Tidak Pernah Telat Bayar, tapi Dilaporkan Kol 2 oleh Bank Neo dari Akulaku

Saya pengguna setia Akulaku dari tahun 2017-an. Pada awal bulan Januari saya mau mengajukan top up pinjaman ke salah satu bank himbara, tapi terkendala SLIK kol 2. Setelah saya lihat, ternyata pelapor adalah Bank Neo.

Saya tidak pernah telat bayar dan tidak memiliki tunggakan. Pada tanggal 3 Januari 2023 malam, saya live chat dengan CS Akulaku dan telah dibuatkan laporan, saya lupa persisnya nomor laporan saya.

Pada tanggal 4 saya diemail oleh CS Akulaku agar mengirimkan foto SLIK. Lalu pada tanggal 9 Januari saya mengirimkan SLIK. Setelah itu saya beberapa kali live chat, tapi hanya disuruh menunggu.

Kemudian hari ini tanggal 17 Januari 2023, saya mengecek kembali SLIK saya. Namun belum ada perubahan apa-apa, bahkan laporan yang tanggal 3 hanya ada 2, hari ini ada 9. Mohon Akulaku segera meng-update SLIK saya ke kol 1.

Bilamana ada sahabat Media Konsumen yang mengalami masalah serupa dengan saya, mohon berbagi solusi agar masalah saya segera teratasi.

Saiful Amirudin
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Surat Tanggapan Bank Neo Commerce atas Keluhan Bapak Saiful Amirudin

Jakarta, 13 Februari 2023 Dengan hormat, Menindaklanjuti pengaduan dalam Suara Pembaca yang dimuat Mediakonsumen.com dengan judul “Tidak Pernah Telat Bayar,...
Baca Selengkapnya

39 komentar untuk “Tidak Pernah Telat Bayar, tapi Dilaporkan Kol 2 oleh Bank Neo dari Akulaku

  • 20 Januari 2023 - (09:08 WIB)
    Permalink

    Pegawai akulaku nya yg usil itu mah biar dapet kerjaan komplen dr konsumen.
    Dan sdh itu digantung komplenan konsumen agar konsumen tersulut emosi.

    13
    • 20 Januari 2023 - (09:57 WIB)
      Permalink

      Apakah kakak pernah mengalami hal serupa? Bagaimana cara agar cepat teratasi ya kak, karna penanganannya sangat lama.

      4
      3
      • 21 Januari 2023 - (09:16 WIB)
        Permalink

        Sy juga penguna akulaku ada perna kejadian kompley dilempar sana sini tidak ada yg peduli sekarang akulaku pada budek

      • 21 Januari 2023 - (10:03 WIB)
        Permalink

        Saya sudah mengalaminya … Masa alulaku g dipakai setahun bisa bisanya ada tunggakan .. jadi kol 2 oleh bank bnc … Katanya udh di update berserta saya close akulaku… Trs skr gtw gimana Krn susah minta slk gmn mau cek lagi … Ribet

        • 22 Januari 2023 - (07:46 WIB)
          Permalink

          Apapun itu, in media konsumen Blok!!!
          Orang mau ngutang atau nggak urusan orang.
          Gw yakin, lu paling banter anak bocil yg taunya Masih nadah tangan sama orang tua.

          8
          1
    • 21 Januari 2023 - (01:01 WIB)
      Permalink

      Sama kejadiannya dengan saya,sisa Utang saya 3bulan saya Lunasi semua,karena Berharap Naik limit,tapi kenyataanya Limit malah Turun dari 12jt,Turun ke 1jt,Selama saya punya Pinjaman Setor Tidak pernah Telat, tapi malah Macet Limitnya,Apa Aku Laku sudah Kehabisan Modal

      • 21 Januari 2023 - (07:01 WIB)
        Permalink

        Seringkali banyak keluhan masalah laporan bi ceking atau sekarang SLIK. dari layanan paylater itu dan pendanaanya dari bank itu.
        Saya menduga,dan patut diduga memang dibuat begitu.Supaya kita tidak bisa mengajukan pinjaman atau pembiayaan dari bank umum lainya .Dan pasti nasabah larinya ya ke sejenis pinjol yg bunganya mencekik. Tolong OJK evaluasi kembali masalah pinjol yg bunganya tinggi ini. Karena jelas didanai oleh Bank Umum. Contoh program pemerintah bantuan modal liwat KUR BRI. Justru kadang kita tidak bisa mengajukan pinjaman itu,karena SLIK kita jelek. Tapi anehnya bank mendanai pihak ketiga yaitu pinjol. Aneh.
        Semoga masalah bapak/ ibu cepat terselesaikan.

        10
        • 21 Januari 2023 - (16:30 WIB)
          Permalink

          paling masuk akal, dugaan agar tidak bisa meminjam ke bank lain, lebih masuk akal, seharusnya Ojk lebih ketat pengawasannya kepada pinjol.

        • 22 Januari 2023 - (06:41 WIB)
          Permalink

          Iyah saya juga menyesal ini pake pinjol.. ternyata Shope Paylater Akulaku juga sama.. mencatat item yg saya beli secara satuan di SLIK OJK.. misal 1 transaksi beli banyak barang dari beberapa toko.. total 5 jt.. lalu di cicilan 12 bulan.. yg tercetak adalah per item.. 5 jt itu saya beli ada 100 item.. yasudah nominal2 receh tertulis di Slik OJK.. jadi lah hingga 46 lembar SLIK saya.. asli bikin malu.. karna tertulis ongkir jne 10rb di hutang.. barang A nilai 50rb cicil 12x jadi cuma 5rb an di hutang.. ? berasa SLIK udah kaya Billing Statement Kartu Kredit.. ??

    • 21 Januari 2023 - (10:53 WIB)
      Permalink

      Saya pernah mengalami hal yg sama, data saya digunakan oleh Traveloka Paylater yg saya tidak pernah melakukan.
      Mekanismenya perubahan Slik oleh OJK berdasarkan data dari Bank. Tidak serta merta dr Bank ubah data kemudian update di Slik nya. Saya waktu itu hanya diberi surat keterangan pelunasan, dan menjelaskan data saya digunakan oleh pihak lain.
      Proses update ke OJK +/- 30 hari.

      • 21 Januari 2023 - (10:58 WIB)
        Permalink

        Terimakasih informasinya kak semoga masalah saya bisa segera ter follow up dg baik .

    • 25 Januari 2023 - (06:48 WIB)
      Permalink

      Saya sarankan masnya tanya ke CS apalasan mereka update SLIK Kol 2 kalau memang tidak pernah telat. Ditegasin aja, mereka suka macam² dengan main-main data org. Dan pastikan juga masnya enggak pernah telat sama sekali sebelumnya.

    • 21 Januari 2023 - (10:05 WIB)
      Permalink

      Ni juga dia bank yg buat nama saya jelek padahal sama sekali punya tagihan kagak dipakai kagak trakhir setahun lalu

  • 20 Januari 2023 - (23:08 WIB)
    Permalink

    Sekali klik, link mengatas namakn bank neo, sama akulaku, tamat lah yg punya akun akulaku, tinggl tunggu tghn datang

  • 21 Januari 2023 - (02:06 WIB)
    Permalink

    Ngapain lapor ke akulaku? Laporin aja ke OJK. Kasih bukti tidak ada hutang disana. Kalau bisa tuntut sekalian akulakunya, karena memberikan data palsu. Kalau ada teman pengacara bisa dikonsultasikan tentang pasal pasalnya.
    Pas bikin laporannya ke kepolisian panggil media

    • 21 Januari 2023 - (05:38 WIB)
      Permalink

      ditlp aja kk pihak bank neo sama akulaku , saya kmren juga gitu sampek pengajuan kpr di hold , alhamdulilah 2 bulan baru dibersihkan slik syaa , tapi kapokk saya pakai akulaku apalagi berhubungan dengan bank neo

      • 21 Januari 2023 - (10:03 WIB)
        Permalink

        Sudah aku email aku live chat berkali2 kak, smpe akhirnya aku tulis disini karna aku baca kasus kaka terselesaikan dg baik. Semoga kasus aku jg selesai segera ya kak. Terimakasih suportnya dan sarannya

  • 21 Januari 2023 - (06:37 WIB)
    Permalink

    Mbk, mn ada HCI pembayarannya melalui pihak ke3, sy prnh pya cicilan pinjaman HCI & sdh Lunas gk ada mslh kok, surat lunasnya dikirim lwt email & gk berbentuk PDF gtu. Bknnya pelunasan HCI atw pembayaran HCI itu sesuai dg nomer kontrak yg tertera & setiap qt bayar kan otomatis msk ke aplikasi jg?? Malahan cicilan pinjaman qu dl yg aq suruh bayar sdra qu krn posisi qu ada di luar negeri & cicilan pinjaman qu beres tnp ada mslh apapun smpi lunas.

  • 21 Januari 2023 - (07:10 WIB)
    Permalink

    Akulaku emang udah mau bangkrut.. nyusahin orang orang, ga ngutang ditagih atas nama org lain, ada surat dikasih limit tp limitnya ga bs dipake, ada juga surat hutang lunas setiap hari di telp marketing akulaku diteror suruh minjem bs sampe 20 telepon dengan nomor berbeda setiap hari.. ini udah lunas loh ga ada tunggakan, tetep diteror di telp suruh minjem lagi.. akulaku sudah saatnya di blacklist ijinnya oleh OJK.. ga layak operasi lagi

  • 21 Januari 2023 - (18:42 WIB)
    Permalink

    Wah bahaya ini akulaku kalau benar.
    Aku pelanggan akulaku, pembayaran lancar ga pernah telat. Sebisa mungkin jaga nama baik di SLIK.

  • 23 Januari 2023 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Saya pernah malah dibikin kol 5, di slik tertulis telat 1 atau 2hari saya lupa, seinget saya tidak ada keterlambatan, saya langsung hubungin bank neo via DM twitter, saya di kirim email beserta file bahwa pembayaran saya lunas dan lancar.

  • 5 Februari 2023 - (18:29 WIB)
    Permalink

    Pembiayaan dari Bank Neo Akulaku, Rupiah Cepat dan Ada Pundi, 3 Fintech tersebut tidak terlambat akan di berikan laporan ke OJK Kol 2, Hati2 dan segera laporkan ke OJK jika bisa laporkan ke polisi agar menjadi pelajaran buat Bank Neo selaku pelapor.

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 39 komentar sampai saat ini..

Tidak Pernah Telat Bayar, tapi Dilaporkan Kol 2 oleh Bank Neo dari Aku…

oleh Syaiful Amirudin dibaca dalam: 1 menit
39