Kesulitan Mengambil Kunci Unit Apartemen dari Travelio

Saya melakukan perjanjian kerja sama untuk menangani penyewaan apartemen saya Azalea Suites A9.29 di Cikarang dengan pihak Travelio, terhitung sejak tanggal 16 September 2022 9 (jangka waktu kerja sama terlampir). Namun selama 3 bulan periode kerja sama berjalan, Travelio tidak dapat memenuhi target kontrak, yang seharusnya 20% tingkat keterisian. Sehingga saya bermaksud memutuskan kerja sama dan mengambil kunci dari Travelio.

Jangka waktu kerja sama dengan travelio per 16 Sept 2022 -16 Mar 2024

Perjanjian dengan Travelio, yang memperbolehkan pengakhiran periode kerja sama jika Travelio tidak dapat mencapai target yaitu sebanyak 20%

Ini sudah saya informasikan ke pihak Travelio sejak tanggal 28 November 2022, bahwa saya akan mengakhiri kerja sama dan akan mengambil kunci pada 3 bulan selesai periode kerja sama, yaitu tanggal 16 Desember 2022. Namun hingga saya mengirim email, pihak Travelio belum mau memberikan kunci apartemen saya, dengan alasan saya harus membayar bill yang dikeluarkan oleh pihak Travelio.

Yang menjadi pertanyaan saya, bill yang diminta Travelio ke saya cukup aneh:

1. Pihak Travelio menagihkan biaya sewa alat internet sebesar Rp250.000 dan biaya bulanan internet sebesar Rp40.000, sehingga total yang ditagihkan untuk modem + internet + PPN 11 % ( Rp250.000+ Rp120.000 + Rp40.700 = Rp410.700). Padahal modem tersebut tidak pernah ada di unit saya.

Pada saat saya tanyakan, diinfokan alat tersebut baru disediakan jika memang ada tamu yang menginap dan meminta layanan internet. Apabila tidak ada, maka modem tersebut dibawa oleh pihak Travelio. Hal tersebut tidak terinfo dari awal dan unit saya selama periode kerja sama 3 bulan pun hanya diisi 1 hari saja. Padahal jika kita sudah membayarkan biaya sewa modem, seharusnya memang benar ada modem tersebut di unit apartemen dan beserta kuota internetnya ada ataupun tidak ada penyewa

2. Hasil sewa properti yang hanya tersewa 1 hari selama periode 3 bulan tidak pernah ditransfer ke rekening saya.

3. Pihak Travelio juga menagihkan biaya asuransi properti sebesar Rp60.000 perbulan (total Rp 180.000 + PPN 11 % = Rp199.800). Ini memang sudah ada di perjanjian kontrak. Namun pada saat saya meminta sertifikat asuransi tersebut (email tanggal 7 Desember 2022 ke Travelio), Pihak Travelio baru saja membayarkan ke pihak Asuransi Sompo (berdasarkan tanggal di sertifikat asuransi tersebut). Padahal kerja sama sudah berlangsung sejak 16 September 2022.

Sertifikat asuransi dari PT Sompo, periode asuransi tidak sesuai dengan periode kerja samanya

Selain itu ada beberapa kejanggalan dari sertifikat asuransi (tidak ada nomor polis, tanggal berlaku premi 30 September 2021 – 31 Mei 2023 tidak sesuai dengan kontrak kerja sama saya dengan pihak Travelio, tidak ada nama authorized yang menanda tangani asuransi tersebut. Saat ini saya sedang meminta klarifikasi dari asuransi Sompo).

Saya merasa kecewa sekali bekerja sama dengan Travelio. Saya sudah dibebankan biaya di awal kerja sama Rp1.000.000, biaya melengkapi furniture sesuai standarisasi Travelio, dengan harapan Travelio bisa membantu memasarkan unit apartemen saya. Namun ternyata selama 3 bulan pencapaian, hanya 1 hari sewa dan tidak pernah ditransfer ke pihak owner, dan pada saat mau meminta kunci apartemen juga kesulitan dan dimintai biaya macam-macam lagi.

Ida Farida, STP., MSc.
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Kesulitan Mengambil Kunci Unit Apartemen dari Travelio

  • 18 Desember 2022 - (07:02 WIB)
    Permalink

    Begitulah sudah klw bisnis properti anda lesu. Alias gak dapat keuntungan. Anda menambah kekecewaan travelio. Sehingga travelio berulah seperti itu. Harusnya anda bersabar menunggu penyewa. Bukan memutus kontrak

    2
    10
    • 24 Desember 2022 - (20:22 WIB)
      Permalink

      Kalau diperanjang, tekornya bisa lebih parah Pak dan tidak ada jaminan sewa juga dari travelio :
      1. Biaya asuransi tetap harus dibayarkan perbulan
      2. Biaya internet sewa modem dan paket internet yg tiap bulan dibayarkan ke travelio
      3. Biaya pemutusan hubungan lewat tiga bulan Rp 1 juta (cek foto dilampiran kontrak yg ada di pasal 20), namun kalau 3 buan belum kena ini.
      4. Rugi waktu juga karena saya harus bayar IPL, sementara pihak travelio tidak mau memberikan jaminan sewa ( tingkat keterisian 20 % hanya diberikan di awal 3 bulan dan itupun pinalti travelio cuma engga kenain kita biaya pemutusan Rp 1 juta, namun biaya seperti modem, paket internet dan asuransi tetap mereka minta dibayarkan kemereka )

  • 18 Desember 2022 - (08:41 WIB)
    Permalink

    Apa aja diakalin sama perusahaan aplikasi. Kalau bisa mah mereka kuasai.

    Mbak. Jangan pernah lagi kerjasama dengan perusahaan CALO lagi ya? Mending usaha sendiri aja via FB/insta/tiktok/YT short. Kalau rejeki mah ga bakalan kemana, asal sabar.

    • 18 Februari 2023 - (16:14 WIB)
      Permalink

      Terima kasih Bu Ida atas sharingnya, apakah saat ini sudah ada penyelesaiannya Bu?

      saya mengalami hal serupa dengan aplikasi calo ini.

      Kontrak kerjasama saya sudah habis sejak desember 2022 DAN SAYA TIDAK PERNAH MENYETUJUI UNTUK PERPANJANGAN KONTRAK karena saya mau ambil kunci. namun dipersulit hingga saat ini. Mereka memaksa saya menandatangani break contract dengan biaya 1 jt.

      • 24 Maret 2023 - (17:35 WIB)
        Permalink

        Sore P. Alvin sy mau tanya apakah permasalahan dgn travelio sudah selesai ( kunci sdh dikembalikan ) krn saya jg akan mengakhiri kontrak dgn travelio.

  • 19 Desember 2022 - (08:16 WIB)
    Permalink

    Mbak Ida, ikut prihatin dengan permasalahan yg mbk hadapi,mungkin bisa dijadikan pengalaman dan referensi pada kita semua,ternyata pakai perantara ribet jga,kok banyak tetek mbengek,untung blum tentu ,justru buntung,semoga pengalaman mbk bisa menjadikan pelajaran untuk saya pribadi dan masyarakat luas. Lebih baik jual dan pasarkan sendiri,lewat perantara medsos. Terima kasih,semoga permasalahan mbk cepat selesai.

    • 19 Desember 2022 - (19:50 WIB)
      Permalink

      Terima kasih Bu, menjadi pembelajaran bagi saya dan informasi bagi yg lainnya, hingga saat ini sy masih berjuang utk bisa mendapatkan kunci, pihak travelio masih tetap ngotot sy melunasi tagihan tagihan yg diminta tanpa ada penyewaan

  • 29 Desember 2022 - (06:55 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah akhirnya sy bisa mengambil kunci kembali dari Travelio tanpa membayar tagihan modem dan internet yg diminta, terima kasih media konsumen yang sudah membantu

  • 29 Februari 2024 - (15:53 WIB)
    Permalink

    Saya jg memiliki pengalaman serupa…saya ingin mengakhiri periode kontrak karena Travelio tidak mampu memenuhi minimum okupansi, lalu saya diminta untuk bayar asuransi padahal di bulan bersangkutan tidak ada pendapatan. Saat dimintakan polis asuransi tidak disediakan juga oleh mereka

 Apa Komentar Anda mengenai Travelio?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Kesulitan Mengambil Kunci Unit Apartemen dari Travelio

oleh Ida dibaca dalam: 2 menit
17