Setor Tunai di ATM BNI, Uang Masuk tapi Saldo Tidak Bertambah

Saya nasabah BNI 46. Pada tanggal 25 Juli 2022, sekitar pukul 11.42 WIB saya melakukan setor tunai di mesin ATM BNI Blok M Square 2 (nomor mesin ATM: S1F MLR R0 33) sebesar Rp2.600.000 (pecahan uang 100 ribuan).

Pada saat saya akan melakukan transaksi tidak ada tanda-tanda mesin ATM bermasalah/rusak, karena tampilan dilayar mesin ATM terlihat sangat normal. Bahkan sampai dengan saya melakukan transaksi setor tunai pun mesin ATM masih berjalan normal.

Kemudian layar mesin ATM mengkonfirmasikan jumlah nominal beserta pecahannya, dan dilanjutkan dengan mengkonfirmasi apakah transaksi akan dilanjutkan. Masalah baru muncul setelah mesin ATM meminta saya untuk mengkonfirmasikan (ddmmyy). Setelah konfirmasi berhasil, mesin ATM meminta saya untuk PIN CHANGE,  yang ini pun telah berhasil dengan dibuktikan keluarnya setruk perubahan PIN tersebut. Akan tetapi bersamaan dengan hal tersebut, mesin ATM pun langsung mengeluarkan kartu ATM yang saya miliki, tanpa mengkonfirmasikan lagi mengenai uang yang telah saya setorkan.

Ternyata setelah saya cek pada saat itu juga ternyata saldo di rekening saya pun tidak bertambah. Setelah itu maka saya mencoba untuk melakukan proses setor tunai lagi dan ternyata di layar mesin ATM terdapat tulisan kurang lebih bahasanya UNAVAILABLE/tidak dapat digunakan. Kemudian diikuti penutup tempat meletakkan uang setor tunai pada mesin ATM juga tidak terbuka.

Langsung pada saat itu juga saya menelepon BNI Call (nomor pelaporan: 200008561953) dan diberitahukan proses investigasi tersebut bisa sampai 10 hari kerja, yang mana hari Sabtu dan Minggu ataupun hari libur tidak termasuk. Padahal uang tersebut sangat saya butuhkan untuk kebutuhan sehari hari.

Cobalah BNI 46, bantulah kami sebagai nasabah. Karena kesalahan ini bukan dari kami sebagai nasabah, melainkan dari mesin ATM milik BNI. Sehingga janganlah kami dibuat menunggu dan menunggu dengan jangka waktu yang terlalu lama, karena kebutuhan untuk hidup tidak dapat ditunda.

Erlikh Tabah Herdiantara
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “Setor Tunai di ATM BNI, Uang Masuk tapi Saldo Tidak Bertambah

  • 7 Agustus 2022 - (19:37 WIB)
    Permalink

    Berurusan sama bank manapun kalau ada masalah, jangan harap cepat, setidaknya 14 hari kerja, tidak termasuk hari libur/minggu…
    Entah mengapa aturan nya seperti itu, aq juga bingung..!

  • 11 Agustus 2022 - (16:07 WIB)
    Permalink

    kasus begini biasa, namanya juga mesin, tp uang kita aman kok, cuma sabar aja, biasanya 14 hari kerja itu paling lamanya.

    • 11 Agustus 2022 - (16:46 WIB)
      Permalink

      Mana saya setor atm b.a uang masuk sudah itu mesin keluar informasi mesin lagi status error. Saya hubungi b.a call center dalam 24 jam uang sudah masuk kerekening saya.
      Saya selalu setor via atm b.a udah satu tahun tidak ada masalah.

  • 11 Agustus 2022 - (16:10 WIB)
    Permalink

    Di Indonesia penanganan masalah masih terbilang cukup singkat maksimal 14 hari kerja, di negara sebelah anda bayangkan, penanganan masalah sangat lama yaitu 500 hari kerja (Tidak termasuk hari sabtu minggu dan hari libur).

    • 11 Agustus 2022 - (16:50 WIB)
      Permalink

      Kalau 500 hari kerja kalau complain lebih baik tidak usah pakai bank. Hancur biznis kita habis modal.

  • 19 September 2022 - (08:45 WIB)
    Permalink

    mau cerita juga. saya hari senin tanggal 12 september 2022 melakukam setor tunai di atm bni ketapang banyuwangi 900rb. saya cek di akun bni mobile bertambah. namun kesalahan saya setelahnya ga cek cek lagi. waktu 1 minggu berlalu ketika saya mau pakai tarik tunai. kenapa uang nya hilang. tidak terdata saya melakukan setor tunai. saya bingung karena kertas bukti setor tunai saya buang. dan bukti di bni mobile tidak saya screenshoot. sebaiknya lapornya bagaimana dan apakah bisa ditelusur ya. menyesal dan kecewa sama bni. saya sangat percaya dengan bank bni sehingga tidak ada kepikiran dan kecurigaan akan terjadi hal seperti ini. bni hati2 kawan setor tunai nya menjebak sekali

  • 3 Oktober 2022 - (23:44 WIB)
    Permalink

    kelanjutannya gmn kak? apakah uangnya sudah masuk ke rekening? saya jg mengalami hal yang sama trus di suruh nunggu sampai 14 hari kerja

    • 8 Oktober 2022 - (19:06 WIB)
      Permalink

      Sama saya juga baru ngalamin setor tunai 2jt tgl 5okt kmrn blm masuk struk tulisan eror,,sedihh dah komplain suruh nunggu 10hr kerja tidak termasuk sabtu dan minggu ato hari libur

  • 29 Oktober 2022 - (09:09 WIB)
    Permalink

    Ijin berbagi, hari ini tgl 29 oktober 2022, saya juga mengalami kejadian hal serupa di ATM BNI 46 KERTOSONO dengan memasukkan pecahan campuran 100k dan 50k, padahal dana tersebut urgent untuk restock barang dagangan dan harus menunggu 10 hari kerja maksimal.

    Semoga lebih cepat masuk dana nya ?

  • 6 Desember 2022 - (11:50 WIB)
    Permalink

    Kk kalau misalkan setor tunai tidak masuk
    Tapi udah mau hampir sebulan baru sadar kalau saldo tidak bertambah
    Apakah masih bisa diurus bank?

  • 25 Januari 2023 - (18:45 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama malahan sudah 3 kali.. kejadian yang terakhir akhirnya saya tutup rekening bni..

  • 8 Mei 2023 - (11:11 WIB)
    Permalink

    Saya baru terjadi kmrn sampe sekarang belum masuk lagi duit saya, itu di bank BNI dari dulu banyak banget masalahnya, saya selama paki BNI sudah lebih dari 30 kali tlpn call center dengan berbagai masalah. Sekarang duit say belum masuk juga ke rek akibat setor tunai, mesinnya yang masalah kita yg susah, andai itu duit buat berobat keburu orang mati duluan..

  • 23 Mei 2023 - (12:19 WIB)
    Permalink

    Saya baru kejadian pagi ini, krn nggak mau ngantri (biasanya lebih lama) jd pake setor tunai aja di ATM BNI Cabang, dengan pecahan 100 rb total 5 juta, belum kelar sudah keluar tulisan “kalau mesin erorr, silahkan ambil uang anda” tapi uangnya sudah nggak ada, saya langsung panggil satpamnya, di arahkan untuk langsung ke CS, di CS di tanya kronologisnya, di bilang “laporan ini akan kami lanjutkan, harap menunggu 7-10 hari kerja” saya protes krn dana tsb ditunggu anak saya sekarang ini, akhirnya saya di anjurkan menjumpai pimpinannya, pimpinannya mengatakan akan mengusahakan sampai sore ini,,,,semoga saja, Kita berharap pihak BNI ataupun Bank lainnya lebih peduli terhadap keluhan nasabahnya, kesalahan bukan pada nasabahnya tapi lebih pada sistem mereka,,,mudah2an ini jadi pelajaran bagi saya dan nasabah lainnya.

  • 26 Mei 2023 - (18:50 WIB)
    Permalink

    Kejadian yang saya alami juga sama pada tanggal 10 Mei 2023 dengan nomor aduan 2023/2-00014743150 dan sampai sekarang uang saya sejumlah Rp. 2,500,000 belum masuk ke rekening saya. Sampai kapan saya menunggu wahai BNI cabang utama Kupang?

  • 22 Agustus 2023 - (08:08 WIB)
    Permalink

    He2.. idem..😂😅 sy br aja (22 agustus 2023) laporan via tlp BNI call. CRM ID: S1CKRUR005. Setor tunai kmrn sore, tulisan di struk “terjadi masalah komunikasi pd transaksi setoran tunai anda….”
    Smoga “beres” sblm 14 hari

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BNI?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Setor Tunai di ATM BNI, Uang Masuk tapi Saldo Tidak Bertambah

oleh Erlikh dibaca dalam: 1 menit
21