Surat Pembaca

Kecepatan Internet Biznet Tidak Sesuai dengan yang Dijanjikan

Biarlah hasil test yang berbicara perihal kualitas layanan Biznet. Seperti yang tertera di gambar-gambar di bawah, inilah speed yang saya dapat dari Biznet, untuk berlangganan yang seharusnya dapat 80 Mbps. Sangat jauh di bawah speed yang dijanjikan.

Koneksi speedtest Biznet ke Biznet
Koneksi speedtest Biznet ke Singtel Singapore
Koneksi speedtest Biznet ke Los Angeles

Kalau mau lihat hasil speed test-nya langsung dari laman speed test.net juga bisa dilihat di: https://www.speedtest.net/result/14277275566

Yang lebih heboh lagi, sewaktu kontak support via chat, mereka alih-alih membantu, cuma bisa cari-cari alasan untuk tidak membantu. Alasan-alasan yang dipakai selalu:

  1. Terlalu banyak devices terkoneksi ke modem. Padahal dari sebelum masalah ini ada, jumlah devices yang terkoneksi tidak berubah sama sekali. Sewaktu awal-awal 6 bulan pertama kontrak, dengan jumlah devices yang sama terkoneksi ke modem, saya bisa dapat speed antara 60-80 Mbps ke Speedtest server di Los Angeles. Jadi alasan-alasan di atas untuk saya sekadar “Cheap Escape” untuk tidak membantu konsumen.
  2. Speed yang kami janjikan hanya “Up to“. REALLY?? Kalau speed yang dijanjikan 80 Mbps dan yang saya dapat minimal 50 Mbps, saya TIDAK akan komplain. Itu ah permainan up-to. Tapi kalau cuma bisa dapat 0.37 Mbps, SIAPAPUN akan ketawa kalau di bilang itu up-to. Apakah Biznet sedemikian bobroknya sampai harus pakai alasan itu?

Nomor ID pelanggan saya; 1100000302077. Yang jelas, kontrak tinggal 3 bulan lagi dan Biznet terang-terangan bilang TIDAK mau kembalikan uang yang sudah dibayar di muka untuk 12 bulan. Ini mau usaha atau mau menipu di negeri ini? Memang paket Indihome lebih mahal, tapi setidaknya kalau ada masalah mereka benar-benar take care sampai ke akar-akarnya. Karena mereka peduli dan tidak mau makan uang anak bangsa dengan cara penipuan macam begini.

Mohon bantuan pihak terkait untuk menegur perusahaan ini supaya bisa berbisnis dengan fair. Dan tolong pakai teknisi chat dan telepon yang benar-benar mengerti IT, karena ini adalah perusahaan Internet Service Provider. Bukan sekadar lulusan SMA/SMK yang tidak pernah belajar IT, lalu disuruh baca scripted text untuk bantu konsumen yang bermasalah dengan service mereka.

Nurjanah
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Biznet untuk Surat Pembaca Ibu Nurjanah

Menanggapi surat pembaca yang disampaikan oleh Ibu Nurjanah pada tanggal 2 Februari 2023 melalui portal www.mediakonsumen.com yang berjudul “Kecepatan Internet...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Koneksi drop (terutama Upload Speed) tiap jam tertentu ini gimana yak, bahkan teknisinya jg bingung. Butuh bgt upload speed buat live stream, tapi malah di jam2 bagus buat streaming (Jam 18-21 WIB) selalu koneksinya drop, dan lucunya selalu normal mulai jam 10 malam.
    Diluar jam tertentu itu aman2 aja koneksinya,ya meskipun kadang jg mulai jam 4 sore sampe jam 10 malem jg pernah drop gabisa ngapa2in, nonton youtube aja buffer dan lucunya terjadi di tempat saya aja, saya tanya teknisi saya kira lagi down ternyata ngga
    Dikiranya server OBSnya lah apa lah
    Sudah dicoba pake PC lain, kabel lain, streaming software lain bahkan platform streaming lain juga
    Speedtest Ookla jg kurang akurat, dispeedtest tinggi bgt, kenyataannya buat streaming aja bitrate cmn 1000 Kbps wkwk.

  • wifi lemottt jaringan selalu lambat buka whatsapp saja tidak bisa padahal selalu bayar bulanan tidak pernah lewat dari tanggal, saat di komplain hanya menjwab akan segera di perbaiki tapi nyata nya tidak di perbaiki, saya terus terusan komplain tapi tidak ada jawaban hanya di jawan sekali saja itupun sudah berapa bulan yang lalu benar benar sudah jaringan lemot layanan tidak memuaskan saya menyesal berlangganan wifi dengan biznet