Transaksi Gagal di Bukalapak, tapi Dana Terdebit di LinkAja

Pada tanggal 29 November 2022, saya transaksi di Bukalapak senilai Rp10.000.000, menggunakan metode bayar LinkAja. Pada saat pembayaran di LinkAja, transaksi dinyatakan sukses tapi pada transaksi di Bukalapak gagal. Nomor referensi transaksi LinkAja: BWALKZONXD, nomor tagihan Bulakapak: BL22188AY2M8INV

Pada saat yang sama saya juga sudah melaporkan ke LinkAja dengan email, nomor tiket : 10029927. Saya mendapatkan balasan untuk kejelasannya 3×24 jam hari kerja. Saya juga melaporkan masalah saya kepada Bukalapak. Namun hasil dari chat dengan CS Bukalapak disuruh menunggu sampai ada balasan email dari tim Bukalapak. Pada tanggal 1 Desember 2022 pihak Bukalapak menghubungi saya via email dan telepon, menyatakan:

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, kami memahami kendala yang Kakak alami. Terkait dana Kakak akan kembali ke saldo Link Aja maksimal 7 hari kerja. Kami sarankan untuk menghubungi pihak LinkAja terkait dana Kakak dengan menghubungi email info@linkaja.id atau dapat menghubungi call center LinkAja ke semua operator : 150911.

Setelah mendapatkan email ini saya mencoba menghubungi LinkAja. Namun pihak LinkAja seperti tidak mau tahu dan menutup tiket saya secara sepihak, dengan alasan transaksi LinkAja sukses dan untuk pihak refund berada di Bukalapak. Padahal secara jelas disebutkan oleh Bukalapak untuk menghubungi LinkAja terkait dana saya tersebut.

Terhitung dari transaksi saya pada tanggal 29 November 2022, maka dana saya sudah tertahan lebih dari 7×24 jam hari kerja. Saya mohon untuk dana saya dikembalikan, karena dana tersebut dibutuhkan untuk operasional usaha saya.

LinkAja sudah konfirmasi bahwa dana ada di pihak Bukalapak. Namun Bukalapak menahan dana saya sampai lebih dari 7×24 jam, entah apa alasannya. Nominal Rp. 10.000.000, jumlah yang lumayan. Jika ditahan-tahan seperti ini sangat merugikan sekali konsumen seperti saya. Tolong pihak Bukalapak dan LinkAja membantu menyelesaikan masalah ini. Kesalahan ada di sistem Anda, jangan customer yang disuruh menanggungnya.

Terima kasih kepada tim Media Konsumen yang sudah memposting keluhan saya ini. Saya harap dengan terpostingnya keluhan saya ini dapat membuka mata Bukalapak dan LinkAja untuk segera menyelesaikan masalah saya ini.

Fariz Abdan Khairurrizal
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai LinkAja:
[Total:3    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan perihal Transaksi Gagal di Bukalapak, tapi Dana Terdebit di LinkAja

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Transaksi Gagal di Bukalapak, tapi Dana Terdebit di LinkAja

  • 13 Desember 2022 - (10:23 WIB)
    Permalink

    Menahan uang orang lain tanpa persetujuan dan kehendak pemilik uang, apalagi sampai seminggu tanpa kejelasan, itu sih sudah masuk delik penggelapan yang diatur di pasal 372 KUHP.

    Mungkin bagi para petinggi Bukalapak dan LinkAja, uang 10 juta itu cuma jajan makan siang harian. Untuk satu hari ini cukup makan teman aja, duitnya dipakai untuk patungan buat ganti duit pak Fariz. 👹

    Semoga masalahnya cepat terselesaikan.

    • 13 Desember 2022 - (11:55 WIB)
      Permalink

      Ya begitulah kalau bukan siapa siapa pasti lambat pelayanan. Kalau sudah artis atau punya massa baru deh grabak grubuk. Tidak viral tidak ditindaklanjuti..

      Ya semoga saja dengan tayangnya di surat pembaca di mediakonsumen.com pihak Bukalapak dan linkaja mempercepat proses penanganan atas masalah gagal transaksi ini..

      Padahal sebelumnya pihak bukalapak sudah konfirmasi dana sudah ada dan akan segera dikembalikan tapi ini molor dari waktu yang ditentukan sendiri 7 hari kerja….

  • 13 Desember 2022 - (10:52 WIB)
    Permalink

    Saya udah dari tahun 2021 masih ketahan, tanya ke linkaja suruk ke lupabapak, eh di lupabapak ga ada kejelasan, ini biasanya kena di transaksi beli pulsa di bukalapak nominal 10rb dan 15rb, kayaknya kesalahan sistem pulsanya mereka

    • 13 Desember 2022 - (11:57 WIB)
      Permalink

      Gawat juga ya Pak. Jadi was was dana saya ga dikembalikan. Mana nominal transaksi saya lumayan besar.

      Kalau memang tidak ada tindakan nyata kemungkinan saya akan datang langsung kekantor bukalapak saat sedang free.

      • 13 Desember 2022 - (12:00 WIB)
        Permalink

        Kayaknya sistemnya mereka ke linkaja yang bermasalah, saya udah jarang pake kalo ga salah terakhir mereka masih pake pihak ke3

  • 13 Desember 2022 - (17:47 WIB)
    Permalink

    Per hari ini, sekitar jam 14.00 CS Bukalapak menghubungi saya lagi dan menginformasikan untuk bersabar akan ditindak lanjuti lagi. Akan berkoordinasi lagi dengan .

    Masih sama aja belum ada solusi nyata intinya. Kapok dan mengecewakan banget pelayanan bukalapak.

  • 14 Desember 2022 - (02:05 WIB)
    Permalink

    3 Desember kemarin saya juga ngalamin kendala yang sama di LupaBapack
    Tapi dengan Metode Pembayaran LupaBapack Peleter .
    Transaksi di LB keterangan “Dibatalkan” Tapi di Peleter angsuran nya sukses , panik doong.
    Terus kontak lah ke BukaBantuan, Besok hilang dah limit peleter nya .
    Moga aja cepat selesai

  • 14 Desember 2022 - (06:10 WIB)
    Permalink

    Ternyata lumayan banyak teman yang memiliki kendala mirip. Seharusnya bukalapak perhatikan hal seperti ini karena akan berdampak ke bisnisnya.

    Bila sistem sering mengalami gangguan seperti ini customer pun tidak akan percaya lagi dan akan ditinggalkan.

    Terlebih lagi dengan banyaknya CS yang di live chat tidak mengerti konteks permasalahan, seperti robot, dan egois men-close livechat secara sepihak. Sangat disayangkan jalur complain sekarang hanya lewat livechat. Bukannya membantu malah mempersulit.

    Jika petinggi bukalapak membaca. Ayo cepat berbenah diri sehingga bukalapak tidak ditinggalkan pelanggan karena banyak yang dibuat kecewa.

  • 14 Desember 2022 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Hari ini, tanggal 14 desember 2022, jam 15.00an pihak linkAja telfon saya menyatakan akan mengembalikan dana 1×24 jam. Sebelumnya sudah perna diproses tapi karena ada saldo saya di linkAja sebesar 10.000 jadi gagal. Terdengar seperti tidak masuk akal tapi saya belanjakan saldo saya di LinkAja sebesar 10.000 itu.

    Saya harap LinkAja benar-benar mengembalikan saldo saya dan tidak berurusan dengan CS lagi.

  • 15 Desember 2022 - (06:12 WIB)
    Permalink

    Semalam sekitar jam 21.00 dana transaksi yang gagal sebesar Rp. 10.000.000 sudah dikembalikan.

    Terimakasih kepada mediakonsumen.com yang membantu menerbitkan tulisan saya ini. Sehingga cs dari pihak bukalapak dan linkaja memahami konteks permasalahan dan tidak saling lempar tanggung jawab.

    Terima kasih juga kepada cs bukalapak/linkaja yang akhirnya sudah benar-benar mengerti permasalahan saya, tidak seperti cs awal yang lempar tanggung jawab antara bukalapak dan linkaja menyebabkan saya bingung dan khawatir dana hilang krn error dan tidak bisa dikembalikan lagi.

    Semoga kedepannya bukalapak dan linkaja memperbaiki dalam hal pelayanannya ke customer.

  • 22 Desember 2022 - (02:49 WIB)
    Permalink

    Pembayaran LupaBapak via LinkAja memang sering bermasalah. Saya juga mengalami hal yg sama. Sy skr sdh menghindari memakai service dari 2 perusahaan yg sm² krg pro & berwarna merah ini. Msh bnyk perusahan lain yg sejenis, lbh pro & tdk merah.

 Apa Komentar Anda mengenai LinkAja?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Transaksi Gagal di Bukalapak, tapi Dana Terdebit di LinkAja

oleh Fariz Abdan dibaca dalam: 1 menit
12