Ulasan Pembeli yang Provokatif Disertai Gambar yang Tidak Pantas

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen. Saya selaku penjual di marketplace Shopee, pada tanggal 5 Desember 2022, saya menerima pesanan dengan nomor pesanan: 221205U4X5BHPD, berupa 1 pc handsfree Samsung AKG type C original. Sebelum dikirim, saya sudah test di hp saya sendiri (Samsung S21 FE) dan normal.

Tanggal 9 Desember 2022, barang sudah diterima dengan baik oleh pembeli. Namun pembeli dengan sengaja memberikan ulasan yang tidak objektif, tanpa bukti jelas dan meng-upload gambar yang tidak pantas. Tanpa komplain ke penjual atau Shopee dan chat apa pun ke penjual.

Saya sudah coba ajukan ke admin Shopee supaya dihapus ulasan tidak pantas tersebut. Admin Shopee hanya memberikan solusi di sini: “Harus meminta izin pembeli untuk menghapus penilaian”. Nomor laporan: 1601107086643744773.

Padahal di aturan Shopee sudah jelas tidak boleh ada unsur provokasi apalagi sampai meng-upload gambar yang tidak pantas/menyebarkan konten provokasi: https://seller.Shopee.Co.Id/edu/article/6862

Intinya, kalau memang dibiarkan begitu, berarti setiap pembeli bebas untuk memberikan ulasan rating/menjatuhkan saingan usaha dan memprovokasi pembeli lain agar tidak belanja di toko tersebut. Padahal penjual di Shopee sudah mengeluarkan biaya iklan/ads dan dikenakan biaya admin yang tidak sedikit (3,2 persen) kategori aksesoris hp.

Terima kasih, saya harap dibaca oleh pihak Shopee dan memberikan win-win solution.

David Chandra
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

141 komentar untuk “Ulasan Pembeli yang Provokatif Disertai Gambar yang Tidak Pantas

  • 14 Desember 2022 - (16:44 WIB)
    Permalink

    “Sebelum dikirim, saya sudah test di hp saya sendiri (Samsung S21 FE) dan normal.”

    Gagal fokus sama kata2 ini.
    Ini baru atau second sih barang yg dijual?

    5
    2
    • 18 Desember 2022 - (12:28 WIB)
      Permalink

      Ya barang elektronik wajar di tesht dahulu sebelum ke pembeli buat jaga2 misal barng mati atau ada masalah bisa di tukar sama unit lain,nanti kalo retur malah repot buat pembeli dan penjual,,knp juga di test buat bukti aja kalo brng itu baguss gk ada masalah dan kendala apapun.

    • 18 Desember 2022 - (18:17 WIB)
      Permalink

      Saya mau nyampein satu aja mas, sabar. Saya tau apa yang anda rasakan, karena saya juga seller. Dan sepertinya meladeni customer selalu mayoritas pengguna di banding seller yang minoritas akan sangat melelahkan. Coba anda bisa lebih fokuskan waktu yang seharusnya untuk development toko anda dari pada membalas komentar2 di sini

    • 15 Desember 2022 - (11:04 WIB)
      Permalink

      Apalagi saya, pas tahun 2020, Dikasih gambar kemaluan sama si pembeli gegara paket penyok,padahal udah ditambahin sticker jangan dibanting barang mudah rusak,kemungkinan salah kurirnya, pihak olshop langsung blokir akun si pembelinya??⁉️‼️??

      2
      1
      • 15 Desember 2022 - (11:12 WIB)
        Permalink

        Huhahhahhaa…. kalo gambar itu rasanya semua sepakat (di bumi ini maupun planet lainnya) untuk blokir Buyer-nya… tapi kalau gambar jari itu masih perlu diperdebatkan ya, kalau dari komentar buyer juga sepertinya tidak ada hasutan dan tuduhan. Buyer nya menuliskan fakta dari produk yang dia peroleh (kualitas dan originalitas) …. Komentarnya malah bisa jadi masukan buat calon buyer lain….. 🙂

        • 15 Desember 2022 - (11:15 WIB)
          Permalink

          … Kalau seller keberatan dengan komentar dari buyer, seller bisa banding ke MP untuk pembuktian produk, kalau terbukti komentar Buyer salah, MP bisa menghapus komentarnya… mungkin seperti itu ya

        • 16 Desember 2022 - (08:23 WIB)
          Permalink

          Knp w ketawa ngakak ya bacanya! Mempertontonkan kebodohannya sendiri. Klo w jadi pedagannya maka w akan hapus berita ini. Malah ngancurin usaha dan bikin malu diri sendiri. Barang ORI 27RB kwkwkwkwkwkw. Hancur harga diri AKG.

  • 14 Desember 2022 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Sebelum dikirim ditest normal itu gak bisa jd patokan barang ORI atau tidak ya dr build quality dan suara pastinya kalo dikomplain juga pembeli pasti kesulitan ksh bukti suara earphone gmn coba ?

  • 14 Desember 2022 - (19:01 WIB)
    Permalink

    Nama tokonya Vigz shop original store
    Bisa di lihat sendiri dah balasan demi balasan selernya terhadap komplen jelek (⭐1) awowkwok
    Dah gitu headsetnya udah pasti ke ya manteman,dari gambar saja udah terlihat
    Oh ya,satu lagi,buat yg posting di medkom ini lebih teliti lagi kalau mau nutupi nama toko nya, soalnya gampang bgt nebaknya awowkwok

    • 14 Desember 2022 - (20:14 WIB)
      Permalink

      Makasih infonya ?? dah cek toko nya di tokopedia juga langganan *1 hampir tiap bulan. Pas September kmrn jg post ke sini masalah returan pembeli di tokopedia. Bisa dinilai lah ya kenyataan nya kek apa kualitas/grade jualan toko tsb. Semua dituduh saingan dagang ??

      • 14 Desember 2022 - (20:25 WIB)
        Permalink

        Paling parah tuh dia sampai doxxing nama, alamat, no.hp pembelinya gw liat di komentar shopee. apa nggak keterlaluan tuh kenapa nggak diban tuh seller.

        • 15 Desember 2022 - (12:40 WIB)
          Permalink

          pantes di blur sama dia tokonya. barang emang KW di kasi judul original. Dan shopee juga amazing sih, tindakan kriminal doxing orang beserta alamat diperbolehkan.

          • 16 Desember 2022 - (09:16 WIB)
            Permalink

            Kasus nya mirip seperti saya. Cm beda kasus aja. Tp poinnya sama memberi ulasan yg tidak tepat. Awalnya emang ga bisa to setelah Kita jelaskan dgn bukti bukti waktu itu ditokopedia sblum muat media konsumen udah beres.

      • 15 Desember 2022 - (22:52 WIB)
        Permalink

        @Iwen

        Bisa minta link toko David sipenjual nakal dan pembohong ini di Toped gak? Thanks!

  • 14 Desember 2022 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Masalah Sudah Terselesaikan, Per hari ini, Rabu Tgl 14 Desember 2022, pihak Shopee sudah Menghubungi saya via Telp untuk penyelesaikan Masalah tersebut.

    Terima kasih Banyak Mediakonsumen dan Shopee Indonesia.

    Salam Sukses Selalu.

    1
    9
    • 14 Desember 2022 - (21:42 WIB)
      Permalink

      Sorry saya terpaksa ubek2 cari toko si seller,
      seller fix problematik ternyata. Yang kasih komen jelek dan bintang 1 malah diumbar data lengkap alamat dan nmr hp buyer di balasan ulasan.
      Sudah saya capture buat barang bukti.

      • 15 Desember 2022 - (02:29 WIB)
        Permalink

        Hahaha Problem matik yak gan ? terlalu baperan “mungkin”
        Tipikal orng yg Gak bisa di ajak canda dikit trus ngambek gitu yak ? Wkwkwk udah pasti dikit teman nya bisa di itung pake jari malah mungkin gada kali wkwkwk

  • 14 Desember 2022 - (21:30 WIB)
    Permalink

    Barusan coba cek tokonya: Vigz_shop, ternyata benar komen2 di atas, semua review dan complaint jelek lansung dimaki2 dan dikata2in sama dia, sumpah bahasanya serem banget seperti orang nggak berpendidikan.

    • 16 Desember 2022 - (09:31 WIB)
      Permalink

      Kalo saya liat toko tsb masih bagus ya.. rate toko total 4,8 dari 5. Yg rate bintang 1 cm 60 dari 10.860 yg ngereview presentase kalo list tuh dari total keeluruhsn jgn short bintang 1 aja sih kalo saya nilai untuk sebuah toko onlineshop

      5
      2
  • 15 Desember 2022 - (01:32 WIB)
    Permalink

    Buat Tas yang merasa dirugikan bisa laporkan pembeli ke polisi,ga usah koar koar di MK,semua malah kena marah ?

  • 15 Desember 2022 - (02:36 WIB)
    Permalink

    Iya bener ini @VIGZ SHOP memang SELLER yang gak TERIMA RATING BINTANG 1, malah Konsumen yg di balas bully malah
    Idiihhh harusnya anda di banned sih

    • 16 Desember 2022 - (09:25 WIB)
      Permalink

      Para pembaca knapa malah bahas kw / gak .. yg di masalahin Kan review gambar yg memprovokasi dgn gambar gerakanjari tangan yg tidak senonoh. Komentar yg saya baca justru banyakan bahas kw / gaknya. Dari Harga Kita dah bisa Tau masih bahas kw / gak nya …

      2
      3
  • 15 Desember 2022 - (02:45 WIB)
    Permalink

    Di sebarin alamat Rumah & Data Pribadi lainnya buat Ngebalas konsumen yg ngasi “Rating BINTANG 1”
    Waah horor juga Buzzer Facebook kalau paham jualan online & Artikel Publikasi ya

    • 15 Desember 2022 - (11:05 WIB)
      Permalink

      Lebih baik dilaporkan ke pihak olshop atau kepolisian,itu dah termasuk doxxing kalo gak salah

  • 15 Desember 2022 - (02:55 WIB)
    Permalink

    SEKEDAR MENGINGATKAN !!

    Yang mau beli barang /produk di marketplace mohon agar selalu teliti, hati-hati dan jangan terburu-buru. BUDAYAKAN KEPO/bertanya ke penjual sebelum membeli Layaknya jual beli di pasar / offline, tentunya pasti ada interiksi antara pembeli dan penjual, komunikasi ini yang akan di bawa sampai dengan produk sampai di tangan pembeli dengan aman.

    Adapun terjadi ketidaksesuaian, seperti pengiriman lama, barang rusak, barang tidak sesuai, maka yang di lakukan tetetap harus berkomunikasi, baik penjual ke pembeli, expedisi / pengirim paket, maupun dari pihak marketplace.

    Semua ada mekanisme dan prosedur, hanya kebijaksanaan seorang SELLER, PEMBELI dan PIHAK MARKETPLACE lah yang di butuhkan.

    EMOSI tidak menjadi jaminan untuk menghasilkan solusi.

  • 15 Desember 2022 - (07:50 WIB)
    Permalink

    Kalo mau jadi penjual jangan baper, mental dikuatin klo cm di kritik udah down kena mental daftar pns aja

  • 15 Desember 2022 - (08:11 WIB)
    Permalink

    Nama toko dia VIGZ_SHOP semua produknya ditempelin sticker original wkwk padahal bisa buktiin ga klo semua barang original? Jelas tipe penjual egois yang gamau salah. Semua barang ori ada S/N yang bisa dikonfirmasi ke pabrik resminya.

  • 15 Desember 2022 - (08:20 WIB)
    Permalink

    Barang Lo ori atau KW?
    Kalau ORI ada lisensinya gak?
    Kalau jualan tuh jujur makanya, kalau barang KW ya Lo tulis KW jangan barang KW Lo tulis ORI. Awal kesalahan kan ada di elo sebagai penjual. GAK JUJUR.

    7
    2
    • 16 Desember 2022 - (09:41 WIB)
      Permalink

      Pertanyaanya rate toko nya 4,8 dari 5.
      Artinya org ga mompermsalahkan kata kw. Karena Harga murah jg Kan udah Tau kalo itu kw.

      2
      1
      • 16 Desember 2022 - (10:06 WIB)
        Permalink

        Guys, mari kita report toko ini agar di blokir, karena saya sudah mereport toko ini.

        4
        1
  • 15 Desember 2022 - (08:20 WIB)
    Permalink

    Sebelum km komplain, adabmu dulu perbaiki.km menangani komplain pembeli jg sangat kasar.pembeli komplain headset mati langsung km bilang penipu.km bilang “ibu pakek jilbab tp orangnya picik.”pakek nyebarin no hp orang ke seller2. Km tuh dah melanggar undang2 perlindungan konsumen cok. Privasi buyer tidak boleh km sebarin gt.sekarang kena karma km. Barangmu jg saya yakin kw. Masa headset samsung ori harga 27rb?.. Saya 20tahun lalu jual headset kw aja 30rb keatas.

  • 15 Desember 2022 - (10:49 WIB)
    Permalink

    Minta foto produk fungsinya buat apa bos? Yg dikeluhkan pembeli itu kualitas produk ente, bukan cacat fisik produk..pembeli disini merasa dibohongi harus keluar uang banyak utk membeli produk kualitas KW yg menurut deskripsi produknya original, yaa wajar2 aja. Coba posisikan diri anda di posisi pembeli sama pasti emosi yg ada.
    Pembeli punya hak memberikan rating seller bintang 1-5 karna kepuasan pembeli, kok marah ya dikasih B1. Harusnya jd masukan utk tingkatkan kualitas jualan anda bos

  • 15 Desember 2022 - (17:26 WIB)
    Permalink

    Ni yang pengen mampir ke tokonya : Vigz_Shop

    Asli ni orang busuk banget cara handle komplain. Nuduh customer yang ngasih rating 1 macem-macem sprt : nuduh saingan lah, nuduh nipu lah banyak variasinya sampe bawa2 jilbab. Bisa kalian cek sendiri. Yang paling parah malah sebar data pribadi pembeli di komen balasan. Dari sini saya dah tau cara kotor pedagang ini. Ini sangat tidak dibenarkan dengan alasan apapun sebar data pribadi. Nyari cuan si cuan bos tapi kalo jualan ga bener pasti banyak di komplain. Usaha berbanding lurus dengan hasil. Usaha dengan cara busuk ya resultan pasti busuk.

    Yang masih ga percaya bisa cek ke tokonya. Sortir aja bintang 1 nya. Mengerikan responnya.

    3
    1
    • 16 Desember 2022 - (10:13 WIB)
      Permalink

      Tapi yg bintang 1 cuma 60 orang dari 10 ribu yg review . So presentase nya bisa bilang kecil. Ada kemungkinan yg 60 emang bermasalah sih. Cm secara etika penjual salah memajang nama dan alamat di reply nya. Itu aja sih… ?

      2
      3
    • 16 Desember 2022 - (12:28 WIB)
      Permalink

      Iya ye bang . Galak bener ini org dagang… Bawa bawa jilbab segala.. parah asli parah.. udh keterlaluan sih itumah…. Dia cari simpati di media konsumen ini malah dibully.. tadinya ane jg simpati… Tp pas liat link tokonya ngeri… Sprtinya haram hukumnya beli di toko dia trz kita kasih bintang 1

  • 15 Desember 2022 - (18:10 WIB)
    Permalink

    Ngerii liat link nya .. model penjual yg ga bisa terima kalo dikomplain!! Apalagi dapet bintang 1 kliatan pembeli bakal di jelek2in!! Terkesan dimatanya barang yg dijual adalah barang yg sempurna dan tidak mungkin ada cacat , itu yg terbaca di otaknya buyer ini.. begitu saya liat linknya! Ati2 ketemu penjual spt ini liat2 dulu bagaimana komentar balasannya ke pembeli yg kasi bintang satu! Waspadalah waspadalah..

    4
    1
  • 15 Desember 2022 - (20:10 WIB)
    Permalink

    Hahaha…maunya umbar kejelekan konsumen, akhirnya kejelekannya sendiri yg terungkap. Kapok kon….wakakaka….headset samsung ori harga cm 27rb, kw kaleee

    2
    2
  • 16 Desember 2022 - (08:22 WIB)
    Permalink

    Sebelumnya sya nyangka ini ttg persaingan di market place stlh liat akun sellernya, admin dari sellernya GAK PUNYA ETIKA klo ada yg ngereview jelek langsung data pribadi pembelinya diumbar & proses mediasi dgn pembelinya PARAH BANGET KATA KATANYA.
    Kalo harga segitu berarti benar barang kw, di gambarnya ditulis original.
    HATI HATI SAJA KALAU MENYEBAR DATA KONSUMEN, UNTUNGNYA KONSUMENNYA GAK NGELAPOR KE SHOPEE KLO NGELAPOR BISA BISA AKUN JUALAN ANDA DI BANNED

    3
    1
  • 16 Desember 2022 - (09:45 WIB)
    Permalink

    Makanya kalo jualan barang KW/OEM jangan ngaku ya original.
    Itu mah earphone yg biasanya yg di masukin buat HP samsung refurbish yang biasanya dari limbah Jepang, buat ngelengkapain acc di box.
    Jadi kalo jualan dikasih rate buruk ya jangan komplain, apalagi situ sebagai penjual minta rate diatas ?4… Ya aneh yg ada

    2
    1
  • 16 Desember 2022 - (10:31 WIB)
    Permalink

    Barusan saya cek barang dagangannya, ternyata benar yang dijual limbah2 pabrik dari China dengan modal 2ribuan tapi dijual puluhan bahkan ratusan ribu rupiah. Parah nih seller maruk, sadis dan pembohong.

  • 16 Desember 2022 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Ini mah kasusnya kaya si yessi duta sertifikat.. seolah olah dia korban, padahal dia sendiri yg salah..
    Mau cari simpati malah di bully..
    Intinya itu barang jangan ditulis ori, harga sgtu mana ada yg ori..
    Yg pantaslah dikomplain, wajar nama nya jg org jualan udh resiko,
    Karakter pembeli jg beda beda ada sopan saat komplain ada yg bar bar, nah ini apes aja ktmu pembeli yg barbar..

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 141 komentar sampai saat ini..

Ulasan Pembeli yang Provokatif Disertai Gambar yang Tidak Pantas

oleh David dibaca dalam: 1 menit
141