Data Pribadi Saya Disalahgunakan untuk Pengajuan Cash Loan Home Credit Indonesia

Siang ini saya mendapatkan pesan dari salah satu rekanan Debt Collection Home Credit atas tunggakan pengajuan yang mengatasnamakan pengajuan atas nama saya. Padahal saya tidak pernah melakukan pengajuan Loan Cash pada Home Credit Indonesia terhitung sejak tahun 2020 (atas informasi dari Debt Collector).

Dari Screenshot data yang diberikan oleh rekanan HCI, dimana data adalah benar atas nama saya namun terdapat kejanggalan pada nomer telepon serta email yang dicantumkan, karena bukan data/nomor yang saya gunakan. Email tersebut adalah sikofwana009@gmail.com yang dicurigai sebagai fraudster/pelaku menggunakan data pribadi saya.

Mohon agar dapat ditindaklanjuti dari pihak Home Credit Indonesia, karena saya sebagai korban yang mungkin tidak mengakses link apapun/tidak ada percakapan sama pihak manapun yang memberikan link phising dan tidak pernah menggunakan aplikasi ini kembali sejak tahun 2014 kurang lebih. Saya hanya menggunakan satu nomor telepon, satu nomor rekening, dan alamat email yang digunakan pada tahun pengajuan atas informasi dari data Debt Collector yang menghubungi saya siang ini.

Ditunggu respon cepat atas kasus ini. Thanks!

Mohamad Iqbal
Kota Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Home Credit atas Surat Bapak Mohamad Iqbal

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Bapak Iqbal di MediaKonsumen.com pada 30 November 2022 di kolom Surat...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Data Pribadi Saya Disalahgunakan untuk Pengajuan Cash Loan Home Credit Indonesia

  • 30 November 2022 - (14:59 WIB)
    Permalink

    inilah bahayanya pinjol, bisa pake data orang lain tanpa harus ketemu. Ngeri was2 data sy jg sewaktu2 bisa dipakai utk beginian.

  • 30 November 2022 - (15:20 WIB)
    Permalink

    Bisa jadi data ini dipakai oleh oknum ex karyawan/karyawati HC.

    Mustahil kalau orang luar tau data lengkap begitu.

    Soalnya TS sdh pernah transaksi dengan HC dan berhenti toh di 2014.

    17
    2
  • 30 November 2022 - (15:45 WIB)
    Permalink

    Biasanya mereka pakai KTP palsu. Foto dan tanda tangannya diganti. Ketika pinjamannya diajukan, pasti tidak ada verifikasi sidik jari di KTP, jadi dananya bisa cair dengan mudah.

    Saya juga pernah jadi korban. KTP saya dipakai untuk pinjam di Amar Bank sebesar 50 juta. Rumah saya didatangi debt collectornya. Setelah saya klarifikasi di bank, nama saya dibersihkan dan tidak ada debt collector lagi yang datang.

    15
  • 30 November 2022 - (22:06 WIB)
    Permalink

    Ada aja orang senang diatas penderitaan orang lain mencuri data untuk keuntungan pribadi

  • 30 November 2022 - (22:15 WIB)
    Permalink

    Sy pernah ditipu oknum akulaku disuruh ngekelink link tiba2 ada tagihan masuk 3 bulan sy tidak bayar diteror pihak akulaku tidak tahu menahu

    • 6 Desember 2022 - (17:04 WIB)
      Permalink

      para perushaan pinjol dan para DC, kalian saat ini jangan coba coba mainin data orang sembarangan, apalagi menjual data prribadi ke pihak lain, saat ini telah disahkannya UU No. 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi [JDIH BPK RI] LN.2022/No.196, TLN No.6820, yg mana sanksinya sangat berat.
      untuk TS silahkan lapor polisi jika ada yang memanfaatkan data pribadimu tanpa ijin.

  • 1 Desember 2022 - (23:09 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama hanya saja berbeda aplikasi …tiba2 saja ada penagihan dari pihak UKU yang menagih padahal dulu pengajuan saya d tolak tapi knpa tiba tiba sekarang ada penagihan pinjaman atas nama saya padahal dana tidak saya terima …ini gmna ya solusinya saya harus lapor kmna soalnya DC teror saya terus terusan

  • 6 Desember 2022 - (23:04 WIB)
    Permalink

    Selamat malam…maaf saya hanya ingin memberitahukan sejak lebih dari 7 Thun saya tidak bisa melakukan kredit ataupun pinjaman di karenakan ada seseorang yg memakai data saya KTP dan nomor tlp saya mengatas namakan kerabatnya…pernah saya di hubungi sama orang kantor pinjol.karna saya tidak merasa pinjam dan mengenalnya…saya tidak mau bertanggung jawab.sampai BI check ing saya masih bernilai.
    Itulah sebabnya…saya melaporkan ini.. bagaimana cara membersihkan dari masalah ini

 Apa Komentar Anda?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Data Pribadi Saya Disalahgunakan untuk Pengajuan Cash Loan Home Credit…

oleh Mohamad Iqbal Arrizky dibaca dalam: 1 menit
9