Surat Pembaca

Pesan COD Emas 1 Gram, tapi yang Dikirim Emas 0,001 Gram

Saya kecewa dengan aplikasi Lazada yang tidak jelas. Pesanan saya dengan nomor: 915492004655351, tanggal 31 Juli 2022, untuk pembelian emas ANTAM 1 gram dan pembayaran COD, dibatalkan oleh pihak seller, tanpa ada konfirmasi melalui chat.

Tanggal 5 Agustus 2022, kurir datang membawa paket COD. Saat saya tanya kurir perihal status di aplikasi yang telah dibatalkan, kurir tidak paham. Kurir memberi saran untuk pembatalan via aplikasi. Ternyata barang yang datang adalah emas seberat 0.001 gram (tidak sesuai dengan pesanan).

Akhirnya saya lakukan pembatalan via aplikasi, tapi tertera “COD atas pesanan tersebut tidak bisa dikembalikan karena dana belum diterima oleh Lazada”. Saya sudah mencoba kirim email, dan DM IG, tetapi belum ada tanggapan sama sekali.

Mohon bantuan dari pihak terkait, untuk menindaklanjuti seller seperti di atas. Karena ternyata penjual di Lazada sangat-sangat tidak jujur, tidak seperti di e-commerce yang lain. Ditunggu tanggapan secepatnya.

Terima kasih.

Angga Sukma Nopriyanti
Kota Malang, Jawa Timur


Update (23 Agustus 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi atas tanggapan dari pihak Lazada sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Lazada perihal Surat Pembaca “Pesan COD Emas 1 Gram, tapi yang Dikirim Emas 0,001 Gram”

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 19 Agustus 2022 berjudul “Pesan COD Emas 1 Gram,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Sy lumayan kaget karna kakak berani beli emas di lazada. Lazada Uda lama terkenal dengan reputasi kurang bagus. Maka nya barang jenis yg sama dengan seller yg sama di tokped kalo jual di lazada harga jauh lebih murah yg di lazada, ternyata di sanalah seller menjual Product mereka yg cacat karna system' komplain di lazada tidak aman. Lazada banyakan menjaring customer yg berada di area desa, perkampungan yg memang lebih senang karena bisa bayar system' cod, karena banyak yg belum punya rek untuk bisa transfer atau yg ATM dan bank nya susah terjangkau karna minim dan jauh. Seperti di area sy ini, ada yg pesan baju dewasa, dikirim baju anak. Ada yg pesan mainan mobilan remote dikirim boneka bahkan ada yg pesan hand sanitizer dikirim sampah tapi ya mereka tetap order di lazada karna banyak yg tidak punya rek untuk transfer dan dari awal lazada yg duluan ada system' cod jd terbiasa di sana walaupun skrg tokped n shopee jg ada yg vs cod toko nya. Cuma sy perhatikan yg mereka pesan ini bukanlah jenis barang bernilai/berharga seperti emas dan yg bernilai tinggi seperti laptop, dll. Sekedar dijadikan "warning" untuk semua yg baca. Terima kasih.

    • terimakasih sekali infonya kak, selama ini beli di lazada cuma susu balita aja dan tidak ada kendala baru kali ini iseng2 yg berkendala, but cuma pengen tokonya di NA aja dari lazada, biar tidak banyak korban yang lain.
      not recommended lah e-commerce ini mending si orange kemana2

      • sama aja koq kak. sy malah sbg seller yg kena tipu sm buyer. pas jualan d shopee.
        COD emas 1gr, bilng nya iya serius gg tau nya malah kongkalingkong sm oknum ekspedisi.
        dia gak bayar. paket balik lagi, tp isinya sdh dignti sm battery bekas.

        • Iya ,sy seller dilazada&marketplace lainnya ,,g smua seller kyk GT ,masih bnyk seller2 yg jujur ,buyer pun juga gt bnyk yg nipu mbk ,beli cod g dibayar isinya dituker ,,eh ternyata ,ada tetangga baru sy ,klo ada paket cod ,dia nyogok kurirnya 10-35rb biar bolehin buka paket nya dulu,klo suka diambil & dibayar,g suka dikembalikan ke kurir isi di tuker (kadang).. tercengang!! Lapor ke pihak kurir ,malah ditnya2 nama kurir , resi dan video kejadiannya.. mana gw tw nama kurir&resinya , apalagi video blum tntu mau mereka gw videoin ,,laporan biar kurirnya ditindak biar g ada Lg seller yg jadi korban ,malah diintrogasi ?

    • Memang ada plus minusnya sih. Barang di Lazada paling murah dan ongkirnya juga. Tapi bayar pakai kartu kredit aja nggak ada otp-nya cuman masukin kode rahasia yang tiga angka langsung sukses jd amat sangat tidak aman. Dulu pernah bermasalah juga komplainnya susah minta ampun. Paling nyahud sih emang bli-bli dah tpi ya gitu barangnya lebih mahal dari yang lain dan enggak lengkap.
      Jadi kesimpulannya selama tidak bermasalah ya asik-asik aja belanja di Lazada.

  • 1gram harga sekarang 900ribu lah nah itu cm 500 ribu.kalo 0,001 setengahnya aja ga ada.artinya pedagang ga mau rugi hhhh

  • ini yang saya suka, penipu nya pintar, bukan korban nya bodoh, surat pembaca yang valid, bukan kesalahan korban menurut saya, sangat jarang dari kita untuk mengecek resi sesuai atau tidak, ngecek pun kan nama pengirim penerima aja, tidak mungkin detail lain kita cek

    • Kalo saya cukup satu kali ditipu saat belanja di e-commerce ini, waktu itu beli charger Samsung, katanya asli, dijamin ori lalu saya chat penjualnya juga bilang asli, saya pesan lah harga 79rb waktu itu 2019, pas datang barangnya.......saya liatnya aja udah kesel, ternyata barang abal-abal harga 15rban. Semenjak itulah saya langsung off dan uninstall apk nya hingga saat ini. Mending belanja di BK sama TP aja, sejauh ini real dan aman. Saya tipe orang yang malas lapor lapor, karena saya sadar saya hidup di negeri konoha dimana penipu ngga ditindak tapi yang tertipu malah di bully.

  • Udah tau dibatalin ama seller, ya jgn diterim.. tentunya no resinya juga ga sama. Ini ko masih diterima..

  • Lazada, shoppe, tokopedia dll sama kaya mall mas bro, di mall aja ada yg jual barang palsu, bajakan dll tapi pemilik mall membiarkan pedagang yg jualan barang tsb
    E commerce ya seperti mall (pemilik & pengelola tempat jualan bukan jualan kecuali pulsa, angsuran kredit, bpjs, dll) ?

    • Saya pernah cicipi hampir semua toko besar, saya bekerja sebagai lead di sebuah perusahaan terbesar Indonesia di bidangnya yang menangani kasus fraud yang terbilang cukup sukses membuat banyak trobosan sehingga saya langsung direct ke VP. Dengan semua data yang dipaparkan penulis, saya lihat kelalaian dari sisi buyer, toko lain yang saya gunakan, saya lihat tidak lebih baik dalam hal ini, karena saya daftar seller juga. Pertanyaan saya sudah kontak admin ekspedisinya belum?, minta tahan duitnya, segera buat lp untuk disetor kalau diperlukan dan syarat laporan apa saja. duitnya dimana koar2nya kemana, ya tapi saat Anda membaca ini kemungkinan sudah terlambat. Kalau gak ada harapan, cari lagi aja duit 400 ribu sebagai pelajaran hidup.

  • Jadi gini sheler menjual barang yah jauh lebih murah , krna buat narik Coustumer nya disaat ada yang tertarik dia sengaja batalkan, selang brpa hari sheler ngrim barang di luar aplikasi dgn sistem cod, disitu dh ketahuan nakalnya setahu sy sheler yg nolak pesanan dr marketk pasti kena pinalti, dia nga peduli yg pntng cuan dia hanya bermain2 di marketk tujuanya buat melabui Coustumer nya.
    Dan itu sdh diluar tangung jwb marketk.. Tapi seharusnya pihak marketk blok itu toko jelas2 sdh ada korbanya.
    Dan anda sndri kalo sdh tahu barang di marketk dibatalkan, dan klo nga merasa pesan selain itu knpa diterima.
    Ini modus baru

    • Jgn trgiur hrga murah lihat pasaran harga barang disheler lainya. Itu msh mnding yg Dikirim emas msh bruntung nga dikirimn kayu/ apa. Klo transaksi di marketk sheler ngirim barang yg nga sesuai ajukan pengembalian msh bisa , sengaja dia transaksi diluar aplikasi

    • Benar sih tapi ya susah, paling pinalti nya cuma pinalti yang batalin pesanan doang bukan yang kasus penipuan itu.. Karena meski ada korban penipuan, penjual toko bisa ngelak dengan alasan bukan dia yang ngirim barang palsunya, kalau mau dibuktikan harus ada investigasi yang mana ini keluar duit dan waktu yang mana entah dari korban / marketplace itu sendiri
      Penipu pinter ini mah

  • Modus baru ini, saya jg kmaren belanja di lazada produk sabun, harganya miring bgt, saya liat toko, seller baru, tp pas masuk ke toko yg di jual malah kaya perhiasan...sy tetap beli, tp statusnya COD...dan barangnya ga ada yg datang alias cancel oleh penjual...wkwkwk

  • Setuju bgttt dgn komen @picka. Lazada buruk bgt pelayanannya. Terutama utk komplain. Baru terpiikir knp bisa lebih murah harga nya. Ternyata gara2 gtu yaa..saya juga baru pertama kali order. Pesan tgl 13. Baru dkirim tgl 19 (sampai skrg statusnya juga cuma baru dipickup tanpa ada progress) Itupun harus tarik urat sama CS. Chat seller gak pernah dibalas. Beda bgt sama toko orange/ijo yg ada batas pengemasan. Kapok baru pertama kali order dan ini klo udh sampe barangnya mau hapus akun aja. Gak worth it bgt. Seller nya seenaknyaa. Kapokkkkkk