Surat Pembaca

Terima Kasih XL, yang Telah Memblokir Kembali Layanan Berbayar Google dan Mengganti Pulsa Saya

Saya ucapkan terima kasih kepada XL, yang telah memblokir lagi layanan berbayar Google, sehingga pulsa tidak bisa terpotong lagi oleh layanan berbayar Google dan mengganti pulsa saya yang terpotong secara tidak sah. Ini tulisan klarifikasi untuk surat pembaca saya yang berjudul “Fitur Kontrol Pulsa XL Tidak Berfungsi Lagi” dan surat pembaca saya yang berjudul “Menunggu Itikad Baik XL“.

Saya juga punya saran kepada pihak XL, cobalah sesuatu yang tidak sesuai itu jangan dibilang sudah sesuai. Dulu waktu pulsa saya terpotong oleh internet dalam keadaan fitur kontrol pulsa aktif untuk data, kalian bilang sudah sesuai, padahal tidak sesuai. Untung saja yang bagian pulsa terpotong oleh SMS banking dalam keadaan fitur kontrol pulsa aktif, kalian tidak bilang sudah sesuai.

Sekedar informasi tambahan untuk semuanya, dulu sebelum ada fitur kontrol pulsa, XL memblokir SMS konten dari nomor saya. Itu membuat nomor saya tidak bisa membeli layanan berbayar Google, karena layanan Google termasuk SMS konten. CS sendiri yang bilang jika XL melakukan blacklist SMS konten itu akan membuat nomor tidak bisa membeli layanan berbayar Google.

Hal itu juga yang membuat saya salut sama XL dan AXIS, karena bisa memblokir SMS konten, operator lain saya lihat tidak bisa. Mungkin ada yang bertanya kenapa SMS konten tidak diblokir menggunakan fitur blokir yang sediakan hp? Saya jawab memblokir SMS konten menggunakan fitur blokir yang disediakan hp, tidak membuat pulsa aman dari SMS konten. Harus operator yang melakukan pemblokiran atau fitur yang disediakan operator.

Mungkin ada yang bertanya juga, kenapa memblokir SMS konten menggunakan fitur blokir yang di sediakan hp tidak membuat pulsa aman dari SMS konten? Karena kalau yang memblokir SMS konten fitur blokir yang disediakan hp, yang diblokir itu SMS dari nomor SMS konten, bukan SMS kontennya.

Paham atau tidak? Saya kasih contoh SMS pemberitahuan sedang memakai tarif dasar internet. Memblokir SMS pemberitahuan sedang memakai tarif dasar internet tidak membuat pulsa aman dari internet, karena yang diblokir itu SMS pemberitahuan sedang memakai tarif dasar internet, bukan internetnya.

Dulu jika XL/AXIS memblokir SMS konten dari nomor telepon, XL/AXIS memblokir semua SMS konten dari nomor telepon. Bukan cuma satu, semuanya di blokir, termasuk layanan mereka sendiri, yaitu RBT. Bahkan SMS banking pun ikut diblokir juga.

Walaupun saya agak sedikit kecewa kalian mengubah kebijakan seenaknya, layanan berbayar Google tidak lagi diblokir tanpa melakukan pemberitahuan kepada saya. Namun saya bersyukur kalian memblokir lagi layanan berbayar Google, sehingga pulsa tidak bisa lagi terpotong oleh layanan berbayar Google.

Saya juga agak kecewa kalian melakukan pengecualian pada layanan berbayar Google di fitur kontrol pulsa. Meskipun sebelumnya itu kebijakan kalian adalah jika SMS konten di blokir dari nomor telepon, maka layanan berbayar Google ikut diblokir dari nomor telepon. Tentu saja kalau yang melakukan pembelian layanan berbayar Google nomor telepon, pakai pulsa di nomor telepon.

Saya harap kalian mengembalikan kebijakan kalian yang dulu, jika SMS konten diblokir dari nomor telepon, maka nomor telepon jadi gak bisa membeli layanan berbayar Google. Itu sekedar saran dari saya. Semoga diimplementasikan di fitur kontrol pulsa, bukan hanya memblokir kembali layanan berbayar Google dari nomor saya. Saya juga harap ke depannya fitur kontrol pulsa bisa diaktifkan untuk telepon. Jangan kalah dengan lock button AXIS.

Fajar Firdaus
Serang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • mana nih netizen yg bilang "Setahu saya operator tidak bisa blokir autodebet google pay. Kecuali pengguna sendiri." kagak nongol di surat pembac ini? gw yakin tuh netizen yg bilang kalau baca tulisan ini, pasti malu banget itu.

      • ahmad@ gw jg gak suka sama si dimas, sok tahu bilang operator gak bisa blokir autodebit google pay, padahal kenyatannya ada operator yg bisa blokir autodebit pulsa oleh google pay.

    • lu sedang ngomongin si dimas, yah? dia pasti kabur, gak berani komen lg atau jangan2 si dimas gak baca surat pembaca ini?

    • mana berani dia komen di surat pembaca ini, udah malu kali karna tahu xl bisa memblokir layanan berbayar google. wkwkwkkw

    • di mk gak ada fitur tag, yah? kalau ada gw mau tag si dimas, biar kebuka sekalian pikirannya. setahu di dimas kan belum tentu sesuai dgn kenyataan. kayaknya dia gak baca surat pembaca ini atau baca, tp gak berani komen karna sudah terlanjur malu. ahhahaha

    • riska, gak akan berani komen di suratpembaca ini, pasti malu dia. sok tahu, sok pintar, sok ngajarin. orang kaya gitu banyak

    • riska, hahahahah, sok tahu tuh orang. entah tahu darimana tuh orang operator gak bisa blokir autodebit gpay. wkwkwkwk

      • masitoh, dari ngarang. orang yg sok tahu kan bisa ngarang. itu orang logikanya jg agak2 miring.

    • riska, ada kemungkinan dia gak baca surat klarifikasi ini, ada kemungkinan dia baca, tp gak berani komen karna malu ternyata xl bisa blokir pembelian di google play

  • update
    harusnya surat klarifikasi yg saya tulis ini judulnya bukan terima kasih xl yang telah memblokir kembali layanan berbayar google karna yg gratis jg ikut di blokir sama xl, harusnya saya kasih judul "Terima kasih xl yang telah memblokir kembali pembelian di google play" terus terang sebelum surat klarifikasi ini terbit, saya gak tahu yg gratis jg ikut di blokir sama xl. saya kira yg bayar di blokir, yang gratis gak ikut di blokir karna saya melakukan pengetesan membeli youtube premium seharga 59 ribu sebelum surat klarifikasi ini terbit, saya gak melakukan pengetesan beli yg gratis.

    Beberapa hari kemudian setelah surat klarifikasi ini terbit, saya coba beli yg gratis, ternyata yg gratis jg ikut di blokir. dulu sistemnya gak gitu, yang gratis kagak di blokir, yang bayar di blokir. kayaknya xl sengaja yg gratis jg ikut di blokir agar saya gak beli yg gratis pakai nomor xl saya. tentu saja kalau saya pakai metode pembayaran lain, saya masih bisa coba youtube premium gratis meskipun akses internetnya menggunakan nomor xl yg sudah di blokir dari pembelian di google play.

  • dari surat pembaca ini saya jadi makin yakin bahwa netizen di kita itu banyak yg gak punya otak.

  • xl itu aneh tahu, dulu kalua xl memblokir sms konten, pasti ikut memblokir pembelian di google play jg, tp kenapa yah xl mengecualikan pembelian di google play dari fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan?

    • emang aneh tahu xl itu. harus xl tidak mengecualikan pembelian di google play dari fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan karna dulu xl kalau memblokir sms konten, xl memblokir pembelian di google play jg.

      • balmond, salah ketik lu, yg benar itu "harusnya xl tidak mengecualikan pembelian di google play dari fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan karna dulu xl kalau memblokir sms konten, xl memblokir pembelian di google play jg."

  • sebenarnya kalau xl mengimplentasikan kebijakan kalau xl memblokir sms konten, pembelian di google play ikut di blokir ke dalam fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan, ts gak akan mengeluh pulsa terpotong oleh pembelian di google play.