LCD Samsung Galaxy S20+ Muncul “Pink Line”, Pasca Update Software

Dengan hormat,

Banyak terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat surat saya ini.

Sejak 2017, kami sekeluarga telah mempercayai dan mencintai produk Samsung, khususnya smartphone flagship Galaxy S series dimulai dari S8, S9, S10, S10+, hingga kini mampu upgrade ke S20FE dan S20+. Dalam hal ini, saya telah menggunakan unit Samsung S20+, yang mampu saya beli hingga menjaganya dengan hati-hati dan merawat dengan sangat baik, selama 1,5 tahun terakhir ini.

Namun naas menimpa saya terjadi pada hari Minggu 23 Oktober 2022. Setelah saya menerima notifikasi tersedia update software terbaru dan seperti biasa, tanpa ragu atau curiga saya langsung menyetujui update tersebut. Alangkah terkejut dan paniknya saya, ketika melihat saat restart pasca update, seketika muncul garis vertikal warna pink sangat terang pada bagian tengah LCD hp saya, seperti terlihat pada gambar.

Kondisi battery, storage, memory bagus

Penasaran terhadap apa yang telah terjadi, saya berusaha menggali informasi dengan melakukan penelusuran di situs komunitas pengguna Samsung dan Sammyfans. Ternyata di forum tersebut, saya menemukan banyak sekali keluhan pengguna Samsung S20+ di seluruh dunia, mengalami hal yang sama, yaitu muncul garis vertikal hijau atau pink pada LCD setelah melakukan update software yang dianggap sebagai “cacat produk” atas LCD tersebut.

Namun ada pula berita baiknya adalah Samsung telah menindaklanjutinya dengan memberikan penggantian LCD gratis kepada pelanggan terdampak di beberapa negara seperti India, Singapura dan Malaysia.

Saya juga telah menghubungi Samsung Service Center Balikpapan, menceritakan kronologis dan solusi dari permasalahan ini hanya disarankan penggantian LCD dengan estimasi biaya Rp3,5 – 4 juta per unit. Saya menyatakan masih pikir-pikir dan mengingat pada upaya selama ini, hp flagship berkualitas tinggi dengan harga yang cukup mahal ini telah saya jaga dan rawat dengan sangat baik.

Menggunakan charger original Samsung 25w terbaik, beri casing Spigen terbaik, selalu tersimpan aman dan terlindungi, berkat dompet khusus hp yang senantiasa terselip diikat pinggang. Hingga kini, baik body maupun LCD, masih tampak mulus seperti baru, bebas dari benturan dan belum pernah jatuh walau sekalipun.

Saya juga kecewa karena merasa terganggu dan menjadi kurang nyaman dengan adanya garis pink tersebut di LCD hp saya ini dan terus terang saya masih belum puas menggunakannya dengan semua biaya yang telah saya keluarkan untuknya.

Saya sangat mengharapkan bahwa produsen Samsung dapat mendengar keluhan ini, memberikan solusi dan bantuan yang terbaiknya sehingga dapat meringankan dan menangani tuntas permasalahan smartphone flagship kebanggaan kami ini.

Terima kasih dan hormat saya,

AJ Ikhwanto
Balikpapan, Kalimantan Timur


Catatan redaksi (diperbarui 28/10/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Samsung Galaxy S20+:
[Total:49    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

43 komentar untuk “LCD Samsung Galaxy S20+ Muncul “Pink Line”, Pasca Update Software

    • 26 Oktober 2022 - (16:26 WIB)
      Permalink

      Saya juga sama dengan Pak Ikhwanto, Samsung Galaxy S20+ muncul garis vertikal, padahal sudah dari zaman galaxy S5 saya punya, baru kali ini kejadian S20+ muncul garis vertikal pink. Hp mulus terawat dan terjaga dengan baik, kalau biaya perbaikan harus ganti LCD dengan harga mahal sementara setengah dari harga barunya.
      Mudah2an ada solusi dari Samsung

      • 28 Oktober 2022 - (13:24 WIB)
        Permalink

        Saya juga mengalami hal yang sama, dan parahnya setelah muncul garis beberapa waktu bertambah, parahnya layarnya menjadi putih… Sehingga tidak bisa dipergunakan sama sekali, saya bawa ke SC Samsung di mall yogyatronik, disarankan ganti dengan estimasi biaya 3.401.000… wah… Luar biasa mahalnya…. Diberi saran oleh pihak SC untuk membuat surat klaim dengan menjelaskan kronologi, untuk mendapatkan potongan biaya, saya maunya gratis atau biaya seminimal mungkin…sudah saya buat… Dan menunggu di hubungi dari pihak Jakarta info dari SC yogyatronik…. Semoga pihak Samsung dapat mendengar keluhan usernya….

  • 26 Oktober 2022 - (09:42 WIB)
    Permalink

    Apakah garansi yg telah masa habis..setelah masuk media konsumen samsung Akan kah menggratiskan service pergantian partny..s20 tahun 2020 hampir 2.5th

    • 26 Oktober 2022 - (10:12 WIB)
      Permalink

      Keputusan tetap ada di Samsung, apakah hal ini dianggap kesalahannya atau pengguna.

      • 27 Oktober 2022 - (15:24 WIB)
        Permalink

        S 20+ saya jg ada garis ini… baru kali ini punya hp bisa bergaris pink pdhl ga jatuh….

  • 26 Oktober 2022 - (09:57 WIB)
    Permalink

    Setuju Kk Dhan, khawatirnya next update bisa muncul masalah baru atau garis malah bertambah banyak. Moga tidak demikian.

  • 26 Oktober 2022 - (10:00 WIB)
    Permalink

    Wah samsung harus bertanggung jawab itu. Ud banyak kasus begitu stlah update software

    • 26 Oktober 2022 - (10:33 WIB)
      Permalink

      Mohon berbagi tips dari Samsung / Saudara/ri yth apabila ada cara untuk downdate software dengan harapan kondisi lcd bisa normal lagi seperti sedia kala.

      2
      1
      • 26 Oktober 2022 - (10:59 WIB)
        Permalink

        Downgrade itu bisa download dl firmware versi seblumnya. Bisa download di webnya. Cuma agak ribet musti install beberapa tools di komp dan di hape sblm install firmwarenya. Baca tutorial di web. Kalau gak mau repot tinggal datang ke gerai servis hape yg bisa nangani software atau ke service point samsung

  • 26 Oktober 2022 - (10:46 WIB)
    Permalink

    itu mah triknya samsung buat orang ganti hp lagi. kalo ga pink / blue line, update justru memperberat kinerja hape. hape jd terasa lemot. Lama2 orang jengah, lalu beli hp lagi. Sy pernah baca artikel yg menyarankan pengguna justru tidak update software. Ada benarnya juga sih, sy ada 2 hp yg sama persis, 1 dipegang istri yg sy sarankan tdk update apa2, sy pun juga udah setting tidak update otomatis. Sedangkan hp sy selalu sy update, alhasil, kinerja hp malah berat. Tidak bisa buka 2 aplikasi bersamaan. Berbanding terbalik dgn hp istri, yg smooth buka 2 aplikasi bersamaan. Padahal, internal memory nya dia udah full, sy msh ada space 1/2 dari kapasitas. Ini sudah sy buktikan sendiri. Terserah percaya atau tidak he he he

    9
    1
    • 26 Oktober 2022 - (11:21 WIB)
      Permalink

      Saya percaya masbro, saya juga ngalamin tpi paling kerasa di bagian batere, setelah update software batere jadi lebih boros..

      • 26 Oktober 2022 - (11:26 WIB)
        Permalink

        betul, kinerja hp jd lebih berat yg berimbas pada batere yg boros. Mending, selama ga ganggu aktifitas, selama masih bisa buka semua aplikasi, selama semua fine2 aja, normal2 aja, update software sy rasa tidak diperlukan.

        • 26 Oktober 2022 - (12:36 WIB)
          Permalink

          Awalnya trik Apple biar yang punya Iphone ganti HP tiap tahun kan tiap tahun Iphone baru dirilis, update software untuk memperlambat kinerja Iphone. Ini udah 10 tahunan kasusnya dan udah jadi rahasia umum. Sekarang hampir semua produsen HP ikut cara Apple.

      • 26 Oktober 2022 - (12:54 WIB)
        Permalink

        Detil yg sy alami sbb : setelah download update, klik install now lalu restart tak lama muncul loading install software (logo Android dan gear berputar), sampai disini lcd msh normal, nah saat install software kelar lalu seketika tulisan Samsung Galaxy S20+ knox di lcd menjadi putih semua white screen dan kedap kedip flicker selama beberapa detik dan setelah loading selesai muncul pink line di desktop. Saat itu sy pegang hp hangat dan lcd panas. Namun tak lama berangsur dingin coba restart namun pink line tetap ada.

        • 26 Oktober 2022 - (15:57 WIB)
          Permalink

          Kalau kondisinya begitu mengalami panas berlebih setelah upgrade sebaiknya jangan di downgrade software nya bro,
          Percuma LCD nya udah kena itu

          • 26 Oktober 2022 - (18:07 WIB)
            Permalink

            Bro benar, percuma downgrade dan oleh SSC telah divonis ganti lcd dan baterai untuk sembuh.

          • 1 November 2022 - (17:37 WIB)
            Permalink

            Alhamdulillah, setelah saya bawa S22+ yg muncul garis vertikal pink ke Service Center Samsung, hari berikutnya lgs dihubungi Samsung Kantor Pusat, untuk proses perbaikan diberitahukan free namun memang memerlukan waktu sekitar 2 mingguan, apresiasi untuk Samsung Electronic Indonesia. Semoga kedepan tidak terjadi lagi case seperti ini.

  • 26 Oktober 2022 - (12:36 WIB)
    Permalink

    Siap Kk Squall …mungkin yg terbaik backup semua data dulu lalu urusan downdate ini bisa dicoba dan tq atas infonya.

  • 26 Oktober 2022 - (14:07 WIB)
    Permalink

    Seri S20 udah 2 tahun dirilis, mungkin gejala itu muncul bukan karena kerusakan HP / hardware tapi pada pembaruan perangkat lunak / software yang kurang kompatibel dengan S 20+.

    Solusinya, coba di reset ulang ke setelah pabrik dengan menghapus dan format ulang. Jangan lupa cadangkan dulu semua data penting agar tidak hilang.

    Jika cara diatas gak berhasil atau masih muncul garis vertikal, coba bawa ke konter hp atau ke servis resmi Samsung dan minta di install ulang perangkat lunak dengan versi sebelum di update. Cara ini kemungkinan akan berhasil karena garis vertikal muncul kan setelah di update perangkat lunak versi terbaru.

    Daripada ganti lcd yang mahal, mending perangkat lunak di update ulang ke versi sebelumnya. Memperbarui perangkat lunak sendiri ke versi sebelumnya agak ribet, gak bisa dengan reset ulang ke setelah pabrik karena sudah di update dengan versi terbaru. Biaya install perangkat lunak gak seberapa dibandingkan ganti lcd baru.

  • 26 Oktober 2022 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yg sama malah ada 3 garis pak, dan saya coba ajukan di samsung service center di solo grandmall dan langsung di tindak lanjut tanpa di minta i dana sepeserpun, 10 hari kemudian sudah beres dan normal kembali, coba di servis center samsung yg lain pak yg ada di kota bapak biasanya tiap servis center punya kebijakan sendiri
    Terimakasih

    • 27 Oktober 2022 - (13:08 WIB)
      Permalink

      Sama seperti yang saya alami di device SAMSUNG NOTE 20 ULTRA saya. Ada pink linke tipis di layar setelah update.

  • 26 Oktober 2022 - (17:14 WIB)
    Permalink

    Di downgrade atau flash ulang juga percuma, itu karena pembaruan Firmware dan layar yg garis yang disebabkan oleh Update OTA dan mengakibatkan kerusakan Hardwarenya, jadi kalau mau aman jngn dulu update sofware, dan tunggu khabar kalau update yg baru aman, Samsung akan mengenakan anda biaya karena mereka sales dan teknisi nya merasa kalau itu kerusakan Hardware dan bahwa pengguna lah yg menyebabkan kerusakan, dan kena biaya jutaan,

    4
    1
  • 26 Oktober 2022 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Samsung aekrang kualitasnya jelek.. teeutama lcd nya.. 3 hpku samsung jadi buntang krena kerusakan lcd pemakaian normal. Masih ada garansi juga ga guna dimintain duit. Parah sekrang samsung. Bwralih ke hp lain aja

    • 26 Oktober 2022 - (18:49 WIB)
      Permalink

      Selamat ya Bro Agus hoki banget .. Tadi di SSC disodori biaya penggantian Lcd, baterai, backdoor dan biaya servis, total 4 jt dapat diskon 50% = 2 jt. Tq Bro telah berbagi pengalaman.

      • 30 Oktober 2022 - (06:19 WIB)
        Permalink

        Halo Mas..
        Jadi dr pihak SSC memberikan diskon ya? Bagaimana caranya agar pihak SSC mau memberikan diskon? Karena sayapun mengalami hal serupa, dan kebetulan sayapun di balikpapan.

  • 26 Oktober 2022 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Apa yg disampaikan Bro Omen 11-12 dengan teknisi SSC yg intinya percuma downgrade apabila LCD sdh kena dan baterai diganti karena usia diatas 2 tahun. Tq Bro

    • 26 Oktober 2022 - (21:00 WIB)
      Permalink

      Pertanyaan yg sama sy ajukan ke teknisi SSC tadi sore Bro Yan, jawabannya baik downgrade atau reset pabrik sudah gak ngaruh apabila lcd sdh rusak. Saran terbaik dari Bro Omen dan Bro Sleppink di atas : khusus seri S20, untuk amannya, jangan dulu buru2 update sofware, dan tunggu kabar jika update yg baru itu sudah aman.

  • 26 Oktober 2022 - (20:27 WIB)
    Permalink

    Kemarin ditoko saya juga ada terima s20 ultra, kemudian karena ada update, saya usahakan untuk update sebelum dijual ke konsumen. Kemudian setelah update Tidak ada masalah layar seperti kebanyakan. Namun anehnya main kamera belakang malah ngeblur.
    Alhasil terpaksa ganti hardware

    Kesimpulan : untuk samsung seri S20 apapun tipe nya kecuali FE. Saya sarankan untuk tidak melakukan update.

  • 26 Oktober 2022 - (22:22 WIB)
    Permalink

    Di ane juga sama , 10 hari yg lalu diskon 50% untuk ganti LCD tapi ane ga mau LCD ane green vertikan, tapi hari ini jadi gratis barusan nanya di samsung senayan city, katanya dari pusat kesalahan update dan udah jadi isi global

  • 28 Oktober 2022 - (04:33 WIB)
    Permalink

    Begitulah penyakit layar AMOLED. Ga hanya Samsung sih. Produk lain juga banyak mengalami hal serupa. Karena layar AMOLED itu punya masa pakai mau dirawat segimanapun. Ada kondisi yang namanya dead pixel, pink tint, purple tint hingga blink screen. Makanya IPS LCD di beberapa vendor masih dipertahankan.

  • 28 Oktober 2022 - (05:46 WIB)
    Permalink

    Izin berkomentar.
    Sepertinya ini memang sebuah kekurangan dari Samsung Galaxy S20 series yg selama ditutupi oleh Samsung.

    S20 series ga sebandel S10 series yang sampai saat ini msh saya pakai.

    Mau ganti ke S22 series blm minat krn ot memory cardnya nggak tersedia repot kalau mau mindahin file2 foto video mesti nunggu lama pake smart switch.

    • 28 Oktober 2022 - (13:56 WIB)
      Permalink

      S7 Bro M, smart switch praktis, one ui simple dan rapi, theme & wallpaper keren, build quality mantap, layanan SSC dan purna jual bagus, sementara belum mau pindah lain hati.

  • 28 Oktober 2022 - (12:33 WIB)
    Permalink

    Seharusnya seri tersebut ditarik dari peredaran sama seperti galaxy note yang pernah meledak

  • 29 Oktober 2022 - (17:28 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna samsung..tapi samsung a71…yg saya alami sama sprti bapak ini stelah update kenapa tiba2 muncul garis di tengah ….ada yang tau gk cara menghilangkan garis tersebut???

 Apa Komentar Anda mengenai Samsung Galaxy S20+?

Ada 43 komentar sampai saat ini..

LCD Samsung Galaxy S20+ Muncul “Pink Line”, Pasca Update S…

oleh AJ Ikhwanto dibaca dalam: 2 menit
43