Penagihan Kredivo Tidak Sesuai Peraturan OJK

Dengan ini kami menyampaikan bahwa pihak Kredivo tidak menjalankan penagihan sesuai standar atau peraturan yang diberikan oleh OJK. Dalam hal ini, yang dimaksud tidak sesuai dengan peraturan adalah:

  1. Mengancam datang ke alamat kantor.
  2. Mengancam menagih ke yang bukan debitur, yaitu orang tua.
  3. Melakukan penagihan dengan tidak menunjukkan identitas, sertifikasi profesi dan surat penagihan.
  4. Meneror.

Keempat poin di atas masuk ke dalam peraturan penagihan oleh OJK. Namun mereka tidak melakukan apa yang telah ditetapkan oleh OJK. Jika memang nasabah mengalami keterlambatan pembayaran, cari tahu apa yang menjadi kendalanya bukan malah diintimidasi bahkan diancam. Orang yang memiliki hutang mempunyai perlindungan hukum yang sama.

Perlu diketahui bahwa Field Collector tersebut sudah datang ke kantor saya dan mempermalukan saya, dengan dia menanyakan saya kepada security, OB hingga atasan saya. Padahal dalam peraturan OJK sudah tertera bahwa dilarang mengunjungi alamat kantor untuk penagihan. Bahkan mereka menagih kepada orang tua saya, padahal  itu juga jelas dilarang menagih kepada yang bukan debitur.

Dalam hal ini, saya sudah melaporkan kejadian ini kepada layanan pengaduan Kredivo. Namun terus saja meminta bukti. Padahal saya sudah menjelaskan dan mengirimkan bukti yang ada. Jika tidak ada itikad baik, maka saya akan tindak tegas!

Penagihan yang mempermalukan debitur tegas dilarang dalam peraturan. Jika saya mendapat hukuman dari kantor atau orang tua saya mengalami hal yang tidak diinginkan akibat penagihan ini, maka saya akan meminta pertanggung jawaban Kredivo atas perilaku penagihan yang tidak memiliki attitude.

Jangan hanya melihat debitur memiliki keterlambatan pembayaran, kalian bisa seenaknya bertindak atau menghalalkan segara cara! Lihat dalam 2 sisi, cari tahu kendala nasabah dan OJK pun menyarankan untuk negosiasi dengan baik, ini malah sebaliknya!

Meiliana Angraini
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Total:1187    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Meiliana Angraini

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo sampai saat ini. Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh...
Baca Selengkapnya

120 komentar untuk “Penagihan Kredivo Tidak Sesuai Peraturan OJK

  • 5 Oktober 2022 - (08:50 WIB)
    Permalink

    Sudah lapor ke OJK? Kalau belum laporkan saja berikan bukti yang ada, biasanya akan direspon bahkan ada tindakan dari mereka.

    73
    7
      • 5 Oktober 2022 - (20:31 WIB)
        Permalink

        Ga usah direspon .. Urusan mbak sama aplikasi bukan sama dia , dia berani ga sopan gitu mungkin karena mbak cewe ,

        19
        2
        • 7 Oktober 2022 - (15:24 WIB)
          Permalink

          Sekarang kalau telat bayar, limit tidak bisa dipakai. Kredivo mo bangkrut. Gak usah kasih limit, kalau gak bisa dipakai. DC kredivo pada gatel datengin nasabah, padahal belum telat sebulan.

          8
          1
          • 7 Oktober 2022 - (23:16 WIB)
            Permalink

            Tidak usah di bayar,karna sudah mempermalukan nya..
            Mbaknya sudah di permalukan jadi jgn di bayar…klu di bayar kesenangan pihak pinjolnya… Di galbay aj..banyak kok yg galbay… Brantas pinjol dri Indonesia…galbay aja

            12
            4
      • 7 Oktober 2022 - (05:38 WIB)
        Permalink

        betul bro,,, noh keliatan yg profesinya DC,,premanisme dgn cara kasar or halus,,sama aj,, saran sy klo udah sampe gitu,,Galbay titik,,, hehehe

        10
        5
        • 11 Oktober 2022 - (13:04 WIB)
          Permalink

          penghutang kl telat bayar / galbay.
          semua ada resiko nya.
          tp bkn di permalukan,smpe dtg ke kantor/nagih ke org lain.
          resiko denda.
          galbay resiko ny masuk slik ojk.
          itu berat , gk bisa lg minjem di bank/pinjol lain kl nama sudah blacklist.
          apa lg kl mau nyicil rumah/kendaraan/pinjaman buat usaha.
          kebutuhan mendesak lain nya.
          udah gk bisa , blacklist !!!

          jd kl nagih pun yh ikut aturan ny jg, mau itu org mudah di ajak kerjasama atau tdk.
          dtg ke alamat ktp ny , kl susah ketemu/gk bisa bayar.
          kn tngl di sampaikan ke pihak perusahaan pemberi pinjaman ny.
          tingal pihak pemberi pinjaman yg kasih konsekuensi ny, msukin nama dy ke slik ojk / gugat lewat pengadilan.
          pihak pengugat yg bayar biaya pengadilan.
          yh paling jg rugi , utang ny brp .. biaya pengadilan ny brp.
          perusahaan / kreditur punya resiko masing”.
          mkanya pihak perusahaan lebih selektif dalam memilih kreditur.
          krna untung/rugi itu resiko perusahaan.

          jd pihak DC pun ngapain jg smpe dtg ke kantor / nagih ke bukan yg bersangkutan.
          apa lg kl ad yg smpe ngotot”an segala macem.
          ad jg yg smpe ribut sama kreditur ny.
          emank kl perusahaan ny untung Milyaran ,DC dpt brp % ny sih.
          apa lg kl sampe DC masuk ke ranah pidana.
          DC/kreditur sama” emosi, ketemu ud jodoh ny itu.
          buang” ongkos, buang” tenaga.
          yh kali dengan cara itu lngsung di bayar.
          fakta ny , makin gk akan ad niat buat bayar.
          ud malu , yh kepalang kan.
          apa lg kl smpe di PHK ,makin gk akan bisa bayar.
          yg td ny mngkin dy lg usaha minjem ke tmn kantor / kel.
          buat nutup lobang.
          yh makin susah buat dpt pinjaman dr org sekitar.

          DC pasti lebih paham.
          perusahaan resiko ny rugi.
          kreditur resiko ny msuk blacklist slik OJk.
          DC jg jgn mau di peras tenaga ny smpe sebegitu ny apa lg smpe ribut sama org lain,emank di bayar ratusan JT gt buat ribut ma org , mempermalukan org.
          apa lg kl menjurus ke pidana.
          kl nt ketemu org yg ngarti hukum pidana ,nt di BAP trs kena hukum pidana.
          emank perusahaan ny mau nolongin gt?.
          yh susah lah nolongin kl urusan pidana ,resiko di tutup itu perusahaan.

          pdhl jls” perusahaan bisa ambil tindakan ke kreditur bermasalah.
          slik ojk/pengadilan.

          5
          1
      • 7 Oktober 2022 - (20:59 WIB)
        Permalink

        Halo kak..tolong bantuin saya untuk pembuatan artikel…akun akulaku saya kena hack/ tipu..saya harus membayar cicilan yang tidak saya pesan sebesar 6,8 jt…si pelaku mengetahui saya habis membeli tisu nice harga promo…lalu dia berpura” chat saya melalui wa bahwa apakah pesanannya sudah sampai…lalu minta di berikan penilaian lewat link..karena link akulaku eror katanya..saya tidak mempunyai pikiran jelek waktu itu..lalu saya ikuti pengarahannya..tiba” ada notif pembelian saya berhasil…saya sudah melaporkan pihak akulaku..cuma menyalahkan saya dan saya harus membayar tagihannya…tanpa ada barang..mohon bantuannya kak..saya curiga pihak toko akulaku yg melakukan penipuan..terima kasih

        4
        1
    • 6 Oktober 2022 - (02:35 WIB)
      Permalink

      Solusi tercepat coba tonton chanel youtube raja galbay, atau kalaupun mentok coba diusahakan selesaikan pinjaman pokoknya, klau masih di teror juga, kemungkinan pihak ketiga yg bermain alias team Collector yg melakukan penipuan, dan pengancaman. Jgn langsung di laporkan ke pihak berwenang diberi pelajaran dulu minimal patah tulang baru laporkan ke pihak berwenang bersama warga, krn kasus penipuan dan pengancaman

      37
      6
      • 6 Oktober 2022 - (06:50 WIB)
        Permalink

        Ya betul klo udh mempermalukan ngapain dibyr… Dicicil pun ngga usah.. Mending di galbay aja skalian mba… Aturan ojk tuh jelas dilarang nagih ke tempat selain alamat yg tertera di KTP.. Dalam hal ini sudah ke kantor yg jls itu dilarang ojk.. Trus dilarang menagih selain ke nasabah ybs disini jelas nagih ke ibu mba.. Itu sangat ngga boleh.. Ketiga sudah mempemalukan mba ke OB dan atasana mba jd mereka tau klo mba ada hutang itu jelas dilarang ojk… Saran saya udh ga usah dibayar… Raja Galbay juga blg klo udh menyalahi aturan ojk galbay kan saja… Resiko hanya slik ojk. Soalnya kredivo ini legal tp sudah bnyk yg komplen penagihan seperti ilegal akibat ulah dc nya yg mgkn direkrut dari ex dc pinjol ilegal… Tinggal tunggu hancurnya aja itu kredivo akibat bnyk komplenan nasabah..

        52
        4
        • 7 Oktober 2022 - (05:44 WIB)
          Permalink

          Setuju bgt tuh bang !
          mungkin coz debitur ce, klo co sampe didatengin k kntor menurut gw mending ajak duel aj sekalian,,,
          liat aj tuh komen” orang DC disini,,udah jelas aturan OJK dilanggar masih juga sok merasa bener,,gmna mereka kaga jd preman diluaran sana kan !!!

          10
          2
          • 7 Oktober 2022 - (21:26 WIB)
            Permalink

            Kepada pihak kredivo hal ini juga saya alami,dc datang kentempat pekerjaan dan saya sekarang diberhentikan dari pekerjaan saya,jdi bagaimana mau bayar ,angsuranya untuk kebutuhan sehari2 juga SDH gak ada,mohon OJK memberikan sangsi juga pada smua pinjol legal yg tidak sesuai aturan,jagan hanya diam

    • 6 Oktober 2022 - (06:42 WIB)
      Permalink

      Sudah baca dgn seksama, tapi sepertinya kok agak aneh ya? Anda yg ngutang tapi kok anda sekarang galak pakai ngancam segala? Iya gak sih?

      Padahal cara penagihannya masih wajar, lewat kantor dan keluarga terdekat, gak pakai teror lewat contact hp semacam PINJOL.

      Karena dari pengalaman saya, bank-bank terkenal pun sampai saat ini kalau nagih juga masih lewat kantor.

      Anda harusnya di media ini juga imbang menyampaikan, anda sudah menunggak brp lama? Sudah brp kali anda dihubungi oleh DC?

      Kalau ternyata anda juga sudah sulit diajak kerjasama dan sulit dihubungi, tentu DC akan tagih via kantor dan keluarga terdekat.

      55
      111
      • 6 Oktober 2022 - (11:17 WIB)
        Permalink

        Semua ada aturannya bos biar hutang tetap ikut aturan dan tdk Melanggar aturan ojk bos. negara yg hutang gitu banyak aja gak ada yg neror dr yg ngutangin…

        27
        1
        • 7 Oktober 2022 - (00:26 WIB)
          Permalink

          Wajar mat4mu! Nagih ke kantor dan ke orang tua itu tindakan peng3cut. Lo pasti lulusan DC ilegal ga tamat SMA ya? ***** bgt!

          21
          5
          • 7 Oktober 2022 - (09:02 WIB)
            Permalink

            wkwkwk,,,hahahaha,,,bener bgt pendapat lu mba,,,klo DC model gitu pasti abal”,,gampang panik! harusnye profesi ntu meskipun preman nih kudu ada test psikologi yak,,biar profesional dikitlah,,meskipun susah kali utk profesional orang” model gitu ! hahaha

            3
            2
      • 6 Oktober 2022 - (20:30 WIB)
        Permalink

        Bukan maksud membela kredivo tapi dari bukti yang di lampirkan tulisan DC masih wajar tidak ada komentar ancaman hanya pemberitahuan “kalau mba………, Saya jumpai orang tua atau atasan mba (kalau menjumpainya secara baik” ngasih tau, tolong sampaikan kpd anak atau bawahan anda untuk melunasi pinjaman) ini buka kata ancaman (cuma karena mba cewe jadi gampang malu 😢)

        10
        9
      • 7 Oktober 2022 - (05:33 WIB)
        Permalink

        Hahaha,,,,DC banyak yg panas mendidih,, utang mmg kudu dibayar cm kan ada yg ngurusin, yg ngatur peraturannya di suatu negara,,,dan OJK sendiri juga yg menyarankan galbay klo mmg menyalahi aturan mereka,,clear dunk,,,
        Note: Bagi mereka yg berprofesi sbg DC berfikir jg dunk, apa kaga ada profesi laen selain jd preman! hahaha

        7
        2
        • 7 Oktober 2022 - (08:30 WIB)
          Permalink

          Hahaa penghoetank banyak yg panas mendidih. Kalau ga mampu bayar jangan menghoetank.
          Dc ngelakuin kesalahan, terus ga diliat penghoetanknya ga ngelakuin kesalahan? Dengan nunggak aja itu udah ngelanggar kesepakatan awal.
          “l14t duLu doNk kOndIsi nAsAbAhnya”
          Bro sis, anda ga bisa lepas tanggung jawab seenaknya dengan berlindung dibalik statement “lagi kesusahan”
          Ga bisa seenaknya gitu.
          Tetep harus tanggung jawab

          11
          9
          • 7 Oktober 2022 - (08:57 WIB)
            Permalink

            wkwkwk,,,katanya ini negara hukum,, semua profesi ada peraturannya kan hahaha,,,
            klo bicara profesional kan lu sbg DC bs tagih tuh mba yg ngutang sesuai regulasi OJK,,, meskipun si penghutang ada kendala, kan OJK punya rambu” yg mesti ditaati si pemberi hutang,, lu sbg DC g bs juga lebih galka dari pemberi hutang,,ya jelas lu menyalahi regulasi OJK,,klo menyalahi begitu galbay sah sah aj dunk !!!! apalagi tuh kehormatan orang udah lu langgar pake dtg ke tempat kerjanya kan,,kasian jg itu orang,,harga diri seseorang kaga bisa dihiyung pake duit cuy,,,klo utang seberapa besar bisa dicicil,,tinggal caranya gmna,,bukan premanisme meskipun halus apalagi premanisme kasar,, hahahaha!!! lu sbg DC terlalu pake perasaan, ce bgt lu !!!

          • 11 Oktober 2022 - (13:55 WIB)
            Permalink

            Dari yg foto yg diunggah g’ ada mengancam, bahasanya pun masih halus untuk DC, biasanya DC datang kantor kemungkinan Anda berusaha menghindari tagihan by telpon atau datang kerumah tidak anda temui, saya juga pernah telat kredivo trus dateng kerumah saya temui jelas kan masalahnya, dan pihak DC pun tidak pernah sampai kekantor, prosedur sudah sesuai lah bank besar atau leasing pun sama begitu… Ini diadukan ojk pun malah mbaknya yg terkesan tidak mau bayar hutang… Sekiranya tidak ada kemampuan bayar jangan paksakan diri..

          • 11 Oktober 2022 - (14:49 WIB)
            Permalink

            resiko bisnis bos, kayak ente gk paham aja, kalau emg blm bs bayar kan bisa dibuat report janji bayar

      • 8 Oktober 2022 - (11:39 WIB)
        Permalink

        Kyknya bukan kredivo aja yg menagih utang sambil ngancam bakal ke kantor bahkan ada yg sampai didatangin rumah orang tua juga saya korbannya nagih biar cepat di bayar sambil ngancam bkl dtg ke kantor dan datang ke rumah orang tua

    • 7 Oktober 2022 - (05:50 WIB)
      Permalink

      bener banget bang ! DC-DC pd komen menohok merasa disenggol mereka !
      bagusan klo DC pada model gitu,,cuekin, tinggalin, laporin, galbay,,,titik
      hahahaha

      3
      1
  • 5 Oktober 2022 - (08:52 WIB)
    Permalink

    Ruwet sebenarnya kalau dirunut akar masalahnya. Dc nagih tidak sesuai aturan ojk. Nah anda sendiri nunggak bayar utang juga melanggar aturan utang. 😀

    Sekedar tips supaya tidak ditagih sama dc, utanglah sama saudara, teman atau kasbon di kantor. Dijamin aman. Paling2 kalau sama saudara atau teman cuma di unfriend 😀

    33
    49
    • 5 Oktober 2022 - (10:41 WIB)
      Permalink

      banyak yang tidak paham nunggak itu melanggar aturan utang piutang, karena itu ada hukumannya berupa denda, kalau anda tidak salah anda tidak akan dikenakan denda dan tidak akan ditagih berlebih

      perlu ada konteks lebih di surat ini si pengutang udah nunggak brp lama, ditulis disana
      “Jangan hanya melihat debitur memiliki keterlambatan pembayaran, kalian bisa seenaknya bertindak atau menghalalkan segara cara! Lihat dalam 2 sisi, cari tahu kendala nasabah dan OJK pun menyarankan untuk negosiasi dengan baik, ini malah sebaliknya!”

      di surat pembaca tidak ditulis ada negosiasi atau tidak, dimulai cerita di titik orangnya datang menagih, siapa tahu penulis tidak bisa diajak negosiasi, tidak bisa ditemui di alamat rumah, dan nonresponsif ketika di kontak, terlihat juga dari percakapan dengan DC satu sisi, tidak di respon oleh penulis, sementara dia bisa respon wa temannya

      32
      16
      • 5 Oktober 2022 - (22:32 WIB)
        Permalink

        Kalau saya perhatikan kebanyakan setiap berita di mediakonsumen , saudara Ivan ini selalu memberikan komentar yang menohok tapi ada benarnya. Saya suka , Saya suka ✌🏻👍🏻

        11
        8
      • 6 Oktober 2022 - (15:52 WIB)
        Permalink

        kalau anda tidak menunggak anda tidak akan di tagih atau pun di teror
        anda meminjam berarti anda sudaha tau akibat nya seperti apah kalau menunggak
        lucu kadang kadang ya wajar ajah di teror orang nunggak

        7
        10
  • 5 Oktober 2022 - (09:41 WIB)
    Permalink

    gak usah malu. jaman sekarang hampir semua orang punya hutang.
    coba cek aja surat pembaca di MK, isinya banyak banget terkait hutang. kebanyakan pada gak terima kalo ditagih. biasanya ya kayak gini alasannya karena penagihan tidak sesuai aturan OJK.

    14
    10
  • 5 Oktober 2022 - (10:31 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya dibayar aja, buat riwayat kredit yang baik

    Udah tahu kan alasan susah pinjam uang sama teman atau saudara gak dikasih?

    Karena takut kagak dibayar

    Boleh dibilang, lembaga pinjaman sama bank itu lebih baik daripada sama saudara atau temen soal urusan pinjam meminjam

    Balas budinya cuma 1, jangan telat bayar biar kalau butuh modal bank yakin sama kita mau pinjemin. Kalau bank yakin jangankan 1juta ratusan juta juga dibantu untuk modal usaha

    sama temen atau saudara? 100rb aja gak langsung keluar lho…

    29
    13
    • 5 Oktober 2022 - (19:38 WIB)
      Permalink

      Suka dengan komen ini.
      Bener banget.sy pernah ngalamin soalnya, temen pinjem uang trus ngga bayar. Tiap kali sy tanyain alasannya segudang,tp kl liat fesbuknya bs jalan2.mau nagih dgn cara berlebihan jg ga mungkin.akhirnya ya udah.sy jg kemudian pindah rumah.ikhlasin deh.
      Perusahaan apa bisa ikhlasin peminjam2nya? Ya ga mungkin,bs bangkrut. Jd wajar kl peminjam ditagih tidak ada itikad baik akan didatengin. Kalau sy baca di screenshotnya, kata2nya dc masih baik. Penulis malah keliatan ngga ada respon.wajar sih kl ada tindakan lebih lanjut,ga mungkin diikhlasin.
      Kalau memang mau negosiasi justru kesempatan pas dc nya telp ato dateng.
      Kalau penulis masih kerja, sy yakin bs bayar hutang kl gajinya diatur dengan baik dan hidup hemat.intinya kl ada niat pasti ada jalan keluar.

      15
      9
      • 6 Oktober 2022 - (08:28 WIB)
        Permalink

        Saya juga agak aneh baca komplainnya.. padahal menurut saya, kredivo itu sudah bagus banget sistemnya.. saya sendiri punya pinjol di kredivo.. walo kita sudah bayar, sistemnya ga akan lgsg menambah ke plafond kita sampe tenor kita slsi.. artinya, mitigasi resiko dr kredivo sendiri sudah bagus.. dan pinjaman tunainya hanya bs diambil sekali.. akan bs diambil lg ketika tenor pinjaman tunai kita slsi.. jd mencegah kita sebagai debitur utk yg namanya gali lobang tutup lobang.. jd kalo sampe pihak kredivo menagih, jelas ada kesepakatan yg dilanggar yaitu utang tidak dibayar.. kan sudah membaca akad ketika realisasi pencairan?.. jgn hanya menyalahkan DC.. DC ga akan bertindak jika kita ga wan prestasi.. saya sendiri adalah pengguna setia beberapa pinjol, yg pastinya saya sesuaikan dengan kemampuan membayar saya.. jd intinya kembali ke kita.. jgn terlalu konsumtif.. jaman skr fintech memang menjadi raja krna pengajuan yg mudah tanpa verifikasi apa2.. cb kalo minjem ke bank, banyak banget syaratnya, biayanya dan jgn lupa kita juga ditanya KONTAK DARURAT yg tidak serumah jika kita ga bs dikonfirmasi.. jd ga akan ada asap jika ga ada api.. jdlah debitur yg komit dan bertanggung jawab.. sekiranya penghasilan kita ga mampu untuk membayar apa pun segala jenis bentuk pinjaman, sebaiknya jgn ngutang..

        19
        9
        • 7 Oktober 2022 - (07:13 WIB)
          Permalink

          Uhm… saya yg habis kena phk mendadak… karena gak tau mau di phk akhirnya ambil barang di kredivo….

          Saat ada kemacetan kredit di kredivo… karena tdk jg membayar tagihan telpon akhirnya telpon juga di blokir…akhirnya yang nagih d wa… tdk hanya satu orang tapi banyak orang… menjawab ke 1 orang… yg lain tetep saja menyampaikan hal2 yg agak kasar yah…

          Akhirnya saya ketemu dengan kolektor lapangan… beberapa kali ketemu dengan berbagai kolektor lapangan… mereka cukup baik.. dan berbicara dengan baik setelah tau alasan saya menunggak pembayaran… dan cukup membantu.. tapi mungkin berbeda orang beda karakternya saat saya melakukan pembayaran cicilan minimal kok jadi banyak orang yg datang yg menemani di kolektor atm…

          Kolektor lapangan juga punya target penyelesaian tagihan… kinerja mereka ditentukan atas hasil tsb… jika gagal melakukan penagihan yah resikonya kontrak mereka juga diselesaikan (tdk bekerja lagi).. mungkin itu yang membuat beberapa kawan2 itu akhirnya membela periuk nasi mereka…

          Saya sih bukannya membela kolektor lapangan… tapi kadang karakter orang mungkin beda2.. kalau kita memang berhutang ya kewajiban utk membayar…

          namun saat ada kendala seperti saya.. dari pihak KREDIVO sendiri tidak ada program pelunasan ataupun keringanan apapun walau setelah saya tunjukan surat undangan mediasi dari disnakertrans… kalau dari kolektor bank sih mereka sudah siap dengan menawarkan program2 nya..

      • 6 Oktober 2022 - (11:24 WIB)
        Permalink

        Hutang boleh2 aja, yg gak boleh hutang yg gak dibayar. Krn hidupnya gak akan bahagia dan cenderung menurun kualitas hidupnya.

        7
        6
  • 5 Oktober 2022 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Penagihan tidak sesuai prosedur laporkan ke pihak yang lebih berwenang (dalam hal ini bukan MK). Urusan TS adalah hak dan kewajibannya sebagai kreditur. Hak (dapat pinjaman) sudah terpenuhi. Hak diperlakukan hormat berbanding lurus dengan trend pembayaran cicilan tagihan. Kalau nggak pengen ditagih (sopan atau tidak), bayarlah tepat waktu. Nggak bisa tepat waktu, disiplinkan diri sendiri dengan mengurangi pengeluaran tidak perlu demi tambahan cicilan berikutnya.

    12
    14
  • 5 Oktober 2022 - (11:42 WIB)
    Permalink

    Anda juga melanggar OJK, karena gak mau bayar utang. Kenapa Anda melanggar OJK? Karena Pinjol legal Bank dan lembaga keuangan resmi lainnya berada dibawah pengawasan OJK.

    Resiko bagi yang gak bayar utang pinjol adalah masuk Blacklist SLIK OJK. Jika udah masuk ke daftar hitam, maka akan membuat Anda tidak bisa lagi mengajukan pinjaman dari Pinjol dan lembaga keuangan. Resiko lainnya bunga akan menumpuk dan menjerat dan akan ditagih DC sampai anak cucu.

    Jangan merasa sebagai korban penagihan DC, karena Anda sendiri gak korporatif ketika ditagih DC. Karena Anda merasa tidak enak makan dan tidur karena ditagih DC, Anda teriak di MK. Maksudnya apa? Supaya DC gak nagih dan Anda gak bayar utang?

    Kalau DC melanggar aturan OJK dalam menagih, Anda juga melanggar ketentuan OJK karena gak bayar utang. Anda boleh membenci DC, tapi harus instrospeksi diri, kenapa mereka mengancam? Sumber masalah ada pada Anda sendiri bukan?

    19
    36
  • 5 Oktober 2022 - (12:00 WIB)
    Permalink

    Ini yg saya suka dr Media Konsumen, selain sbg jembatan perlindungan konsumen (bypass langsung ditanggapi petinggi lembaga saat kasus mentok dibawah), juga para pembaca tidak serta merta mengikuti alur pengaduan TS yg bbrp hanya cerita sepihak. Pembaca disini kritis dan logis. Masukan dr yg lain sdh benar, adukan kl ga sesuai aturan, tapi jgn lupa tulisan anda sendiri ttg 2 sisi. Anda tidak akan mengalami hal tsb kl ga nunggak dan mau merespon chatnya. Kalau anda bicara negosiasi, adakah yg lebih baik dibanding negosiasi tatap muka? Sampaikan alasan keterlambatan pembayaran anda, biasanya akan diberi waktu krn mereka jg manusia yg punya hati. Tapi kalau mengabaikan mereka, tentu saja atas perintah kantor mereka akan mencari cara sampai spt diatas bahkan lebih dr itu.

    14
    4
    • 5 Oktober 2022 - (13:42 WIB)
      Permalink

      Jangan mudah percaya sama embel2 OJK fakta dilapangan mau pinjol lisensi OJK/tdk lisensi OJk sama2 penagihan bar bar …lebih baik jangan urusan Ama pinjol sama aja urusan Ama rentenir online🤭😁

      23
      • 5 Oktober 2022 - (15:26 WIB)
        Permalink

        Idealnya semua jg ga mau minjem bro. Tp kl kepepet ga peduli legal ga legal yg penting dana cair. Sukur msh ada pilihan pinjeman kan.. sodara/temen belum tentu mau bantu. Diocehin iya, dipinjemin kaga 😂 Segala nasehat ttg kehidupan keluar semua 😂😂 msh untung kl ujungnya dipinjemin kan 😁

        Yg jadi masalah begitu gagal bayar, alih² kerjasama, malah merasa jd korban DC, lupa kalau yg minjemin jadi korban gagal bayar dia ..😝

        8
        8
  • 5 Oktober 2022 - (12:12 WIB)
    Permalink

    Bijaklah kalo jadi debitur,, temui saja mereka,,, karna mereka begitu mgkin anda susah ditemui,,, satu lagi bos,, kalo penagih lemah lembut terkadang jg disepelekan debitur,, kalo kasar dan keras debitur merasa terzalimi,, jadi anda jg harus lihat dari dua sisi

    7
    11
  • 5 Oktober 2022 - (12:14 WIB)
    Permalink

    Pengalaman sya telat 1bulan pihak dr kredivo datang k rmh.. Alhamdulillah yg dtng 1 orang dan mereka baik selama kita juga welcome..

    10
    1
    • 5 Oktober 2022 - (13:09 WIB)
      Permalink

      Saya jg sll welcome dgn DC, bahkan disuguhin teh oleh (alm. ibu saya) yg mnrt sy ga perlu segitunya.. cukup bicara baik, mereka jg ga akan macam². Ya intinya jgn kabur atau ga merespon sih

    • 6 Oktober 2022 - (06:46 WIB)
      Permalink

      Boleh sharing pengalaman nya ka? Telat 1 bulan apakah ada wa/telp yang ngancam? Saya juga punya tagihan 300rb di kredivo tapi kayanya baru bisa bayar tanggal 15 san deh soalnya saya habis ketipu… Cuman saya takut banget datanya di sebar dengan kalimat yang bukan bukan.

  • 5 Oktober 2022 - (12:36 WIB)
    Permalink

    Gue welcome sama dc kredivo yang datang kerumah tapi tetap saja gue gak sanggup bayar alias bangkrut.

  • 5 Oktober 2022 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Memang aneh bin ajaib negara kita ini ya. Yg berhutang lebih galak dari yg kasih hutang kalau sudah gagal bayar (wanprestasi).
    Baik itu perorangan maupun lembaga besar contoh maskapai Garuda Indonesia, dll.

    Untuk TS, Kredivo ini pinjaman legal dan terdaftar lho. Anda sekali kena blacklist SLIK OJK/BI Checking status gagal bayar, tidak akan dapat lagi mengajukan pinjaman ke semua lembaga keuangan baik bank maupun bukan.

    Alasan tidak sopan menurut saya pribadi lebih lemah posisinya dibandingkan wanprestasi (gagal bayar). Jadi sebaiknya dipertimbangkan lagi dengan bijak.

    10
    9
    • 5 Oktober 2022 - (13:05 WIB)
      Permalink

      Betul.
      Kalau dulu data CC berbeda dgn KUR contohnya atau KPR. Punya tunggakan CC, tetap bs ajukan KUR. Tapi skrg semua msk list yg sama. Sekali jelek, akan terbaca shg ga bs ajukan kredit dimanapun, kecuali sodara/temen hihihi. Dan dulu msh ada jangka waktu hingga dpt pemutihan data di BI. Kalau skrg mana ada, tahunan ga dibayar ya data akan tetap tersimpan. Yg rugi diri sendiri kl sdh masuk blacklist.

      2
      4
    • 5 Oktober 2022 - (13:56 WIB)
      Permalink

      Semua perjanjian hutang piutang harus tunduk dengan peraturan dan perundangan yang berlaku, jika debitur telat bayar atau bahkan gagal bayar kan ada koridor hukum yg bisa dilakukan kreditur (pinjol) , jika Anda nagih tidak sesuai dengan POJK no 10 th 2022 anda (DC) dan pinjolnya bisa di pidana dan di cabut ijin nya, jika nagih dengan ancaman bisa juga di pidana, kan kredivo fintec besar masa ngak tahu aturan hukum atau memperkejakan preman di bagian penagihan, saya kalau sudah di permalukan tidak akan saya bayar kecuali lewat putusan pengadilan yg mengikat,

      17
      3
  • 5 Oktober 2022 - (13:27 WIB)
    Permalink

    Tanpa niat membela Kredivo apa lagi DC, tapi BAYAR HUTANG ANDA. Kalau ada kendala sebelum ditagih datangi dulu kantornya. Saya pikir DC masih cukup sopan dengan memberi anda pilihan. Anda sendiri yg terkesan mengelak, ya kalau DC jadinya ngawur kesana-kesini ya salah andalah. Ini memang dasar andanya saja yang ga ada itikad baik. Coba saat penagihan langsung anda tanggepin ga anda abaikan mungkin hal2 seperti diatas ga akan terjadi. Udahlah kalau ga mampu bayar jangan berhutang, kalau terpaksa berhutang tunjukan itikad baik anda sebagai penghutang yang bertanggung jawab dengan cara tidak kabur2an dan selalu menginfokan kondisi domisili apakah itu tempat tinggal maupun tempat kerja karena itu jaminan mereka.

    8
    10
    • 5 Oktober 2022 - (15:16 WIB)
      Permalink

      Yak betul, iktikad baik hrs ditunjukkan. Ini pindah kantor pun diam², tapi apes masih ke lacak sm DCnya 😝

      3
      9
  • 5 Oktober 2022 - (13:59 WIB)
    Permalink

    Saya liha yg komentar di sini banyak DC atau minimal kerja di pinjol, pakai lah aturan hukum jika sudah buntu, perjanjian itu harus ikut aturan hukum dan perundang-undangan bukan sebaliknya, biar hukum yg memutuskan buka aturan perusahaan anda jika sudah buntum

    17
    5
  • 5 Oktober 2022 - (14:04 WIB)
    Permalink

    Itu kalau liat screenshot yang pertama, bagian atas udah ke read DC mau dateng tapi gak ditanggepin. apakah anda menghindar? kalau menghindar wajar sih DC dateng berusaha ketemu. apalagi orang kantoran kan kerja pagi – sore, nyampe rumah malam. kalau DC bolehnya cuma nagih jam kantor, kalau mau ketemu anda kan harus ke kantor donk berarti?

    mungkin bisa hubungin kredivo nya bisanya nyicil berapa, bayar berapa per bulan. jangan menghindar terus.

    11
  • 5 Oktober 2022 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Mungkin mbanya harus memberikan respon juga. Setau saya pihak DC gk akan mengancam begitu kalau ada respon yang baik. Andai belom ada uang, coba minta keringanan pembayaran mba. Smoga di mudahkan urusannya 🙏

  • 5 Oktober 2022 - (14:37 WIB)
    Permalink

    Ini mah mending ya, setidak JELAS PENULIS PUNYA HUTANG TERTUNGGAK, lah saya di telp karena nama dan no tlp dicantumkan org ga dikenal sebagai emergency contact.. dilayani baik baik awalnya, lama kelamaan blokir saja lah.. logikanya ga jalan. Abaikan.. hidup pun damai kembali

    Padahal aturan OJK tentang layanan pinjam meminjam uangberbasis teknologi tahun 2016 pasal 26 ayat C, dilarang menggunakan data pribadi siapapun tanpa ijin yg bersangkutan. Lah ini seenaknya nelp dan wa minta disampaikan dan ada sedikit ancaman bahwa akan diserahkan ke bagian lapangan.. ya ane sih santai aja, kenal juga engga.. silahkan aja bagian lapangan kejar yg bersangkutan. Malah bagus drpd nelp/wa ane melulu haha

    • 5 Oktober 2022 - (19:34 WIB)
      Permalink

      Sebelum berhutang alangkah baiknya memperhitungkan kemampuan membayar kembali, agar keuangan tidak berantakan yg menyebabkan gagal bayar, kita sudah menerima pinjaman, berarti kewajiban kita untuk mengembalikan.

      • 6 Oktober 2022 - (08:59 WIB)
        Permalink

        Setuju bro, coba seandainya dia pinjam di hari itu dan secepat itu kepada saudara2nya, atau kerabatnya, mustahil langsung ada, yg ada malah di pinjemin nggk, di omongin iya, yang model begini si, menurut gw hanya kurang kedisiplinan aja bro….

    • 8 Oktober 2022 - (09:51 WIB)
      Permalink

      Sekalian gak usah dibayar mba klo udah buat malu.. Memang penagihan ke perempuan dan laki2 kek nya berbeda. Pengalaman saya sebelumnya karena saya kena pemutusan kerja semua aplikasi cicilan atas nama saya dan atas nama istri saya jadi keteter tapi cara penagihan ke saya intinya hanya ditanya kapan bisa dibayarkan tapi kalau istri saya berbeda, istri saya ditagih dengan cara di intimidasi ancaman dan teror mau sebar data padahal di aplikasi yang sama

  • 5 Oktober 2022 - (17:06 WIB)
    Permalink

    Mba untuk beberapa yang sudah pernah alamin kayak mba coba ke warung ojk atau ke kantor ojk langsung dengan membawa bukti, soalnya lebih di notice ketimbang telepon atau email satgas ojk

  • 5 Oktober 2022 - (17:14 WIB)
    Permalink

    Laporin ke OJK aja deh kredivo nya.
    Biar gak kebiasaan nih aja gunain debc yg gak jelas dan gk ikutin peraturan ojk

    9
    3
    • 5 Oktober 2022 - (17:19 WIB)
      Permalink

      Percuma klo gk ada bukti yg kuat gk di respon.klo mau laporin jgn ke email sklian ajak DC ny ke kantor ojk

  • 5 Oktober 2022 - (17:18 WIB)
    Permalink

    Gk usah di bayar sekalian aj.emang cara penagihan DC lapangan kredivo&akulaku biasany bar bar gk tau sopan santun,tata Krama.
    Sudah banyak kejadian yg melibatkan 2 DC pinjol terbesar itu,klo nagih barbar.
    Sklian gerakan galbay aj biar pinjol di Indonesia musnah.orang pada malas bayar,karena DC lapangan pinjol tidak punya sopan santun,tata krama saat berkunjung ke rumah nasabahny.

    18
    7
    • 5 Oktober 2022 - (22:40 WIB)
      Permalink

      Dengan TS lapor di MK malah terkesan seperti playing victim gitu…
      Padahal gk mungkin DC nyamperin klo si TS tidak telat atw menunggak bayarnya.
      Moga masalah cepet terselesaikan.

      • 6 Oktober 2022 - (16:34 WIB)
        Permalink

        Play victim…kalo anda malu didatangi ke kantor ya bayar…mungkin DC nya bosen dichat kgk direspon disuruh bayar malah anda yg galak…anda berbicara masalah peraturan OJK dll tapi anda sendiri kgk bayar2 utangnya dan anda sendiri kgk mau menemui DC nya bicara baik2 cari solusinya lah ini anda selalu menghindar. Lalu, dari chat DC nya sendiri kgk ada kata2 kasar. Sory saya bukan DC tapi saya hanya melihat secara realistis berdasarkan kronologi dan SS bukti chat DC nya yg anda publish di atas. So, mending segera dibayar saja kalo kgk mau dihantui hutang dan diteror DC sih. Good luck.

        6
        1
        • 8 Oktober 2022 - (10:10 WIB)
          Permalink

          Gak segampang itu jg bang, kadang dibales chat udah jelasin panjang lebar kendalanya dan udah dijanjikan tanggal kapan dibayar nanti ada lagi yang chat dengan beda nomer dengan pertanyaan yang sama dalam sehari bisa 20 kali chat beda nomor dengan pertanyaan yang sama setiap hari lama2 bosen juga jawabnya. mungkin seharusnya penanganan satu nasabah dipegang satu orang CS/DC biar gak nanya2 mulu.

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 120 komentar sampai saat ini..

Penagihan Kredivo Tidak Sesuai Peraturan OJK

oleh Meiliana dibaca dalam: 1 menit
120