Beli HP di Bang Beno Katanya IMEI Lifetime Tapi Harus Perpanjang Tiap Bulan

Saya pada tanggal 3 September 2022 beli hp Sony XZ2 di Tokopedia dengan nomor invoice: INV/20220903/MPL/2625446898. Karena status seller terpercaya, saya berani beli di Toko Bang Beno dengan deskripsi hp-nya IMEI digaransi selamanya lifetime.

Tanggal 8 September 2022 barang sampai ke rumah. Karena hp rencana mau dikasih ke orang tua, hp saya simpan hanya dicek semua, signal ok, IMEI ada.

Tanggal 18 September 2022 saya mencoba cek IMEI apakah terdaftar ke Kemenperin atau tidak dan ternyata belum terdaftar. Saya mulai curiga dan mulai chat toko untuk menanyakan perihal IMEI yang katanya lifetime. Dari toko menjanjikan tidak apa-apa, itu aman, toko yang garansi. Karena hp tidak ada masalah saya percaya saja.

Tanggal 18 September 2022, aku mulai cek IMEI dan di keterangan tidak terdaftar. Aku mulai khawatir akhirnya aku chat dari seller menyatakan tidak apa-apa

Tanggal 3 November 2022 hp mulai ada masalah. Hp mulai tidak ada signal, terus coba browsing-browsing soalnya hp gak diapa-apain  hanya disimpan untuk kado ortu. Akhirnya ketemu yaitu IMEI diblokir oleh Kemenperin. Mulai saya chat seller.

Tanggal 3 November signal hp hilang. saya coba browsing ternyata IMEI diblokir. saya langsung komplain. tapi dari pihak seller meminta langsung WAke admin

Dari pihak seller minta chat langsung ke adminnya untuk IMEI di register. Setelah 2 hari menunggu dari pihak admin membalas bahwa server IMEI sudah ditutup. Agar hp dapat digunakan lagi diharuskan membayar 125.000 untuk perpanjang IMEI selama sebulan. Nanti setelah sebulan harus perpanjang lagi. Lah katanya lifetime, ini kok bayar lagi?

Kalau bayar 125.000 itu garansi IMEI gak keblok selamanya okelah, lah ini cuma sebulan. Saya coba komplain dari pihak seller tidak ada jawaban yang memuaskan, hanya meminta sabar.

Tanggal 5 November saya mendapat wa.. jika ingin hpnya dapat digunakan lagi.. diminta untuk transfer 125.000 ke rekening tersebut. Saya kaget karena di keterangan katanya di garansi. kenapa ini harus bayar.. okelah umpama bayar 125.000 bisa hidup.. cuma itu di garansi 1 bulan.. lah nanti harus perpanjang.. ya sama aja nipu gak lifetime

Saya coba chat lagi, jika di-refund gimana soalnya hpnya jadi gak kepakai. Dari pihak seller menjawab hanya menggaransi IMEI bukan refund. Mentok dah gak ada solusi.

Beny Nurmayda
Madiun, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:43    Rata-Rata: 3.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

41 komentar untuk “Beli HP di Bang Beno Katanya IMEI Lifetime Tapi Harus Perpanjang Tiap Bulan

    • 10 November 2022 - (12:45 WIB)
      Permalink

      Pembelian lo sama kkayak gue bang,xz2 beli bulan September. Hape mulai ilang2an sinyal,malah sampai panggilan tidak diizinkan.
      Gue coba wa bang beno ceklis 1 doang

      Coba cara ini.
      Matiin dulu 4g nya
      Matiin data,lalu mode pesawat kan
      Setelah mode pesawat, matikan lagi mode pesawatnya.
      Ketika muncul h+,nyalakan lagi 4g nya.

      Saya liat di yt,memang itu bug di xz 2 dengan android 10. Dicoba aja dulu bang

    • 18 November 2022 - (00:36 WIB)
      Permalink

      Kasus sudah terselesaikan di bantu pihak tokopedia. dari pihak seler minta barang di kembalikan diluar tokopedia. dari pihak tokopedia mengembalikan dana langsung di akun tokopedia.. terima kasih tokopedia atas bantuannya

  • 8 November 2022 - (18:47 WIB)
    Permalink

    hadiah buat orangtua ko kasi hp ilegal?padahal harga segitu udah dapet banyak hp yg resmi di indonesia apalagi kalo cuma buat orang tua yg paling cuma maen sosmed udah sangat worth it buat dibeli kaya xiaomi 9A,infinix,realme

    20
    1
    • 9 November 2022 - (21:37 WIB)
      Permalink

      Buat ortu malah beli hp ribet.. dan di foto ada instalan mobile legend nya tuh hehe… Padahal beli redmi A1 murah meriah baru dan no problem2

  • 8 November 2022 - (19:09 WIB)
    Permalink

    IMEI utk produk2 hp impor / model yg tidak beredar di Indonesia bukan di kemenperin tp di bea cukai, klo di situ gk ada ya mmg itu IMEI tembak.

  • 8 November 2022 - (19:20 WIB)
    Permalink

    Cuma ada satu jalan. Anda daftarkan ke disperin domisili anda atau datangi kantor beacukai terdekat dikota anda untuk mendaftarkan imei tsb. Kasih print invoice dr tokopedia nanti ada hitungannya anda harus bayar brp ke negara.
    Kalau ragu, bisa tanya2 dulu ke disperin atau ke kantor beacukai setempat.

    17
    1
  • 8 November 2022 - (20:41 WIB)
    Permalink

    Spek segitu dibeli 1,2jt. Itu hp BM dibeli. Mending beli realme atau xiomai 1,5 spek segitu aman sentosa. Ud terlanjur ya bisa pakai daftar di bea cukai dan bayar pajak

    • 10 November 2022 - (17:50 WIB)
      Permalink

      Tergantung tokonya sih bray, gw ada toko langganan gak pernah ada masalah soal imei, ini penulisnya kurang jeli dalam memilih toko.

  • 8 November 2022 - (22:22 WIB)
    Permalink

    Dengan adanya deskripsi produk “hp-nya IMEI digaransi selamanya lifetime” seharusnya alarm di kepala sudah bunyi kan ya?

    10
  • 8 November 2022 - (22:50 WIB)
    Permalink

    Beli barang black market, hasil ilegal, komplain pula di media konsumen.
    Ini jadinya gimana ya kalau dilihat orang bea cukai dan pajak?
    Dua pihak ini (penjual dan pembeli) bisa kena ciduk ga nih? Ayo beli dan jualan barang legal.

    15
    2
    • 9 November 2022 - (20:33 WIB)
      Permalink

      Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Pada Pasal 480 KUHP telah disebutkan bahwa: “Diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah: (1) Barangsiapa membeli, menyewa, menukar, menerima gadai, menerima hadiah, atau untuk menarik keuntungan, menjual, menyewakan, menukarkan, menggadaikan, mengangkut, menyimpan atau menyembunyikan sesuatu benda, yang diketahui atau sepatutnya harus diduga bahwa diperoleh dari kejahatan penyelundupan.

  • 9 November 2022 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Penjual bang beno penipu di awal ya, iming2 lifetime ujungnya minta bayar langganan ime bulanan kek langganan bpjs aja

  • 9 November 2022 - (09:56 WIB)
    Permalink

    Kayanya bkn untuk org tua deh. 🤨
    Sy sj beli hp bekas inter aman, cm sinyal aj yg cm bs pake simpati. Agak nyesel sih, tp ya sdhlah

    2
    1
    • 9 November 2022 - (10:19 WIB)
      Permalink

      buat orangtua tapi ada game mobile legend terinstall 😁😁!!!paling juga beli karena silau ama spek gaming nya yg biasa diulas ama youtuber youtuber review barang ilegal
      secara spesifikasi untuk diharga segitu memang diatas hp resmi yg ada di indonesia
      tapi tetep aja itu murah karena ilegall dan akhirnya bikin repot sendiri harus bayar iuran tiap bulan biar hp bisa dipake 🤣🤣

      • 9 November 2022 - (20:24 WIB)
        Permalink

        wkwkwk.. tau aja.. biar dapat simpati agan2 yang banyak duit buat beli rog phone.. ane cuma beli sony abal2

    • 10 November 2022 - (18:10 WIB)
      Permalink

      Maaf bang, saya beli laptop, beli PC, beli monitor, beli hp, beli perkakas rumah tangga, berkali2 via tokped, istri saya belanja via shopee, alhamdulillah belum pernah kecewa karena ditipu. Skedar info, elektronik termahal yg pernah saya beli di tokped yaitu beberapa unit PC seharga 36jt.

  • 9 November 2022 - (10:59 WIB)
    Permalink

    Saya jg ngalamin, hp sony xp hanya bisa dipake 3 bulan, setelah itu terblokir imeinya. Pembelian masih dari penjual kota Semarang, jangan beli lagi hp luar negeri bekas dari kota Semarang.

  • 9 November 2022 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Garansi lifetime itu kalo seler bener bayar pajak, terlampir nota bea kalo gak ada ya ilegal

  • 9 November 2022 - (13:24 WIB)
    Permalink

    Ini seriusan TS nya bilang “beli utk orangtua”??? Masa iya ortu butuh hp spek gaming? Paling banter jg ortu2 mah butuhnya cuma buat WA an doangan.. Pernyataan TS yg “beli buat orangtua dan hanya disimpan aja” sepertinya cuma alasan aja biar dimudahkan permasalahannya dan mendapatkan dukungan. Ane yakin ini beli hpnya buat diri sendiri biar bs ngegame dgn lanjay.. 😅

  • 9 November 2022 - (13:24 WIB)
    Permalink

    Dipahami lagi tulisan kata2 imei lifetime= artinya selama sinyal hidup waktu kepakai saja kalau sudah koid imei kebegal ya gak garansi lah….

    Sama hal nya dg garansi memory life time alias selama monory nya hidup kalau sudah mati gak garansi lah … Kalau mau garansi mati yg bnr tulisan deadtime wkwkwkwk canda boss

    Saya juga bingung dg embel2 garansi tulisan lifetime mksdnya hidup selamanya atau pas mati diganti baru produk nya.

  • 9 November 2022 - (20:22 WIB)
    Permalink

    Alasan doang ini beli untuk orang tua. Apaan itu aslinya buat lu main game sendiri. Spek bagus harga murah, itu mah emang khusus lu beli buat lu main game, pake alasan orang tua lagi. Nyari simpati lu? Lu sendiri tau dan sadar itu HP Illegal dari awal karena memang itu toko menyediakan HP² illegal dan harga murah. Barang illegal lu beli ya rasakan sendiri akibatnya. Itu barang selundupan lu beli. Kalo mau IMEI terdaftar selamanya ya lu sana ke kantor Bea Cukai, lu daftarin itu hp, bayar pajak ke negara, endingnya sama aja itu bayar pajak HP nya + harga beli HPnya setara dengan beli HP resmi yg speknya setara itu. Wkwkwkwk

  • 10 November 2022 - (00:08 WIB)
    Permalink

    cuma bisa ngakak bacanya, siapa suruh beli HP di online, jangan tergiur harga miring..😂😂😂

    • 10 November 2022 - (18:20 WIB)
      Permalink

      Saya dan keluarga kalau beli hp baru selalu online bang krn lebih murah daripada offline. Samsunga A71, redmi note 10s, redmi 9, realme narzo 50a, realme c35, oppo a16, yg termahal xiaomi 11T.
      Menurut saya kalau elektronik baru walau beli online itu tetap aman. Yg kurang aman kalau barang bekas, yg tidak aman ya elektronik limbah import yg belum tentu dibayar cukainya.

      • 11 November 2022 - (15:17 WIB)
        Permalink

        Sependapat dengan Anda! Saya beli Smart tv 50″ Alhamdulillah aman! 3 kali saya beli TV, aman semua. Beberapa kali beli Hp (Lebih dr 10) Alhamdulillah juga aman. Yg penting jangan tergiur harga murah yg nggak LAZIM.

  • 10 November 2022 - (18:25 WIB)
    Permalink

    Ibu saya cuma pakai redmi 9 + paket internet 50gb/bln itu sudah seneng banget bang, tiap hari kalau dah kelar urusan dapur kerjaannya liat youtube, liat IG. TV sudah tidak laku lagi di rumah saya. 🤣

  • 13 November 2022 - (22:54 WIB)
    Permalink

    Kadang rada emosi juga liat orang begini,
    Sekedar info panjang ya
    1. Barang ex inter itu cuma bisa cek imei di beacukai bukan kemenperin, kalo di kemenperin ada berarti itu imei nembak (orang dalam) dan kemungkinan ga bertahan lama krna secara berkala kemenperin bersih” data
    2. Kalo mau daftar ke beacukai juga gabisa, tapi krna harus sama org yg bersangkutan (yang membawa barang dari luar lalu daftarin pake paspornya dia) jadi rada ribet,
    3. Jangan mau dibodohin sama seller, cukup sekali dan sebarkan info ini biar pada paham garansi ex inter itu gimana.

  • 18 November 2022 - (00:34 WIB)
    Permalink

    Kasus sudah terselesaikan di bantu pihak tokopedia. dari pihak seler minta barang di kembalikan diluar tokopedia. dari pihak tokopedia mengembalikan dana langsung di akun tokopedia.. terima kasih tokopedia atas bantuannya

 Apa Komentar Anda?

Ada 41 komentar sampai saat ini..

Beli HP di Bang Beno Katanya IMEI Lifetime Tapi Harus Perpanjang Tiap …

oleh beny nurmayda dibaca dalam: 1 menit
41