Surat Pembaca

Barang Retur Kembali dalam Keadaan Rusak, Pihak Shopee Tidak Mau Tanggung Jawab

Kami ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat surat kami.

Kami adalah penjual di Shopee dan sebelum mengirimkan produk ke pembeli, kami melakukan video dokumentasi pengecekan produk dan proses packing produk yang sudah sesuai standar yang diberikan Shopee sendiri. Barang yang kami kirim ke pembeli adalah produk Radio Tape Portable.

Kronologi kejadian adalah seperti di bawah ini:

  • Tanggal 12 Desember 2022, pembeli membeli produk kami.
  • Tanggal 14 Desember 2022, kami lakukan proses pengecekan dan packing. Semua proses ini kami dokumentasikan dan ada buktinya lengkap dan detail bahwa prosedur packing kami sudah sesuai standar dari Shopee.
Bukti screenshot details bahwa kami lakukan dokumentasi pengecekan sebelum kami kirim ke pembeli
Bukti dari CCTV kami, bahwa kami lakukan pengecekan sebelum pengiriman
Pengemasan yang sudah sesuai standar dari Shopee sendiri
  • Tanggal 18 Desember 2022, barang sampai di pembeli. Lalu pembeli request pengembalian dana, padahal dari pembeli tidak ada bukti unboxing.
  • Tanggal 24 Desember 2022, agen Shopee memutuskan untuk menerima pengembalian dana, dan kami diharuskan menerima kembali paket dari pembeli tersebut. Walaupun bukti dari kami lebih lengkap dan detail, sedangkan dari pembeli video unboxing saja tidak ada. Lalu agen Shopee juga menginfokan sudah mengajukan proses investigasi ke pihak jasa kirim, yakni Shopee Express, dengan nomor laporan 1606508088767660083.
  • Tanggal 30 Desember 2022, paket retur dari pembeli telah sampai ke kami, dan langsung kami buka dan kami lakukan video unboxing. Kondisi paket sudah sangat parah, pecah dan rusak di segala sisi dari radio tersebut. Lalu kami lakukan komplain ke agen Shopee, karena menerima paket pengembalian dengan kondisi yang pecah dan rusak parah.
  • Tanggal 5 Januari 2023, diputuskan oleh agen Shopee bahwa kami harus tetap menerima paket tersebut. Walaupun kondisi pecah dan rusak parah yang disebabkan oleh pembeli yang tidak baik melakukan packing, dan dana penjualan pun di-refund ke pembeli. Kami sebagai penjual kehilangan dana penjualan dan juga barang pun datang dengan kondisi rusak jadi juga kami rugi dalam hal ini.

Yang menjadi pertanyaan pertama adalah, bagaimana update nomor laporan 1606508088767660083? Kami tanyakan ke agen Shopee, tapi hingga saat ini tidak ada jawaban. Lalu pertanyaan kedua adalah, sudah jelas bahwa kesalahan pembeli yang menyebabkan paket retur yang kami terima mengalami kerusakan total, kenapa tetap dana di-refund ke pembeli sedangkan kami malah rugi 2 kali lipat (tidak menerima dana penjualan dan barang pun rusak total)? Di manakah keadilan bagi para penjual?

Mohon tanggapan dari pihak Shopee sehingga masalah ini bisa selesai dan tidak terulang kembali.

Ivan Adi Susanto
Jawa Timur, Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • ini sama kaya saya.barang yg dikembalikan rusak tp shopee tetap meretur dana ke pembeli
    padahal dr chat dan bukti pembeli tanpa sadar sudah mengakui rusak barang di dia. dan pembeli tdk kirim kan bukti apa.apa di pusat resolusi tp tetap pembeli yg menang
    visi misi. shopee skrg adalah merugikan seller utk kepuasan pembeli. otaknya shopee jenius buat nipu penjual. krn jika penjual dirugikan otomatis pembeli diuntungkan. dan shopee sangat senang krn semakin banyak seller yg ketipu semakin banyak langganan konsumen lari ke dia. semakin banyak trafik pengunjung. takut kalah saing sama trafik pengunjung tokopedia.
    shopee mafia lintah penghisap dana seller.
    pernah iklan dishopee. iklan udah dimatikan tp dana di iklan tetap di sedot

  • Pada tanggal 18 Januari 2023, dana penggantian terkait barang rusak ketika proses retur sudah kami terima dengan baik. Kami ucapkan terima kasih kepada pihak Shopee yang merespon dengan cepat.