Surat Pembaca

Beli HP, Dikirim Kayu

Melalui surat ini saya meminta bantuan terkait permasalahan/kendala yang saya alami di salah satu aplikasi marketplace, yaitu Shopee.

Saya melakukan pembelian di aplikasi Shopee pada tanggal 20 Juli 2022, dengan nomor pesanan: 220720V3FUK1JF, berupa HP OPPO A53 RAM 6/128. Namun yang datang malah bukan hp, melainkan yang sepotong kayu.

Saya sudah mengajukan pengembalian barang dan dana dengan nomor permintaan: 2207250CB5NAGJM. Saya juga sudah mengembalikan barangnya melalui ekspedisi J&T dengan nomor resi: JP9155523756. Dari hasil tracking, barang yang saya kembalikan sudah diterima oleh pihak seller pada tanggal 29 Juli 2022 pukul 20:58 WIB. Namun sampai sekarang dana saya belum dikembalikan oleh pihak Shopee.

Selain itu hanya saya yang aktif di kolom chat mediasi Shopee, sedangkan pihak penjual gak aktif dalam kolom chat mediasi.

Mohon bantuan kepada pihak Media Konsumen untuk kiranya membantu saya dalam mengatasi masalah ini. Demikian yang dapat saya sampaikan, terlampir bukti-bukti pendukung berupa “Pengajuan Permintaan Pengembalian Barang & Dana”.

Cartim
Kampar, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

      • Apaan ini peean hp dikirim kayu. Hebat juga ini. Maka jangan beli online langsung ke toko saja tidak ribet. Habis sekarang semua online beli sayur beli pecah belah beli sepatu beli baju online . Ngurus refund itu yg ribet.

        • Bukan masalah beli online. Saya sering beli online dari official store ga pernah ada masalah. Kalau yang ini timbul masalah karena harganya aja ga masuk akal haha. Jelas fraud

        • Ihat noh hrgnya oppo a53 6/128 hrga 300rb jelas gk ngotak yg beli ngehalu yg jual tahu deh ??

          • Memang pekerjaanya penipu sengaja di pelihara shopee, kan daftar harganya di aplikasi shopee tau donk

        • ****** aja yg jadi pembelinya, harga udah jelas aneh murah bgt, ga punya duit ga usah maksa ?
          Mending lu pake hp 3315 aja **** ****** ?

      • Sebenarnya dari sisi penjual dan konsumen 50 50. Kenapa begitu, karena di liat dari segi harga saja sudah tak masuk akal ini untuk "penjual" Dan bisa di ganti macam barang sesuai harga, untuk pembeli. Juga harus jeli. Mana ada hp dgn harga segitu?

      • Menurut saya ini pembeli juga salah ngotak dikit ngapa yakali hp harga segitu walau diskon ya ga sampe segitu harganya paling ya potongan 100 rb udah banyak, kalo beneran harganya 200rb bangkrut yg jual hadehh, lain kali kalo beli itu jangan cuma liat harganya aja di pikir dulu masuk akal ga nya

    • ? Ngakak Hape Baru Mana Ada Harga Segitu, Bijak Dalam Membeli Barang, Ada Official Store Dengan Harga Resmi Dan Anda Tergiur Harga Murah, Ya Selamat Anda Mendapatkan Penipuan, Untuk Rugi Segitu Gak Banyak, Jadiin Pelajaran Aja, Ada Harga Ada Barang Hape Harga 2,2 Jutaan Di Jual Harga 200k, Ya Dikirim Balok Kayu Lah Awkoawkowkow

      • Makanya jngn tergiur oleh HP murah skrg mana ada HP oppo a53 dg ram 6 giga seharga 300 an gk tau lagi klo HP minus atau HP matot, tp gpp lah dpt kayu bisa dipakek untuk ganjal pintu ?

      • Yaampun kak
        coba sblm membeli hp itu dibandingkan terlbh dulu. masuk akal tidk dgn harga segitu. udah gitu 2 belinya, kan bisa curhat ke tetangga jadi bisa dipertimbangkan.. kesel sambil senyum2 sendiri :)

    • Wkwk beli HP kok 300rb ngarep oppo ram 6/128 haha ga logika makanya coba search di google mana ada promo gitu mana udah sering banget terjadi gini gak bakalan ditanggepin itu sama penjualnya, makanya beli dari official store klo gak yg harganya sesuai sama pasar

    • Namanya juga usaha bang, kali aja kaya di berita-berita online nanti ecommerce tanggung jawab dan kasi hape beneran.

    • Mungkin itu undian yg di beli,,,tapi klo sy bli selalu ada isinya,,kadng isinya lempeng EMAS 0,02GM kadang nasib baik ya HP tapi g kayu lah

  • kalo beli hp yg dikirim hp rusak msh mending berbentuk hp
    ini isinya KAYU,,jelas telah keaarah penipuan

  • Ini yg dinamakan
    Penjual gila
    Tp pembeli juga gila
    Pasang harga ga masuk di akal
    Ternyata di beli juga
    Wkwkwkwkwk

  • Harga HPnya aja sudah gak masuk akal, kok masih dibeli juga? Orang-orang seperti inilah yang selalu ditunggu para penipu, gak mikir, gak kritis, dan gak analisis.

  • Banyak penjual menipu di Shopee, dan Shopee sendiri sudah banyak masalah. Saran saya pakai marketplace lain. Pembeli beli di harga murah tidak melulu salah (bisa jadi ada diskon atau flashsale, dll), tapi juga jangan berharap sesuai ekspektasi. Lebih baik beli dengan harga yang wajar, lebih minim risiko tertipu.

    • Liat juga barang nya sih bang, kalo hp yang harga nya 1-2 jutaan tapi "discount" sampe harga jualnya cuman 300 ribuan, udah pasti penipuan

      • Sekelas shopee, ada black marketnya jga, gimana cara2 pengajuan untuk buka toko di shope, setidaknya mereka ada data si calon yg punya toko, klo shopee lepas tanggan, cb lapor ke pihak polisi ajah, penipuan ini jelas2.
        Orang yg niat belanja ,sekedar pake voucher di blokir, alibi penyalagunaan voucher...ini ada seller nipu, gmna respon si orange...mamam ??

    • Harganya aja udah ga make sense, jauh di bawah pasaran. Rating tokonya juga 2,4. Kalo harga udah jauh di bawah pasaran sudah bisa dipastikan ada indikasi penipuan.

  • Cuma bukti foto?
    Tanpa bukti video unboxing, klaim dan keberatan anda kurang kuat. Saya tidak bermaksud berprasangka, tetapi dengan buyer cuma mampu mengajukan bukti foto, seller cukup mudah memenangkan klaim tanpa harus menunjukkan bukti video pengemasan dan ciri khusus.

    • Waduh. Coba liat ke atas. Di pojok kanan. Ada kamera. Selamat, Anda kena prank. Dari harga aja udah mencurigakan. Harganya murah gila, yang beli juga sama aja gilanya.

    • Itu bukan misteri box, cek aja tokonya di Shopee jelas" dia jualan HP second dengan harga yang gak masuk akal, kemungkinan review positifnya dia beli sendiri klaim sendiri

  • Juga pembeli gak punya otak,pikir secara logika harga 65.000 dapat hp 2.000.000 pantes terima kayu bajakah juga, namanya juga misteri box

    • ini harga amat ga masuk akal. harga msh berkisar 70% aja sy sudah curiga dan ternyata benar mau nipu dgn minta trx di luar sistem.

1 2 3 7