Kartu ATM BRI Tertelan, Saldo Raib

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera.

Saya memposting keluhan ini, karena tidak tahu lagi cara yang efektif agar saldo saya kembali.

Kronologinya, pada tanggal 16 Januari 2023, saya bermaksud mengambil uang di ATM BRI Benteng Betawi, Tangerang/depan Hotel D’prima. Tidak ada yang janggal dari ATM itu, kartu pun saya masukkan. Namun tidak muncul instruksi selanjutnya sebagaimana lazimnya. Saya tekan cancel, tetapi saja tidak ada respons. Lalu saya coba masukkan PIN, tetapi tidak ada respons juga.

Saya tunggu sekian lama, dengan harapan kartu saya keluar. Akhirnya saya berinisiatif datang ke kantor cabang BRI yang berada tidak jauh dari situ. Alangkah kagetnya saya ketika muncul SMS notifikasi BRI.

Padahal sewaktu di ATM saya tidak menginput nominal. Satpam menganjurkan saya untuk telepon CS, tapi saya memilih datang langsung ke CS BRI keesokan harinya karena toh saldo saya sudah kosong tertarik semua. Singkat kata, CS pun meminta saya menunggu 20 hari kerja dan membuatkan surat laporan.

Alangkah kagetnya saya ketika kemarin dapat SMS notifikasi:

Logika sederhananya, bila kartu ATM tertelan berarti mesin ATM itu tidak beres, bagaimana mungkin transaksi bisa normal atau sukses???

Saya pun kembali komplain ke CS BRI Poris Tangerang pada hari ini, 1 Feb 2023. CS malah menyarankan saya mengecek CCTV di lokasi ATM berada (?) Setahu saya itu tidak sembarangan. CS pun melampirkan surat-surat dan kata-surat yang bagi saya teramat rumit.

Menurut saya bila mengikuti saran CS, cek CCTV, dsb. Akan memakan waktu dan biaya yang lumayan dan maaf bila saya merasa bakal seperti bola ping pong yang dilempar ke sana kemari. Apakah prosedur yang dilakukan CS itu sudah benar? Toh, di awal-awal CS sudah menyatakan bahwa itu adalah kesalahan sistem.

Saya berharap pihak BRI bisa mengembalikan uang tersebut, yang bagi saya cukup lumayan besar. Nalar saya sebagai orang awam, bila kartu ATM tertelan berarti mesin itu bermasalah kan?? Lalu bagaimana mungkin transaksi dinyatakan sukses atau normal?? Sementara saya sama sekali tidak mengetik nominal yang tersebut.

Sudi kiranya para pembaca Media Konsumen memberikan saya saran yang efektif untuk menyelesaikan masalah saya ini dan pihak yang terkait (BRI) dapat membantu menyelesaikan ini.Ā Terima kasih.

Susi Lusiana
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai ATM BRI:
[Total:115    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Ibu Susi Lusiana

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan turut prihatin atas kejadian yang Ibu...
Baca Selengkapnya

42 komentar untuk “Kartu ATM BRI Tertelan, Saldo Raib

  • 2 Februari 2023 - (08:23 WIB)
    Permalink

    Harusnya kalo kartu ATM tertelan langsung telpn call center buat blokir kartu ATM. Seharusnya itu pengetahuan umum kan? kenapa tau ada kendala ky gt malah nyepelein. Toh juga belum cek CCTV udah ke media konsumen saya pikir itu kurang bijak. Lain kali hati2 buk jangan suka nyepelein hal finansial kayak gt.

    20
    25
    • 2 Februari 2023 - (08:55 WIB)
      Permalink

      Krn pd waktu itu saya gk pnya pulsa utk telp CS.
      Thx atas sarannyašŸ‘

      17
      3
      • 2 Februari 2023 - (12:15 WIB)
        Permalink

        Pasti kena modus orang baik hati mau nolongin/modus gnjal atm ini….uda bnyk di video2 beredar…..

        10
        • 2 Februari 2023 - (18:29 WIB)
          Permalink

          Kejadian itu persis kayak yang saya alami bu, kurang lebih 18jt malah saldo di ATM saya hilang dan sudah laporan ke BRI UNIT PUSAT CABANG sampe jkt dan terakhir saya laporan ke BI sama OJK hasilnya tetap kayak bola ping pong di ombang ambingkan.

      • 3 Februari 2023 - (11:11 WIB)
        Permalink

        Saya prnh sprti itu dan lgsg hubungi CS nekat modal pulsa 5 rb biar bs diblokir itu ATM,itupun pulsa hbis blm smpt 1 menit putus pembicaraannya šŸ˜…, tp lgsg ditlp balik kok sama CS nya (kalo ga slh saldo kita lgsg terpotong automatis 10rb) dan prmasalahan selesai

      • 6 Maret 2023 - (20:04 WIB)
        Permalink

        suami saya hari sabtu kemarin juga kartu atmnya tertelan, posisi belum memasukkan pin ditungguin Ā½jam sama suami saya ga keluar” juga itu kartunya, langsung lapor satpam dan satpam bank nyaranin buat diurus lg di hari senin, dan td siang suami saya urus ke bank cabang solusi nya cetak kartu baru, setelah cetak kartu baru mau ambil uang ternyata saldo KOSONG, raib 3jt pdhl saat kartu tertelan suami saya blm memasukkan pin atm, ada yg bisa bantu ga gimana solusinya? rencana nya bsk mau ke kantor pusat, tapi apa bisa saldo suami saya dikembalikan? uang segitu uang yg banyak bagi saya dan keluarga

    • 2 Februari 2023 - (13:33 WIB)
      Permalink

      Telpon cs BRI memerlukan pulsa yg tidak sedikit klo dari postingan ganjal aj masa ATM tertelan bisa ke debet

      9
      1
      • 3 Februari 2023 - (07:16 WIB)
        Permalink

        Selalu saja BRI,dan setiap keluhan gk pernah ada solusi yg melegakan.tidak ada tindakan.saldo sy juga pernah di bobol 2.300.000.saat sy dtg ke kantor cbg,membuat laporan dan permohonan untuk memblokir nmr rek yg bobol uang sy,tpi jwban bikin kecewA,katanya tidak bisa blokir tanpa prmintaan yg punya rekening

      • 3 Februari 2023 - (08:11 WIB)
        Permalink

        Klau modus ganjal atm udh pasti kena, apalagi ts sempat input pin, y benar cs nya cek cctv biar ketauan, stelah ys keluar mesin atm siapa yg transaksi dan ambil uang tsb.

    • 3 Februari 2023 - (14:51 WIB)
      Permalink

      Kata kata seharusnya atau seandainya itu ga berguna sama sekali… Mana tau mba ini akan begini kejadiannya.. Dan kejadian nya pun menurut saya cepet bgt.
      Harusnya BRI segera kembalikan uang mba ini, ga masuk akal klo atm ilang, mgkn human error, tp klo tertelan dan uangnya ilang, kira kira siapa yg bs bikin begini?.. Bagi org yg sangat butuh uang ini berarti skli. Kasian, sdh tertimpa musibah, malah disalahin..
      Buat pelajaran aja, klo ambil uang di atm, cari atm yg ada satpamnya, atau ke atm kantor bank nya langsung logika nya lebih aman.

      4
      2
      • 4 Februari 2023 - (05:24 WIB)
        Permalink

        Masuk akal klo mmg langsung diambil pelaku ketika mbaknya meninggalkan atm. Klo langsung dibayarkan bank, bisa2 dikemudian hari modusnya pura2 atm tertelan, trs komplotannya ambil uang trs klaim ke bank uangnya hilang.. mbo ya berpikir jauh lah

  • 2 Februari 2023 - (08:24 WIB)
    Permalink

    Biasanya yg begini modusnya suka ada yg nyaranin masukin PIN pas ATM ketelen tau-taunya kartu ATMnya dituker, makanya bisa ada transaksi. Lebih baik cek aja CCTVnya nder, kalo yakin benar mah, jadi punya bukti yg Valid..

  • 2 Februari 2023 - (08:54 WIB)
    Permalink

    paling bener habis ketelen tetep berdiri didepan atm nya dan langsung blokir kartunya baru ke kantor cabang

    ya transaksi tersebut normal dan saldo mungkin gak akan kembali

    lain waktu semoga kita semua lebih hati2 dan jangan panik untuk apa yang harus dilakukan pertama kali kalau atm ketelen mesin

    • 2 Februari 2023 - (14:28 WIB)
      Permalink

      kalau atm BRI ketelan mesin , bukanya langsung terblokir otomatis oleh system ya
      pengalaman dulu ketika atm ketelan mesin status atm otomatis keblokir.

  • 2 Februari 2023 - (08:59 WIB)
    Permalink

    Waktu ambil atm pasti ada seseorang di belakang yg mantau. Dan mulut atm telah diganjal sesuatu jd sbenarnya keluar hanya terganjal. Harusnya tungguin aja disitu sampai atm tertelan otomatis stlah beberapa waktu. Itu harusnya uang kembali karna ada pembobolan dengan pengganjalan mesin. Biasanya bank cek cctvnya

  • 2 Februari 2023 - (09:06 WIB)
    Permalink

    ATM Anda bukan tertelan, tp ada yg mengganjal kalau kejadiannya seperti itu.
    Setelah anda keluar dr ATM, pelaku dengan leluasa menggasak isi saldo anda.

    Perjuangkan aja ke bank, walau sepertinya memang sulit.
    Saran pentingnya, ganti bank aja .. not recommended bank ini.

    29
  • 2 Februari 2023 - (09:08 WIB)
    Permalink

    Kenapa harus cek cctv karna hasil pengecekan BRI uang berhasil diambil, utk menyangah itu butuh bukti cctv gak ada pilihan lain

  • 2 Februari 2023 - (09:13 WIB)
    Permalink

    Kalau dugaan saya sih itu ATM sudah diganjal skimmer, kartu tertelan alat itu, dan PIN sudah di-capture, ya sudah bablas dah itu duit. Hari gini lebih aman tarik tunai cardless, kalau BRI pakai BRIMO bisa. Masalahnya kebanyakan nasabah apalagi di pedesaan masih mengandalkan kartu ATM dan belum tentu punya smartphone. Serba salah sih, punya kartu ATM rawan penipuan, nggak punya juga kalau mau ambil duit susah.

    • 2 Februari 2023 - (11:15 WIB)
      Permalink

      Bener tu,,salahnya lagi,penulis kemudian masukkan no pin,,pdhl andai ga dimasukin no pin kayaknya duit nya bakal selamat

  • 2 Februari 2023 - (11:39 WIB)
    Permalink

    Saran saja nih Bu, klo bisa pake internet banking/mbanking untk mencegah klo misalnya kartu ATM tertelan bisa lgsg blokir via internet banking/mbanking, apalagi klo misalnya tidak ada pulsa utk menelpon ke call center, stlh blokir tinggal ke kantor cabang agar bisa dibantu untk dibuatkan kartu ATM yg baru. semoga masalahnya cepat selesai ya, Bu

    • 3 Februari 2023 - (05:46 WIB)
      Permalink

      Masalah klasik seperti ini aja kebobolan, apalagi disuruh pake m-banking, tambah parah nanti. Ya… Yg harus di syukuri itu untungnya saldo hanya ratusan ribu, meskipun itu nominal besar bagi penulis.
      Semoga masalahnya cepat terselesaikan.

  • 2 Februari 2023 - (12:00 WIB)
    Permalink

    pd saat anda memasukan nomor pin itulah sindikat penipu melihatnya via camera yg berada dekat sana. pd saat anda pergi dari atm itu, kartu nya diambil dan disikat deh. Perhatian buat semuanya, pd saat memasukan pin, tolong ditutupin pk tangan, jgn kira tak ada siapa2 lalu tak menutup tangan. ingat, kamera ada dimana2 yg bs mengintip anda

  • 2 Februari 2023 - (14:14 WIB)
    Permalink

    Fix korban skimming. Semoga dana yang hilang bisa kembali. TS ambil hikmahnya agar selalu waspada dan up-to-date. Jika musibah ini terjadi setelah TS banyak-banyak bersedekah, semoga diberikan rejeki tak disangka-sangka dari atas, bawah, kanan, kiri, depan, belakang.

  • 2 Februari 2023 - (14:30 WIB)
    Permalink

    Ikhlaskan Saja Uangnya Dunia Ini Lagi Nge-bug, Tidak Ada Yang Dapat Diperjuangkan Buang-Buang Waktu

    2
    2
    • 3 Februari 2023 - (05:01 WIB)
      Permalink

      kesalahan pada anda sendiri, sudah banyak kasus terkait BRI, masih percaya BRI, BRI hanya butuh biaya adm yang di pungut dan pengendapan sebagai pendapatan, berapapun kerugian nasabah dan segala permasalahan menjadi urusan nasabah, karena mayoritas karyawan BRI pun tidak yakin dengan keamanan sistemnya

  • 2 Februari 2023 - (17:05 WIB)
    Permalink

    Kartu diganjal terus biasa ada orng yang sok baik ngebantuin ibu nyuruh tekan ulang kode pin kmbali… Ibu pergi kartu yg di ganjal diambil posisi si orng yg sok baik itu udh tau kata sandi ibu… klau kejadian kyk gitu berati itu kesalahan ibu… soalnya kata sandi ataupun apapun itu emng harus dirahasiakan… klo kjdian kyk gitu mnding ibu lapor polisi tpi polisi gk bakalan mau toh nominal cmn sgitu… si polisi psti nunggu korban slnjutnya dg korban yg ruginy lbih dri jutaan

  • 2 Februari 2023 - (17:47 WIB)
    Permalink

    Nah jadi memang bener tuh kalo begitu ceritanya,kemungkinan besar ATMnya di ganjil jadinya kartunya macet, ,
    Biasanya modusnya gini:
    1. ATM susah masuk (krna udh d ganjel)
    2. Saat kita panik dtenglah tuh komplotan yg ngantri di belakang kita pura pura bantuin kartunya yg susah masuk
    3. Saat itulah kartu atmnya di tuker sama atm yg pelaku siapkan
    4. Kartu atm yg udh di tukar di seting supaya masuk
    5. Nah baru deh di suruh masukin pin
    6.biasanya org yg panik barusan ga waspada, baru deh masukin pin pdhl msih ada orang d belakang yg liatin
    7.karna atm beda, pinpun pasti salah, stlh bbrpa msukin kode pin akhirnya ketelen tuh kartu.
    8.saat korban pergi ke bank, baru deh pelaku gasak uangnya
    Biasanya begitu cara pelaku gasak uangnya, makanya di suruh buat cek CCTV .
    Btw, kemungkinan uangnya balik hampir mustahil ya hehe
    Selanjutnya harap hati hati saat masukin pin, jangan sampai ada orang yg liat.satpam aja kalo bantuin orang di mesin atm saat masukin pin, dia tutup mata karena itu udh jadi SOP dari bank

  • 2 Februari 2023 - (19:44 WIB)
    Permalink

    Senasib sama saya, saya malah saat kejadian saya menunggu lama di atm buat isi pulsa tlpon call center (sekalian ngasih tau yang lain jangan transaksi di mesin ini) krena merasa sudah saya blokir saya merasa aman. Ketika ada waktu luang saya baru ngurus atm dan eng ing eng syok dong saldi berkurang šŸ˜¢, saat ini sedang menunggu cctv tapi tak kunjung di telpon sama cs bri ktnya nanti di kabarin.. lelah hayati mau tutup akun aja nih BRI pelayanannya gak enak bgt

    • 3 Februari 2023 - (10:03 WIB)
      Permalink

      Kayaknya kena modus ganjal ATM, aku pernah dan udah tekan nominal juga lalu lapor security tapi 4 jam kemudian Saldo kembali lagi.

  • 3 Februari 2023 - (05:12 WIB)
    Permalink

    Untuk lebih aman kartu debit hanya untuk transaksi offline di merchant aja. Kalau tarik tunai pake card less aja.

    OH ya ATM not responding itu bukan berati Kartu Debit tertelan. Untuk lebih pastinya hub call center untuk blokir. Dan pastikan pulsa ada. Jangan sampai 0 juga bunda. Karena harga pulsa ga sebanding kalau dana raib. Ga akan ada solusi. Pasti nasabah dianggap lalai.

  • 3 Februari 2023 - (06:10 WIB)
    Permalink

    Saran saja, jika mau duit kembali tentu perlu effort besar. Saran saya buat surat laporan polisi, hal ini akan memaksa pihak bank untuk serius. Kalau hanya mengandalkan CS, mereka tidak melihat kejadian lapangan, apakah sudah ada skimming atau penipuan berbasis social engineering atau apalah. Hanya pada data dari mesin. Not more.. permintaan buka cctv ya harus ada surat laporan kepolisian. Jika mau effort besar ya.

    Kalau ga mau, tinggal ikhlaskan saja. Semoga mendapatkan yg lebih baik.

  • 3 Februari 2023 - (06:56 WIB)
    Permalink

    Blokir kartu kayaknya bisa dari aplikasi Brimo . .!?? Insyaallah bank lain juga sama . .!??

  • 3 Februari 2023 - (09:23 WIB)
    Permalink

    Terima kasih utk semua saran dan kritik kawanĀ².
    Ini jd pembelajaran buat saya.

    Terima kasih n salut jg utk pihak BRI Royal yaitu Pak Joko dan Manager BRI Tangerang Pak Rizki beserta tim yg telah memberikan respon cepat tanggap dg mendatangi rumah saya kemarin sore dan memberikan penjelasan mengenai adanya vandalisme di mesin ATM berupa pengganjalan mulut mesin ATM .
    Pihak BRI berjanji akan memberikan informasi perkembangan penelusuran CCTV kepada saya.
    Serta memberikan edukasi tentang BRImo dimana ada fitur penarikan dan penyetoran baik di mesin ATM maupun di teller tanpa menggunakan kartu ATM cukup dengan BRImo, sehingga mencegah terjadinya kejahatan di mesin ATM .
    Maklumlah ,selama ini saya menggunakan BRImo hanya utk cek transferan.

    Semoga ke depannya tdk ada lg yg mengalami kejadian serupa.
    Dan semoga para pelaku segera diberi hidayah utk mencari rezeki dg cara yg halal.
    Aamiin.
    Terima kasih semuanyašŸ™šŸ™šŸ™

  • 3 Februari 2023 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Kalo bri, mau narik duit mending di atm yg ada di kantor bank. lebih aman daripada amsyong begini

  • 4 Februari 2023 - (05:55 WIB)
    Permalink

    Saran saja buat semua
    Lain kali narik uang menggunakan ATM di agen BRIlink saja bu lebih aman, menggunakan mesin EDC anti skimm dan ATM tertelan
    Lokasi Putri Cell agen bank tidak jauh dari tempat tersebut, disamping terminal Poris Plawad
    Semoga narik ATM di agen bank bisa jadikan solusi aman tarik dan transfer uang

  • 23 Februari 2023 - (20:12 WIB)
    Permalink

    Saya dri tangsel mengalami hal sama tapi kartu tidak tertelan ambil uang dAtm gak kluar saldo berkurang sudah datengin 2 kantor bank bri blm ada balasan semoga gak kya kasus yg lain,smga bri cpt tanganin krna kejadian kan di atm bri gak berbelit”hingga 20 hri

 Apa Komentar Anda mengenai ATM BRI?

Ada 42 komentar sampai saat ini..

Kartu ATM BRI Tertelan, Saldo Raib

oleh Susi Lusiana dibaca dalam: 1 menit
42