Surat Pembaca

Reaktivasi Kartu SIM di Gerai Indosat, Harus Migrasi ke Pasca Bayar dan Membayar Rp405.000

Tanggal 18 Januari 2023 tiba-tiba nomor Indosat saya 08571238**** gak ada sinyal. Saya pun panik. Karna saya seringnya memakai Wi-Fi, jadi kepikiran kalau kartunya hangus. Siangnya saya berkunjung ke salah satu Gerai Indosat dekat rumah. Mbak CS menyarankan untuk beralih ke pasca bayar, karena kata beliau prosedurnya memang seperti itu. Karena panik, saya mengiyakan dengan janji 1×24 jam nomor saya bakal aktif.

Tarif pindah ke pasca bayar Rp380.000 untuk berlangganan 3 bulan dan Rp25.000 untuk kartu baru. Jadi total saya membayar Rp405.000. Di Gerai Indosat, saya tidak mengisi form sama sekali dan entah apa yang mbak CS tulis. Saya hanya menyerahkan KTP dan KK, serta saya diwajibkan untuk selfie memegang KTP.

Sayangnya karena saat itu saya panik dan ingin urusan cepat selesai, jadi saya tidak menanyakan form yang seharusnya saya terima sebagai bukti. Hanya diberi kartu baru, yang hanya boleh diaktifkan pada saat saya menerima pesan dari Mbak CS bila nomor sudah bisa diaktifkan. Saya minta nota juga (kalau gak minta, juga gak bakal dikasih) Setelah sampai rumah baru sadar, ternyata notanya hanya nota dengan paraf, tanpa tanda tangan Mbak CS dan tanpa cap. Yang artinya mungkin nota itu tidak sah.

Setelah menunggu 24 jam, ternyata belum juga dikabari Mbak CS-nya.. Menunggu dan menunggu saya beranikan WA mbaknya dan beliau membalas nanti akan dikabari lagi. Namun sampai sekarang nomor belum aktif juga. Jujur saya kesal sekali, karena bagi saya itu nomor penting. Makanya tanpa pikir panjang saya mengiyakan Mbak CS dengan janji aktif dalam 1×24 jam (berharap banget aktif).

Yang membuat saya penasaran, memang benar ya prosedurnya seperti itu? Pelanggan tidak mendapatkan bukti reaktivasi/lembar persetujuan? Sama nota juga tanpa tanda tangan dan cap? Saya tinggal di Jogja dan kebetulan kemarin ke Gerai Indosat Bantul, selum sempat mencoba di gerai lain karena saking paniknya.

Apakah nomor saya benar-benar bisa aktif lagi atau tetap hangus dan uang yang sudah saya setorkan akan hangus?

Dewi Sunarya Permata Putri
Kebumen, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • padahal skrg im3 sdh ada layanan reaktivasi mandiri, *123*89# asal nomor hangus tsb blm lbh dr 30 hari, jd gak perlu ke gerai lg

  • Biar masalahnya udah selesai juga harus di up.
    Gw kesel soalnya. Gw juga dulu ngalamin ky gitu. HP gw pernah ilang, trus mau aktifin kartu indosat dulu. Eh syaratnya HARUS dirubah ke pascabayar, Ga bisa tetap prabayar.
    Masalahnya indosat cuma buat nomer WA gw doang, bukan buat paket internet. Karna menurut gw lemot internetnya.
    Karna bukan kartu paketan internet gw lupa isi ulang, trus mati tuh nomor.
    Beberapa hari kemudian gw minta di aktifin lagi, kebetulan gw cuma bawa ktp. Trus di minta KK asli, dll. sedangkan KK gw lg di rubah alamat, belum jadi. Kata cs 1, bisa pakai bukti surat pindah/rubah KK. Gw balik kanan hari itu. Besoknya balik lagi bukti surat pindah/rubah KK. Eh ternyata ga bisa, harus KK asli.
    Akhirnya gw nunggu KK asli.
    Bbrp hari kemudian gw balik lagi bawa syarat2 yg di butuhkan, salah 1 nya KK asli. Eh ternyata HARUS migrasi ke pasca bayar. Dan bayar di awal(bukan setelah 1 bulan pakai).
    Pdhl niatnya biar ga ganti nomor wa aja. Eh malah macem2 syaratnya.
    Udah bolak balik kenapa ga dari awal bilangnya kesel gw kan.
    Alhasil mending gw ganti no wa. Toh kontak orang2 masih ada, tinggal bikin wa baru, trus kasih tau semua kontak. Bye bye nomor m3, Lanjut simpati.
    Hp gw ada 2 kartu kan. Yg 1 simpati. Gw ngurus ke simpati, ternyata cuma pake KTP asli doang. Nyetak kartu pake mesin kaya ATM. cuma butuh KTP ASLI, trua bisa nyetak kertu langsung. Dan langsung aktif. Trus lagi kartu yg hilang itu otomatis di blokir. Jadi cuma ada 1 nomor.
    Se simpel itu cetak kartu di gerai telkomsel.

  • Indosat emang gitu. Hp gw ilang. Ada 2 kartu, IM3 ama simpati.
    Pas mau cetak ulang kartu ribwt bgt syaratnya. Pdhl kartu masih aktif & ada pulsanya. Syaratnya selain bawa KTP asli, harus pake KK asli, surat kehilangan dari kepolisian. Udah gitu harus diru ah jadi pascabayar. Harus bayar dulu lagi. Buset ribet banget. Pdhl m3 tuh cuma butuh nomernya, karna dulu terlanjur bikin whatsapp pake nomor m3 itu. Klo internetan pke indosat ya maaf2 ya. Akrhirnya mending gw bikin wa baru pke kartu simpati gw. Goodbye m3.
    Pas gw cetak yg simpati. Cuma bawa KTP asli doang. Trus di cetak di mesin, yg agak2 mirip kaya ATM gitu. Yaelah simpel bgt, cepet lagi.
    Udh gw ganti nomor wa pke simpati aja. Males pake indosat lagi

    • Sepakat ....kondisinya sama persis dengan yang saya alami...sekarang kawan2 saya kalau mau pake Indosat saya larang ...ribet kalo ngurus kartu

  • Andai 2019 aku tau ada namanya Media konsumen mungkin kartuku bisa di selamatkan, saya isi Pulsa 100.000 dan gak sadar kalau pulsa itu gak masuk krn di rumah dan di kantor pakai wifi akhirnya masa aktif habis, lalu saya coba ke GraPARI Telkomsel atas arahan admin IG tapi sampai GraPARI udah gak bisa padahal udah bawa berkas lengkap .saya pun siap kalau migrasi ke Halo

  • Emang gt peraruran terbarunya, harus diubah ke pascabayar dl( kena charge bulanan selama 3 bulan) setelah itu urus lagi untuk migrasi ke prabayar.. bukan cm indosat semuanya juga gt, memang memberatkan tapi itu juga karena kesalahan konsumen sendiri (terlambat isi pulsa).

  • Yg jelas ga ada aturannya harus migrasi ke pascabayar dengan alasan apapun, yg komen bilang emang gitu aturannya malah bikin info sesat.

    Itu modus licik dari gerai indosat, lebih baik dtg ke galeri indosat, langsung dikelola sama pusat.

    Bersyukur ada MK, ini bs diatasi

  • Saya baru kejadian ini mah lebih parah 650 k Kalo mau di aktifin lagi no nya kalo tau kaya gini mah mending kaga usah