Barang Dikirim Tidak Sesuai Pesanan, Kebijakan Pengembalian Dana Shopee Mall Merugikan Pembeli

Saya pembeli di Shopee dengan akun Platinum. Pada tanggal 7 Maret 2023 saya belanja di Shopee Mall Freshy Official Shop https://shopee.co.id/freshyofficial dengan nomor pesanan: 23032101GGE2M35. Pesanan baru dikirim pada 11 Maret 2023 dan saya terima di tanggal 14 Maret 2023.

Seperti biasa, paket langsung saya unboxing dan cek isi paket, mengingat jumlah barang pesanan dalam paket saya lumayan banyak, yaitu sejumlah 108 buah barang dengan 8 jenis barang. Setelah cek, saya menemukan ada barang yang tidak lengkap dikirim sesuai jumlah pesanan (13 buah barang). Namun terdapat juga barang yang dikirim adalah barang yang tidak ada dalam daftar pesanan saya (sejumlah 10 buah barang).

Karena itu saya ajukan pengembalian dana sebesar jumlah dari barang yang tidak dikirim, dikurangi dengan barang yang dikirim di luar daftar pesanan saya.

Namun setelah mencoba tiga kali pengajuan dengan alasan Produk Tidak Lengkap/kosong, saya sangat kecewa dengan kebijakan Shopee yang membatalkan klaim saya. Padahal Shopee menuliskan bahwa Proses Pengembalian Barang/Dana Shopee Mall adalah sebagai berikut:

“Pengembalian barang dan dana akan otomatis disetujui sistem jika Pembeli mengajukan pengembalian dana dengan alasan produk tidak lengkap/kosong”

Selain itu padahal dalam pengajuan saya sudah melengkapi dengan bukti mulai dari video unboxing, sampai video hitung jumlah dan foto-foto lainnya yang mendukung.

Sementara itu pihak penjual hanya menanggapi seolah tokonya tidak salah, dan berpasrah pada sistem sesuai kebijakan pengembalian dana Shopee Mall. Padahal jelas-jelas pihak toko Mall Freshy Official Shop https://shopee.co.id/freshyofficial sudah berbuat curang, terbukti dari yang saya alami dan juga terdapat keluhan serupa yang ditulis di review produknya.

Sekedar kata maaf dari toko pun tidak pernah terucap sekali pun, apalagi niat untuk mengembalikan dana pembeli yang menjadi tanggung jawabnya. Juga kebijakan Shopee yang pada praktiknya malah seperti memberi kesempatan toko berbuat curang. Jadi toko bisa seenaknya mengirim pesanan asal untung bagi dia dan biar saja pembeli yang rugi, toh kalau pembeli komplain pengembalian dana Shopee akan dengan mudahnya membatalkan dan seperti memihak penjual.

Terakhir saya komplain di live-nya, pihak toko malah memblokir bukannya bertanggung jawab atas kesalahannya

Jadi buat Shopee, tolong kaji lagi kebijakan apalagi untuk Mall Seller. Yang mana seharusnya pembeli lebih dapat berbelanja denga rasa percaya, nyaman dan aman, karena jaminan pengiriman barang yang sesuai, dan pengembalian dana/barang yang mudah namun fakta yang saya alami tidak begitu

Saya tunggu tanggung jawab dari pihak Shopee juga Mall Seller Freshy Official Shop.

Denik Madia
Cibinong, Bogor

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Barang Dikirim Tidak Sesuai Pesanan, Kebijakan Pengembalian Dana Shopee Mall Merugikan Pembeli

  • 22 Maret 2023 - (19:11 WIB)
    Permalink

    Alur belanja di Shopee itu begini.

    Buyer vs Star Seller / Seller biasa = Buyer menang
    Buyer vs Seller Shopee Mall = Seller menang
    Buyer vs Seller yang dikelola Shopee = Seller menang

    Kesimpulannya: Kalau mau komplain mudah di Shopee, belanjanya di seller biasa aja, mentok di Star Seller. Kalau udah ke Mall / Dikelola Shopee niscaya dipersulit.

    Silakan dibuktikan sendiri.

    11
    107
    • 22 Maret 2023 - (19:54 WIB)
      Permalink

      Betul kak, sepanjang jadi buyer di shopee baru kali ini pertama ada masalah sama shopee mall, dan benar urusan pengembalian dana ribet. Tapi bersyukur tadi sore Si Shopee sudah acc klaim saya , lucunya di pengajuan terakhir(ketiga) ini, saat Shopee minta upload bukti tambahan saya cuma balas chat isinya unek2 bahwa saya sudah capek dimainkan dan silakan saja kalau pada mau makan uang haram saya ketik pakai huruf besar2, ga satupun saya upload bukti2 terkait klaim,saya pikir ya sudahlah tulis aja di mediakonsumen biar orang lain juga pada hati2 belanja di shopee mall. Eh diluar dugaan akhirnya masalah saya selesai juga.

      16
      3
    • 24 Maret 2023 - (07:54 WIB)
      Permalink

      Gwa pernah juga kya gitu sama shoppemall , ngurus pengembalian berminggu ujungnya seller yang menang, tanpa ada notif alasan langsung d cairkan k penjual, pdahal udah kirim byk bukti, asli dah males beli d shoppe

      1
      1
  • 23 Maret 2023 - (00:29 WIB)
    Permalink

    Untuk TS, tidak perlu menulis klarifikasi jika diminta pihak marketplace. Masalah selesai karena murni perjuangan anda. Iming-iming voucher 20 ribuan tidak sebanding dengan energi dan waktu terbuang.

    NB: Tapi kalau voucher 2 juta janganlah ditolak, itu rejeki tak disangka-sangka. ?

    10
    8
  • 23 Maret 2023 - (19:26 WIB)
    Permalink

    Kafir si mata sipit mana peduli dia halal haram, dia aja gak ngerti halal dan haram, yg tau dia cuma untung dan rugi

    3
    21
    • 26 Maret 2023 - (13:06 WIB)
      Permalink

      Kalau korupsi pengadaan Al-Qur’an halal atau haram? Kalau maling duit santunan korban lion air halal atau haram?

      8
      1
      • 28 Maret 2023 - (04:58 WIB)
        Permalink

        Kalau ini khilaf om… Soalnya pada kebagian jatah. Mau yg dikorupsi Alquran, Dana Haji, uang pajak, uang infak dan kawan2… jurus ninjanya adalah khilaf dan tobat serta minta maaf diatas kertas materei 10k, Insya Allah, beres. (Biasanya juga gitu).,,,?
        Didunia Selamat, diakhirat jgn harap.
        Wallahu’alam…

  • 23 Maret 2023 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga, memberikan penilaian yang kurang memuaskan oleh admin shopee malah disembunyikan, padahal penilaian daya berdasarkan fakta. Shopee seolah melindungi penjual.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Mall?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Barang Dikirim Tidak Sesuai Pesanan, Kebijakan Pengembalian Dana Shope…

oleh Denik dibaca dalam: 2 menit
16