Masalah Garansi Pengembalian Produk di Official Store Shopee

Halo para pengguna aplikasi e-commerce, agar lebih hati-hati lagi dalam menggunakan Shopee, terkait garansi pengembalian produk untuk para pengguna Shopee. Saya beli handphone Xiaomi Poco M5S di Xiaomi Official Store Shopee. Namun saat saya terima, produk tidak berfungsi, “stuck” di logo Poco. Kemudian saya mengajukan pengembalian barang dan dana.

Saya mengikuti semua prosesnya, sampai saya kirim barangnya ke warehouse Shopee dan menunggu prosesnya beberapa hari. Setelah menunggu proses, pengajuan saya ditolak dengan alasan produk dikirim dalam keadaan segel dan pembeli harus ke service center-nya.

Terus buat apa ada masa garansi Shopee dan mengikuti prosesnya yang berhari-hari (bahkan sampai semingguan lebih), kalau ujungnya kita sendiri ke service center? Berarti masa garansi Shopee cuma pembohongan untuk para pembeli. Hati-hati ya para pengguna atau yang sering belanja di Shopee. Lebih baik stop menggunakan Shopee deh, daripada “tertipu” nantinya.

Gumilang Surya Ramadhan
Yogyakarta, D.I. Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Garansi Pengembalian Produk Shopee:
[Total:34    Rata-Rata: 3.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

51 komentar untuk “Masalah Garansi Pengembalian Produk di Official Store Shopee

  • 14 Maret 2023 - (08:17 WIB)
    Permalink

    kayanya garansi pengembalian produk lebih ke batal beli atau berubah pikiran tanpa merusak/membuka segel

    kalau segel udah dibuka mau gak mau ya klaim garansi

    salah satu resiko beli produk online sih

    • 14 Maret 2023 - (12:47 WIB)
      Permalink

      Berarti Kakak gak tahu ya masa garansi Shopee itu apa. Please kak jadi pembeli yang smart

      • 14 Maret 2023 - (17:30 WIB)
        Permalink

        Emang bgtu kalau beli hp di shope kecuali anda beli bukan official mungkin berlaku garansi shope šŸ¤”

  • 14 Maret 2023 - (09:24 WIB)
    Permalink

    ke xiaomi service center aja kl memang ngestuck di logo, pasti ditukar baru kok. asal ada bukti pembelian, box hp, aksesoris msh lengkap.

  • 14 Maret 2023 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Tampaknya TS tidak membaca S&K garansi pengembalian produknya.

    #indonesiadaruratmembaca

  • 14 Maret 2023 - (12:25 WIB)
    Permalink

    Kak masa garansi Shopee untuk konsumen jika tidak menerima barang yang tidak berfungsi, Tidak lengkap, tidak sesuai dengan yang dijual dan sebagainya coba deh kalau kakak pake Shopee bisa dibaca apa itu masa garansi Shopee. Saya sudah diservice center Xiaomi dan malah dibalikin ke Shopeenya jadi pihak Shopee tidak mau tanggung jawab dan Xiaomi pun melempar lagi ke Shopee. Jadi please disini saya hanya memberitahukan ke konsumen yang lain jadi konsumen yang tahu mana hak dan kewajibannya

    3
    1
  • 14 Maret 2023 - (12:31 WIB)
    Permalink

    Shopee jualan barang baru, kamu balikin dalam keadaan udah buka lepas segel dus ya jatohnya itu barang second / bekas lah, bukan baru lagi.
    Beli hape baru di konter juga mana bisa dibalikin kalau udah buka segel dus.
    Ngaco juga orang ini. Ada-ada aja.

    2
    1
    • 14 Maret 2023 - (12:35 WIB)
      Permalink

      Terus kalau pas diunboxing barang tidak berfungsi apa kita gak bisa protes belum dipake sudah rusak. Please jadi pembeli yang pintar kak jangan jadi pembeli yang bodoh. Saya pun beli langsung buat video unboxingnya gak sembarangan. Dan saya klaim masa garansi dimasa garansi Shopeenya. Silakan kakaknya saya doakan jika beli barang seperti saya menerima barang yg belum dipake sudah rusak

      2
      3
      • 14 Maret 2023 - (14:12 WIB)
        Permalink

        Enak banget lu bro. Beli hape baru, rusak, minta balikin ke yang jual. Paling kalau lu beli dikonter kelakuan kek gitu, ditoyor kepalanya sama yang jual.

        2
        4
        • 14 Maret 2023 - (14:37 WIB)
          Permalink

          LU KOMENTAR MAIN NGATAIN AJA. CERDAS SEDIKIT LAH, DI SINI PEMBELI MINTA HAKNYA SESUAI JANJI KLAIM SHOPPEE JIKA BARANG DITERIMA KONDISI RUSAK MAKA PEMBELI BERHAK UNTUK TUKAR BARANG BARU YANG NORMAL ATAU JIKA TIDAK LAGI PERCAYA BISA DIBALIKIN.
          SEKARANG MISALNYA LU BELI DI COUNTER HAPE TERUS PAS DIBUKA HAPE TERNYATA RUSAK TIDAK BERFUNGSI NORMAL, APA LU MAU UNTUK DIPAKSA TETAP BAYAR DAN HAPE DIBAWA KE SERVICE CENTER UNTUK DIPERBAIKI, TERUS KALAU LU GAK MAU KEPALA LU DITOYOR SAMA YANG JUAL!

          9
          2
          • 14 Maret 2023 - (14:54 WIB)
            Permalink

            Cobain aja, beli hape baru di konter, rusak, minta balikin. Kalau ditolak, nanti kepala lu yang gue toyor! šŸ‘

        • 14 Maret 2023 - (15:17 WIB)
          Permalink

          di komentar pembelinya dengan sangat jelas..menjelaskan kalau SC Xiaomi minta pembeli untuk mengajukan ke yg jual produk apabila pembeli menginginkan penukaran unit baru (dalam hal ini shopee yg menjadi jembatan antara penjual dan pembeli seperti lepas bertanggung jawab) kalau memang bertanggung jawab seharusnya gak di puter2 gitu ga sih, nyusahin yg beli aja, disini pun tempat untuk konsumen ya jd tolong yg ngerasa di posisi yg jual ya seharusnya yg amanah sih.. masa barang reject gak bisa berfungsi masih dijual, mirisnya lagi kesalahan pembukaan segel di limpahkan ke pembeli, dan dengan barang yg sudah dibeli gak bisa berfungsi inipun, parahnya pembeli dibuat muter muter dan kebingungan harus kemana.. dzolim sama orang itu dosa ya.. istighfar..

          8
          2
        • 15 Maret 2023 - (02:52 WIB)
          Permalink

          Lah ini orang gimana deh. Ya klo beli di counter hp pas dibuka rusak ya kita gamau beli lah. Knp kita yg ditoyor. Tujuan beli di counter kn biar bisa komplain lsg klo2 ada masalah pas buka. Biasa juga penjualnya kok yg buka trus di setting2 sama mrk Hadehhh logika nya gmn deh

    • 14 Maret 2023 - (16:15 WIB)
      Permalink

      klw di lazmall mau segel utuh gak utuh asal cacat pabrik retur beres gak ada kendala gw retur sampai 3Ɨ tetap beres klw blanja di Shopee beli yg receh 2 aja klw udh jutaan mending toko hijau atau lazmall btw ente jgn suka ngejek sama orang yg kena musibah nanti klw giliran ente yg ngalamin baru rasa di ejek orang maka nya ente pake nama fake biar gak ketahuan pas kena musibah nyinyir di MK wkwkwk

  • 14 Maret 2023 - (12:32 WIB)
    Permalink

    Permasalahannya dari pihak service center Xiaomi meminta DAP dari pihak penjual padahal disini Shopee mall yang mengurusinya ya Shopee sendiri dan saya sebagai pembeli dibuat ribet dan pusing karena dilempar sana sini jika ingin diganti unit baru. Product saya beli langsung diShopeemall yang memang 100% persen barang katanya original tapi pas saya terima dan unboxing barangnya tidak berfungsi normal.

    • 15 Maret 2023 - (11:23 WIB)
      Permalink

      Resiko beli barang elektronik via online ya begini pada lepas tanggung jawab.harusnya pihak servis center harus bisa terima itu barang komplen tanpa harus tanya beli di mananya kecuali barang recondisi

  • 14 Maret 2023 - (12:40 WIB)
    Permalink

    Parah itu agen chat cs shopee info cacat fisik pabrik manufacture ke servis center. Ini kita beli langsung ke Xiaomi official yang berati jual barang baru fresh lulus Quality control tanpa cacat baik itu cacat bawaan dari pengiriman atau cacat bawaan dari pabrik/manufacture. Kalau beli dari toko ga jelas bukan official yang jual barang second atau refubrish ya itu tidak diberikan garansi pengembalian produk. Contoh pengalaman Saya beli di lazada tv Hisense layar black ada suara saya ajukan pengembalian dana dan barang langsung direspon disuruh kirim balik barang ke gudang lazada dan dana dikembalikan langsung ke akun pembayaran awal saya. Kejar terus jangan mau dibodohi. Masukan untuk shopee jangan mempersulit konsumen kalau barang sudah dikembalikan ke gudang shopee.

    2
    1
    • 14 Maret 2023 - (12:45 WIB)
      Permalink

      Iya kak sudah saya kembalikan ke werehouse Shopeenya malah ditolak suruh ke Service Centernya. Trs ke service center ditolak katanya pengembalian hanya bisa dilakukan oleh penjualnya dan saya kirim lagi dong kewere house shopeenya saya juga tahu kalau yg saya lakukan sudah benar dan sesuai aturan Shopeenya. Cuma CS Shopee atau Shopeenya gak bertanggung jawab

  • 14 Maret 2023 - (12:42 WIB)
    Permalink

    Jika memang harus ke Service center Xiaominya kenapa pihak servicenya bilang harus kepenjual dulu baru diproses. Ini saya sudah mengajukan pengembalian barang dan dana malah ditolak dan CS Shopee sendiri tidak bisa menjawab hanya bilang baik akan kami tanyakan ke team terkait dan akan diproses gtu aja. Wong S&Knya aja saya sudah sesuai rule yg ditetapin sama Shopeenya sendiri

  • 14 Maret 2023 - (12:49 WIB)
    Permalink

    Marketplace (dan seller) hanya meng-cover masalah terkait proses jual-beli dan pengiriman. Ini sebenarnya sama saja kalau beli offline, jika hape terkendala maka akan dirujuk ke SC. Bedanya beli offline barang bisa dibuka dan di tes fungsionalitas dasar dahulu sebelum bayar, jika bermasalah maka kewajiban toko untuk klaim tukar unit.

    Untuk TS kedepannya sebaiknya beli offline saja kalau belum memahami betul mekanisme belanja online. Semoga segera dapat penggantian Poco M5S dari SCā€”dan tidak usah dipakai untuk belanja online. šŸ‘¹

  • 14 Maret 2023 - (13:03 WIB)
    Permalink

    Permasalahan seperti ini kalau selalu bilang beli offline aja kapan maju dunia transaksi online di Indonesia kalau pembeli juga sudah sesuai S&K tapi dipersulit dan tidak diurus oleh marketplace Shopee. Kalau Shopee seperti itu nnti bisa kayak JD ID trs banyak PHK kembali.

    • 14 Maret 2023 - (13:37 WIB)
      Permalink

      Gak ada hubungannya dunia transaksi maju atau tidaknya dengan adanya toko offline, apa dg ada nya internet hidup TS maju… Maju kemana bro…. Msh stuk dikamar rmh mas bro liat layar hp sambil online scrool2 layar kiri kanan / atas bawah kah bisa dibilang maju gak gaptek………kah….. Brook….

      ni dasar TS nya mungkin mau nya pas di SC Xiaomi minta langsung ganti unit, pdhal di SC ganti unit baru hrs nunggu 3-7hari,

      Di SC xiaomi jika beli brg online dan ada kendala apa lagi beli di official store nya xiaomi atau merchant yg jual resmi brg xiaomi Indonesia pasti dilayani dg penuh suka cita, saya aja dah sering keluar masuk SC xiaomi sampai hapal semua karyawan SC xiaomi dikota saya, entah saya klaim hp yg msh garansi yg saya jual dilapak saya online/offline atau hp yg saya jual ke konsumen saya dlm keadaan bekas tp garansi masih aktif tetep dilayani kok yg penting hp resmi. IMEI mesin dicek masuk dlm database xiaomi Indonesia

      1
      1
      • 14 Maret 2023 - (13:44 WIB)
        Permalink

        Silahkan kak tanya aja kalau product cacat jika mau pengajuan minta DAPnya dari pihak penjual. Dan disini saya menitik beratkan ke Shopeenya yang lepas tangan dan tidak mau bertanggung jawab

      • 14 Maret 2023 - (13:46 WIB)
        Permalink

        Saya gak masalah kalau nunggu 3-7 hari kerja tapi ini dari SC Xiaominya harus kepihak Shopee dulu. Trs pihak Shopee malah melempar ke Xiaominya padahal saya sudah mengajukan pengembalian barang dan dana malah ditolak

    • 15 Maret 2023 - (01:04 WIB)
      Permalink

      Idih, idih, omongannya ngelantur kmna2. Segelintir org yg beli offline ga ngaruh sama maju tidaknya ecomerce di negara ini

  • 14 Maret 2023 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Pihak Shopeenya aja yg gak jelas. jelas2 ada masa garansi Shopee saya mengajukan pengembalian barang dan dana di masa garansinya bukan lewat masa garansinya malah ditolak. Terus saya tanyakan kalau barang cacat dan tidak bisa digunakan saya komplain kesiapa?

    • 14 Maret 2023 - (14:50 WIB)
      Permalink

      PENGALAMAN SAYA MEMANG LEBIH NYAMAN BELI DI TOKOPEDIA, DARI HAPE SAMPE DENGAN LAPTOP BAHKAN ADA YANG HARGANYA DI ATAS 11 JUTAAN DITERIMA TIDAK SESUAI SEMUANYA SAYA MINTA BALIKIN REFUND DANA TANPA ADA KENDALA SAMA SEKALI CS TOKOPEDIA MENYELESAIKAN DENGAN BAIK KARENA MEMANG HARUS SEPERTI ITU AGAR KEPERCAYAAN BERBELANJA ONLINE BISA TERUS TERJAGA.
      UNTUK KASUS ANDA SEBENARNYA INGIN REFUND DANA ATAU TUKAR PRODUK BARU YANG NORMAL BERFUNGSI. JIKA MEMANG REFUND DANA PASTINYA SC XIAOMI HANYA BISA MELAYANI TUKAR UNIT BARU, JADI CS SHOPEE YANG SUDAH MELANGGAR TOS JIKA PERMINTAAN REFUND DANA MALAH DIPINGPONG KE SC XIAOMI!

      2
      2
    • 14 Maret 2023 - (14:55 WIB)
      Permalink

      PENGALAMAN SAYA MEMANG LEBIH NYAMAN BELI DI TOKOPEDIA, DARI HAPE SAMPE DENGAN LAPTOP BAHKAN ADA YANG HARGANYA DI ATAS 11 JUTAAN DITERIMA TIDAK SESUAI SEMUANYA SAYA MINTA BALIKIN REFUND DANA TANPA ADA KENDALA SAMA SEKALI CS TOKOPEDIA MENYELESAIKAN DENGAN BAIK KARENA MEMANG HARUS SEPERTI ITU AGAR KEPERCAYAAN BERBELANJA ONLINE BISA TERUS TERJAGA.
      UNTUK KASUS ANDA SEBENARNYA INGIN REFUND DANA ATAU TUKAR PRODUK BARU YANG NORMAL BERFUNGSI. JIKA MEMANG REFUND DANA PASTINYA SC XIAOMI HANYA BISA MELAYANI TUKAR UNIT BARU, JADI CS SHOPEE YANG SUDAH MELANGGAR TOS JIKA PERMINTAAN REFUND DANA MALAH DIPINGPONG KE SC XIAOMI!

      2
      1
      • 14 Maret 2023 - (16:25 WIB)
        Permalink

        Sebelumnya saya mengajukan pengembalian barang dan dana saya tadinya nunggu gimana dari pihak Shopeenya malah pengajuan saya ditolak dan dan diteruskan kepenjual disini xiaomi official pihak shopee sendiri yang mengelola katanya silahkan ke SC xiaomi untuk garansinya. Dari pihak Xiaominya malah disuruh pihak penjual yg melakukan pengajuan trs. Disini regulasinya yg aneh kalau misal dari pihak Xiaomi bisa ganti unit saya bakal nunggu mau 3-7 hari kerja pun tidak masalah. masalahnya pihak xiaomi ditolak trs masa garansi shopee juga ditolak.

  • 14 Maret 2023 - (13:56 WIB)
    Permalink

    Beli online/offline klo ada kendala dgn produk ya ke SC. Bukan hanya shopee spt itu, bukan hanya xiaomi jg, apalgi produk tersegel; itu yg mrk dapatkan dr pabrik atau distributor. Quality control di pabrik bukan di toko lg, makannya selalu diarahkan ke SC.

    Anda bisa complain ketika cek garansi toko yg ternyata sudah aktif sblm anda membeli & mengaktifkan dgn internet, krn ada istilah “repack”, dan repack blm tentu sudah aktif, biasanya kerjaan sales ambil kartu garansi sbgai poin penjualan (biasanya merek vivo, oppo, realme, kadang xiaomi). Sptnya semua merek sudah bs cek online

    • 14 Maret 2023 - (15:06 WIB)
      Permalink

      Saya pernah beli hp sharp zero 2 baru di tokopedia nama tokonya Evi_electronic, paketnya saya videokan dari waktu kurir kasih ke saya paketnya sampai paketnya saya buka dan saya mainkan hpnya selama kurang lebih 1 jam, saya kendalakan barang yang diterima saat dicas presentase baterai tidak bertambah namun malah berkurang. Penjual tolak pengajuan pengembalian barang dan infokan barang yang dikirim merupakan barang segel. Setelah beradu argumen di pusat resolusi tokopedia, pihak tim tokopedia care memutuskan retur refund. Alhamdulilaah uang saya dikembalikan setelah barang sampai ke penjual. waktu saya kirim hpnya ke penjual saya video kan juga dari saya bungkus sampai paketnya saya berikan ke kurir untuk hati hati jika penjual komplain lagi.
      ini bukti video buka paketnya https://youtu.be/7HnoHEbOnEM
      Kemudian penjual malah menyimpan nomor hp saya dengan nama penipu tokopedia setelah saya cek di aplikasi getcontact, padahal saya gak nipu.
      Pengalaman saya kalau layanan pembeli soal retur paket memang tokopedia lebih baik dibanding shopee. Tetapi harus ada video buka paketnya kalau tidak ada maka tim tokopedia akan memenangkan pihak penjual.

  • 14 Maret 2023 - (14:04 WIB)
    Permalink

    Udah ya kak tolong baca komen2 saya. Saya sudah ke SC Xiaominya tapi gak bisa ganti unit baru padahal barang sampai gak berfungsi ada video unboxingnya. Kalau mau ganti unit baru harus ke pihal Shopeenya pengajuannya. Ini pihak Shopee seperti lepas tangan untung saya protes terus2an kepihal Shopeenya. Disini saya sangat kecewa buat apa masa garansi Shopee kalau emang tidak bisa digunakan

    • 14 Maret 2023 - (14:31 WIB)
      Permalink

      Hmmm, saya engga pernah beli HP di Shopee. Tapi di Tokopedia belinya. Posisi segel, saya buka, tidak bisa nyala. Karena masih dalam transaksi Tokopedia. Saya tanyakan ke Seller. Dan dikembalikan ke Seller, terus diganti unit baru.

      Terakhir monitor led juga sama. Itu pun diretur malah karena dua kali kedapatan cacat produksi. Semuanya juga segel.

      Aneh sih ya. Kalau Shopee, ane pernah kendala di barang yang rusak, hancur engga berbentuk. Tapi akhirnya disuruh kirim ke penjual, dan bukti unboxing juga dikirim. Ujung2nya uangnya di retur. Itu pun di segel juga. FYI yang saya beli thermos sih.

      • 14 Maret 2023 - (14:38 WIB)
        Permalink

        Harusnya kan gtu ya kak diajuin kepihak marketplacenya kalau shopee malah suruh ke SC xiaominya dan dri SC xiaominya malah suruh penjual yang mengajukan jadi disini saya dipersulit

  • 14 Maret 2023 - (14:38 WIB)
    Permalink

    Pernah punya pengalaman terkait produk Xiaomi Mi 11T. Beli baru dan masih segel di offical store bl****, pemakaian sehari, baterainya drop parah, bahkan disimpan (standby) ketika kerja saja, langsung habis. Dibawa ke CS terdekat, dan menurut CS nya, karena pembelian masih dibawah 14 hari kerja, bisa request tukar unit baru, lalu dibuatkan surat rekomendasi penggantian unit baru yang dikeluarkan oleh CS Xiaomi. Lalu dikirim kembali ke bl**** untuk permintaan penggantian unit, mesti sedikit debat, tapi karena ada surat rekomendasi langsung yang dikeluarkan oleh Xiaomi, akhirnya di ganti unit baru oleh store-nya. Mesti masalah tsb masih berulang, akhirnya request penggantian baterai saja, dan sampai skr hape tsb masih okeh digunakan.
    Jadi sepertinya yang mengeluarkan request ganti unit itu harus dari CS dulu, baru dikirimkan ke store Shopee, dgn catatan harus masih dalam hitungan 14 hari kerja dari pembelian.
    Untuk TS coba ganti CS deh, karena request ganti baterai untuk hp tsb saja tidak dilayani dan terkesan ribet di CS Bekasi, tapi pas di cs lain yang lebih kecil malah dilayanin.

  • 14 Maret 2023 - (15:03 WIB)
    Permalink

    Saya pernah beli hp sharp zero 2 baru di tokopedia nama tokonya Evi_electronic, paketnya saya videokan dari waktu kurir kasih ke saya paketnya sampai paketnya saya buka dan saya mainkan hpnya selama kurang lebih 1 jam, saya kendalakan barang yang diterima saat dicas presentase baterai tidak bertambah namun malah berkurang. Penjual tolak pengajuan pengembalian barang dan infokan barang yang dikirim merupakan barang segel. Setelah beradu argumen di pusat resolusi tokopedia, pihak tim tokopedia care memutuskan retur refund. Alhamdulilaah uang saya dikembalikan setelah barang sampai ke penjual. waktu saya kirim hpnya ke penjual saya video kan juga dari saya bungkus sampai paketnya saya berikan ke kurir untuk hati hati jika penjual komplain lagi.
    ini bukti video buka paketnya https://youtu.be/7HnoHEbOnEM
    Kemudian penjual malah menyimpan nomor hp saya dengan nama penipu tokopedia setelah saya cek di aplikasi getcontact, padahal saya gak nipu.
    Pengalaman saya kalau layanan pembeli soal retur paket memang tokopedia lebih baik dibanding shopee. Tetapi harus ada video buka paketnya kalau tidak ada maka tim tokopedia akan memenangkan pihak penjual.

  • 14 Maret 2023 - (15:23 WIB)
    Permalink

    Kenapa gak coba infinix aja mas, saya sudah kapok dengan xiaomi, pengalaman saya dengan poco x3 pro yang hanya mengandalkan chipset tapi layar nya burik , kurang tajam, tidak bening, speaker stereo nya yang suaranya sangat kecil dan user interface dan user experience pada mi ui juga sangat tidak enak dipandang. Beda dengan infinix dengan harga 2.5 juta udah dapat layar bening dan speker steronya juga bagus. Ui nya juga lebih enak dipandang. Dan xiaomi juga ada iklan di dalam hpnya, kacau benar itu hp. Sampai sekarang saya gak beli lagi hp xiaomi.

  • 14 Maret 2023 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Terima kasih pembaca semuanya kendala saya sudah selesai pihak Shopee telah memberikan jawaban kalau dana sana akan dikembalikan dan pihak Shopee telah meminta maaf dan sayapun meminta maaf terhadap Shopee karena konten saya dimedia konsumen ini. Terima kasih buat Shopee sudah mau membantu kendala konsumennya. Maaf sebelumnya terhadap pembaca jika jadi pembeli yang sudah melakukan tanggung jawabnya silakan bisa melakukan komplen juga dan jadi pembeli yang cerdas. Untuk Shopee bisa ditingkatkan pelayanan CSnya baik dari CS konsumen atau werehouse biar tidak terjadi lagi hal seperti ini.

    1
    2
    • 14 Maret 2023 - (17:52 WIB)
      Permalink

      Ini yang komen pada kurang baca apa kurang faham ya? TS sama sekali ngga salah. Dia beli di Official store Xiaomi, nah shope nya yang salah, udah tau beli di Official store bukan toko biasa, masa suruh bawa ke SC lagi?? Jelas aja SC nya liat yang jual official store, berarti yang harus retur ya si official store nya dong buat klaim cacat pabrik. Beda kasus kalo penjual perorangan atau toko non official store.. maka barang yang sudah di beli klaim nya langsung ke SC.. anggap barang seken

  • 14 Maret 2023 - (19:36 WIB)
    Permalink

    TS beli di official store. Sialnya, official store harus replace barang defect. Bukan berarti si pembeli yg harus dioper ke SC.
    Judulnya OFFICIAL STORE. Dia punya banyak buffer stock atau retur. Toh dia punya link ke prinsipal. Gak masalah itu.
    Kecuali official abal-abal, nah ini lain cerita.

    Beda halnya kalau penjual online biasa tp dia jual resmi. Nah ini solusinya emang harus ke SC. Karena si penjual ini stoknya pun terbatas dan ga punya link ke prinsipal. Saya jamin.

    Nah kalau toko offline yang emang punya persediaan barang, setelah menuliskan faktur pasti membuka kemasan dan mengetes di depan konsumen. Apabila defect, maka staf toko akan mengganti dengan yang baru. Mustahil misalnya sudah membuka kemasan di depan konsumen dan rusak lalu konsumennya disuruh langsung ke SC, yang ada tokonya bisa dilaporkan ke polisi.

  • 14 Maret 2023 - (19:42 WIB)
    Permalink

    Sopemall kebiasaan harus di up MK dulu baru tanggung jwb semoga kejadian seperti ini tdk ada lagi jgn mau untung doang tp after sales juga ditingkatkan

  • 14 Maret 2023 - (19:50 WIB)
    Permalink

    Pihak Shopee sudah mau bertanggung jawab dan dana saya mau dikembalikan dengan proses 5 hari kerja. Semoga Shopee ditingkatkan lagi pelayanannya. Saya bukan mau memalukan diri sendiri atau pihak Shopee tapi mengsuarakan hak saya karena saya sudah memberikan kewajiban saya.

    • 14 Maret 2023 - (20:05 WIB)
      Permalink

      Pada inti nya ini kelalaian tim Shopee dalam bekerja, ayodong para petinggi Shopee turun gunung cekin semua tuh tim yg lalai, ganti kalau perlu.

      Gak sayangg Shopee bangun dari 0 sampai masuk asia, masa jatuh karna kelalaian para tim / pekerja nya.

  • 15 Maret 2023 - (06:47 WIB)
    Permalink

    Yah sopi,percuma km kasih garansi kayak gt pi sopi. Cb beli di konter, pasti langsung diganti baru. Ga ada ceritanya beli di konter ,trus pas unboxing trus gak di ganti. Apalagi ampe di tonyo kepalanya. Fix sopi mau lepas tangan

  • 16 Maret 2023 - (13:04 WIB)
    Permalink

    Gwa pernah juga kaya gini, beli yang ada garansi ori dikirim barang KW, gwa klaim garansinya , susah bener syarat klaimnya di minta banyak bukti dari unboxing dan membandingkan dengan yang ORI, nih shoope bangsat tanggapannya pake robot dan d suruh kirim barang ke gudang shoppe untuk d periksa, nunggu semingguan lebih eh barang d balikin k gwa dan dana d cairkan langsung k penjual, asli dah shoppe gwa gak bakal pakai lu lagi

  • 19 Maret 2023 - (07:34 WIB)
    Permalink

    Klo transaksi elektronik dari 5 tahun ga pernah pakai shopee, apalagi nominal diatas 500k, krn ya begini klo ada masalah,

    Dulu saya beli nokia 2jtaan di toped saya minta penjual buka segel dulu utk cek fungsi dan kelengkapan dan form garansi diisi oleh seller, datang Alhamdulillah aman

    Buat pembelajaran konsumen yg lain

 Apa Komentar Anda mengenai Garansi Pengembalian Produk Shopee?

Ada 51 komentar sampai saat ini..

Masalah Garansi Pengembalian Produk di Official Store Shopee

oleh Gumilang dibaca dalam: 1 menit
51