Surat Pembaca

Pembeli Sudah Terima Uang, Tapi Menuduh Penipu kepada Penjual

Pembeli sebelumnya mengajukan pengembalian dana. Sambil diskusi di sana saya menawarkan kalau mau satu butir lagi pun akan saya kirim, dia menolak biarkan Shopee yang memutuskan katanya. Tapi tetap di chat dia minta 5.000 rupiah setengah harga untuk ditransfer.

Karena permasalahan di pengembalian belum selesai, saya bilang batalkan dulu pengajuannya nanti saya transfer begitu kata saya karena harus selesai dulu pesanan juga harus selesai karena masih menggantung. Dia menolak juga katanya suruh Shopee yang memutuskan.

Setelah menunggu 1×24 jam keputusan akhirnya keluar dan kasus selesai dan saldo penjual diteruskan kepada saya sebesar 9.400 yang sudah dipotong admin. Pembeli tidak terima dia tetap mau uangnya kembali. Dia berteriak penipu sampai menulis artikel di media konsumen. Dan saya sudah mentransfer sebesar 10 ribu kepadanya melalui ShopePay di akun toko kedua saya.

Saya pikir permasalahan akan berakhir setelah saya memberikan uang ternyata pembeli malah berteriak penipu kepada saya lalu komen di setiap postingan orang lain dengan pembahasan katanya saya penipu. Saya diam saj,a tapi saya juga gak rela toko saya dijatuhkan begitu saja oleh satu orang. Padahal dia juga seller di Shopee entah sengaja atau bagaimana, yang jelas saya tidak tahu maksud dari akun Shopee Semarang_Salee atau akun Lia di Media Konsumen.

Tak puas oleh itu karena banyak yang mendukung saya di Media Konsumen, akhirnya Lia chat saya dia meminta uang 100 ribu katanya kalau saya ngasih, artikel dihapus kalau gak ngasih gak dihapus. Wah dalam hati ini orang sengaja mau memeras saya. Tapi setelah saya bilang “Kamu pemerasan ya? Saya laporkan yah!”, dia langsung memblokir WA saya.

Resti Resmawati
Pangandaran, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Laporkan kepihak berwajib saja mba, yang penting mbanya sudah ada iktikad baik sudah mengembalikan melebih setengah harga yaitu 10.000.

    Mau awalnya diblok atau tidak, karena mungkin keresahan mbanya kpd pembeli sampai2 diblokir. yg pasti sudah dibayarkan selisihnya 10.000.

    Setau saya setiap tulisan yg sudah di up ke mediakonsumen tidak akan bisa dihapus. Pemerasaan itu sampai minta uang segala, bukti nya jelas.

    Semangat!

    • Kalo diliat kronologisnya seller ga salah, pembeli komplen ke seller & shopee, seller setuju ngembaliin 5rb, tapi pembeli maksa nunggu keputusan shopee, nah sama shopee komplennya ditolak. Sebenernya ketika pembeli memutuskan menunggu keputusan shopee, kesepakatan pengembalian 5rb otomatis batal karena keputusan diserahkan ke shopee, dan pembeli ga punya hak lagi nuntut 5rb ke seller, kalo mau nuntut ke shopee aja sono yg nolak komplennya

  • Ayolah,, tolong si Lia atau Toipah ini dilaporkan saja ke polisi, sudah meresahkan masyarakat, kalau tidak dia tidak akan jera dan akan berulah lagi dengan ganti akun lain, nickname lain...yuk laporkan yuk ..

      • MK itu tdk ada fitur pembatasan komentar ya..
        Ribet saya baca komen semuanya.. pusing..
        Jadi ky pengadilan, saling jawab jawab..
        Jd kelihatan mana yg dewasa mana yg belum.. hadeuh

          • Biasanya orang yang koar2 bilang penipu dan tertipu padahal dia sendiri pernah melakukan hal tersebut dan berhasil entahlah ini aksi yang keberapa kali yang di lakukan
            Untuk Seller jangan diambil pusinglah atau bawa masalah ini ke jalur hukum tetap semangat ya...

          • Gk salah tu tnya gtu k saya??
            Tanya tuh yg akun nya @The itu..
            Saya cm koment, krna tdk ada batasn komentar jd panjang banget tuh komennya.. mayoritas postingan MK dibawah 50, ini 2 artikel bisa sampe ratusan..

        • Baru seratusan mbak. Belum pernah baca yg komennya tembus 300 an dulu ya? Kalau pusing di skip saja mbak, jangan diikuti nanti tambah jadi penyakit di hati dan pikiran.

        • Ya gk usah di baca mbak,ribet amat hidupnya..ntar ada novel tebel protes knp penerbit gk kasi batasan jumlah halaman novel ?

  • Si lia ini tipe2 orang beli barang COD tapi pas nyampe ngamuk2 ga mau bayar wakakakak
    Udh biarin aja mungkin dia stress atau masih bocil

  • Wahahaha seru nih, udah laporin aja mbak ke polisi bukti udah kuat itu biar tau rasa dia

  • Mungkin cari uangnya emang model gitu kali kak,barang dapat duit dapat,padahal buat obat,ngomong ngomong ginjalnya sembuh gak ya,hbs makan duit seller???

    • Wkwkwkw kurang tau tuh ka sepertinya dompetnya yang sembuh

      • Beritahu pembeli bahwa kita sdh melayani dengan maksimal (Pengiriman sdh sesuai Listing produk, Barang bagus, murah, packing rapih, pengiriman cepat, GRATIS ONGKIR), klo tidak berkenan minta no rek nya supaya uangnya bisa di kembalikan 100%, barangnya tdk pelru di kembalilan, tolong kasih saia ke pemulung/tukang sampah atau yg lg sakit

  • Terima kasih untuk semua komentarnya..sekarang toko kk resti jadi terkenal...silahkan oder di toko kk resti..??..berhasil

    • Saya tidak cari ketenaran ka
      Sebelumnya juga saya sudah bilang selesai tapi Kaka tidak berhenti
      Terimakasih

      • bikin laporan pak pol biar ksh epek jera itu org stres, jgn tggung² naikin kasusnya pake pasal berlapis sklian

    • 0895 2843 007tiga Coba cek di Shoperpay, username cocok dgn email pengaduan SP pertama. Dan nomer HP cocok dengan WA yang buat meras seller. Tobat pah pah ?

  • Ini sih kelemahan media konsumen menerbitkan artikel surat pembaca tanpa sensor data pribadi pun masih bisa terbit. harusnya media konsumen gini ada admin yang tetap bisa jaga data pribadi. Lucu dah jadi saling serang tuh penjual sama pembeli. Mana yang bener juga sulit dibedakan keduanya melakukan transaksi dengan banyak akun dan tentu saja hal seperti ini sudah melanggar kebijakan dari shopee dan penjual dan pembeli juga bertransaksi di luar pusat resolusi shopee artinya ini juga pelanggaran. Semoga jadi bahan pertimbangan buat @Shopee_id terkait penggunaan banyak akun seperti ini untuk di tindak lanjuti. Dan saran untuk media konsumen agar tetap menjaga privasi data dan tidak asal menerbitkan artikel surat pembaca. Saran kedepannya untuk penjual dan pembeli untuk melakukan penyelesaian gunakan satu akun agar semua jelas.

    • Halo ka kalo pake akun pertama baru saya buka sebentar blokiran nya langsung dia nyerang ke penilaian dan Alhamdulillah penilaian di hapus oleh admin shopee ka
      Kaka tidak tahu sih

      Sebenernya saya juga udah bilang saya anggap selesai mba Lia alias toipah alias semarang_salee juga sudah terima uang
      Tapi dia terus saja bilang penipu dari lahir inilah itulah ke setiap orang dan ga ngaku sudah terima uang ka disitu saya jadi ngerasa dipermalukan sekali tokonya Sudah beritikad tapi ngakunya ga terima dia ga ngaku namanya TOIPAH juga
      Dan kalau saja dia ga memerasa via wa saya juga sudah bilang masalah selesai tapi dia berbuntut minta uang terus Kaka ga tau rasanya menderita pikiran nya di mintain duit terus

  • Tulisan yang sudah dipublikasikan di media konsumen tidak dapat dihapus mbak. Jadi kalau ada orang yang "menjanjikan" bahwa tulisannya di media konsumen akan dihapus kalau ia diberikan sejumlah uang. Nggak usah dituruti mbak. Karena saya dulu pernah menulis keluhan juga di media konsumen dan ada keterangan bahwa tulisan yang sudah dipublish tidak dapat di hapus/ditarik ulang.