata kasar/kotor, langsung lapor ke polisi terdekat. Pasti diciduk

  • 22 Juli 2022 - (23:05 WIB)
    Permalink

    Kalau pengen puas gampang, anda datang ke kredivonya entah cabang atw kantor utama.. Terus balik labrak deh dengan kata2 yg serupa DC lakukan d rumah.. bawa cameraman juga.. kalau DC pernah gebrak2 yg gebrak juga meja atw pintunya. Biar sama2 ngerasain tuch rasanya di kasarin tapi salah sasaran. Upload juga biar makin viral..

  • 23 Juli 2022 - (15:08 WIB)
    Permalink

    Harusnya untung klo ditagih kasar ๐Ÿ˜ ada celah buat nuntut balik dan teriakin maling, biar mereka benjot, remuk, teus kapok, apakah kll sudah genjut pihak perushaan kredivo mau biaya hidup anak istri mereka dirumah?

    • 24 Juli 2022 - (09:36 WIB)
      Permalink

      Ini kak kmrn ibu saya yg menghadapi gak sempet foto karna keburu ngejer habis dibentak kasar sama dcnya.. besok klo mrk kesini ak sudah pesan buat foto sm videoin biar jd brg bukti

  • 23 Juli 2022 - (16:36 WIB)
    Permalink

    Klo DCnya datang lagi bersikap kasar teriakin maling/ rampok saja biar heboh skalian jgn takut smua penagihan ada aturan dari OJK..jgn lupa rekam dan bisa di laporkan ke kepolisian. INGAT INDONESIA DARURAT RENTENIR DI AKUI OLEH NEGARA. yg PINJOL ILEGAL byk yg di sikat di tangkap sedangkan yg katanya PINJOL LEGAL tdk tersentuh pdhl cara”nya sama dgn PINJOL ILEGAL. masih percaya pd OJK ,Karena bisnis duit bisa membutakan segalanya.

    1
    1
    • 24 Juli 2022 - (09:42 WIB)
      Permalink

      Iya kak saya kmrn juga lapor ojk masalah ini tp jawabannya ada bukti laporkan ke polisi saja. ini ibu saya sudah usia 60th dibentak kasar ya yg ada ngejer duluan gak sempet foto kmrn kak. Besok kalau dia msh datang saya minta ibu telpon rt setempat biar didampingi

    • 24 Juli 2022 - (09:45 WIB)
      Permalink

      Ngeri kak sepertinya kalau mrk nagih.. harusnya ada SOP yg jelas,ternyata di lapangan mrka gak pakai sop.. jadi yg gak perlu ditanyakan harusnya mrka gak perlu bertanya

  • 24 Juli 2022 - (13:10 WIB)
    Permalink

    OJK mana OJK????Hari gini percaya OJK?????
    Bilang ke ortunya,kalo DC nya datang lagi,menagih bukan dengan penghutang,DC itu menyalahin aturan,bisa langsung dilaporkan ke pihak berwajib,ortunya suruh langsung telepon polisi.DC nya jangan dibiarkan masuk ke rumah,kalo mereka maksa teriakin maling/rampok,kalo mereka berbicara kasar apalagi berlaku kasar,langsung kena unsur pidana,makanya kalo mereka datang lagi,langsung telepon polisi.Nah kalo uda dikantor polisi,baru bisa tau jelas asal usul DC,baru selanjutnya bisa buat laporan ke OJK,disertai bukti laporan ke polisi juga.Tapi jangan berharap banyak sama OJK,karena DC itu bakal tetap aman+pinjol nya juga bakal tetap aman,tapi setidaknya mengurangi kesongongan mereka.Welcome to Indonesia,legal rasa ilegal itu hal yang biasa.

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 66 komentar sampai saat ini..

Penagihan ke Rumah yang Kasar dan Berulang Kali

oleh Nilakurnia1701 dibaca dalam: 1 menit
66