Pesanan di Blibli Dibatalkan oleh Hisense Indonesia karena Salah Harga

Terima kasih kepada Media Konsumen dan rekan-rekan yang budiman. Izinkan saya menyampaikan perihal keanehan yang ada. Tidak masalah namanya orang bisa berbuat kesalahan, dalam hal ini konteksnya adalah admin dari pihak Hisense jika mau dikatakan demikian, yang mencantumkan harga barang TV. Saya sudah bayar pesanan di Blibli, tapi kemudian dibatalkan karena dikatakan salah harga.

Pertama saya di-chat oleh admin Hisense Official, katanya kesalahan dari Blibli (chat terlampir). Saya komplain ke Blibli, dikatakan admin Hisense yang salah. Singkat cerita saya ditawarkan kompensasi dari Hisense untuk menebus TV saya yang saya dapatkan hanya seharga Rp348.000 (+ ongkir jadi Rp376.100), menjadi Rp2.499.000. Kalau demikian, apa bedanya dengan langsung membeli sendiri tanpa harga spesial?

Seharusnya sekelas Hisense yang merupakan brand besar dan ini official store, bisa mengakomodir dengan tetap mengirimkan barang yang dibeli. Soal selisih harga, seharusnya itu jadi kewajiban kalian sebagai official store, entah mau ambil budget dari mana untuk menutup selisih harga. Ya asal jangan mengorbankan karyawan juga karena bagaimana pun karyawan bekerja kepada perusahaan Anda.

Dari pihak Blibli, setelah telepon dan WA, memberikan kompensasi sebesar Rp20.000 (20 ribu rupiah) dan naik terus terakhir di angka Rp50.000 (50 ribu rupiah). Wow bukan? Saya juga tidak mau menerima vouchernya, karena saya tidak setuju, kasus saya dengan nomor: 1413300232, Blibli bisa cek.

Kalau semua marketplace (di mana tempat bernaung para vendor baik yang official maupun yang UMKM), hanya kemudian “say sorry and that’s enough”, hmmm so weird.

Saya pengguna Blibli level tertinggi, dan so far memang ditangani. Walaupun untuk ditangani ketika komplain tidaklah harus menjadi tertinggi dahulu, karena jargon mereka “Karena kamu nomor 1”, hasilnya ya kompensasi Rp50 ribu tertingginya,

Semua rekaman pembicaraan di Blibli dapat diputar ulang kok, karena semua direkam. Saya hanya minta be fair lah, baik Blibli maupun Hisense. Di sini saya bukan ngotot karena ingin punya Smart TV, bukan itu (di rumah sudah ada). Dalam hal ini saya sebagai konsumen dan kita semua juga sama, kalau kita mendapat kesempatan harga baik kenapa tidak diambil.

Thats all, thanks Media Konsumen, dan rekan pembaca yang budiman.

Stephen Arthadana
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Blibli:
[Total:73    Rata-Rata: 2.4/5]
Surat Tanggapan Pesanan di Blibli Dibatalkan oleh Hisense Indonesia karena Salah Harga

Menanggapi surat keluhan pembelian smart tv yang dikirimkan Bapak Stephen Arthadana Prasetya, yang diunggah di halaman Media Konsumen 17 Maret,...
Baca Selengkapnya

70 komentar untuk “Pesanan di Blibli Dibatalkan oleh Hisense Indonesia karena Salah Harga

    • 18 Maret 2023 - (00:37 WIB)
      Permalink

      Pengguna Kartu kredit Tapi maunya murah. šŸ¤£

      Logika aja mana ada tv segitu. Masa gak terpikir oh ini kayaknya salah harga.

      7
      26
      • 18 Maret 2023 - (07:18 WIB)
        Permalink

        Kalau menurut sy bukan soal harga, ini masalah gmn official store dan marketplace bisa memberi solusi kepada kita konsumen, harga yg diberikan kalau sudah dibayar bukannya wajib dikirimkan barang yg sesuai ? Pendapat sy aja sih ini, biar store gak seenaknya say sorry dan selesai, konsumen yg loss

        24
        2
      • 18 Maret 2023 - (14:00 WIB)
        Permalink

        Ya elah pengen elit tapi dompet syulit, udah dibilang salah harga masih nggak terima, maunya tv smart 300rebong jiakahahah

        5
        13
      • 20 Maret 2023 - (10:17 WIB)
        Permalink

        Nih orang mental nya mental miskin, yg namannya konsumen itu raja. Jadi kalau kita berbelanja mau harganya 1 rupiah kek 100jt kek ga peduli, konsumen tetap raja.
        Asalkan sudah sesuai dengan terms and conditions yg berlaku kita berhak untuk mendapatkan dengan harga berapapun. Kalau misalnya secara sepihak dibatalkan begini, kita berhak juga lapor ke lembaga perlindungan konsumen. Ini fatal lho, either Blibli atau Hisense bisa mendapatkan sanksi yg berat. Sekali lagi wahai Zulfikar, baikan mentalmu, jangan terbiasa seperti orang yg bermental miskin. Konsumen itu RAJA.
        https://twitter.com/macikomalakoko/status/1637652403498680320?t=rbptjWTxoi0yQBLQEPYzfA&s=19

      • 20 Maret 2023 - (17:04 WIB)
        Permalink

        Jadi sebenernya yg miskin itu buyer atau seller nih kalau kasus kayak gini? wkwk ada2 aja šŸ˜‚

    • 18 Maret 2023 - (23:52 WIB)
      Permalink

      Apapun alasannya bukan mau belain buyer sih, mau alasan nya kesalahan pegawai, mau kesalahan system itu urusan seller. Terlalu sering yg pake alesan gini ujung2nya maaf kesalahan pegawai/baru mau update harga padahal official store lagi promo, cuman naekin rate dan traffic doang.

      4
      1
  • 17 Maret 2023 - (09:16 WIB)
    Permalink

    ada juga yg komplen kesini, sy jg waktu itu beli produk ini jad tak bayar hanya 3 pc saja nih buktinya https://ibb.co/gZbTJp6, selebihnya saya cancel karna pasti ini salah harga , harusnya bersyuukur dikasi kompensasi 50 rb , lah saya gak dapat apa2 sama sekali … bukan rezeki berarti bos.

    14
    24
    • 18 Maret 2023 - (06:41 WIB)
      Permalink

      Gak aneh gan official store emang suka gitu diskon 90% cuma buat naikin traffic, giliran ada yg beli dibatalkan sepihak (alasan klasik salah input harga), soalnya saya pernah alami di official store VYATTA Tokopedia & official store HanRiver Lazada.

      11
      1
      • 18 Maret 2023 - (20:31 WIB)
        Permalink

        ini mungkin bisa dilaporkan ke YLKI, setahu saya aturannya harga yg termurah itu yg menjadi patokan (kalo harga yg tertera lebih murah, maka harga tsb yg menjadi haknya konsumen, atau sebaliknya harga yg sebenarnya yg termurah itu juga yg menjadi haknya konsumen), terlepas dari yg katanya ada kesalahan harga, konsumen tidak mau tau masalah itu

        6
        1
      • 20 Maret 2023 - (01:31 WIB)
        Permalink

        Emg lg ada event ato promo discount kah ? Kalo ga ada event ato promo apa2 tp hrgnya miring banget kan logikanya sadar aja antara itu penipuan atau salah input hrg…
        Intinya bkn akan menjadi transaksi yg sehat sih..

      • 20 Maret 2023 - (09:28 WIB)
        Permalink

        Lapor aja ke YLKI atau Ditjen pktn nanti dibantu kok sama mereka. I’ve tried before:
        +62213451692
        0213441839
        0217971378
        085311111010
        Berikut nomor telepon dan WhatsApp nya, silahkan dicoba.

  • 17 Maret 2023 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Kalo ada salah2 harga, barang tetap dikirimkan, yg jelas karyawan nya harus tanggung selisih harganya. Bos mana mau tau, mana mau rugi, yg jelas2 kesalahan karyawan input harga. jgn terlalu ngotot lah. dpt kompensasi voucher 50rb aja udah bagus.

    20
    18
  • 17 Maret 2023 - (12:00 WIB)
    Permalink

    (Katanya) gak ngotot punya SMART TV karena udah punya dirumah.
    Tapi di akhir artikel kalau ada kesempatan dapet harga lebih baik (bilang aje pengen murah) kenapa tidak diambil.
    Ya ini sih bertolak belakang, apalagi sampai di up ke media konsumen.
    Jujur aja mas bro, ente masih berharap itu TV dikirim. Pake alesan udah ada SMART TV dirumah segala.

    46
    12
  • 17 Maret 2023 - (12:02 WIB)
    Permalink

    Yang komen pada sok tau. Disini si pembeli benar menuntut hak dia mendapatkan harga murah mau dikata kesalahan sistem ya urusan mereka disini pembeli kan hanya liat barang murah ya dibeli . Saya sangat setuju semoga segera ada solusi nya gan

    34
    15
    • 17 Maret 2023 - (12:59 WIB)
      Permalink

      salah, namanya proses jual beli kedua belah pihak harus tanpa dipaksa, ikhlas
      disini pihak penjual jelas tidak “ikhlas” memberi harga segitu so… gk ush ngotot deh, selamat anda kena prank toko hu

      mau toko itu official kek atau apa permainan gini udh sering, mau pke alasan salah input harga lah, klo emang bener alasannya itu, mentok2 ya cuma klikbait

      harusnya sih lebih ke bliblinya yg memberi hukuman berat ke toko jika ada masalah penolakan barang karena alasan kesalahan input harga/stok kosong dll, jaman udh canggih “masa harga aja bisa salah input, kok gk bisa tau stok udh kosong”
      gini karena jelas seperti false advertisement yg sangat merugikan calon pembeli

      19
      18
    • 18 Maret 2023 - (06:49 WIB)
      Permalink

      gak bisa vroh. Salah harga ya salah harga. Bukan menjadi hak buyer selama belum ada kesepakatan jual beli.

      8
      4
  • 17 Maret 2023 - (12:15 WIB)
    Permalink

    kl benar krn admin salah input harga, mudah2an selisihnya ngga dipotong dari gajinya, krn nilainya besar, mungkin bs 1 bulan gaji nya.
    sy jg pernah ngalamin hal itu, beli barang yg sy tau bagus tp harganya murah pake banget, setelah bayar, ngga lama dichat minta maaf katanya salah masukin harga. ya ud lha sy terima, sy hanya pesan utk lain kali lebih hati-hati. soalnya sy tau banyak perusahaan yg ga mau rugi, jd kl admin yg salah input maka gaji adminnya dipotong kl trjadi penjualan

    16
    3
    • 18 Maret 2023 - (07:42 WIB)
      Permalink

      Namanya human error, ya hrsnya tanya dulu sebelum transaksi, apa harga tertera itu benar? Klu mrk jawab benar, trussdh transaksi dibatalkan, nah itu baru aneh.

      4
      2
  • 17 Maret 2023 - (12:17 WIB)
    Permalink

    Kalau toko salah harga tapi ngga teliti dan terlanjur terkirim trus minta pembeli kirim balik atau mau diambil lagi, ya ngga bisa. Tapi selama belum dikirim, toko/penjual berhak membatalkan. Toh sistem nya utk pembatalan sudah ada konsekwensi nya, kena penalti dr pihak marketplace. Yg ngga bener itu dah salah harga, ngga mau batalin dr pihak toko malah minta pembeli yg batal. Intinya, kamu berhak kecewa… Tp pihak toko juga ada pertimbangan jika selisih terlalu jauh, ya akan pilih jalur batal…

    25
    4
  • 17 Maret 2023 - (12:50 WIB)
    Permalink

    Selama kejadian berada diwilayah hukum negara kita jangan harap konsumen akan diuntungkan, kalau dinegara maju jika transaksi sudah terjadi maka penjual wajib menyelesaikannya.

    7
    4
  • 17 Maret 2023 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Kemarin ada yg tulis macam gini tapi di Tokped Official Store. Kabar terakhir sih diganti.
    Dilema sih ya, benar seharusnya tetap dikirim ,ya itu tanggung jawab perusahaan. Di sisi lain kita juga mana tega mikir karyawannya di potong gaji. Yang salah siapa ? Ya pemerintah, tidak ada aturan yang jelas dalam hal dispute perdagangan online semacam ini.
    Dan memang benar kalau di negara maju mau salah harga ya tetap dihargai konsumennya, tetap dikirim. Yang input harga juga ga mungkin disuruh ganti, kalau dapat SP ya pasti. Disana misalkan kita belanja tidak sesuai dan penjualnya “mokong ” ga mau retur dll, kita bisa minta chargeback ke pihak bank kita melakukan pembayaran.Jadi balik duit kita full, ini kalau pakai CC yg disana hmpir 100% pakai metode pembayaran CC. Tentunya dgn melampirkan bukti terkait.
    Saya pernah tinggal hmpir 10 thn di Eropa.

    5
    1
    • 17 Maret 2023 - (17:58 WIB)
      Permalink

      Konsumen lawak
      Contoh manusa egois
      Contoh manusia kalo nemu dompet jatuh ga mau balikin ke pemiliknya

      11
      9
    • 17 Maret 2023 - (18:17 WIB)
      Permalink

      Jika ada peraturan dan pengawasan maka harga akan naik, kenapa? Karena yg mengawasi akan dibayar dan pengawas dapat juga menutup mata. Be realistic.

      1
      1
    • 18 Maret 2023 - (08:38 WIB)
      Permalink

      kok ada ya manusia ga tau malu kaya kau? mau dapat tv tapi seharga itu šŸ¤£
      makanya kerja bro biar kalau mau beli tinggal beli, ga usah komplen. jadi terlihat ***** kau hahaha.

      2
      4
  • 17 Maret 2023 - (14:16 WIB)
    Permalink

    Salah harga atau tidak, kewajiban Blibli ataupun Hisense untuk tetap mengirim barang yang dicantumkan. Karena telah terjadi Akad diawal.

    Bahkan ada S&K. Maka apabila barang tidak dikirim. Pihak Hisense dan Blibli bisa dijerat pasal dugaan tindak pidana penipuan. Dan perbuatan tidak menyenangkan dengan menyalahi Akad jual beli.

    12
    10
    • 18 Maret 2023 - (07:24 WIB)
      Permalink

      Maaf pak, selama paket blm dibuat, masih berupa order baru, seller masih berhak menolak order, karena pembeli baru bertransaksi dengan blibli, uang blm masuk ke seller. Beda cerita kalo belinya di website tokonya langsung, uang udh diterima, gak bs cancel order.

      5
      4
  • 17 Maret 2023 - (14:53 WIB)
    Permalink

    masih mending ini lah langsung di cancel langsung infoin salah harga, saya sering malah status barang sudah dikurir dan paket sdh berpindah dari gudang kota awal ke gudang kota tujuan, dan bahkan produk sudah dalam perjalanan kurir antar kerumah, eh bisa2nya di suruh balik lagi kurirnya ke gudang balikn paket yg lagi diantar, jadi ya ini kemungkinan salah harga karna kesalahan sistem atau kesalahan input harga ama karyawannya. Bahkan dulu pernah 1 bulan lebih barang sudh sampai di rumah eh tau2 karyawan tokonya telp suruh ganti biaya selisih atau gak retur lagi barang yang saya beli, untung aja barang masih ada dirumah , ya sdh tak balikin lagi ke alamat penjual.

    2
    2
  • 17 Maret 2023 - (14:55 WIB)
    Permalink

    kasus begini ga cuman 1, tpi sering. alih alih salah harga padahal buat narik konsumen ke toko online nya. pas ada yg berhasil beli, dibatalkan alasan salah harga(drama klasik)

    klu salah harga ga mungkin ada embel embel Flash sale/harga spesial/1rupiah dsb, masa ga ada tinjauan lagi stlah dipost!
    klu dibiarkan akan terjadi lgi, dan ini akan dicontoh oleh para penjual yg nakal demi menarikn perhatian calon konsumen.

  • 17 Maret 2023 - (20:39 WIB)
    Permalink

    Ijinkan saya menjawab,
    Perihal ngotot dirumah belum ada smart tv, zaman skrg bro sis smart tv hal yg bisa dibeli kalau ada kemauan,atau mungkin penjawab blm memiliki smart tv dirumah,ya ditunggu saja sapa tau ada rejeki bisa beli,saya doakan,dalam kasus saya adalah menambah smart tv dirumah ,
    mungkin lain kali @note membeli barang lain yang kejadian nya bisa mirip saya,

    Kalau masalah yg ganti admin, dalam hal ini surat ini saya tujukan ke hisense dan blibli, kalau admin mau ganti ya jelas tidak mungkin bukan mengartikecilkan keuangan admin,krn trasaksi yg dibatalkan oleh hisense sejumlah 50 trx an ( berdasarkan pengakuan blibli),
    Konsumen disuruh membatalkan ,menurut saya agar supaya penjual tidak terkena penalti, walau akirnya mereka( penjual) yg membatalkan trx nya,
    Mengenai refund, sejauh ini refund blibli adalah yg tercepat, yg saya persoalkan bukan refund nya,

    Apakah di tampilkan di media konsumen otomatis pasti mendapat yg kita mau, tentu tidak, di sini saya hanya memyampaikan yg terjadi pada saya, mungkin orang lain bisa mengalami dengan kisah yg lain, its ok , namanya hidup bro,
    cobalah tengok berapa banyak orang yg menyampaikan gagasan,pendapat dll di media ini,karena ini lah media konsumen ada, beda pendapat hal yg wajar kok,

    Soal negara maju dan berkembang, ya semua kembali lagi ke diri kita masing2 karena negara maju pun tidak lah langsung seketika maju merekapun melewati fase berkembang, kembali ke pribadi masing2 sejauh mana kita mau berubah.

    Sekelas official store dunia ( hisense )seharusnya bisa menghandle lebih baik ketika ada komplain,
    Untuk blibli saya hargai respon dan tanggapan cepat anda,

    Thanks and nite.

    7
    5
    • 18 Maret 2023 - (08:01 WIB)
      Permalink

      Mau dijual lg ya dgn harga asli biar dpt untung gede.
      Mana ada karyawan ga di korbankan kalau bnr2 itu tv dikirim. Ngaco!!!

      3
      4
    • 18 Maret 2023 - (08:11 WIB)
      Permalink

      Baca lagi, itu NEW ARRIVAL. Sdh pasti barang baru dtg, dan sy rasa kemungkinan besar emg salah input harga.
      Sudahlah, buang keserahan anda tuk dpt untung besar dari kesalahan tsbt

      3
      5
    • 18 Maret 2023 - (11:04 WIB)
      Permalink

      Hoho, angkuh sekali orang ini.
      Maaf ya tuan, saya udah punya SMART TV kok. Tanpa perlu buat surat pembaca pula untuk berharap dapet harga 300 ribuan. šŸ˜ƒ
      Sebenernya sih simpel, tinggal to the point ente masih ngarep barangnya dikirim. Gitu doang.
      Ga usah pake alesan udah punya SMART TV dirumah, dapet harga lebih baik. Tinggal tulis “saya udah dapet smart TV harga 300 ribuan, tolong dong dikirim, saya udah ngarep banget, buat nambah TV dirumah, pleaseeeee huhuhu šŸ˜­šŸ˜­”
      Gitu kan to the point, langsung, tanpa bertele-tele.

      7
      5
  • 17 Maret 2023 - (21:19 WIB)
    Permalink

    masih mending anda dapat konpesasi 50k.
    saya cuma 10k :v
    orderan anda sama persis seperti saya.
    cuma saya dapat pas jam 00.00.
    jam segini biasanya memang harga flash sale dan saya juga beberapa kali dapat harga gak wajar di seller lain.

    nakalnya sih kalau memang salah harga kenapa HISENSE gak mau batalin sendiri.
    buat HISENSE jangan malu2in nama official store lah.

    nomor pesanan saya 12124358560.
    (saya cantumkan biar gak dituduh cuma pendukung TS)

  • 17 Maret 2023 - (22:20 WIB)
    Permalink

    Menurut saya, point paling penting kasus TS sebtulnya di status konfirmasi order saat transaksi dibatalkan.
    Ada 2 status (karena barang belum dikirim ya):
    1. Apakah Pembatalan dilakukan setelah ordernya diterima (diproses) oleh penjual?
    2. Atau, saat pembeli selesai check-out order, penjual langsung membatalkan order.

    Pada status 1, pembatalan terjadi setelah ada Akad jual-beli (kalau mau pake istilah Akad), karena order sudah disetujui oleh Seller.
    Pada status 2, transaksi ditolak oleh penjual sebelum terjadi akad jual-beli.

    Perlu diketahui juga, pola bisnis jual-beli di Marketplace adalah customer to customer.
    Akad jual-beli terjadi setelah order pembelian dari customer MP (buyer) disetujui oleh customer MP juga (seller).

    Pada status 2 menurut saya penolakan transaksi adalah hak dari seller.
    Apapun alasannya (apakah tipu2 click-bait atau memang karena kesalahan admin), seller berhak untuk membatalkan (saya lebih setuju pake istilah menolak) order dari pembeli.

    Kalau di Tokopedia (mungkin sama ya di MP lain), tidak ada pinalti untuk penolakan order pada status 2 ini.
    Saya sangat setuju mekanisme ini, karena ini merupakan hak seller yang perlu ada.
    Hak ini bisa dipakai oleh seller untuk kasus lain, seperti menolak buyer yang sebelum order chat dengan kata2 kasar, dll.

    Pemberian voucher (pada status 2) sebagai kompensasi oleh Store sudah okelah ya.
    Penolakan order pada status ini nggak bisa dituntut apa2, paling2 sangsi sosial aja,
    image kepercayaan tokonya jadi menurun (paling tidak oleh pembeli yang dibatalkan), jadi kecewa.

    Mungkin sebaiknya para buyer terutama yang menggunakan metode pembayaran Kartu kredit menanyakan terlebih dahulu (stok, harga, dsb) sebelum transaksi.
    Karena penolakan transaksi lumayan merepotkan untuk pemakai KK.
    Kalau bayar cash, tidak ribet, bisa otomatis refund dan masuk ke saldo, tinggal cari di toko lain.

    Nah dalam kasus TS, apakah pembatalannya terjadi setelah Order diterima Store???
    Di screenshot tidak terlihat status transaksinya.

    5
    1
  • 17 Maret 2023 - (23:14 WIB)
    Permalink

    Dalam kasus saya adalah saya trx tgl 12 ( order telah diterima dan diproses seller, dan seller chat untuk membatalkan di tgl 13, yang akirnya mereka sendiri yg membatalkan,kondisi barang adalah preorder,

    Perihal kompensasi seller ( saya sekalian tambahkan disini) , seller menawarkan senilai 20000 untuk pembelian barang seharga 999.000,krn di blibli ada voucher seller yg bisa di simpan ( nilainya berbeda tergantung pihak seller mau kasih berapa), jadi kalau saya bersedia menerima maka harga yg dibayarkan adalah 2.499.000-20.000+24.700(ongkir cargo)- kompensasi blibli 50.000( kalau saya menerima) ,sangat jauh dari harga flash sale yg telah terjadi yaitu 376.100, kembali lagi konteks yg hendak saya sampaikan disini adalah be fair saja, kalau masalah salah harga ya seharusnya ketika ada harga salah langsung segera di koreksi atau di takedown produk nya bukan nunggu calon konsumen sudah pada pesan dan bayar , tentunya waktu input pihak admin hisense cek dan ricek kan tidak mungkin dadakan,terbukti ada 50an trx yang dibatalkan artinya pihak hisense sudah menyediakan quota sebanyak itu,
    kalau konteks salah dari pihak admin hisense, kalau yg salah sistem blibli ,ya blibli seharusnya meninjau ulang sistem nya, ya terlepas dari benar atau salah,

    *Belajar istilah ‘flash sale’, yg benar benar flash sekali dalam hasil nya,

    Thanks atas teman2 yang sudah berkomunikasi dengan baik di thread ini,

    7
    3
    • 17 Maret 2023 - (23:32 WIB)
      Permalink

      Oh oke, berarti pembatalannya memang setelah diproses oleh seller ya.
      Semoga menjadi perhatian yang serius buat Blibli dan Hisense Official.
      Thanks buat sharing-nya

      1
      1
      • 18 Maret 2023 - (10:50 WIB)
        Permalink

        mau info saja, utk di blibli statusnya selalu dimulai dari “diproses”, kl di lapak ijo yg “menunggu konfirmasi” dl. sy tau spt itu krn pernah beli barang nunggu 3 hari status masih proses terus, lalu pas chat seller baru sellernya bilang stok kosong trus dia batalin. dari kejadian itu sy perhatiin kl abisan bayar di blibli ternyata status memang langsung “proses”

        2
        1
  • 17 Maret 2023 - (23:15 WIB)
    Permalink

    Kalau pihak Blibli atau seller ada kesalahan bisa langsung Dibatalkan.
    Tapi kalau dari sisi pembeli sama sekali tidak bisa dibatalkan kalau sudah dibayar dan diverifikasi. Kalaupun bisa dibatalkan refund bisa diberikan dalam bentuk opsi voucher bukan saldo yang bisa ditarik. (Pernah kejadian dan di up ke media konsumen baru ditangani).

    Sungguh tidak adil dari sisi pembeli. Di ecommerce lain kalau masih dibawah 1×24 jam masih bisa dibatalkan selama penjual belum input resi atau masih bisa diskusi ke pihak penjual.

    Blibli ini memang e-commerce yang lebih berpihak kepada seller ketimbang pembeli.

    Tapi kalau udah viral di surat pembaca baru lah mereka sibuk minta maaf.

    4
    3
    • 18 Maret 2023 - (20:10 WIB)
      Permalink

      Dulu memang ngga bisa, tapi skrg dah bisa kok batal dr pihak pembeli (ada tombol batalkan pesanan), selama toko belum merespon orderan kita. Tepatnya ngga inget sejak kapan, tapi saya telusuri history order, oktober 2022 pernah saya batalkan orderan sendiri yg sudah terbayar lunas. Refund otomatis sesuai metode bayar bukan bentuk voucher.

  • 18 Maret 2023 - (05:50 WIB)
    Permalink

    Sekelas Indomaret saja kalau salah harga mereka tetap kasih lo.
    Memang kecil nilainya, tapi justru nilainya kecil ini sering terjadi salah harga dan mereka tetap tanggung jawab.
    Yang agak lucu adalah harga barang itu beda jauh dengan harga asli, dan harga tertera juga tidak mirip angkanya dengan harga asli. Jadi aneh kalau disebut salah harga.
    Saya curiga ini sebuah kesengajaan untuk menaikkan view toko, intinya mereka mau promosi gratis tanpa biaya, cara curang ini yang di pakai.

    13
  • 18 Maret 2023 - (07:05 WIB)
    Permalink

    Saya dukung TS. Biar jadi pembelajaran buat Seller2 yg mau PROMOSI tapi nggak mau keluar biaya. Sekelas OFFICIAL STORE kok “SALAH HARGA” . Kasus seperti ini bukan hanya sekali 2 kali terjadi… “SALAH HARGA” itu saat keadaan normal… Kalau saat hari -hari tertentu/Khusus atau jam-jam tertentu/saat Flash sale, itu bukan salah harga namanya… Tapi SENGAJA biar traffic view-nya naik!!! Apa ini bukan artinya PENIPUAN???

    7
    1
      • 18 Maret 2023 - (13:57 WIB)
        Permalink

        tau darimana anda bukan flash sale ?
        produk itu masuk list flash sale di halaman pertama blibli.

        di blibli semua juga baru gak ada bekas

        1
        2
          • 18 Maret 2023 - (14:06 WIB)
            Permalink

            sebentar.
            sepertinya pengertian FLASH SALE saya dan anda berbeda.
            FLASH SALE menurut saya > barang2 yang masuk list flash sale di menu blibli.

            gak peduli NEW ARRIVAL atau bukan.

    • 18 Maret 2023 - (15:45 WIB)
      Permalink

      Sy juga pernah punya pengalaman serupa di blibli. Waktu itu sy membeli matepad 11+bundle huawei pen di official store huawei. Harga 6,7jt kalo g salah dimana harga normal 8,2jt. Waktu itu bukan flash sale, sy beli di halaman huawei lgsg dg promo Combo deal / bundle. Lewat 2 hari ga ada perkembangan sm pesanan, setelah sy chat baru mereka menanggapi kalo salah pasang harga bundle. Akhirya dibatalkan tanpa kompensasi apapun dr blibli ataupun huawei offcl store.

      1
      2
  • 18 Maret 2023 - (07:20 WIB)
    Permalink

    Mau official atau yg lain, klau harga flash deal ato harga di bawah 50% dri hrga normal, pasti bklan di batalkan, dgn alasan slh hrga ato brng habis dll.
    Itu semua juga terjadi hampir di semua toko e-commerce
    Pokoknya jgn berharap lebihšŸ¤­šŸ˜…

    4
    2
  • 18 Maret 2023 - (07:46 WIB)
    Permalink

    Kalau memang bukan flash sale, ya mungkin karyawan salah masukkan harga..
    Kalau Flash Sale, penjual wajib kirim barangnya, WAJIB…!
    Mau cerita sedikit, sekitar 10 tahun lalu teman beli hp di kaskus,com Yaitu hp second Sony Ericsson Xperia Action, harga sangat murah .. Deal
    Barang dikirim, sampai, ternyata mulus, lengkap sama jam tangan pintar, jadi Saya bilang ketemuan, transferan lagi uang, sangat murah itu kasihan penjualnya.
    Akhirnya ditransfer tambahan uang oleh teman walau barang sdh ditangan.
    Jadi disini maksudnya selisih harga sedikit saja saya minta teman transfer tambah dikit, apalagi kalau salah harga yang sangatttt jauh hampir 90% dari harga TV Hisense tersebut.
    Kita harus beli barang yang baik dan jangan memaksa…, ibarat beli beras 1 karung 25kg harga sebenarnya 300rb, karena yang jaga anaknya, asal jual, misal 200rb, jangan langsung deal bayar dan kabur, tapi minta panggil Orang Tuanya dulu..,
    #Begitu.. šŸ‘Œ

    8
    2
    • 18 Maret 2023 - (07:55 WIB)
      Permalink

      ya betul. Kalau di Tokped, untuk Flash Sale, seller tidak boleh menolak order. Ada pinalti. Untuk event seperti itu, seller mengajukan barang yang akan ikut event. Setelah lolos verifikasi oleh MP, masuk ke flash sale.

      3
      2
  • 18 Maret 2023 - (08:05 WIB)
    Permalink

    Org2 yg pikirannya bener pun pasti akan bertanya2 dgn harga spti itu, apalagi di official store, jauuuuh beda dari harga aslinya. Anda pasti tdk punya pikiran spti itu makanya ngotot sekali dgn kesalahan harga tsbt.

    1
    6
    • 18 Maret 2023 - (11:08 WIB)
      Permalink

      Maklum lah, udah ngarep pengen nambah TV dirumah, dapet harga murah, eh gak kesampean, akhirnya kesel sampe ke ubun-ubun, dilampiasin ke media konsumen, berharap barangnya tetep dikirim atau dikasih kompensasi gedean gitu loh. šŸ˜š

      3
      6

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli?

Ada 70 komentar sampai saat ini..

Pesanan di Blibli Dibatalkan oleh Hisense Indonesia karena Salah Hargaā€¦

oleh Natanael dibaca dalam: 1 menit
70