Transaksi Kredivo Ditolak dengan Alasan yang Tak Jelas

Hello selamat malam,

Saya Silvianis dari Jakarta. Ringkas saja, diseni saya ingin menyampaikan keluhan saya, beberapa waktu lalu saya daftar Akun Kredivo lalu disetujui dengan status Akun Basic dengan limit 3 bulan sebesar Rp1 juta dan limit 30 hari sebesar Rp900 ribu.

Dikarenakan adanya promo pengguna baru, akhirnya saya gunakan limit saya untuk transaksi top up Token PLN dengan nominal 100K pada tanggal 1 Oktober 2022 dan saya mendapatkan potongan 50K dan limit saya kepake 55K dan statusnya berhasil.

Lanjut saya kembali transaksi di merchant Alfamidi pada hari dan tanggal yang sama sebesar 26.900 dan statusnya berhasil. Di sini saya ada 2 transaksi dengan Kredivo pada tanggal dan hari yang sama, dengan batas pembayaran jatuh tempo 30 hari setelah itu ( jatuh tempo tanggal 1 November 2022).

Lanjut pada tanggal 4 Oktober 2022 saya kembali transaksi di merchant Alfamidi dengan nominal pembayaran sebesar 80.500 rupiah, tapi aplikasi menolak dengan alasan “Transaksi melanggar ketentuan penggunaan Kredivo”.

Saya coba hubungi CS Kredivo via aplikasi dan jawaban CS dengan gampang menyatakan transaksi saya berisiko tinggi, dan anehnya CS menyatakan bahwa setiap persetujuan transaksi wajib melalui tim Analis terlebih dahulu.

Menurut saya ini sangat merugikan saya atau semua pengguna Kredivo yang sudah menerima limit ketika kita transaksi wajib persetujuan analis. Karena rasa kekecewaan saya pada saat itu adalah ketika nasabah melakukan pembayaran di kasir lalu ditolak dan kita ga membawa uang tunai ini membuat kita jadi malu apalagi di meja kasir lagi antre pembayaran.

Coba bandingkan dengan kartu kredit, jika kita gagal bayar tagihan otomatis kartu keblokir dan gaa bisa digunakan. Sedangkan di Kredivo ini khususnya saya pribadi pengguna baru dan belum ada tagihan yang gagal bayar (tunggakan) secara tiba-tiba akun saya gak bisa digunakan dengan alasan di atas.

Semoga pihak Kredivo bisa menanggapi masalah ini dan mengubah syarat ketentuan, yang mana jangan sampai membuat nasabah malu atas tindakan seperti ini.

Terima kasih.

Silvianis
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Total:1    Rata-Rata: 5/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Silvianis

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo sampai saat ini. Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh...
Baca Selengkapnya

15 komentar untuk “Transaksi Kredivo Ditolak dengan Alasan yang Tak Jelas

  • 6 Oktober 2022 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Hadeuh mba mba jangan deh coba coba ato iseng dg paylater ato apapun sejenisnya apalagi digunakan untuk Hal Hal yg konsumtif. Percaya deh nanti mba terjerat sendiri.

    • 6 Oktober 2022 - (21:30 WIB)
      Permalink

      Pengguna baru dan anda terburu2x mencoba memakai untuk belanja sampai limit pinjamannya..(900rb 1bln)
      System analisnya langsung detect pemakaian tak wajar.

  • 6 Oktober 2022 - (16:04 WIB)
    Permalink

    Ma’af saran saya lunasin dulu yg limit 1bln, klo tdk mau autol. Kredivo atau paylater manapun tidak segampang yg kita mau. Saya jg pengguna kredivo sdh hampir 2 th, pengalaman gampang2 susah. Harus tertib byr tepat waktu. Khusus pengguna baru jg hrs jangan berlebihan belanja melebihi ketentuan kredivo, saran saya berhati2 jalani dulu yg limit 1 bln. Lunasi dulu sampai limit naik.

    • 6 Oktober 2022 - (17:08 WIB)
      Permalink

      Ma’af sebelumnya, saya tanggapi nasehatnya ya mas, sebelumnya dibaca baik2 isi surat yg sudah saya posting biar ga gagal paham. Terkait hal ini, saya pengguna baru kredivo dan mendapatkan limit 1 juta dg akun basic, fahami dlu ya klo pengguna baru ga mngkn ada cicilan berjalan di Kredivo. Nah saya saat transaksi juga ga gede2 amet, sblmnya transaksi top up token 100k berhasil, lalu transaksi sekitar 28 ribuan di alfamidi berhasil juga, tp kok transaksi beberapa hari lg sebesar 80 ribuan gagal dg alasan sesuai yg sy posting. Coba mikir mas nya di posisi saya, transaksi di tolak depan kasir dan saya ga bawa uang cash trs ga bawa kartu dan lg banyak antrian, malu ga sih mas.

      Itu yg bikin sy kecewa, klo tau bakal ditolak mngkn sy ga akan transaksi

      1
      3
      • 7 Oktober 2022 - (14:52 WIB)
        Permalink

        Sing sabar, saya juga pengguna kredivo yang memperlakukanya seperti pake kartu kredit langsung di blokir, lah iya orang biasanya pake bayar pake bayar

        sebenernya bukan mau ngejar promo biar gak rempong buka2 aplikasi mobile banking aja terus bayarnya nanti dirapel di virtual akun kredivo eh di blokir sementara tapi kagak dibuka2

        yaudah sementara kalau belanja pake cc aja palah gak kena admin sama bunga sama sekali,

        emang gitu kredivo kartu kredit aja gak gitu2 amat palah suruh dihabiskan limitnya tanpa sisa sedikitpun sama bank 😄

        system risk nya terlalu ngandelin AI kayanya jadi engga ada toleransi kaya risk mangement 3D Secure kartu kredit

  • 6 Oktober 2022 - (16:59 WIB)
    Permalink

    Hadehhh parah banget… semoga bisa dapet jawaban yang jelas deh dri app nya. Kalau kaya gini orang² bisa ga berani jg utk pake app itu

  • 6 Oktober 2022 - (18:38 WIB)
    Permalink

    Dalam sebulan berjalan blom mencapai 900k.
    Transaksi ‘recehan’ disebut beresiko tinggi?? 😱
    Apa mata analis kredivo nya lagi siwer/kurang vitamin A kali ya? Mungkin dia liatnya 805000 😂 makanya dia tolak.

  • 6 Oktober 2022 - (20:08 WIB)
    Permalink

    wkwkwkk ini pasti malu banget sengaja berangkat dari rumah dengan harapan beli barang yg diinginkan terus antri eh ditolak ama aplikasinya pas di kasir 🤣🤣🤣
    makanya lain kali bawa duit buat jaga jaga biar ga malu kalo ditolak atau kalo perlu ga usah jajan dulu kalo emang ga punya duit 🤭🤭

  • 6 Oktober 2022 - (21:11 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan pembayaran Anda ditolak karena Anda terlalu banyak melakukan transaksi dalam waktu yang berdekatan. Wajar pihak Kredivo menolak transaksi pembayaran Anda yang terakhir karena Anda belum punya track record pembayaran utang ke Kredivo.

    Lain kali, untuk pembayaran ke merchant secara langsung melalui kasir, jangan andalkan utang Pinjol. Pinjol beda dengan kartu kredit. Kalau kartu kredit, bank gak akan mempermasalahkan Anda mau lakukan transaksi berapapun dalam waktu berdekatan sampai over limit sekalipun.

    Tapi, sebaiknya untuk jaga-jaga, ketika lakukan pembayaran via merchant siapkan juga uang cash atau sumber pembayaran lainnya, jika ditolak pihak pemberi utang, gak bikin malu dan malu -maluin diri sendiri di depan kasir.

  • 7 Oktober 2022 - (02:43 WIB)
    Permalink

    Saya juga pengguna Kredivo. Tapi akun sudah premium dengan limit sekitar 21jt. Namun untuk limit 30 hari disarankan dipakai di toko dan merchant yang berbeda. Karena jika dipakai di merchant atau toko offline yang sama dalam jarak berdekatan akan sangat berisiko terdeteksi fraud oleh sistem meskipun itu transaksi real.

    Berbeda kalau misalnya dipergunakan untuk transaksi cicilan. Sistem akan menganggap itu transaksi wajar. Saran saya kalau akun basic jangan dipakai semua limitnya sampe habis. Bayar dulu tagihan yang ada di awal baru kemudian transaksi lagi. Ini untuk menghindari sistem terindikasi fraud. Karena banyak yang menggunakan Paylater ini sebagai sarana gestun yang sebenarnya sangat dilarang.

    Semoga membantu.

    • 7 Oktober 2022 - (05:50 WIB)
      Permalink

      baca dulu yang bener bos, jangan asal komen, baru 2x transaksi yang sukses dan yang ke 3 baru di tolak, nominal juga kecil, paylater kan macam dompet digital, terserah kita mau skali transaksi atau beberapa kali dong

    • 9 Oktober 2022 - (03:16 WIB)
      Permalink

      Royco: saya sudah baca dan sangat paham. Penulis itu nasabah baru. Dalam rentang singkat udah mau bertransaksi beruntun ya terdeteksi gestun. Terlihat oom Royco ini gak punya pengaman dengan Kredivo. Dan hak mereka juga mau membatalkan. Duit punya mereka kok. Situ minjem tapi dibatalkan kok ngambek?

    • 9 Oktober 2022 - (03:27 WIB)
      Permalink

      @Roy: mohon maaf boss…. Sejak kapan Paylater itu disebut dompet digital? Paylater itu justru semacam pembayaran kredit digital namun tanpa kartu. Itu utang boss. Kalau dompet digital itu ya semacam OVO, DANA, GOPAY atau e-money lainnya. Dan mereka berhak membatalkan kalau terindikasi mencurigakan menurut sistem. Ingat nasabah itu pinjam bukan pake uang cash.

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Transaksi Kredivo Ditolak dengan Alasan yang Tak Jelas

oleh Silvianis Reanur Ubay dibaca dalam: 1 menit
15