Janji Pengembalian DP Tidak Segera Dilaksanakan

Halo Media Konsumen,

Nama saya Dina Amalia Susamto. Saya konsumen perumahan Nu Green Residence Pondok Rajeg, Cibinong, yang pada bulan Januari 2022 membatalkan pengambilan 1 unit rumah di Nu Green Residence.

Dalam kesepakatan, seperti yang dikatakan marketer-nya (bukti percakapan WA yang saya screenshot), uang DP akan kembali 14 hari kerja sebesar Rp10 juta. Kemudian setelah marketer membuat laporan pembatalan, ia mengatakan tunggu sesuai ketentuan, pembayaran DP diangsur dua kali.

Saya pun menunggu. Namun bulan-bulan berlalu, sampai dengan Agustus 2022 uang belum juga dikembalikan. Bahkan yang 5 juta rupiah pengembalian pertama pun tidak dilaksanakan. Setiap minggu saya menagih, dan marketer-nya memberikan banyak alasan dengan kalimat “Nanti saya push“, “Nanti saya tanyakan“, dan sebagainya.

percakapan awal januari
percakapan 1 Agustus

Saya berharap, dengan menulis pengaduan, pihak terkait Nu Green Residence segera memenuhi janjinya. Terima kasih.

Dina Amalia Susamto
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kalau calon pembeli membatalkan secara sepihak pembelian unit rumah tanpa alasan yang jelas, sebenarnya DP tidak bisa kembali, jika pun dikembalikan 50% saja udah bagus. Karena ketika pembeli sudah membayar DP, pihak developer sudah mulai membangun unit yang dipesan. Untuk pengembalian DP, biasanya pihak developer menunggu pembeli lain.

    Lain kali, sebelum ambil unit rumah dipikirkan dulu secara matang, jangan terburu-buru teken kesepakatan dan bayar DP, supaya tidak merugikan pihak pengembang. Jika setelah teken kesepakatan kemudian berubah pikiran dan membatalkan pengambilan unit, itu seperti main-main, tidak siap dalam bertransaksi.

    Coba kalau anda jual sesuatu kepada orang lain, kemudian calon pembeli membatalkan kesepakatan dan meminta refund, tentu Anda juga akan kecewa, apalagi uang sudah anda gunakan untuk keperluan yang lain. Dewasalah dalam bertransaksi!

  • Oh sudah ada kesepakatan kembali DP ya Sebesar 10 Juta dari DP awal 12 Juta. Kalau sudah begini gaskan aja langsung hadap hadapan, teken di atas materai gan, janji pembayaran DP 10 Juta.

  • Sm ajaa mau no rek pribadi, developer.. DP rumah sy juga gk kembali 20 jt tapi d tmp lain.. Sejak itu sy malas ambil rumah via developer meskipun marketing janjinya selangit. Mending beli 2nd aja rumah toh renov udah jadi rumah baru. Lgsg shm d tangan.

    • Uangnya dibawa kabur sama marketingnya. Seharusnya ada perjanjian hitam diatas putih jadi ada kekuatan hukum. Bisa kena pidana itu developer dan marketingnya. Bisa kena pasal penipuan.

  • Rasanya suliit uang dp neng dina mau dibalikin
    Shrusnya lbh berhati2 dlm mengambill kesimpulan
    Okehh
    Apalg klo perumahan dipedalaman siapa yg mau beli heheeekk

  • DP itu singkatan dari Down payment atau bahasa indonesianya Tanda jadi "Bukti keseriusan". Kalo nggak jadi ya DP hangus biasanya.

  • Uang DPnya diTransfer ke norek Si sales ya?

    Drpd ke PHP melulu, pastikan aja datang ke Developernya untuk memastikan kalau uang DPnya memang dulu masuk ke Developer. Bs jadi sales mengulur ngulur waktu dan terkesan "melarang" anda untuk datang ke developer krn belum cukup duit untuk mengembalikan uang DP anda yg sudah terlanjur dipakai untuk keperluan pribadi dia.

    (pengalaman pribadi saya ditipu sales developer)