Surat Pembaca

Pesanan di Blibli Dibatalkan oleh Hisense Indonesia karena Salah Harga

Terima kasih kepada Media Konsumen dan rekan-rekan yang budiman. Izinkan saya menyampaikan perihal keanehan yang ada. Tidak masalah namanya orang bisa berbuat kesalahan, dalam hal ini konteksnya adalah admin dari pihak Hisense jika mau dikatakan demikian, yang mencantumkan harga barang TV. Saya sudah bayar pesanan di Blibli, tapi kemudian dibatalkan karena dikatakan salah harga.

Pertama saya di-chat oleh admin Hisense Official, katanya kesalahan dari Blibli (chat terlampir). Saya komplain ke Blibli, dikatakan admin Hisense yang salah. Singkat cerita saya ditawarkan kompensasi dari Hisense untuk menebus TV saya yang saya dapatkan hanya seharga Rp348.000 (+ ongkir jadi Rp376.100), menjadi Rp2.499.000. Kalau demikian, apa bedanya dengan langsung membeli sendiri tanpa harga spesial?

Seharusnya sekelas Hisense yang merupakan brand besar dan ini official store, bisa mengakomodir dengan tetap mengirimkan barang yang dibeli. Soal selisih harga, seharusnya itu jadi kewajiban kalian sebagai official store, entah mau ambil budget dari mana untuk menutup selisih harga. Ya asal jangan mengorbankan karyawan juga karena bagaimana pun karyawan bekerja kepada perusahaan Anda.

Dari pihak Blibli, setelah telepon dan WA, memberikan kompensasi sebesar Rp20.000 (20 ribu rupiah) dan naik terus terakhir di angka Rp50.000 (50 ribu rupiah). Wow bukan? Saya juga tidak mau menerima vouchernya, karena saya tidak setuju, kasus saya dengan nomor: 1413300232, Blibli bisa cek.

Kalau semua marketplace (di mana tempat bernaung para vendor baik yang official maupun yang UMKM), hanya kemudian “say sorry and that’s enough”, hmmm so weird.

Saya pengguna Blibli level tertinggi, dan so far memang ditangani. Walaupun untuk ditangani ketika komplain tidaklah harus menjadi tertinggi dahulu, karena jargon mereka “Karena kamu nomor 1”, hasilnya ya kompensasi Rp50 ribu tertingginya,

Semua rekaman pembicaraan di Blibli dapat diputar ulang kok, karena semua direkam. Saya hanya minta be fair lah, baik Blibli maupun Hisense. Di sini saya bukan ngotot karena ingin punya Smart TV, bukan itu (di rumah sudah ada). Dalam hal ini saya sebagai konsumen dan kita semua juga sama, kalau kita mendapat kesempatan harga baik kenapa tidak diambil.

Thats all, thanks Media Konsumen, dan rekan pembaca yang budiman.

Stephen Arthadana
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat Tanggapan Pesanan di Blibli Dibatalkan oleh Hisense Indonesia karena Salah Harga

Menanggapi surat keluhan pembelian smart tv yang dikirimkan Bapak Stephen Arthadana Prasetya, yang diunggah di halaman Media Konsumen 17 Maret,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Sekelas Indomaret saja kalau salah harga mereka tetap kasih lo.
    Memang kecil nilainya, tapi justru nilainya kecil ini sering terjadi salah harga dan mereka tetap tanggung jawab.
    Yang agak lucu adalah harga barang itu beda jauh dengan harga asli, dan harga tertera juga tidak mirip angkanya dengan harga asli. Jadi aneh kalau disebut salah harga.
    Saya curiga ini sebuah kesengajaan untuk menaikkan view toko, intinya mereka mau promosi gratis tanpa biaya, cara curang ini yang di pakai.

  • Saya dukung TS. Biar jadi pembelajaran buat Seller2 yg mau PROMOSI tapi nggak mau keluar biaya. Sekelas OFFICIAL STORE kok "SALAH HARGA" . Kasus seperti ini bukan hanya sekali 2 kali terjadi... "SALAH HARGA" itu saat keadaan normal... Kalau saat hari -hari tertentu/Khusus atau jam-jam tertentu/saat Flash sale, itu bukan salah harga namanya... Tapi SENGAJA biar traffic view-nya naik!!! Apa ini bukan artinya PENIPUAN???

      • tau darimana anda bukan flash sale ?
        produk itu masuk list flash sale di halaman pertama blibli.

        di blibli semua juga baru gak ada bekas

          • sebentar.
            sepertinya pengertian FLASH SALE saya dan anda berbeda.
            FLASH SALE menurut saya > barang2 yang masuk list flash sale di menu blibli.

            gak peduli NEW ARRIVAL atau bukan.

    • Sy juga pernah punya pengalaman serupa di blibli. Waktu itu sy membeli matepad 11+bundle huawei pen di official store huawei. Harga 6,7jt kalo g salah dimana harga normal 8,2jt. Waktu itu bukan flash sale, sy beli di halaman huawei lgsg dg promo Combo deal / bundle. Lewat 2 hari ga ada perkembangan sm pesanan, setelah sy chat baru mereka menanggapi kalo salah pasang harga bundle. Akhirya dibatalkan tanpa kompensasi apapun dr blibli ataupun huawei offcl store.

  • Mau official atau yg lain, klau harga flash deal ato harga di bawah 50% dri hrga normal, pasti bklan di batalkan, dgn alasan slh hrga ato brng habis dll.
    Itu semua juga terjadi hampir di semua toko e-commerce
    Pokoknya jgn berharap lebih??

  • Kalau memang bukan flash sale, ya mungkin karyawan salah masukkan harga..
    Kalau Flash Sale, penjual wajib kirim barangnya, WAJIB...!
    Mau cerita sedikit, sekitar 10 tahun lalu teman beli hp di kaskus,com Yaitu hp second Sony Ericsson Xperia Action, harga sangat murah .. Deal
    Barang dikirim, sampai, ternyata mulus, lengkap sama jam tangan pintar, jadi Saya bilang ketemuan, transferan lagi uang, sangat murah itu kasihan penjualnya.
    Akhirnya ditransfer tambahan uang oleh teman walau barang sdh ditangan.
    Jadi disini maksudnya selisih harga sedikit saja saya minta teman transfer tambah dikit, apalagi kalau salah harga yang sangatttt jauh hampir 90% dari harga TV Hisense tersebut.
    Kita harus beli barang yang baik dan jangan memaksa..., ibarat beli beras 1 karung 25kg harga sebenarnya 300rb, karena yang jaga anaknya, asal jual, misal 200rb, jangan langsung deal bayar dan kabur, tapi minta panggil Orang Tuanya dulu..,
    #Begitu.. ?

    • ya betul. Kalau di Tokped, untuk Flash Sale, seller tidak boleh menolak order. Ada pinalti. Untuk event seperti itu, seller mengajukan barang yang akan ikut event. Setelah lolos verifikasi oleh MP, masuk ke flash sale.

  • Org2 yg pikirannya bener pun pasti akan bertanya2 dgn harga spti itu, apalagi di official store, jauuuuh beda dari harga aslinya. Anda pasti tdk punya pikiran spti itu makanya ngotot sekali dgn kesalahan harga tsbt.

    • Maklum lah, udah ngarep pengen nambah TV dirumah, dapet harga murah, eh gak kesampean, akhirnya kesel sampe ke ubun-ubun, dilampiasin ke media konsumen, berharap barangnya tetep dikirim atau dikasih kompensasi gedean gitu loh. ?

  • padahal kalo dilihat lagi sebenernya masalah ini cuma masalah sepele, emang si buyer dirugikan apa? ngerasa ditipu? ditipu apa? kan uangnya juga dikembalikan sama pihak sellernya. dan dpt kompensasi juga dari pihak ecommerce kan? tp dia masih ngerasa dirugikan? haha aneh. kalaupun emang gak deal karna ada problem dalam proses jual belinya kan ya yaudah cari produk lainnya. sorry to say tp menurut saya terlalu lebay dari pihak buyernya dan untuk pihak seller dimohon lbh cermat dlm memasukkan harga.

  • INI KONTEKSNYA, SI PEMBELI GAK TAU INI DISKON ATAU SALAH HARGA...SEBAGAI PEMBELI TAUNYA BARANG YANG ADA DI ETALASE OFFICIAL STORE ITU SUDAH HARGA YG DIJUAL. DAN BARANG ITU UDAH TERBELI HARUSNYA PIHAK OFFICIAL STORE MENGIRIMNYA. JANGAN TIBA TIBA BILANG SALAH HARGA, LAH ITU KESALAHAN DI OFFICIAL STORENYA...MAKANYA SEBELUM INPUT HARGA DI KROSCEK BENER ATAU GAK, GILIRAN DIBELI ORANG AJA BILANG SALAH HARGA...SEKELAS OFFICIAL STORE KOK BEGITU,

  • Etika konsumen masih banyak yang minus. Kalo gue di posisi buyer, ketika tau seller salah input trus mereka mau cancel, yauda cancel aja. Toh udah ngabarin.

    Terlepas dari yang jual siapa dan besarnya nama brand kaya gimana, kalau ada kesalahan input gue bisa maklum. Karena mindset gue, "lebih baik sama2 untung daripada kelakuan gue ngerugiin orang. Kalau gue dirugiin, baru deh ribut."

    Masalah di sini, buyer ga rugi materil. Cuma baperan aja & ngerasa sok powerful. Gue saranin ke psikiater terdekat buat benerin penyakit jiwanya & bener2 banyak ibadah biar akhlak terawat dengan baik.