Dokumen untuk Proses Pelunasan (Take Over) KPR Masih Belum Saya Terima

Sebelumnya terima kasih kepada Redaksi Media Konsumen yang telah mengizinkan saya memuat keluhan. Saya terpaksa menuliskan surat ini karena permasalahan KPR saya di Bank OCBC NISP sudah lebih dari 1 bulan (terhitung dari tanggal 4 Juli 2022) dan Pihak Bank OCBC NISP terkesan menunda-nunda menyerahkan dokumen untuk proses pelunasan (take over) KPR saya.

Sampai dengan surat ini saya tulis, Bank OCBC NISP belum memberikan:

  1. Copy dokumen jaminan dari asli sertifikat dan IMB yang dilegalisir.
  2. Scan dokumen berwarna jaminan dari asli sertifikat dan IMB.
  3. Total rincian biaya terkait pelunasan KPR.

Yang merupakan syarat kelengkapan agar Bank X bisa mentransfer dana untuk pelunasan ke Bank OCBC NISP.

Pelunasan untuk KPR saya (dengan cara take over pinjaman) dijadwalkan tanggal 18 Agustus 2022. Dana pelunasan harus tersedia di rekening tabungan pada hari H, maksimal jam 13:00 WIB. Sesuai jadwal yang diberikan Bank OCBC NISP (terlampir di bawah).

Saya khawatir dana pelunasan tanggal 18 Agustus 2022 tidak bisa tersedia di rekening pinjaman. Bank X tidak bisa mentransfer dana apabila persyaratan dokumen di atas belum diterima pihak Bank X. Sampai saat surat ini saya tulis tanggal 9 Agustus 2022, Bank OCBC NISP belum memberikan dokumen yang tertera di atas.

Saya menyampaikan ke staf after sales, dokumen dapat saya ambil di Bank OCBC NISP cabang Harapan Indah Bekasi. Saya juga menyampaikan bersedia mengambil langsung dokumen ke Bank OCBC NISP Pusat Gunung Sahari (informasi staf after sales diperlukan waktu 1-2 hari mengirimkan dokumen dari Bank OCBC Pusat ke Bank OCBC Harapan Indah Bekasi), agar dokumen bisa lebih cepat saya terima dan diserahkan ke bank take over.

Mohon bantuan Pihak Bank OCBC NISP yang membaca keluhan saya, dapat membantu mempercepat penyerahan dokumen dan persyaratan lain yang diperlukan sehingga dana pelunasan bisa tersedia tanggal 18 Agustus 2022. Take over pinjaman bisa berjalan dengan lancar dan dokumen jaminan bisa diterima setelah pelunasan sesuai dengan perjanjian.

Bank OCBC NISP memberikan jadwal pelunasan tanggal 18 Agustus 2022, tapi kenapa dokumen yang saya minta tidak diberikan sampai saat ini?

Tanggal 4 Juli saya membuka aplikasi online untuk transaksi online, sekalian saya cek rekening pinjaman. Saya kaget cicilan KPR naik menjadi 13,75% Rp19.193.038 (naik sekitar Rp4 juta dari cicilan sebelumnya). Tidak ada pemberitahuan tertulis ataupun lisan perihal kenaikan cicilan KPR. Padahal Suku bunga BI rate saat ini turun ke 3,5%. Suku bunga dasar kredit (SBDK) OCBC untuk KPR 8%.

Tanggal 4 Juli 2022, saya mengirimkan surat perihal mohon di informasikan biaya untuk pelunasan KPR dan permohonan penurunan suku bunga ke OCBC NISP, karena kenaikan suku bunga KPR dari 7,99% ke 13,75% (sehingga bunga per bulan yang harus saya bayarkan dari 8 juta menjadi 12 juta sementara Pokok Pinjaman tetap di 7 juta). Suku bunga naik 5,76%. tanpa pemberitahuan sebelumnya via lisan ataupun tulisan.

Apabila penurunan suka bunga yang diberikan tidak sesuai harapan saya, maka saya akan take over pinjaman saya ke Bank X. Bank X sudah memberikan penawaran take over dengan bunga fix bertahap s.d. 10 tahun.

Tanggal 4 Juli 2022 Bank OCBC sudah mengetahui keinginan saya untuk pelunasan dengan cara take over pinjaman. Namun sampai tanggal 14 Juli 2022 tidak ada tanggapan dari Bank OCBC NISP.

Tanggal 14 Juli 2022 dan 18 Juli 2022. Bagian after sales memberikan keputusan akhir dengan menawarkan 2 opsi:

  • Opsi 1: Penurunan suku bunga ke 11,75% floating.
  • Opsi 2: Suku bunga fix 8.5% 3th, berikutnya floating dan biaya administrasi 0,5% dari outstanding (jauh lebih besar dibandingkan biaya administrasi Perjanjian Kredit, yaitu 0,1% dari dana pinjaman). Dana administrasi harus ditransfer sebelum tanggal 5 Agustus 2022.

Opsi yang ditawarkan after sales OCBC NISP tidak memberikan solusi terbaik yang bisa meringankan beban bunga KPR. Karena bunga yang ditawarkan Bank OCBC masih sangat tinggi dibandingkan Bank X dan salah satu opsi dikenakan biaya administrasi yang cukup tinggi, maka saya memilih take over pinjaman saya ke Bank X.

Tanggal 5 Agustus 2022, saya menuliskan surat untuk permohonan copy dokumen jaminan dari asli sertifikat dan IMB yang dilegalisir sebagaimana yang di syaratkan Bank X, agar transfer dana bisa diproses ke Bank OCBC NISP.

Tanggal 5 Agustus 2022, saya mencoba menghubungi Kantor OCBC NISP cabang Bekasi, tapi nomor telepon tidak bisa dihubungi. Saya juga menelepon staf KPR OCBC NISP Bekasi, tapi tidak diangkat.

Tanggal 5 Agustus 2022, saya menghubungi staf bagian after sales via telepon, meminta bantuan agar copy dokumen bisa segera diberikan dan kepastian kapan dokumen diberikan. Tapi staf bagian after sales belum bisa memberikan jawaban pasti. Dikarenakan Bank OCBC 2 bulan ini sedang dalam proses pindahan dan bagian penyimpanan dokumen berbeda divisi.

Tanggal 8 Agustus 2022, saya mengirimkan kembali surat permohonan biaya untuk Pelunasan KPR (sebelumnya sudah pernah saya sampaikan tertulis via email ke OCBC NISP tanggal 4 Juli 2022 permohonan pelunasan KPR) dan meminta kembali persyaratan dokumen yang diperlukan Bank X.

Tanggal 8 Agustus, staf bagian after sales menghubungi saya via telepon, kembali menyampaikan belum ada kepastian kapan dokumen bisa saya terima. Dikarenakan Bank OCBC 2 bulan ini sedang dalam proses pindahan dan bagian penyimpanan dokumen berbeda divisi.

Menurut pemikiran awam saya, data dokumen (scan) sudah terdata di file komputer Bank OCBC NISP, dokumen tersebut bisa di-print dan di-stempel legalisir. Sambil mempersiapkan dokumen asli untuk diserahkan setelah KPR dilunasi.

Tanggal 8 Agustus 2022, staf OCBC NISP bagian after sales mengirimkan surat perihal pelunasan untuk KPR saya dijadwalkan tanggal 18 Agustus 2022. Dana pelunasan harus tersedia di rekening tabungan pada hari H, maksimal pukul 13:00 WIB, sesuai jadwal yang diberikan Bank OCBC NISP (terlampir).

Sekarang saya tanyakan kembali kepada Pihak OCBC NISP bagaimana dana pelunasan bisa ditransfer Bank X kalo dokumen persyaratan untuk transfer dana belum diberikan Bank OCBC NISP. Permasalahan Bunga KPR OCBC yang sangat tinggi, sudah lebih dari 1 bulan. Ini sangat mengganggu perekonomian saya, kesehatan mental dan jasmani saya.

Saya mohon kepada pihak Bank OCBC NISP untuk dapat menangani keluhan saya, dan membantu mempercepat penyerahan dokumen dan persyaratan lain yang diperlukan sehingga dana pelunasan bisa tersedia tanggal 18 Agustus 2022. Take over pinjaman bisa berjalan dengan lancar dan dokumen jaminan bisa diterima setelah pelunasan sesuai dengan perjanjian.

Terima kasih. Hormat saya.

Silvia Phandu
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai KPR Bank OCBC NISP:
[Total:8    Rata-Rata: 1.1/5]
Tanggapan Bank OCBC NISP Atas Surat Pembaca Ibu Silvia Phandu

Dengan hormat, Terima kasih kepada redaksi Media Konsumen yang telah menayangkan surat pembaca dari Ibu Silvia Phandu pada Senin, 10...
Baca Selengkapnya

15 komentar untuk “Dokumen untuk Proses Pelunasan (Take Over) KPR Masih Belum Saya Terima

    • 10 Agustus 2022 - (18:13 WIB)
      Permalink

      Sementara masih proses Pak. Saat ini masih menunggu dokumen legalisir sertifikat dan IMB dari Bank OCBC NISP. Setelah ada dokumen baru bisa akad dan Bank X transfer Dana untuk pelunasan ke Bank OCBC (take over).

      • 11 Agustus 2022 - (05:31 WIB)
        Permalink

        Terima kasih kami jadi Tau rate di ocbc Dan bagaimana pemprosesan mereka apabila nasabah kpr ada yang mau take over bank lain.
        Dan ternyata bunga fix rate diawal merupakan suatu jebakan agar ketika floating diambil porsi bunga besar.
        Sekedar info di Cimb niaga saya fix rate 5tahun 8.25%. saat ini sudah tahun ke 5 bulan 7 rate yang dapatkan 8.29% dimana perubahan selalu diinfokan melalui email serta kenaikannya Masih 0.0X%, saya SI harapnya Masih seperti ini hingga seterusnya.
        Btw MBA Silvia ini mungkin dianggap orang yang cukup mampu sehingga bank malah memberikan bunga yang besar, padahal teorinya jika rating/risiko nasabah kecil harus ya bunga juga tidak besar.

        • 11 Agustus 2022 - (06:46 WIB)
          Permalink

          Sama- sama Mas. Bunga floating di Cimb niaga bagus sekali. Dari pengalaman ini, saya kapok bunga floating. Pindah ke Bank X yang bunga fix selama masa pinjaman (3th pertama 4,5%, 3 th berikut 7,8%, tahun 7-10, 9,8%).

  • 11 Agustus 2022 - (06:17 WIB)
    Permalink

    Hampir semua Bank seperti itu, diawal memberikan Bunga promo agar bisa capai target. Hati-hati dengan jebakan Bunga promo Bank Take Over, perhitungkan dgn segala bentuk biaya.

    Pengalaman pribadi, KPR saya tahun 2013 dgn Bunga promo Bank Mandiri 6,75% FIXED 2 tahun, Tahun ke 3 naik jadi 9,75%, Tahun ke 4 “FLOATING” jadi 13,5%, berjalan 4 tahun lebih saya lunasi karena Bunga yang “memang” tidak wajar.

    Yakin dan percaya bahwa sampai kapan pun bakalan Take Over lagi ketika lepas dari OCBC setelah lewat masa Bunga promo Bank Take Over tsb.

    FYI : OCBC akan menghambat proses TO ke Bank lain karena Margin mereka hilang.

    Semoga TS punya Rejeki lebih agar bisa melunasi segera KPR tanpa perlu Take Over.

    • 11 Agustus 2022 - (06:52 WIB)
      Permalink

      Terimakasih sudah berbagi pengalaman dan untuk masukan serta support nya Mas. Saat ini saya belum ada dana, belum bisa melunasi. Jadi terpaksa take over ke Bank X yang bunga fix bertahap s.d akhir pinjaman, 3th pertama 4,5%, 3 th berikut 7,8%, tahun 7-10, 9,8%).

  • 11 Agustus 2022 - (12:56 WIB)
    Permalink

    Trima lasih sharing informasinya bu.
    Sy jg aa KpR d BUMn dan d tahun depan masuk suku bunga floating.
    Jika bunganya masih logis maka lanjut.
    Namun jika anhkanya memberatkan maka opsi take over.
    Semoga crpat selesai irusannya bu.

    • 11 Agustus 2022 - (16:43 WIB)
      Permalink

      Sama-sama Pak, Terimakasih untuk Doa nya. Semoga proses take over saya berjalan lancar.

  • 11 Agustus 2022 - (22:29 WIB)
    Permalink

    Knapa take over. Apa diiming-iming bank X bunga/cicilan lebih rendah kah. Anda nggak mikir takeover itu malah bikin rugi ada pinaltinya dari bank lama. Jelas bank lama akan mempersulit anda. Karena sdh lazim dalam praktek take over dan pelunasan di percepat hal yg tidak di sukai bank

    • 11 Agustus 2022 - (22:39 WIB)
      Permalink

      Bisa dibaca diatas Pak, kenapa di take over. Tidak di iming-iming, sudah diperhitungkan s.d akhir pinjaman penghematan berapa ratus juta kalo take over Kalo bunga floating 13,75% apakah wajar bayar terus? Cicilan per bulan 19jt (pokok 5jt, bunga 14jt) 10th lagi. Pasti take over, bank X per bulan 13 juta (pokok 8jt bunga 5jt) bunga 3th pertama 4,5%, 3 th berikut 7,8%, tahun 7-10, 9,8%. Hemat ratusan juta. Nga take over berarti besar bayar bunga dibanding pokok pinjaman.

    • 11 Agustus 2022 - (22:43 WIB)
      Permalink

      Penalti hanya 3% (tidak sampe 50jt) dari sisa pinjaman, ini sangat kecil dibandingkan penghematan ratusan juta Pak. Semua sudah diperhitungkan s.d akhir pinjaman.

 Apa Komentar Anda mengenai KPR Bank OCBC NISP?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Dokumen untuk Proses Pelunasan (Take Over) KPR Masih Belum Saya Terima…

oleh celvya dibaca dalam: 4 menit
15