Tim Verifikasi BCA Tidak Profesional

Nama saya Efraim Laatang. Saya adalah nasabah BCA. Saat ini saya sedang bekerja di luar negeri dan akan mengaktifkan layanan MyBCA untuk bertransaksi. Namun saat saya akan menggunakan aplikasi tersebut, ada keterangan BCA ID terblokir.

Lalu saya menghubungi halo BCA pada tanggal 2 Oktober 2022 dan menceritakan kendalanya. Kemudian dari Customer Service (CS) HaloBCA membuatkan laporan dan harus dilakukan verifikasi terlebih dahulu untuk mengaktifkannya. Tidak ada hal yang lain sebagai syarat untuk mengaktifkannya. CS itu menginformasikan akan diproses verifikasi maksimal 2×24 jam. Oke, akhirnya saya menunggu.

Pada tanggal 3 keesokan harinya, saya tidak dihubungi oleh tim verifikasi. Saya menghubungi kembali CS HaloBCA, kemudian diinformasikan kepada saya bahwa nomor saya tidak dapat dihubungi. CS tersebut meminta nomor yang aktif di negara saya bekerja, dan saya berikan nomor tersebut. Saya disuruh menunggu lagi.

Pada tanggal 4, saya tunggu sampai pukul 8 pagi tidak ada telepon. Saya kemudian menghubungi kembali HaloBCA. Informasi yang disampaikan oleh CS HaloBCA adalah nomor telepon negara yang saya tempati, tidak dapat dihubungi. Aneh sekali, padahal keluarga saya telepon dari Indonesia, tidak ada masalah. Akhirnya saya disuruh menunggu lagi.

Sampai pukul 12 siang, saya telepon kembali CS HaloBCA, tetapi jawaban selalu sama, akan dibantu dinotifikasi urgent kepada tim verifikator. Saya tunggu sampai pukul 1, saya hubungi lagi tim CS HaloBCA, jawabannya sama. Saya harus tunggu lagi, akhirnya saya tunggu sampai pukul 2, tidak ada telepon dari tim verifikator.

Saya kembali hubungi CS HaloBCA lagi, dan akhirnya mereka meminta email saya untuk diusulkan ke tim verifikasi agar menggunakan Zoom. Akhirnya saya kasih info email saya. Saya tunggu sampai pukul 3, tidak dihubungi juga. Saya telepon kembali CS HaloBCA, dan jawabannya harus menunggu! Mau sampai kapan??!!

Saya sudah dirugikan sekali.

  1. Saya akan transfer yang sangat urgent untuk nominal yang cukup besar ke keluarga di Indonesia. Karena saya ada janji bayar kepada orang di Indonesia, semuanya menjadi marah dan berpikir jelek tentang saya dan keluarga karena terlambat transfer!
  2. Saya kerja di luar negeri itu kerja shift malam, jadi kalau siang, saya gunakan untuk beristirahat. 2 hari saya tidak istirahat hanya menunggu telepon dari tim verifikasi yang mempermainkan waktu saya. Sehingga pada hari ke-3 saya izin tidak kerja karena sakit! Saya tidak bisa bekerja, kena potong gaji!

Tolong tim BCA atau siapa pun yang terkait dengan ini, bertanggung jawab atas semua kerugian ini dan sampai sekarang, tanggal 5 pukul 10.00 pagi, tidak ada telepon atau Zoom untuk verifikasi seperti yang dijanjikan oleh CS HaloBCA!!!

Tolonglah, jangan mempermainkan nasabah seperti ini! Saya bukan hanya rugi uang, tetapi mental, keluarga dan kepercayaan orang jadi hilang!

Efraim Laatang
Banyumas, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BCA:
[Total:37    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Efraim

Menanggapi keluhan Bapak Efraim Laatang di Redaksi Media Konsumen tanggal 07 Oktober 2022 dengan judul “Tim Verifikasi BCA Tidak Profesional”...
Baca Selengkapnya

23 komentar untuk “Tim Verifikasi BCA Tidak Profesional

  • 7 Oktober 2022 - (08:22 WIB)
    Permalink

    Saya yang di Indonesia saja masih belum berhasil mengaktifkan ulang myBCA akibat hape bootloop. Bilangnya mau verifikasi tapi sama, gak pernah ditelpon lagi setelah sekali ditelp sebelumnya.
    Aneh, bank lain juga pakai app tapi verifikasi gampang misal pakai fitur voice atau video call langsung dari app, SMS/kode input di app, atau ketika telpon ke call center bisa langsung aktivasi dengan verifikasi beberapa data. BCA kenapa harus tunggu tim verifikasi? Payah…

    Untuk penulis, apakah tidak ada cadangan KlikBCA atau m-BCA?
    Sejauh yang saya tahu, myBCA tidak ada fitur layanan yang berbeda jauh dibanding dua itu.

    • 7 Oktober 2022 - (08:36 WIB)
      Permalink

      Saya tidak pakai klikBCA krn menurut saya sudah cukup pakai aplikasi mBCA,
      Yang menyarankan menggunakan myBCA juga dari CS haloBCA sendiri, masih ada rekaman percakapannya itu kalau pihak BCA mau dengarkan.
      CSnya yg saranain, sy ikuti, dibikin laporan, ktnya mau verifikasi saja krn ganti device, ujung2nya ngga bisa juga… Aneh banget

  • 7 Oktober 2022 - (09:05 WIB)
    Permalink

    Terlalu ribet ya proses di BCA harus verifikasi video call. Kalau di Bank lain semua bisa dilakukan oleh nasabah tanpa telpon cs. Contoh di Bank sebelah, verifikasi bisa langsung di aplikasi atau website resmi Bank. Lebih simple dan cepat aja mnrt gue

    • 7 Oktober 2022 - (13:59 WIB)
      Permalink

      Dan akhirnya ngga via zoom jg bro, ngga ada yg hubungi sampai di hari ke 3, baru ditelp dari nomor jakarta.
      Ngga bisa verifikasi jawaban akhirnya.
      Yg rekomendasi pake myBCA juga mereka sendiri, sy ikutin malah dikerjain 3 hari, udah nunggu, jawabannya ngga bisa. Laaah, aneh bngt dah

  • 7 Oktober 2022 - (12:57 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mBCA lupa pin. Lalu tlfn cs. Dari cs sudah d verifikasi (d reset) tapi tetap harus ke atm bca untuk verifikasi lanjutan (memasukkan pin baru).. mungkin sop nya seperti itu yaitu verifikasi 2 langkah.. jika d luar negri tidak ada atm bca ya tak tau itu bagaimana….

    • 7 Oktober 2022 - (13:54 WIB)
      Permalink

      Jadi krn sy memang pegang cash 50000USD mau sy transfer ke rekening sy sendiri lewat jasa money changer via Binance.

      Dan hari ini ditelepon lagi dari tim BCA dengan sambutan seperti ini: “bapak mau ada transaksi besar ya?”

      Pertanyaanya, kalo nilai transaksinya kecil, atau tidak ada transaksi sama sekali, trus ngga akan ditelepon atau bagaimana?

      • 7 Oktober 2022 - (14:04 WIB)
        Permalink

        Prank nya ngga asik bgt,
        Bikin kacau urusan rumah tangga orang, beli susu, bayar anak sekolah, bayar cicilan, bayar tagihan orang jadi runyam semuanya, resiko ditanggung keluarga saya sendiri karena tertunda.

    • 7 Oktober 2022 - (17:17 WIB)
      Permalink

      @efraim
      Itu rencana TT USD 50K, bro?
      blo’on banget sih oknum karyawan BCA nya.

      2019 sy di SJC ada problem TT nyangkut. Petugas BCA KCP loh yg nanganin via video call Whassap!

      Ga bisa pake Zoom ya pake alternatif laaaaah… gak ada inisiatif itu mah oknum karyawan BCA nya. 🤣

      Meski alesan load kerjaan tinggi, tapi SKALA PRIORITAS nya lihat dulu. Ini nasabahnya ada di LN, coy!

  • 7 Oktober 2022 - (13:04 WIB)
    Permalink

    Wah wah wah, gak sesingkat itu Ferguson, saya aja buka di perangkat baru suruh hubungi hallo BCA, 4 hari kerja baru di hubungi

    • 7 Oktober 2022 - (14:02 WIB)
      Permalink

      Fix ini tim verifikasinya payah
      Overload kerjaannya atau males2an verifikasi
      Diliat dulu isinya kali ya, kali yg isinya diatas 100jt baru cepet diverifikasi
      Dibawah itu, ntar dulu dah…

      • 8 Oktober 2022 - (06:20 WIB)
        Permalink

        Wkwkwkwwkwk, kemungkinan besar Over load mereka, saran saya ganti aja, saya stop make, ribet buat saya, pakai plat merah 46 sama gold ray punya swasta, tinggal pin atau sms transaksi selesai, gak macem2.

        1
        1
        • 8 Oktober 2022 - (07:20 WIB)
          Permalink

          Masalah intinya kan pihak bank gagal menghubungi nomor HP anda untuk keperluan verifikasi, sementara anda merasa tidak pernah dihubungi oleh bank/tidak ada panggilan telp masuk..

          Banyak orang/nasabah yang tidak menyadari kalau nomor telp HP yang dimilikinya ternyata tidak dapat/menolak menerima panggilan dari telp fixed line, hanya bisa dihubungi dari sesama nomor HP atau via WA. Itu karena settingan di HP nya sendiri.
          Kantor saya juga sering koq mengalami menelpon nasabah2 dari telp fixed line kantor (menggunakan perekam) ke nomor HP nasabah2 berulang kali tidak diangkat/tidak ada nada sambung sementara nasabah ngotot tidak ada history panggilan masuk/miss call di HP mereka, tapi saat dicoba ditelpon dari HP salah satu pegawai bisa terhubung. Setelah kami minta nasabah untuk setting ulang HP nya, baru bisa dihubungi dari telp fixed line kantor.
          Saya kalau ke luar negeri selalu mengaktifkan roaming nomor HP pasca bayar yang terdaftar untuk transaksi perbankan. Jangan lupa anda aktifkan juga fitur tersebut.

  • 7 Oktober 2022 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Kalau keluar negeri jangan pakai Bank ini mas, masih byk lain yg lebih kompeten mnrt gue. Gue pernah ke Luar Negeri pas Internet Banking ke blok langsung bisa diaktifkan tanpa harus telpon cs. Selama no hp aktif langsung dikirim otp ke no hp kita.

    • 7 Oktober 2022 - (14:06 WIB)
      Permalink

      Prank yg sampe ngerusak hubungan keluarga ini bro, kacau urusan rumah tangga jadinya ..

      • 7 Oktober 2022 - (21:23 WIB)
        Permalink

        Emang sering banget mybca ini keblokir
        Saya pernah keblokir dan diarahkan ke cabang ,hampir 2 jam an saya di customer service nya baru selesai , customer service yg di cabang ga ngerti reset akunnya ,karena katanya masih aplikasi baru
        Bolak-balik dia nelpon ke 1500888 baru bisa setelah 2 jam an

  • 7 Oktober 2022 - (14:16 WIB)
    Permalink

    Kalau untuk tinggal atau bekerja di luar negeri bank BUMN lebih bisa diandalkan. Saya dulu pakai Mandiri, mulai ATM dan ebanking hampir 10 tahun ga ada masalah di pakai diluar. BCA juga pakai ebanking nya,tapi cuma buat cadangan. BCA fokus lokal saja, ATM dia juga baru² ini aja toh ada logo Mastercard. Itupun sering error kl di luar.
    Dan mungkin untuk urusan transfer valuta yang mendadak bisa pakai Wise, itu 5 menit udah nyampe sini. Itu alternatif selain WU dan MG yg mahal adminnya.

  • 7 Oktober 2022 - (16:28 WIB)
    Permalink

    Saya malas pakai myBCA.
    Ini juga punya saya kebloir karena ganti HP.
    Saya lebih suka mBCA nya. Menu lebuh lengkap di mBCA.

  • 9 Oktober 2022 - (00:41 WIB)
    Permalink

    sama saya juga mengalami Troubleshoot seperti yang anda alami barusan solusinya datang ke kantor cabang BCA terdekat di negara tempat anda bekerja sambil membawa kelengkapan dokumen verifikasi yang diperlukan

  • 9 Oktober 2022 - (06:03 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah, saya sudah berganti gawai 2 kali dan dua-duanya dilayani dengan baik oleh CS Halo BCA untuk myBCA. Tidak sampai 8 jam sesudah pengajuan verifikasi myBCA pihak CS langsung menelepon. Saran saya, coba ikutin instruksi rekan-rekan diatas utk datang ke kantor cabang bank dinegara anda tinggal (jika ada).

  • 10 Oktober 2022 - (04:28 WIB)
    Permalink

    terblokir kenapa gan? saya kemarin keblok mybca karena lupa password kebiasaan pake sidik jari, langsung dibuka blokiran setelah telpon halobca. dan setelah panggilan tsb lgsg ubah password. aman ga harus nunggu verifikasi dulu.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Tim Verifikasi BCA Tidak Profesional

oleh efraim laatang dibaca dalam: 2 menit
23