Surat Pembaca

Penjual yang Salah, Mengapa Pembeli yang Malah Direpotkan?

Pada tanggal 17 Desember 2022, saya memesan serum seharga Rp315 ribu dan krim seharga Rp99 ribu melalui toko Venuss di Shopee, dengan nomor pesanan: 221217UB4UFS38. Malamnya, terlihat bahwa paket telah diserahkan ke kurir J&T dengan nomor resi: JP2916392410.

Pada tanggal 19 Desember 2022, paket tersebut pun sampai di tempat saya. Saya buka paketnya dan melakukan video unboxing. Ternyata, barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan saya. Penjual mengirim krim dan toner mini. Saya cek krim memang sudah sesuai pesanan. Namun, serum yang saya pesan tidak terdapat di dalam paket, justru adanya toner mini size 30 ml, yang harganya tentu saja jauh lebih murah daripada serumnya.

Saya chat penjual dan mengirimkan video unboxing. Namun penjual mengatakan akan mengecek CCTV dan admin packing dulu. Penjual pun kurang responsif dan kurang ramah dalam menghadapi komplain saya. Pun tidak menjelaskan solusi yang ditawarkan. Saya sampai meminta bantuan admin toko tersebut yang terdaftar di Tokopedia untuk menyampaikan keluhan kepada admin toko di Shopee.

Akhirnya saya mengajukan pengembalian dana untuk serum tersebut secara penuh. Barulah pada saat itu, admin membalas chat saya di kolom diskusi dan mengakui kalau memang mereka keliru memasukkan produk dan mengganti solusi menjadi pengembalian barang dan dana, tanpa berdiskusi dengan saya terlebih dahulu. Setelah itu, mereka menjelaskan kalau mereka mengurusi banyak paket. Namun, saya pikir, itu bukanlah alasan untuk mereka bersikap begitu.

Seller tetap ngotot meminta barang dikembalikan. Padahal, sudah saya jelaskan dari awal, sebelum saya mengajukan komplain, bahwa melakukan pengiriman barang itu akan sangat merepotkan saya. Pun, saya sudah dirugikan materi karena barang yang dikirim tidak sesuai dan harganya jauh di bawah barang yang saya beli, rugi waktu karena harus mengajukan komplain yang prosesnya lama, dan harus ditambah kerepotan apabila disuruh mengirim barang. Karena tidak ada kesepakatan, penjual mengajukan masalah ini ke Shopee.

Saya usulkan untuk memotong saja dana yang harus dikembalikan. Namun pihak penjual menolak, dengan alasan mereka tidak ada fitur tersebut. Saya katakan bahwa saya bisa mengajukan dana sesuai yang disepakati apabila penjual mau diajak berdiskusi. Namun, sudah terlanjur diajukan ke Shopee jadi harus menunggu keputusan Shopee.

Sebenarnya agak riskan dengan hal begini karena di Shopee, untuk masalah komplain memakan waktu yang lama. Saya berharap Shopee lebih pro ke konsumen karena pengalaman sebelumnya, Shopee lebih pro ke penjual. Penjual yang salah, lalu mengapa pembeli yang harus direpotkan?

Ratna Susanti
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Memang begitu kak resiko belanja online. Kalau sudah begini ya rugi di kita selaku pembeli. Barang retur ke penjual ya pakai ongkos dan dikirim barang yg salah tadi ke alamat pembeli biasanya ongkos ditanggung pembeli. Mau ajukan free ongkir alias ditanggung shopee atau separuh dari penjual juga susah apalagi lokasi jauh. Repot memang dan rugi banget padahal bukan kesalahan buyer. Tapi begitu lah sop. Mau refund juga biasa kena potongan biaya admin dari bank dan pengembalian pakai proses biasa 2-4 hari kerja (tergantung tokonya). Anggap aja pengalaman dan sedekah. Gak usah ambil pusing.
    Lain kali beli dari toko yang lokasinya sama aja. Jadi kalau ada masalah begini ya tinggal datangin toko atau lokasi seller. Bicarakan baik-baik. Biasanya ada toko yang jual online juga. Kalau memang barang gak ada juga dari seller yg sama lokasi mending cari barang lain aja. Kalau pun harus beli barang yang sama tapi gak ada yg jual di seller kota sama ya beli di seller beda kota (resiko barang gak sesuai).

  • Masalah nya simple sebenarnya
    Pembeli juga ga ribet langsung meminta refund selisih harga barang.
    Hrs penjual yg responsif dan menghargai pembeli bisa refund selisihnya saja.
    Mungkin TS bilang ribet Krn masalah waktu jarak dan biaya juga utk mengantarkan paket tersebut ke kurir.