Janji Pengembalian DP Tidak Segera Dilaksanakan

Halo Media Konsumen,

Nama saya Dina Amalia Susamto. Saya konsumen perumahan Nu Green Residence Pondok Rajeg, Cibinong, yang pada bulan Januari 2022 membatalkan pengambilan 1 unit rumah di Nu Green Residence.

Dalam kesepakatan, seperti yang dikatakan marketer-nya (bukti percakapan WA yang saya screenshot), uang DP akan kembali 14 hari kerja sebesar Rp10 juta. Kemudian setelah marketer membuat laporan pembatalan, ia mengatakan tunggu sesuai ketentuan, pembayaran DP diangsur dua kali.

Saya pun menunggu. Namun bulan-bulan berlalu, sampai dengan Agustus 2022 uang belum juga dikembalikan. Bahkan yang 5 juta rupiah pengembalian pertama pun tidak dilaksanakan. Setiap minggu saya menagih, dan marketer-nya memberikan banyak alasan dengan kalimat “Nanti saya push“, “Nanti saya tanyakan“, dan sebagainya.

Saya berharap, dengan menulis pengaduan, pihak terkait Nu Green Residence segera memenuhi janjinya. Terima kasih.

Dina Amalia Susamto
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan atas Janji Pengembalian DP Tidak Segera Dilaksanakan

Assalamualaikum Wr. Wb. Salam kenal warga Media Konsumen, saya Dika selaku pemilik dan sekaligus developer dari usaha properti saya, NuGreen...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Janji Pengembalian DP Tidak Segera Dilaksanakan

  • 15 Agustus 2022 - (10:37 WIB)
    Permalink

    Kalau calon pembeli membatalkan secara sepihak pembelian unit rumah tanpa alasan yang jelas, sebenarnya DP tidak bisa kembali, jika pun dikembalikan 50% saja udah bagus. Karena ketika pembeli sudah membayar DP, pihak developer sudah mulai membangun unit yang dipesan. Untuk pengembalian DP, biasanya pihak developer menunggu pembeli lain.

    Lain kali, sebelum ambil unit rumah dipikirkan dulu secara matang, jangan terburu-buru teken kesepakatan dan bayar DP, supaya tidak merugikan pihak pengembang. Jika setelah teken kesepakatan kemudian berubah pikiran dan membatalkan pengambilan unit, itu seperti main-main, tidak siap dalam bertransaksi.

    Coba kalau anda jual sesuatu kepada orang lain, kemudian calon pembeli membatalkan kesepakatan dan meminta refund, tentu Anda juga akan kecewa, apalagi uang sudah anda gunakan untuk keperluan yang lain. Dewasalah dalam bertransaksi!

    4
    3
  • 15 Agustus 2022 - (16:16 WIB)
    Permalink

    Oh sudah ada kesepakatan kembali DP ya Sebesar 10 Juta dari DP awal 12 Juta. Kalau sudah begini gaskan aja langsung hadap hadapan, teken di atas materai gan, janji pembayaran DP 10 Juta.

    2
    1
  • 15 Agustus 2022 - (16:38 WIB)
    Permalink

    Kok transfer nya no rek pribadi ya?
    Krn saya dulu transaksi pakai rekening developer nya.

  • 15 Agustus 2022 - (18:47 WIB)
    Permalink

    Sm ajaa mau no rek pribadi, developer.. DP rumah sy juga gk kembali 20 jt tapi d tmp lain.. Sejak itu sy malas ambil rumah via developer meskipun marketing janjinya selangit. Mending beli 2nd aja rumah toh renov udah jadi rumah baru. Lgsg shm d tangan.

    • 15 Agustus 2022 - (20:39 WIB)
      Permalink

      Uangnya dibawa kabur sama marketingnya. Seharusnya ada perjanjian hitam diatas putih jadi ada kekuatan hukum. Bisa kena pidana itu developer dan marketingnya. Bisa kena pasal penipuan.

  • 15 Agustus 2022 - (21:02 WIB)
    Permalink

    Rasanya suliit uang dp neng dina mau dibalikin
    Shrusnya lbh berhati2 dlm mengambill kesimpulan
    Okehh
    Apalg klo perumahan dipedalaman siapa yg mau beli heheeekk

  • 16 Agustus 2022 - (01:45 WIB)
    Permalink

    DP itu singkatan dari Down payment atau bahasa indonesianya Tanda jadi “Bukti keseriusan”. Kalo nggak jadi ya DP hangus biasanya.

  • 16 Agustus 2022 - (12:27 WIB)
    Permalink

    Uang DPnya diTransfer ke norek Si sales ya?

    Drpd ke PHP melulu, pastikan aja datang ke Developernya untuk memastikan kalau uang DPnya memang dulu masuk ke Developer. Bs jadi sales mengulur ngulur waktu dan terkesan “melarang” anda untuk datang ke developer krn belum cukup duit untuk mengembalikan uang DP anda yg sudah terlanjur dipakai untuk keperluan pribadi dia.

    (pengalaman pribadi saya ditipu sales developer)

    2
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Nu Green Residence?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Janji Pengembalian DP Tidak Segera Dilaksanakan

oleh Dina dibaca dalam: 1 menit
9