Penjual yang Salah, Mengapa Pembeli yang Malah Direpotkan?

Pada tanggal 17 Desember 2022, saya memesan serum seharga Rp315 ribu dan krim seharga Rp99 ribu melalui toko Venuss di Shopee, dengan nomor pesanan: 221217UB4UFS38. Malamnya, terlihat bahwa paket telah diserahkan ke kurir J&T dengan nomor resi: JP2916392410.

Pada tanggal 19 Desember 2022, paket tersebut pun sampai di tempat saya. Saya buka paketnya dan melakukan video unboxing. Ternyata, barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan saya. Penjual mengirim krim dan toner mini. Saya cek krim memang sudah sesuai pesanan. Namun, serum yang saya pesan tidak terdapat di dalam paket, justru adanya toner mini size 30 ml, yang harganya tentu saja jauh lebih murah daripada serumnya.

Saya chat penjual dan mengirimkan video unboxing. Namun penjual mengatakan akan mengecek CCTV dan admin packing dulu. Penjual pun kurang responsif dan kurang ramah dalam menghadapi komplain saya. Pun tidak menjelaskan solusi yang ditawarkan. Saya sampai meminta bantuan admin toko tersebut yang terdaftar di Tokopedia untuk menyampaikan keluhan kepada admin toko di Shopee.

Akhirnya saya mengajukan pengembalian dana untuk serum tersebut secara penuh. Barulah pada saat itu, admin membalas chat saya di kolom diskusi dan mengakui kalau memang mereka keliru memasukkan produk dan mengganti solusi menjadi pengembalian barang dan dana, tanpa berdiskusi dengan saya terlebih dahulu. Setelah itu, mereka menjelaskan kalau mereka mengurusi banyak paket. Namun, saya pikir, itu bukanlah alasan untuk mereka bersikap begitu.

Seller tetap ngotot meminta barang dikembalikan. Padahal, sudah saya jelaskan dari awal, sebelum saya mengajukan komplain, bahwa melakukan pengiriman barang itu akan sangat merepotkan saya. Pun, saya sudah dirugikan materi karena barang yang dikirim tidak sesuai dan harganya jauh di bawah barang yang saya beli, rugi waktu karena harus mengajukan komplain yang prosesnya lama, dan harus ditambah kerepotan apabila disuruh mengirim barang. Karena tidak ada kesepakatan, penjual mengajukan masalah ini ke Shopee.

Saya usulkan untuk memotong saja dana yang harus dikembalikan. Namun pihak penjual menolak, dengan alasan mereka tidak ada fitur tersebut. Saya katakan bahwa saya bisa mengajukan dana sesuai yang disepakati apabila penjual mau diajak berdiskusi. Namun, sudah terlanjur diajukan ke Shopee jadi harus menunggu keputusan Shopee.

Sebenarnya agak riskan dengan hal begini karena di Shopee, untuk masalah komplain memakan waktu yang lama. Saya berharap Shopee lebih pro ke konsumen karena pengalaman sebelumnya, Shopee lebih pro ke penjual. Penjual yang salah, lalu mengapa pembeli yang harus direpotkan?

Ratna Susanti
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pusat Resolusi Shopee:
[Total:175    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

40 komentar untuk “Penjual yang Salah, Mengapa Pembeli yang Malah Direpotkan?

  • 22 Desember 2022 - (00:31 WIB)
    Permalink

    Aturannya memang begitu. Barang dikembalikan seperti semula (jika perlu dikemas ulang sama seperti saat diterima) dan dana dikembalikan penuh kepada anda. Tidak bisa dana dikembalikan hanya dari selisih nilai total barang terkirim, karena merusak tatanan sistem di marketplace dan bisa dipakai sebagai celah yang bisa merugikan buyer atau seller.

    Jika anda menginginkan cara belanja yang membolehkan dana dikembalikan berdasarkan nilai selisih harga barang yang diterima, silahkan belanja di marketplace lain dengan kebijakan seperti itu.

    49
    20
    • 22 Desember 2022 - (04:04 WIB)
      Permalink

      Betul kak, sbnrnya cara nya mudah, apalagi penjual nya respon chat kita, berdasarkan pengalaman sy, jika kita sdh pengajuan pengembalian barang dan dana, pilih uang nya mau di balikin langsung ke rekening kita jg bisa, dan disetujui toko, nanti kita dpt resi buat kirim paket balik ke toko, dari expedisi jnt terdekat, klu penjual sdh Terima barang nya, pasti uang otomatis balik, masuk rekening kita, nanti ada informasi nya kak

      10
      2
      • 23 Desember 2022 - (09:30 WIB)
        Permalink

        Saya pernah kayak gini, alhamdulillah dapet sellernya yg asik. Waktu itu beli beberapa jilbab tapi dikirim ga sesuai dengan ukuran yg saya mau, saya bilang gapapa saya beli ga usah retur tapi kan harganya beda, apa ga bisa dibalikin kelebihannya. Trus setelah cek ricek sama stoknya seller, ditransfer deh via shopeepay oleh seller.
        Sebenernya kayak gitu malah lebih mudah sih, buyer ga dirugikan waktu dan biaya untuk retur, stok seller pun jadi terjual.

    • 23 Desember 2022 - (09:03 WIB)
      Permalink

      Lalu bagaimana dengan pihak toko yang sengaja mengirimkan item yang salah? Kalau memang merusak tataan matketplace & stok item di toko itu?

      6
      1
  • 22 Desember 2022 - (05:21 WIB)
    Permalink

    Ini yang terjadi apabila pembeli hanya mau ikut aturan pembeli. Pembeli lupa bahwa ada pihak lain yang mesti mengikuti prosedur yang sudah diterapkan.

    20
    8
  • 22 Desember 2022 - (06:21 WIB)
    Permalink

    Ini beli dishopee kok admin Tokopedia diminta tolong buat ke admin shopee buyer nya ngantuk apa katrok gak pernah belanja online????

    Sudah sop nya begitu jika brg cacat/gak sesuai dg pesenan saat di beli saat retur ya dikembalikan ke seller nya ntr duit ente balik.

    Kalau gak mau ikuti aturan SOP retur di market place nya beli ke Indomaret Sono/ Alfamart dkt rmh ente biar gak salah dpt brg Krn secara belanja offline, hadeuh tinggal di kota gede tp masih seperti wong polosok daerah pola pikirnya

    13
    11
    • 23 Desember 2022 - (13:00 WIB)
      Permalink

      Dari cerita anda, anda membeli barang secara bundle jadi cuma 1 item yang anda checkout kalau beberapa item itu bisa anda komplain salah satu atau lebih.
      Bukan shopee berpihak pada seller, prosedurnya emang begitu.
      Pengembalian dana cuma selisihnya tidak bisa kecuali mau deal dealan diluar sistem MP.

      • 23 Desember 2022 - (16:40 WIB)
        Permalink

        Pernah kejadian beli barang promo di shopee beli 2 gratis 1 tp barang yg dtg tanpa bonus akhirnya minta refund sejumlah harga barang 1X2:3 dan seller menyetujui. Clear.

        Pernah juga beli barang agak banyakan itemnya dan ada Miss juga akhirnya saya forward ke seller hitung2an barang yg jenis dan harga tidak sesuai pesanan. Akhirnya minta refund selisih nya. Penjual mengiyakan. Case closed.

        Dan baru baru ini beli di Tokopedia komplen gegara barang lagi2 yg datang gx sesuai pesanan akhirnya saya ungkapkan knp saya komplen akhirnya saat masuk tahap resolusi knp cm 2 solusi yg ditawarkan. Akhirnya saya pilih refund and retur. Nah pas mau retur bingung donk nih barang ntar di pickup atau hÃ¥rus anter ke expedisi. Akhirnya chat lah Tokopedia care dan responnya membuatku tercengang. Katanya seller menyetujui resolusi yg diajukan dg memilih opsi refund without retur. Sekian. Eh belom… Karena emang niat awal gw beli bukan mau nipu akhirnya gw cek nomor seller di gojek dan Alhamdulillah terdaftar akhirnya gw rerefund sebagian dana yg balik ke nomor tersebut via gopay. Finally Silent Ending.

        Intinya jika kita beranggapan sbg konsumen itu adalah raja maka jadilah raja yg mengayomi, bukan mendzolimi. Tunaikan dulu kewajiban baru menuntut hak.

  • 22 Desember 2022 - (06:35 WIB)
    Permalink

    Sop memang sdh bgitu, ente yg meropatkan diri ente sendiri….klo gk mw salah…beli offline sj, gtu aja koq repot

    7
    8
    • 22 Desember 2022 - (11:58 WIB)
      Permalink

      Sangat emezing baca TS di atas,beli di marketplace tapi prosedut ikut kaki lima..👍👍👍👍👍

      2
      4
  • 22 Desember 2022 - (06:47 WIB)
    Permalink

    Ane pernah minta opsi seperti itu. Dan di setujui oleh Admin Resolusi. 🤣

    Banyak penjual maksa produk dan ngarep agar pembeli tidak memperhatikan barang. Minta juga ke pihak Shopee agar itu toko di moderasi karena unsur kesengajaan.

    12
    4
    • 22 Desember 2022 - (07:16 WIB)
      Permalink

      Nah, ini shopee lebih pro ke seller sih kak, meskipun si seller mengakui memang salah sepenuhnya di mereka. Dan seller mengelak opsi yg saya berikan dg alasan “tidak tau dan tidak bisa”. Kemudian, saat dicek alamat pengembalian, ini alamatnya Agen J&T, bukan alamat toko tersebut, bahkan di alamat yang tertera di pengembalian pun tulisannya ‘J&T Sakura Agen’. Ini sih jadi pengalaman saya kapok belanja di shopee.

      7
      12
      • 22 Desember 2022 - (08:11 WIB)
        Permalink

        Lu Yang Gak Paham Tata Cara Aturan Tiap Marketplace… Hal Yang Kaya Begini Kok Dimasukin di MK Sih… Lain Kali Kalo gak Mau Repot Beli Aja Di Pasar

        10
        5
      • 23 Desember 2022 - (05:46 WIB)
        Permalink

        Ngga ada bukti shopee lebih pro ke seller, dari cerita anda… Semua marketplace aturannya memang begitu… Barang rusak / salah kiriman harus didokumentasikan dulu, ajukan komplikasi. Jika disetujui mediator (dr pihak marketpkace), barang dikirim balik. Nanti seller wajib mencantumkan alamatnya… Sesuai kesepakatan, bisa dibalikin uangnya atau dikirim barang baru yg sesuai pesanan anda… Semua marketplace alur besarnya ya seperti itu… Dan kelihatannya memang tidak ada fitur (di pihak seller) untuk pengembalian sebesar selisih nilai barang. Karena namanya salah kirim, data yg disimpan sistem ya hanya barang yg semula anda pesan saja.

        3
        2
  • 22 Desember 2022 - (06:50 WIB)
    Permalink

    Sebenar nya bukan merepotkan tapi ya saling membantu akibat ada kesalahan atau kasuistis.. salah atau tidak sesuai ya bantu kembalikan dan atau returkan…

    9
    1
  • 22 Desember 2022 - (07:00 WIB)
    Permalink

    Sop nya emang seperti itu kak. Mau penjual sengaja atau tidak ya kita harus kembalikan barang untuk proses pengembalian dana. Masalah kita jadi repot dan kehilangan banyak waktu itu sudah resiko beli online kalo ngak mau repot langsung ke toko saja

    12
    3
    • 23 Desember 2022 - (07:08 WIB)
      Permalink

      Mngkn mksdnya bukannya repot klo harus kirim balik barang, tapi rugi di ongkir, kecuali pas pengembalian dana ada kesepakatan sudah berikut penggantian ongkir balik nya

      1
      1
  • 22 Desember 2022 - (07:02 WIB)
    Permalink

    Sebelum curhat dsni, seharusnya anda tanya2 dl perihal mslh yg anda hadapi. Selama ini belanja dan retur barang, ga bs cm yg cacatnya aj yg di balikin.

  • 22 Desember 2022 - (08:30 WIB)
    Permalink

    Bilang aja mau brang gratis. Seller salah udah nawarin pengembalian barang n dana. U ga mau balikin barangnya tp mau duitnya balik? Enak amat hidup lu.

    14
    1
  • 22 Desember 2022 - (08:34 WIB)
    Permalink

    sebenernya sama aja jika belanja offline ke toko, kalo misal beli baju ukuran salah dan ada kebijakan toko bisa ditukar ya anda meluangkan waktu utk datang ke toko itu lg, sama2 repot, cuma beda teknisnya aja, blanja online praktis dr rumah sambil rebahan barang datang, tp kalau ada masalah ya mmg sprti itu prosedurnya

    11
  • 22 Desember 2022 - (08:38 WIB)
    Permalink

    Malu si ini, udah hapus aja gih artikelnya, memang prosedurnya seperti itu ko dah bener itu seller

    8
    1
    • 23 Desember 2022 - (06:58 WIB)
      Permalink

      Kalau mau kayak gitu memang harus atas persetujuan seller, kalau gak ya susah. Soalnya saya pernah pesan makanan instan dan ternyata pas sampai sudah kedaluarsa. Padahal sebelum order, seller bilang kalau exp date masih lama. Saya pun mengajukan komplain ke seller dan alhamdulillah seller-nya baik dan langsung refund tanpa pengembalian barang.

  • 22 Desember 2022 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Menurut saya win win nya, pembeli mengajukan permohonan pengembalian dana atas selisih harga yang berbeda, ditaksir dulu aja nilainya kalau tidak ada datanya. Biar tidak merepotkan harus mengembalikan produk, jenisnya sama hanya beda ukuran.

  • 22 Desember 2022 - (11:45 WIB)
    Permalink

    Sebenar nya masalah mudah tinggal di kembalikan di sertai bukti2 TDK sesuai pesanan ..!
    selesai uang kembali…!
    Masak packing barang aja GK mau pelit
    tenaga amat…!!!
    Hapus aja kak artikel nya
    Karna hidup itu indah jgn di bikin susah

    6
    2
  • 22 Desember 2022 - (12:11 WIB)
    Permalink

    Resiko belanja online ya salah satunya ini, pesanan tidak sesuai deskripsi.Tapi setiap kasus pasti ada solusinya, meskipun menyita waktu,tenaga,dan pikiran.Ikuti saja SOP nya, mudah-mudahan teratasi.

  • 22 Desember 2022 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Tinggal retur aja sih sebenernya barang yg tidak sesuai + ajukan pengembalian dana di aplikasi shopee

    Atau klo ga mau ribet retur bisa chat dengan penjual dan seharusnya memang penjual kasih kembalian aja biar gampang, toh memang salah size khan

    Tentang “ga mau ribet retur” sih saya juga relate dengan penulis

    Di tempat tinggal saya hanya bisa dilayani ekspedisi ninja express untuk penerimaan barang (jadi misal belanja di lazada pilih ninja ya bisa sampai ke rumah), tapi untuk pengiriman barang / retur tidak bisa dilayani oleh ninja sehingga harus kirim via jne atau j&t yang lokasinya ada di kecamatan sebelah (3 jam perjalanan darat + 10 menit perjalanan laut), sangat merepotkan dan bikin jengkel!

  • 22 Desember 2022 - (13:09 WIB)
    Permalink

    Pernah kejadian seperti ini salah kirim pesanan untungnya pembeli mau dibalikin selisih harganya tinggal saya transfer selisih harga ke rekening pembeli tanpa repot lewat mediasi

  • 22 Desember 2022 - (15:59 WIB)
    Permalink

    Saya juga salah satu seller di shopee kak, kalo untuk kasus yang seperti ini misalnya barang tidak sesuai dengan jumlah dana yang sudah dibayarkan.

    Misalnya pembeli sudah membayar barang dengan total 300.000, namun barang yang datang cuma seharga total 200.000, maka pembeli ada kelebihan uang 100.000 di penjual.

    Untuk TS jika tidak mau ribet mengembalikan paket ke penjual, dan tidak mau mengikuti aturan Marketplace yang mengharuskan mengirimkan semua barang yang sudah diterima.

    Saran saya : lebih baik TS berdiskusi dengan penjual secara baik-baik, minta no wa nya. Berdiskusi agar kelebihan uang yang 100.000 tersebut dikembalikan saja ke saldo shopeepay pembeli lewat transfer.

    Toh nantinya juga uang hasil penjualan yang 300.000 masuk juga ke saldo penjual.

    Daripada ribet ribut dan mesti balikin paket ke penjual mending berdiskusi meminta uang kelebihannya di transfer ke shopeepay TS.

  • 22 Desember 2022 - (16:03 WIB)
    Permalink

    Serba salah juga sih
    Sebagai pembeli TS merasa direpotkan karena harus melakukan pengembalian barang ke seller. Tapi kalau disisi seller, seller nya juga rugi, performa turun, duit ketahan, barang ga jelas (karena pembeli ga mau balikin barang karena merasa direpotkan), dan seller pun harus ambil barang nya ke agen JNT tersebut. Ga bisa di antar ke toko seller langsung, karena kemungkinan si seller sebelumnya antar barang nya langsung ke agen JNT bukan di pickup ke toko seller. Tapi kalau nunggu waktu pickup dari JNT akan lama karena tunggu antrian. Jadi lebih cepat dan efektif ya seller anter ke Agen JNT terdekat.

    Kalau pembeli minta selisih nya diganti, saya sebagai seller akan menyetujui dengan syarat selisih nya akan di transfer setelah dikurangi biaya admin shopee yg cukup tinggi itu. Kalau begini malah TS rugi besar. Jadi mending kembalikan barangnya ke seller.

    Kalau TS berpendapat CS Shopee berpihak ke Penjual, TS salah besar.

    Shopee marketplace yg sangat tidak bisa menghargai penjual. Apalagi penjual yg menjual barang mahal diatas 1jt.

    Dari 3kasus saya (penjual) di Shopee. Shopee sama sekali tidak pernah bertanggung jawab atas kerusakan barang yg rusak diperjalanan. Ada aja alasan nya dan malah terus-terusan bikin peraturan baru.

    Saran dari saya untuk TS. Si penjual sudah mengakui kesalahan nya dan bersedia untuk pengembalian barang dan dana ke TS sesuai SOP Shopee. Silahkan TS kembalikan barang nya ke penjual supaya masalah ini cepat selesai.

    Jangan beli barang online lagi kalau ga mau ikut SOP marketplace. Penjual online ga ambil untung banyak. Terimakasih

    • 23 Desember 2022 - (03:36 WIB)
      Permalink

      PENJUAL JUGA SEORANG PEMBELI.
      TAPI PEMBELI BELUM TENTU SEORANG PENJUAL.
      Seller geleng kepala lihat kejadian seperti ini.

      2
      1
    • 23 Desember 2022 - (08:52 WIB)
      Permalink

      Disini jaminan konsumen memang sangat kurang utk penjualan online maupun offline, cuma yg offline masih bisa diminimalisir karena sdh ngecek brg nya langsung terlebih dulu. Memang seharusnya ongkir utk barang yg direfund itu ditanggung seller kalo penjual yg melakukan kesalahan. Sekarang ini su jg sudah mulai balik ke belanja offline. Kalo kepepet atau brg yg dicari susah didapat aja baru beli lewat marketplace.

  • 23 Desember 2022 - (06:55 WIB)
    Permalink

    1. Disini memang penjual salah…
    2. Tapi… Kelihatannya penulis kaga pernah belanja online sama sekali…
    3. Aturannya emang gitu, buat video unboxing, mereka cocokkan dengan data cctv mrk saat packing. Toko biasanya ga hanya 1 org yg packing.. bayangkin 1 toko 100order.. 1 org packing.. kapan selesainya…
    4.setelah cocok barang yg salah dikembalikan (nanti bs di tracking di shopee) lalu setelah sampai barang akan dituker dengan pesanan yg bener…
    5. Ini murni resiko belanja online.. klo ga mau kena resiko ini.. ke mall belanja sendiri
    6. Sorry sebenernya kesalahan di penjual tp karena isi komplainnya penulis jd kelihatan norak.. itu penjual udah ngaku salah, ikuti aja alur proses sop nya shopee.. nanti beres kok

    5
    1
  • 23 Desember 2022 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Memang begitu kak resiko belanja online. Kalau sudah begini ya rugi di kita selaku pembeli. Barang retur ke penjual ya pakai ongkos dan dikirim barang yg salah tadi ke alamat pembeli biasanya ongkos ditanggung pembeli. Mau ajukan free ongkir alias ditanggung shopee atau separuh dari penjual juga susah apalagi lokasi jauh. Repot memang dan rugi banget padahal bukan kesalahan buyer. Tapi begitu lah sop. Mau refund juga biasa kena potongan biaya admin dari bank dan pengembalian pakai proses biasa 2-4 hari kerja (tergantung tokonya). Anggap aja pengalaman dan sedekah. Gak usah ambil pusing.
    Lain kali beli dari toko yang lokasinya sama aja. Jadi kalau ada masalah begini ya tinggal datangin toko atau lokasi seller. Bicarakan baik-baik. Biasanya ada toko yang jual online juga. Kalau memang barang gak ada juga dari seller yg sama lokasi mending cari barang lain aja. Kalau pun harus beli barang yang sama tapi gak ada yg jual di seller kota sama ya beli di seller beda kota (resiko barang gak sesuai).

  • 23 Desember 2022 - (12:10 WIB)
    Permalink

    Masalah nya simple sebenarnya
    Pembeli juga ga ribet langsung meminta refund selisih harga barang.
    Hrs penjual yg responsif dan menghargai pembeli bisa refund selisihnya saja.
    Mungkin TS bilang ribet Krn masalah waktu jarak dan biaya juga utk mengantarkan paket tersebut ke kurir.

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Penjual yang Salah, Mengapa Pembeli yang Malah Direpotkan?

oleh Ratna Susanti dibaca dalam: 2 menit
40