Dana ShopeePay Di-refund, tapi Koin Shopee Tidak Dikembalikan

Saya melakukan pembelian barang di Shopee, dengan total barang yang saya beli Rp133.496. Pembayaran menggunakan ShopeePay sebesar Rp118.571 dan Koin Shopee Rp15.925.

Pada saat menerima paket, saya sudah curiga dengan isi paket, karena paket dibungkus dalam plastik hitam kecil. Sedangkan saya membeli beberapa item dan 1 item berupa shiatsu pillow 8 bola, yang pasti kemasannya besar. Pada paket ditulis beratnya 2 kilogram lebih, sedangkan paket yang saya terima enteng dan tipis tidak sampai 1 kilogram.

Saat mau membuka paket, saya langsung merekam video unboxing, karena pasti isi paket di dalam ada yang tidak lengkap. Benar saja, isi di dalam paket tidak ada shiatsu pillow 8 bola. Saya kemudian melakukan komplain dengan solusi meminta pengembalian dana sebesar Rp105.999 (sesuai dengan harga shiatsu pillow).

Komplain saya disetujui, tetapi dana saya terima hanya sebesar Rp94.147. Dikarenakan ada pemotongan dari Koin Shopee sebesar Rp12.646 dan biaya layanan Rp794.

Dana sebesar Rp94.147, telah dikembalikan ke ShopeePay saya, tapi Koin Shopee sebesar Rp12.646 tidak dikembalikan ke Koin Shopee saya. Mohon kebijaksanaannya untuk mengembalikan koin Shopee saya, karena itu merupakan hak saya. Terima kasih.

Siska Irawan
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:2    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Dana ShopeePay Di-refund, tapi Koin Shopee Tidak Dikembalikan

  • 18 Desember 2022 - (15:33 WIB)
    Permalink

    Agak susah sih koin begituan statusnya di area abu-abu karena tidak bisa dikatakan setara dengan alat tukar sah yang diakui. Praktiknya lebih seperti kupon atau voucher diskon berbentuk koin. Sebagaimana sudah lumrah kalau voucher atau kupon akan ikut hangus jika transaksi batal (dalam bentuk apapun). Semoga sih pihak Sopi mau mengembalikan koinnya, asal jangan terlalu berharap.

    3
    1
    • 18 Desember 2022 - (19:56 WIB)
      Permalink

      sebenarnya ga fair sih shopee nya. koin kita kan dptnya juga dari kesbek dan dihargai 1 rupiah, jadi sebenarnya itu udah berupa saldo. seandainya ada pembatalan, mestinya dikembalikan ke koin juga. belanja dengan voucher di si hijau atau si biru aza kalo ada pembatalan, vouchernya dibalikin. Hanya shopee yang “nilep” saldo pembeli.

  • 18 Desember 2022 - (18:42 WIB)
    Permalink

    Resiko pake koin sope kalo komplain barang tdk sesuai/rusak koin hangus kecuali paket dikembalikan ke seller aneh memang

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Dana ShopeePay Di-refund, tapi Koin Shopee Tidak Dikembalikan

oleh Siska dibaca dalam: 1 menit
5