Surat Pembaca

Ulasan Pembeli yang Provokatif Disertai Gambar yang Tidak Pantas

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen. Saya selaku penjual di marketplace Shopee, pada tanggal 5 Desember 2022, saya menerima pesanan dengan nomor pesanan: 221205U4X5BHPD, berupa 1 pc handsfree Samsung AKG type C original. Sebelum dikirim, saya sudah test di hp saya sendiri (Samsung S21 FE) dan normal.

Tanggal 9 Desember 2022, barang sudah diterima dengan baik oleh pembeli. Namun pembeli dengan sengaja memberikan ulasan yang tidak objektif, tanpa bukti jelas dan meng-upload gambar yang tidak pantas. Tanpa komplain ke penjual atau Shopee dan chat apa pun ke penjual.

Saya sudah coba ajukan ke admin Shopee supaya dihapus ulasan tidak pantas tersebut. Admin Shopee hanya memberikan solusi di sini: “Harus meminta izin pembeli untuk menghapus penilaian”. Nomor laporan: 1601107086643744773.

Padahal di aturan Shopee sudah jelas tidak boleh ada unsur provokasi apalagi sampai meng-upload gambar yang tidak pantas/menyebarkan konten provokasi: https://seller.Shopee.Co.Id/edu/article/6862

Intinya, kalau memang dibiarkan begitu, berarti setiap pembeli bebas untuk memberikan ulasan rating/menjatuhkan saingan usaha dan memprovokasi pembeli lain agar tidak belanja di toko tersebut. Padahal penjual di Shopee sudah mengeluarkan biaya iklan/ads dan dikenakan biaya admin yang tidak sedikit (3,2 persen) kategori aksesoris hp.

Terima kasih, saya harap dibaca oleh pihak Shopee dan memberikan win-win solution.

David Chandra
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Dari bahasa dan cara cara TS nanggepin komentar aja udah keliatan kalo TS ini seller nakal dan banyak bohongnya. Kalau seller yang benar dan punya dagangan yang bagus nggak bakal takut dan peduli dengan review jelek kalau cuma satu atau dua orang, karena review jelek tersebut akan ketutup dengan review pembeli lain yang bagus dan puas dengan dagangan TS. Apalah artinya bintang 1 dari satu orang pembeli dengan bintang 4 dan 5 dari puluhan, ratusan atau bahkan ribuan pembeli yang lain. Atau jangan2 dagangan TS baru laku sebiji itu doank dan dapat ulasan jelek pula, kalau kayak gini kasusnya yaa terima nasib!

    • Baca Dulu Om, Setiap Ecommerce Punya Aturan, Anda punya Bukti saya Saya Seller Nakal ?Menuduh tanpa Bukti jelas jelas Fitnah.

    • Anda Menuduh Boleh tapi harus ada Bukti jelas. Nangkap Maling aja si harus ada Bukti yang jadi masalah Kan Saya sudah Info Barang apa yang di beli Uploadnya Gambar yang tidak Pantas. di Mediakonsumen di Sensor. Di Shopee Lolos. Masuk Logika Akal Sehat ???

    • emang seller nakal kayaknya gw dah ketemu tokonya. emang sih dah jualan puluhan ribuan lebih tapi dari cara dia ngadepin semua review bintang rendah kek orang mau ngajak berantem, ngehina pembeli sampai nuduh seller pesaing yang ngasih bintang satu. barangkali takut ketauan jualan barang kw ngaku ori. Ini yang ngasih review nyeleneh mungkin dah baca review lainnya yg ditanggapin seller jadi sekalian aja komentar tak pantas toh bakal dihina seller kalau review jelek tapi sopan lol.

      • Iya mas bro.itu mbak2 yg komplain headset mati langsung dibilang penipu.bukannya nanggapi baik2,malah kasar. Pakek nyindir2 pakek jilbab tp orangnya picik.ngeri.dan kayaknya memang barang kw.gak ada tuh headset samsung ori harga 27rb. Samsul paling tuh merknya

  • Itulah dunia bisnis online...ada seller nakal,ada buyer nakal.harus siap dgn konsekwensinya & cara menyikapinya....sekian Terima kasih

  • Itu udah jadi resiko jadi pedagang nakal, bos! Makanya kalau mau dapat ulasan bagus jadilah pedagang yang jujur dan jangan suka membohongi pembeli. Karma is REAL.

  • Banyak gembel kere miskin pengen belanja online. Gak sadar x tuh gembel kalo hp nya dia hp cina seharga 500 ribu - 1 juta doang , mau paket headset Samsung atau busung atau merk bingung skalipun tetap aja suara bakal cempreng Krn hp nya hape level orang melarat.

    • Kayaknya emang barangnya kw mas bro. Headset samsung masa harga 27rb dibilang ori? Dan balasan review sellernya emang ngeri bgt.dikomplain baik2, jawabannya kasar.

  • Ya udah kalo kecewa gak usah jualan lagi disitu, pake penyedia jasa lain aja , lebih bagus buka toko depan rumah, tapi kalo masuh mau jualan disitu telan aja bulat2...

  • Sbg penjual musiman di marketplace oren dan hijau, saya sih gak mau repot komplain jika ada pembeli yg review seperti itu. Apalagi komplain ke cs shopee yg sdm nya sangat rendah. sampai saya bingung apakah shopee rekrut sdm asal comot dari pinggir jalan. Utk mengerti permasalahan saja mereka cukup kesulitan apalagi diharapkan memberi solusi. Dari semua komplain saya ke cs shopee bisa dipastikan 90% tdk ada solusinya.
    Kemarin saya cukup senang ketika ada perampingan sdm di shopee. Semoga para sdm sampah itu bisa kembali lagi ke tempat asalnya

  • Sebenarnya solusinya gampang banget, TS hubungin pembeli dan mengembalikan duit pembeli sesuai nilai barangnya. Setelah itu minta maaf dan mengakui kalau dagangannya memang bukan ori, dan minta tolong ke pembeli untuk menghapus ulasannya. Semoga masalahnya cepat selesai.