Saran dan Masukan Buat Kantor Pos

Dear Pos Indonesia yang menjadi kebanggaan,

Sebetulnya saya berulang kali menerima paket dari luar negeri dan akhir akhir ini entah kenapa kalau via Kantor Pos agak lama.

Kronologi: Saya menerima kiriman dari instansi di luar negeri dan instansi tsb mengestimasi nahwa kiriman akan sampai dalam 10-14 hari kerja. Kiriman dikirimkan tgl 28 Desember 2022. Namun kenyataannya sampai tgl 11 Februari 2023 paket tersebut belum dikirim. Walhasil saya meminta untuk dikirim ulang dan dari yang bersangkutan dalam ini instansi HSBC UK memastikan bahwa kiriman akan sampai dalam 10- 14 hari yang seharusnya 25 Februari 2023 sudah ditrrima, namun kenyataannya lain.

Saya pun berinisiatif menghubingi CS Pos Indonesia baik DM instagram, WA maupun secara face to face ke Kantor Pos terdekat di mana dalam hal ini Kantor Pos Pusat Magelang. Namun jawabannya beda semua! Sesuai SS terlampir dalam wa diestimasi bahwa akan diterima up to 2 bulan dan sesuai estimasi di dm-nya instagram pun beda.

Lagi-lagi ketika bertanya di Kantor Pos-nya langsung suruh nunggu estimasi sama 2 minggu dari pengiriman. Ketika saya bertanya apakah tidak bisa di-trace by name by address layaknya pengiriman yang lain ternyata tidak?

Padahal pengalaman tahun 2009 yang lalu saya menerima paket dari luar negeri pun bisa di-trace by name by address kenapa ini menjadi suatu kemunduran? Ketika Kantor Pos menerapkan supply chain management sudah seharusnya memudahkan bukan merepotkan. Terlebih di era teknologi seperti ini. Dan sekali lagi no referensi yang ditanyakan itu no ref dari Pos Indonesia bukan dari luar dalam hal ini bukankan no ref mengacu pada data kiriman?

Sekali lagi buat Pos Indonesia mohon infrastruktur teknologinya lebih dibenahi

Terima kasih

Wahyu Nugroho
Magelang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Saran dan Masukan Buat Kantor Pos

  • 28 Februari 2023 - (22:59 WIB)
    Permalink

    “Ketika saya bertanya apakah tidak bisa di-trace by name by address layaknya pengiriman yang lain ternyata tidak?”

    Maaf pak emang rata rata tidak bisa cek paket hanya berdasarkan by name by addres mungkin suatu kemunduran sih lebih tepatnya menurut saya keamanan juga. karena pasti untuk tracking dibutuhkan nomor resi.

    Semoga paketnya cepet sampai pak.

  • 1 Maret 2023 - (02:17 WIB)
    Permalink

    Harusnya anda tanya nomer resinya dr pengirim, baru bisa di lacak. Tidak bisa dilacak menggunakan nama dan alamat. Jasa kirim manapun juga tdk bisa. Tapi kalau kirimnya masih pakai perangko ya sama sekali tdk bs dilacak. Dan itu sangat lama, bisa berbulan-bulan.

  • 1 Maret 2023 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Kiriman pake prangko ya pasti lama bos. Itu bukan registered airmail, gimana caranya mau ditrack. Ini TS komplain gak pake mikir juga.
    Pake prangko ya kaya balik ke jaman batu, elu tungguin aja gausah minta banyak.

  • 1 Maret 2023 - (23:13 WIB)
    Permalink

    Mengharapkan pos Indonesia berubah? Sepertinya sih gak mungkin tapi bila terjadi itu hal yang luar biasa sekali, sebab jika mereka berubah, apalagi dari dulu pasti expedisi yang lain tidak akan bisa sebesar sekarang sebab pos Indonesia itu adalah rajanya ekspedisi

  • 1 Maret 2023 - (23:52 WIB)
    Permalink

    Dari HSBC UK itu ada dokumentasi surat keluar. Nah tanya no resi pengiriman tsb pasti ada dan terinput di kantor pos awal dia kirim. Mustahil kalau gak ada karena semua international mail service harus terintegrasi dalam satu sistem database dan bisa di trace. Kalau gak salah aturan tersebut sejak tahun 2000’an awal.

    Kecuali, karyawan HSBC UK nya ini ogah-ogahan nyari ya lain cerita.

  • 2 Maret 2023 - (06:22 WIB)
    Permalink

    Kamu minta pos Indonesia berubah lebih maju dengan bisa track by name by address tapi sendirinya masih pake pengiriman perangko.
    Udah 2023 loh, kirim pake perangko, ngarep cepet dan bisa di tracking pula.
    Astaga.

  • 2 Maret 2023 - (09:04 WIB)
    Permalink

    Dijawab sama tukang pos “Lah itu kirimnya pake perangko langganan…..” Ya jelas aja lama masih pake perangko. Itu biaya murah mau cepat. Ke singapur pake ems aja hampir 200rb itu 1 minggu. Yg ini dari UK bayar brp?

    • 2 Maret 2023 - (19:44 WIB)
      Permalink

      Royal Mail itu bos lumayan mahal, wkwkwk, dikira perangko biasa. Susah kalo kiriman tidak tercatat resi, gimana track nya, paling ya nunggu nyampe bisa 1-2 bulan.

 Apa Komentar Anda?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Saran dan Masukan Buat Kantor Pos

oleh Budi dibaca dalam: 1 menit
14