Terima Kasih XL, yang Telah Memblokir Kembali Layanan Berbayar Google dan Mengganti Pulsa Saya

Saya ucapkan terima kasih kepada XL, yang telah memblokir lagi layanan berbayar Google, sehingga pulsa tidak bisa terpotong lagi oleh layanan berbayar Google dan mengganti pulsa saya yang terpotong secara tidak sah. Ini tulisan klarifikasi untuk surat pembaca saya yang berjudul “Fitur Kontrol Pulsa XL Tidak Berfungsi Lagi” dan surat pembaca saya yang berjudul “Menunggu Itikad Baik XL“.

Saya juga punya saran kepada pihak XL, cobalah sesuatu yang tidak sesuai itu jangan dibilang sudah sesuai. Dulu waktu pulsa saya terpotong oleh internet dalam keadaan fitur kontrol pulsa aktif untuk data, kalian bilang sudah sesuai, padahal tidak sesuai. Untung saja yang bagian pulsa terpotong oleh SMS banking dalam keadaan fitur kontrol pulsa aktif, kalian tidak bilang sudah sesuai.

Sekedar informasi tambahan untuk semuanya, dulu sebelum ada fitur kontrol pulsa, XL memblokir SMS konten dari nomor saya. Itu membuat nomor saya tidak bisa membeli layanan berbayar Google, karena layanan Google termasuk SMS konten. CS sendiri yang bilang jika XL melakukan blacklist SMS konten itu akan membuat nomor tidak bisa membeli layanan berbayar Google.

Hal itu juga yang membuat saya salut sama XL dan AXIS, karena bisa memblokir SMS konten, operator lain saya lihat tidak bisa. Mungkin ada yang bertanya kenapa SMS konten tidak diblokir menggunakan fitur blokir yang sediakan hp? Saya jawab memblokir SMS konten menggunakan fitur blokir yang disediakan hp, tidak membuat pulsa aman dari SMS konten. Harus operator yang melakukan pemblokiran atau fitur yang disediakan operator.

Mungkin ada yang bertanya juga, kenapa memblokir SMS konten menggunakan fitur blokir yang di sediakan hp tidak membuat pulsa aman dari SMS konten? Karena kalau yang memblokir SMS konten fitur blokir yang disediakan hp, yang diblokir itu SMS dari nomor SMS konten, bukan SMS kontennya.

Paham atau tidak? Saya kasih contoh SMS pemberitahuan sedang memakai tarif dasar internet. Memblokir SMS pemberitahuan sedang memakai tarif dasar internet tidak membuat pulsa aman dari internet, karena yang diblokir itu SMS pemberitahuan sedang memakai tarif dasar internet, bukan internetnya.

Dulu jika XL/AXIS memblokir SMS konten dari nomor telepon, XL/AXIS memblokir semua SMS konten dari nomor telepon. Bukan cuma satu, semuanya di blokir, termasuk layanan mereka sendiri, yaitu RBT. Bahkan SMS banking pun ikut diblokir juga.

Walaupun saya agak sedikit kecewa kalian mengubah kebijakan seenaknya, layanan berbayar Google tidak lagi diblokir tanpa melakukan pemberitahuan kepada saya. Namun saya bersyukur kalian memblokir lagi layanan berbayar Google, sehingga pulsa tidak bisa lagi terpotong oleh layanan berbayar Google.

Saya juga agak kecewa kalian melakukan pengecualian pada layanan berbayar Google di fitur kontrol pulsa. Meskipun sebelumnya itu kebijakan kalian adalah jika SMS konten di blokir dari nomor telepon, maka layanan berbayar Google ikut diblokir dari nomor telepon. Tentu saja kalau yang melakukan pembelian layanan berbayar Google nomor telepon, pakai pulsa di nomor telepon.

Saya harap kalian mengembalikan kebijakan kalian yang dulu, jika SMS konten diblokir dari nomor telepon, maka nomor telepon jadi gak bisa membeli layanan berbayar Google. Itu sekedar saran dari saya. Semoga diimplementasikan di fitur kontrol pulsa, bukan hanya memblokir kembali layanan berbayar Google dari nomor saya. Saya juga harap ke depannya fitur kontrol pulsa bisa diaktifkan untuk telepon. Jangan kalah dengan lock button AXIS.

Fajar Firdaus
Serang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan XL Axiata?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Terima Kasih XL, yang Telah Memblokir Kembali Layanan Berbayar Google …

oleh Kata dibaca dalam: 2 menit
91