Surat Pembaca

Fitur Kontrol Pulsa XL Tidak Berfungsi Lagi

Dulu tanggal 11 Agustus 2021, Media Konsumen pernah menerbitkan surat pembaca saya yang berjudul Kecewa dengan Fitur Kontrol Pulsa XL yang Tidak Berfungsi. Lagi-lagi di tanggal 2 September 2022 fitur kontrol pulsa XL tidak berfungsi lagi. Pada tanggal 2 September 2022 saya menanyakan perihal pemotongan pulsa yang di alami oleh nomor saya ke CS XL, saya waktu itu belum tahu pulsa saya terpotong oleh apa?

Pada tanggal 2 September 2022 saya juga mencoba mengecek riwayat transaksi di fitur riwayat transaksi aplikasi MyXL, tapi pemotongan pulsa tersebut gak terekam di fitur riwayat transaksi aplikasi MyXL.

Tidak menyerah saya menanyakan riwayat transaksi di tanggal 2 September lewat live chat di aplikasi MyXL dan ternyata ada pemotongan pulsa untuk pembelian paket, entah paket apa yang di beli. Saya juga tanya ke CS lewat live chat, pulsa saya terpotong oleh apa? Ternyata terpotong oleh layanan Google.

Harusnya itu tidak bisa karena fitur kontrol pulsa saya aktif untuk data, SMS berlangganan, SMS banking. Layanan Google itu masuk dalam katagori SMS berlangganan, biasanya juga tidak bisa memotong pulsa, saya sudah pernah coba berkali-kali, tidak bisa. Namun, di tanggal 2 September 2022 fitur kontrol pulsa XL tidak berfungsi.

Saya sebenarnya awalnya tidak ada niat untuk menulis di Media Konsumen, tapi karena tanggal 4 September XL menyatakan pemotongan pulsa sudah sesuai, saya gak terima.

Pada tanggal 03 September 2022 CS menelepon saya, saya jelaskan ke dia bahwa pulsa saya itu terpotong oleh layanan google meskipun fitur kontrol pulsa untuk SMS berlangganan aktif. CS malah bilang ke saya di sistem mereka fitur kontrol pulsa saya cuma aktif untuk data, saya bilang fitur kontrol pulsa saya aktif untuk data, SMS berlangganan, SMS banking. Saya bahkan sampai kirim bukti tangkapan layar fitur kontrol pulsa saya ke email CS XL tanggal 03 September 2022.

Coba pakai logika, fitur kontrol pulsa dapat melindungi pulsa dari SMS berlangganan, layanan berbayar google termasuk SMS berlangganan. kira-kira kalau pulsa terpotong oleh layanan google dalam keadaan fitur kontrol pulsa aktif untuk SMS berlangganan, pemotongan pulsa sudah sesuai atau tidak? Tentu saja tidak sesuai.

Saya kira pihak xl akan bertanggung jawab seperti kasus fitur kontrol pulsa tidak berfungsi untuk SMS banking, tapi ternyata saya salah. Mungkin ada yang komentar, kan saya coba Youtube premium gratis, salah sendiri kenapa tidak di berhentikan? Saya jawab, pembayaran pakai pulsa harusnya tertolak karena fitur kontrol pulsa saya untuk SMS berlangganan aktif. biasanya juga tertolak meskipun pulsa mencukupi. Nih contoh tangkapan layar pembayaran google tertolak.

Fajar Firdaus
Serang, Banten


Update (14 September 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak XL Axiata sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan XL Axiata atas Keluhan Bapak Fajar Firdaus

Jakarta, 21 September 2022 Ref.CM/CU/E/006/0922/OS Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Fajar Firdaus melalui Mediakonsumen.com tanggal...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • orang yg pernah punya pengalaman di tawari memblokir nomor telepon dari sms konten oleh cs, harusnya tahu bahwa layanan berbayar google itu termasuk sms konten jg. si dimas sok tahu dia bilang operator gak bisa memblock autodebit google pay, faktanya bisa bego. tolong perbanyak lg literasi dimas2. nih gw kopas tulisan di kaskus
    "Segera saya hubungi myXLCare melalui twitter, dijawab ada pemotongan pulsa untuk layanan. Saya tanya layanan apa, tidak dijawab. Saya tanya kok tidak ada notifikasi sms apapun ke saya, tidak dijawab. Jawaban yang saya dapatkan: Baik, mohon maaf ya. Thanks #M117

    Setelah saya bilang akan saya tulis ke media konsumen, #M138 menanyakan apakah ingin dilakukan blacklist global agar ke depannya tidak terdaftar layanan kembali? Yang dimana akan mengakibatkan nomor hp saya tidak bisa menerima pop up dan tidak bisa melakukan pembelian layanan di aplikasi google. Saya jawab: Iya mau blacklist global. #M83 lalu konfirmasi bahwa blokir global sudah dilakukan."

    sumber: https://m.kaskus.co.id/show_post/5ecdd9ae337f937e1f7d9e07/20/-

    yah saya tahu kadang2 blokir global tidak berfungsi dgn baik, terbukti kadang2 masih bisa beli sms konten. kadang2 gak bisa meski pulsa mencukpi. dulu pengguna bisa tes dgn coba beli rbt berbayar, berfungsi atau kagak? kalau gak berfungsi, yah protes. bisa jg beli sms konten berbayar lain yg lebih murah untuk melakukan pengetesan.

  • Barusan sy test beli langganan mingguan game dgn mengaktifkan filtur ini ttp bisa kepotong kok gan... hahaha

    • xl mengecualiakan pembelian di google play dari fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan, padahal xl dulu kalau memblokir sms konten, memblokir pembelian di google play

  • baca2 komen kayanya penulis pake akun bodong buat membela dirinya.

    penulis menuntut xl memperbaiki kontrol pulsa

    mungkin xl sudah memperbaiki kategori kontrol pulsa Google Pay dikeluarkan dari sms berlangganan

  • Kak. Gk usah dibawa kesini juga. Seharusnya kakak juga sadar diri. Kakak itu nyolongin gratisan. Sekalinya bayar kok malah marah². Sms berlanganan itu seperti anda berlanganan reg spasi jodoh. Kalo sms banking itu buat anda menggunakan transfer bank. Pembayaran google itu udh beda. Mending kakak yg matiin fitur gratisannya drpd nanti lewat jangka gratisan dan diharuskan bayar malah kepotong lagi. Tukang nyolongin gratisan kok marah² sekiranya kecolongan duit karena telat matikan fitur buat bayar aplikasi.

  • Ini yg saya dapat dari CS XL via Email tentang masalah anda,karena anda cukup keras kepala klo dibilangin

    Dear Bapak Rifky,

    Terima kasih telah menghubungi Maya melalui email.

    Menanggapi pertanyaan Bapak Rifky, dapat Maya sampaikan bahwa Kontrol Pulsa pada aplikasi myXL tidak termasuk untuk layanan Google Play sehingga apabila mengaktifkan fitur SMS berlangganan maka pembelian item masih bisa dilakukan.

    Demikian informasi dari Maya. Terima kasih Bapak Rifky dan selamat beraktivitas.

    Sehubungan dengan email Bapak Rifky, setelah interaksi ini berakhir Maya akan kirim Email Survey terkait pelayanan Customer Service Agent Maya. Mohon luangkan waktu mengisi survey tersebut untuk bantu Agent Maya jadi lebih baik.

    Salam,

    • maaf kak, sebelum ada fitur kontrol pulsa xl memblokir sms konten dari nomor saya. dulu kalau xl memblokir sms konten, layanan berbayar google jg ikut terblokir. namun, di tanggal 7 septmber 2022 saya dapat telepon dari cs yg menyatakan bahwa xl mengubah kebijakan mereka. jadi layanan berbayar google tidak terblokir lg di nomor saya, tp cs janji akan melakukan pemblokiran kembali layanan berbayar google, sehingga nomor telepon tidak dapat membeli layanan berbayar google lg. coba baca komentar saya di atas. anda kalau pernah di tawari blacklist global oleh cs, harusnya tahu.

    • dulu xl kalau memblokir sms konten, layanan berbayar google jg ikut di blokir karna layanan berbayar google termasuk sms konten.

    • uciha@ lu pernah punya pengalaman di tawari blacklist global atau tidak? dari komen lu sih kayaknya kagak.

  • update, cs xl td nelepon bilang sudah melakukan pemblokiran layanan berbayar google, tp saya belum coba apa benar sudah melakukan pemblokiran layanan berbayar google. jauh sebelun ada fitur kontrol pulsa, nomor xl saya itu sudah di lakukan blacklist global. bahkan kita bisa melakukannya sendiri lewat *500*8# dan itu membuat nomor gak bisa membeli layanan berbayar google.

  • Kalau mau gratisan jangan gitu caranya, rugi banyak bapak, lo salah sendiri gak baca aturan, gak semua fitur bisa aktif semaunya bapak saja, kalau bapak memang pintar baca semua aturannya, biar gak kepotong pulsanya, walaupun sudah aktif fiturnya bukan berarti bapak aman dari pemotongan pulsa, pas gini bapak ngarep uang kembali??? Iya gak bisalah orang itu kesalahan bapak sendiri.

    • yang salah itu xl karna sistemnya gak berfungsi dgn baik. wajar dong kalau saya minta ganti rugi. dulu kontrol pulsa xl pernah gak berfungsi untuk data, saya minta ganti rugi dan di ganti, xl pun melakukan perbaikan fitur kontrol pulsa, saya coba pulsa gak bisa terpotong oleh akses internet. artikelnya ada di mediakonsumen https://mediakonsumen.com/2021/08/11/surat-pembaca/kecewa-dengan-fitur-kontrol-pulsa-xl-yang-tidak-berfungsi

      di tahun 2020 xl pernah menawarkan blacklist global lg ke saya nih buktinya, mereka sendiri yg ngomong membuat nomor gak bisa membeli layanan berbayar google walaupun faktanya nomor saya itu sebelumnya sudah di blacklist global sama xl. https://drive.google.com/file/d/1Ig-_IvTmNlxaiXm1nUrpywVzaq1tZM5c/view?usp=drivesdk

      faktanya sebelum ada fitur kontrol pulsa pun nomor xl saya itu emang gak bisa membeli sms konten berbayar. gak bisa membeli layanan berbayar google karna xl sudah memblokir sms konten dari nomor saya. semua sms konten itu diblokir dari nomor saya oleh xl.

      makannya kalau anda buka link google drive saya, itu saya kasih jawaban nomor xl saya sudah di blacklist global, tp masih nerima pesan pop up dan itu pesan pop up gak bisa di blokir oleh fitur hp, kecuali fitur hp yg memutuskan jaringan, misal mode pesawat.

      jadi yg salah xl. kalau punya itikad baik harusnya melakukan ganti rugi karna sistem mereka tidak berfungsi dgn baik.

  • kalau punya pengalaman di tawari blacklist global oleh cs xl, harusnya berpikir layanan berbayar google termsuk sms konten jg. dulu itu kalau nomor xl di blaclist global, layanan berbayar google jg ikut di blokir.

  • yg punya pengalaman di tawari blacklist global oleh cs xl harusnya tahu jika xl memblokir sms konten, itu akan memblokir layanan berbayar google jg. harusnya paham sih xl dulu menganggap layanan berbayar google sebagai sms konten jg.

  • Cara terbaik untuk kontrol pulsa adalah jangan pakai smartphone, pakai hp jadul atau feature phone aja, yang hanya bisa buat telepon dan SMS.

    Intinya, daripada ribet dengan kontrol pulsa dan biar gak terpotong pulsa, jangan pakai SMS berlangganan, jangan pakai sms banking, jangan pakai ring tone berlangganan, jangan beli layanan Google, jangan menelpon tapi buat terima telepon aja, dan berkirim pesan instan. Beres kan?

    Cara yang paling efektif untuk kontrol pulsa adalah Anda sendiri, kalau smartphone Anda hanya untuk terima telepon dan berkirim pesan instan aja, pulsa Anda aman, gak akan terpotong bukan? Daripada Anda pakai smartphone tapi ribet dengan kontrol pulsa, lebih baik gak usah pakai HP. Beres!