Surat Pembaca

Masalah Garansi Pengembalian Produk di Official Store Shopee

Halo para pengguna aplikasi e-commerce, agar lebih hati-hati lagi dalam menggunakan Shopee, terkait garansi pengembalian produk untuk para pengguna Shopee. Saya beli handphone Xiaomi Poco M5S di Xiaomi Official Store Shopee. Namun saat saya terima, produk tidak berfungsi, “stuck” di logo Poco. Kemudian saya mengajukan pengembalian barang dan dana.

Saya mengikuti semua prosesnya, sampai saya kirim barangnya ke warehouse Shopee dan menunggu prosesnya beberapa hari. Setelah menunggu proses, pengajuan saya ditolak dengan alasan produk dikirim dalam keadaan segel dan pembeli harus ke service center-nya.

Terus buat apa ada masa garansi Shopee dan mengikuti prosesnya yang berhari-hari (bahkan sampai semingguan lebih), kalau ujungnya kita sendiri ke service center? Berarti masa garansi Shopee cuma pembohongan untuk para pembeli. Hati-hati ya para pengguna atau yang sering belanja di Shopee. Lebih baik stop menggunakan Shopee deh, daripada “tertipu” nantinya.

Gumilang Surya Ramadhan
Yogyakarta, D.I. Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Permasalahan seperti ini kalau selalu bilang beli offline aja kapan maju dunia transaksi online di Indonesia kalau pembeli juga sudah sesuai S&K tapi dipersulit dan tidak diurus oleh marketplace Shopee. Kalau Shopee seperti itu nnti bisa kayak JD ID trs banyak PHK kembali.

    • Gak ada hubungannya dunia transaksi maju atau tidaknya dengan adanya toko offline, apa dg ada nya internet hidup TS maju... Maju kemana bro.... Msh stuk dikamar rmh mas bro liat layar hp sambil online scrool2 layar kiri kanan / atas bawah kah bisa dibilang maju gak gaptek.........kah..... Brook....

      ni dasar TS nya mungkin mau nya pas di SC Xiaomi minta langsung ganti unit, pdhal di SC ganti unit baru hrs nunggu 3-7hari,

      Di SC xiaomi jika beli brg online dan ada kendala apa lagi beli di official store nya xiaomi atau merchant yg jual resmi brg xiaomi Indonesia pasti dilayani dg penuh suka cita, saya aja dah sering keluar masuk SC xiaomi sampai hapal semua karyawan SC xiaomi dikota saya, entah saya klaim hp yg msh garansi yg saya jual dilapak saya online/offline atau hp yg saya jual ke konsumen saya dlm keadaan bekas tp garansi masih aktif tetep dilayani kok yg penting hp resmi. IMEI mesin dicek masuk dlm database xiaomi Indonesia

      • Silahkan kak tanya aja kalau product cacat jika mau pengajuan minta DAPnya dari pihak penjual. Dan disini saya menitik beratkan ke Shopeenya yang lepas tangan dan tidak mau bertanggung jawab

      • Saya gak masalah kalau nunggu 3-7 hari kerja tapi ini dari SC Xiaominya harus kepihak Shopee dulu. Trs pihak Shopee malah melempar ke Xiaominya padahal saya sudah mengajukan pengembalian barang dan dana malah ditolak

    • Idih, idih, omongannya ngelantur kmna2. Segelintir org yg beli offline ga ngaruh sama maju tidaknya ecomerce di negara ini

  • Pihak Shopeenya aja yg gak jelas. jelas2 ada masa garansi Shopee saya mengajukan pengembalian barang dan dana di masa garansinya bukan lewat masa garansinya malah ditolak. Terus saya tanyakan kalau barang cacat dan tidak bisa digunakan saya komplain kesiapa?

    • PENGALAMAN SAYA MEMANG LEBIH NYAMAN BELI DI TOKOPEDIA, DARI HAPE SAMPE DENGAN LAPTOP BAHKAN ADA YANG HARGANYA DI ATAS 11 JUTAAN DITERIMA TIDAK SESUAI SEMUANYA SAYA MINTA BALIKIN REFUND DANA TANPA ADA KENDALA SAMA SEKALI CS TOKOPEDIA MENYELESAIKAN DENGAN BAIK KARENA MEMANG HARUS SEPERTI ITU AGAR KEPERCAYAAN BERBELANJA ONLINE BISA TERUS TERJAGA.
      UNTUK KASUS ANDA SEBENARNYA INGIN REFUND DANA ATAU TUKAR PRODUK BARU YANG NORMAL BERFUNGSI. JIKA MEMANG REFUND DANA PASTINYA SC XIAOMI HANYA BISA MELAYANI TUKAR UNIT BARU, JADI CS SHOPEE YANG SUDAH MELANGGAR TOS JIKA PERMINTAAN REFUND DANA MALAH DIPINGPONG KE SC XIAOMI!

    • PENGALAMAN SAYA MEMANG LEBIH NYAMAN BELI DI TOKOPEDIA, DARI HAPE SAMPE DENGAN LAPTOP BAHKAN ADA YANG HARGANYA DI ATAS 11 JUTAAN DITERIMA TIDAK SESUAI SEMUANYA SAYA MINTA BALIKIN REFUND DANA TANPA ADA KENDALA SAMA SEKALI CS TOKOPEDIA MENYELESAIKAN DENGAN BAIK KARENA MEMANG HARUS SEPERTI ITU AGAR KEPERCAYAAN BERBELANJA ONLINE BISA TERUS TERJAGA.
      UNTUK KASUS ANDA SEBENARNYA INGIN REFUND DANA ATAU TUKAR PRODUK BARU YANG NORMAL BERFUNGSI. JIKA MEMANG REFUND DANA PASTINYA SC XIAOMI HANYA BISA MELAYANI TUKAR UNIT BARU, JADI CS SHOPEE YANG SUDAH MELANGGAR TOS JIKA PERMINTAAN REFUND DANA MALAH DIPINGPONG KE SC XIAOMI!

      • Sebelumnya saya mengajukan pengembalian barang dan dana saya tadinya nunggu gimana dari pihak Shopeenya malah pengajuan saya ditolak dan dan diteruskan kepenjual disini xiaomi official pihak shopee sendiri yang mengelola katanya silahkan ke SC xiaomi untuk garansinya. Dari pihak Xiaominya malah disuruh pihak penjual yg melakukan pengajuan trs. Disini regulasinya yg aneh kalau misal dari pihak Xiaomi bisa ganti unit saya bakal nunggu mau 3-7 hari kerja pun tidak masalah. masalahnya pihak xiaomi ditolak trs masa garansi shopee juga ditolak.

  • Beli online/offline klo ada kendala dgn produk ya ke SC. Bukan hanya shopee spt itu, bukan hanya xiaomi jg, apalgi produk tersegel; itu yg mrk dapatkan dr pabrik atau distributor. Quality control di pabrik bukan di toko lg, makannya selalu diarahkan ke SC.

    Anda bisa complain ketika cek garansi toko yg ternyata sudah aktif sblm anda membeli & mengaktifkan dgn internet, krn ada istilah "repack", dan repack blm tentu sudah aktif, biasanya kerjaan sales ambil kartu garansi sbgai poin penjualan (biasanya merek vivo, oppo, realme, kadang xiaomi). Sptnya semua merek sudah bs cek online

    • Saya pernah beli hp sharp zero 2 baru di tokopedia nama tokonya Evi_electronic, paketnya saya videokan dari waktu kurir kasih ke saya paketnya sampai paketnya saya buka dan saya mainkan hpnya selama kurang lebih 1 jam, saya kendalakan barang yang diterima saat dicas presentase baterai tidak bertambah namun malah berkurang. Penjual tolak pengajuan pengembalian barang dan infokan barang yang dikirim merupakan barang segel. Setelah beradu argumen di pusat resolusi tokopedia, pihak tim tokopedia care memutuskan retur refund. Alhamdulilaah uang saya dikembalikan setelah barang sampai ke penjual. waktu saya kirim hpnya ke penjual saya video kan juga dari saya bungkus sampai paketnya saya berikan ke kurir untuk hati hati jika penjual komplain lagi.
      ini bukti video buka paketnya https://youtu.be/7HnoHEbOnEM
      Kemudian penjual malah menyimpan nomor hp saya dengan nama penipu tokopedia setelah saya cek di aplikasi getcontact, padahal saya gak nipu.
      Pengalaman saya kalau layanan pembeli soal retur paket memang tokopedia lebih baik dibanding shopee. Tetapi harus ada video buka paketnya kalau tidak ada maka tim tokopedia akan memenangkan pihak penjual.

  • Udah ya kak tolong baca komen2 saya. Saya sudah ke SC Xiaominya tapi gak bisa ganti unit baru padahal barang sampai gak berfungsi ada video unboxingnya. Kalau mau ganti unit baru harus ke pihal Shopeenya pengajuannya. Ini pihak Shopee seperti lepas tangan untung saya protes terus2an kepihal Shopeenya. Disini saya sangat kecewa buat apa masa garansi Shopee kalau emang tidak bisa digunakan

    • Hmmm, saya engga pernah beli HP di Shopee. Tapi di Tokopedia belinya. Posisi segel, saya buka, tidak bisa nyala. Karena masih dalam transaksi Tokopedia. Saya tanyakan ke Seller. Dan dikembalikan ke Seller, terus diganti unit baru.

      Terakhir monitor led juga sama. Itu pun diretur malah karena dua kali kedapatan cacat produksi. Semuanya juga segel.

      Aneh sih ya. Kalau Shopee, ane pernah kendala di barang yang rusak, hancur engga berbentuk. Tapi akhirnya disuruh kirim ke penjual, dan bukti unboxing juga dikirim. Ujung2nya uangnya di retur. Itu pun di segel juga. FYI yang saya beli thermos sih.

      • Harusnya kan gtu ya kak diajuin kepihak marketplacenya kalau shopee malah suruh ke SC xiaominya dan dri SC xiaominya malah suruh penjual yang mengajukan jadi disini saya dipersulit

  • Pernah punya pengalaman terkait produk Xiaomi Mi 11T. Beli baru dan masih segel di offical store bl****, pemakaian sehari, baterainya drop parah, bahkan disimpan (standby) ketika kerja saja, langsung habis. Dibawa ke CS terdekat, dan menurut CS nya, karena pembelian masih dibawah 14 hari kerja, bisa request tukar unit baru, lalu dibuatkan surat rekomendasi penggantian unit baru yang dikeluarkan oleh CS Xiaomi. Lalu dikirim kembali ke bl**** untuk permintaan penggantian unit, mesti sedikit debat, tapi karena ada surat rekomendasi langsung yang dikeluarkan oleh Xiaomi, akhirnya di ganti unit baru oleh store-nya. Mesti masalah tsb masih berulang, akhirnya request penggantian baterai saja, dan sampai skr hape tsb masih okeh digunakan.
    Jadi sepertinya yang mengeluarkan request ganti unit itu harus dari CS dulu, baru dikirimkan ke store Shopee, dgn catatan harus masih dalam hitungan 14 hari kerja dari pembelian.
    Untuk TS coba ganti CS deh, karena request ganti baterai untuk hp tsb saja tidak dilayani dan terkesan ribet di CS Bekasi, tapi pas di cs lain yang lebih kecil malah dilayanin.

  • Saya pernah beli hp sharp zero 2 baru di tokopedia nama tokonya Evi_electronic, paketnya saya videokan dari waktu kurir kasih ke saya paketnya sampai paketnya saya buka dan saya mainkan hpnya selama kurang lebih 1 jam, saya kendalakan barang yang diterima saat dicas presentase baterai tidak bertambah namun malah berkurang. Penjual tolak pengajuan pengembalian barang dan infokan barang yang dikirim merupakan barang segel. Setelah beradu argumen di pusat resolusi tokopedia, pihak tim tokopedia care memutuskan retur refund. Alhamdulilaah uang saya dikembalikan setelah barang sampai ke penjual. waktu saya kirim hpnya ke penjual saya video kan juga dari saya bungkus sampai paketnya saya berikan ke kurir untuk hati hati jika penjual komplain lagi.
    ini bukti video buka paketnya https://youtu.be/7HnoHEbOnEM
    Kemudian penjual malah menyimpan nomor hp saya dengan nama penipu tokopedia setelah saya cek di aplikasi getcontact, padahal saya gak nipu.
    Pengalaman saya kalau layanan pembeli soal retur paket memang tokopedia lebih baik dibanding shopee. Tetapi harus ada video buka paketnya kalau tidak ada maka tim tokopedia akan memenangkan pihak penjual.

  • Kenapa gak coba infinix aja mas, saya sudah kapok dengan xiaomi, pengalaman saya dengan poco x3 pro yang hanya mengandalkan chipset tapi layar nya burik , kurang tajam, tidak bening, speaker stereo nya yang suaranya sangat kecil dan user interface dan user experience pada mi ui juga sangat tidak enak dipandang. Beda dengan infinix dengan harga 2.5 juta udah dapat layar bening dan speker steronya juga bagus. Ui nya juga lebih enak dipandang. Dan xiaomi juga ada iklan di dalam hpnya, kacau benar itu hp. Sampai sekarang saya gak beli lagi hp xiaomi.

  • Terima kasih pembaca semuanya kendala saya sudah selesai pihak Shopee telah memberikan jawaban kalau dana sana akan dikembalikan dan pihak Shopee telah meminta maaf dan sayapun meminta maaf terhadap Shopee karena konten saya dimedia konsumen ini. Terima kasih buat Shopee sudah mau membantu kendala konsumennya. Maaf sebelumnya terhadap pembaca jika jadi pembeli yang sudah melakukan tanggung jawabnya silakan bisa melakukan komplen juga dan jadi pembeli yang cerdas. Untuk Shopee bisa ditingkatkan pelayanan CSnya baik dari CS konsumen atau werehouse biar tidak terjadi lagi hal seperti ini.

    • Ini yang komen pada kurang baca apa kurang faham ya? TS sama sekali ngga salah. Dia beli di Official store Xiaomi, nah shope nya yang salah, udah tau beli di Official store bukan toko biasa, masa suruh bawa ke SC lagi?? Jelas aja SC nya liat yang jual official store, berarti yang harus retur ya si official store nya dong buat klaim cacat pabrik. Beda kasus kalo penjual perorangan atau toko non official store.. maka barang yang sudah di beli klaim nya langsung ke SC.. anggap barang seken

  • TS beli di official store. Sialnya, official store harus replace barang defect. Bukan berarti si pembeli yg harus dioper ke SC.
    Judulnya OFFICIAL STORE. Dia punya banyak buffer stock atau retur. Toh dia punya link ke prinsipal. Gak masalah itu.
    Kecuali official abal-abal, nah ini lain cerita.

    Beda halnya kalau penjual online biasa tp dia jual resmi. Nah ini solusinya emang harus ke SC. Karena si penjual ini stoknya pun terbatas dan ga punya link ke prinsipal. Saya jamin.

    Nah kalau toko offline yang emang punya persediaan barang, setelah menuliskan faktur pasti membuka kemasan dan mengetes di depan konsumen. Apabila defect, maka staf toko akan mengganti dengan yang baru. Mustahil misalnya sudah membuka kemasan di depan konsumen dan rusak lalu konsumennya disuruh langsung ke SC, yang ada tokonya bisa dilaporkan ke polisi.