Surat Pembaca

IndiHome Menggunakan Data Saya untuk Digunakan Orang Lain

Tahun 2018 saya memasang Wi-Fi IndiHome melalui Plasa Telkom untuk pemasangan di rumah orang tua saya. Saat saya akan pindah dari rumah orang tua saya, maka saya lapor ke Plasa Telkom untuk dicabut. Tak berapa lama petugas mengambil Wi-Fi router di rumah orang tua saya.

Tahun 2022 saya berencana pasang IndiHome lagi di tempat tinggal saya yang baru. Namun ternyata tidak bisa karena di-black list, ada tunggakan. Setelah saya datang ke Plasa Telkom untuk minta penjelasan, ternyata alamat orang tua dan email saya sudah di gunakan orang lain yang saya tidak kenal.
Customer service menyarankan untuk segera dibayarkan dan memberikan nomor telepon orang yang bersangkutan untuk menagih ke orang tersebut.

Setelah saya telepon, ternyata alamatnya sejauh 13 Km dari rumah orang tua saya. Kemudian saya kembali telepon ke call center 021147, mereka menyarankan hal yang sama dan menjelaskan kalau saya belum pernah mencabut Wi-Fi saya. Ternyata pihak Telkom menggunakan alamat orang tua saya dan email saya untuk digunakan ke orang lain selama bertahun-tahun tanpa seizin saya.

Pihak Telkom pun lepas tangan dengan menyarankan melunasi tunggakan yang tidak pernah saya gunakan.

Aribianto
Kota Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Telkom atas Surat Bapak Ari Bianto

Dengan Hormat, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan Bapak Ari Bianto tanggal 13 November 2022 berjudul “Indihome...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Banyak yang comment mengalami hal serupa, itu artinya banyak oknum lapangan yang bermain.
    Setiap pasang baru kan ada biaya pasang tuh, nah ketika dia hanya memindahkan router ke alamat pengguna baru tanpa mendaftarkan, perlu dipertanyakan noh kemana uang pasang baru yang dibayarkan oleh pelanggan baru, kalau pelanggan baru di kasih data lama?

    • Waahh...kacau banget pelayanannya...
      Untung saya gak pake yg itu.... ngeri dengernya, gak pake layanan eh malah suruh bayar tunggakan...

  • mainan orang indihome ini, pernah denger dia nawarin indihome harganya miring, misal buat 20mbps kena 200 ribu aja fix selamanya, pas di bayar nama dan alamat orang taunya, bahkan emang udah mainan orang indihome ini

    • Saya juga pernah kejadian seperti itu, setelah saya ke Plasa TELKOM, memberikan sanggahan dan penjelasan, juga cek lokasi bisa clear tanpa membayar sejumlah tunggakan yang di atas namakan saya

  • Harus punya dokumen penguat dulu. Bener gak udah putus. Atau memang hanya sepihak.

    Kemungkinan Bapak daftarin email yang diketahui passwordnya oleh petugas yang pasang dulu. Gak diganti kali. Jadi dipake verifikasi dah. Saya aja rutin ganti password tiap habis ada perbaikan IH. Ngeri dibajak.

    Kalo masalah nomor ponsel dipake kontak IndiHome, maka itu saya pun ngalamin. Mosok nomor HP saya pernah sampe terdaftar sbg kontak 12 nomor IndiHome? Alamatnya di Bandung, Bekasi, Jakarta Utara.
    Langsung saya minta reset ulang.
    Ini karena kesalahan sistem telkom yang gak ada verifikasi saat mendaftarkan nomor telepon, jadi nomor siapapun bisa dipake. Nyebelin emang. Saya gak pernah nunggak, berulang kali ditelpon yang bukan tagihan saya. Btw, saya pelanggan dri zaman inet yang bunyi itu, lalu Speedy dan skrg IndiHome.

  • kasus sama..ini yg ngawur antara sales sama inputer.. masa ktp dan email sy d blacklist.. padahal putus jg baik2..alat saya kembalikan ke plaza.. tempo hari jg di telpon suruh bayar tagihan..langsung saya gas balik donk.. sungguh membagongkan si telkom

    • Saya juga alami ini beberapa tahun lalu, alat udah balik, tanda terima penyerahan alat dan permohonan penghentian berlangganan sudah di tangan saya, masih ajah tiap bulan ditagih, gantian pula, dr kantor cabang kota beda2, kan aneh. Giliran suruh dateng ke rumah gada 1pun kepalanya yg kliatan, nyali aja tebel di telfon.

  • Banyak kasus kek gini, akak2an pegawai biar target terpenuhi, persetan data konsumen, perusahaan penyedia jasanya ajah gamau tau. Setali tiga uang lah, konsumen selalu jadi pihak yg paling tidak diuntungkan, yg penting duit masuk.