Tarik Tunai Rekening BRI di Mesin ATM Mandiri, Uang Tidak Keluar tapi Saldo Terdebit

Saya adalah nasabah Bank BRI. Pada tanggal 29 Januari 2023 malam, saya melakukan penarikan di mesin ATM Link Mandiri (dengan nomor ATM: S1ANUD1F (SDA PB GELAMCANDI 01, TAG SBY), senilai Rp750.000.00. Saya menunggu lebih lama (2 menitan), tapi setruk tidak keluar, uang tidak keluar, dan muncul tulisan “Transaksi terakhir Anda dibatalkan”, lalu layar beralih dengan tulisan “Mohon maaf ATM sedang tidak dapat digunakan”. Kemudian saya cek saldo di BRImo, saldo saya berkurang Rp750.000.

Saat itu saya menunggu di depan mesin ATM selama hampir sejam. Lalu ada petugas yang datang untuk cek ATM (satu berpakaian hitam dan ada label bertuliskan TAG pada bajunya, satu lagi berpakaian coklat dan ada label di bajunya bertuliskan security). Langsung saya sampaikan kejadian yang saya alami ke pada beliau dan menanyakan apakah CCTV ATM ini berfungsi atau tidak. Beliau menyampaikan bahwa uang akan kembali dalam hitungan menit atau 1×24 jam, jadi tidak perlu khawatir, CCTV juga aktif. Lalu dia juga menjelaskan setiap transaksi yang terjadi di mesin ATM itu ada nomor registernya, jadi tidak perlu cemas. Setelah itu saya pulang.

Besoknya saya cek saldo di BRImo, ternyata uang saya tidak kembali. Pada tanggal 30 Januari 2023, saya langsung laporkan ke Bank BRI KC Sidoarjo (Jl. Jend. A. Yani No. 35, Sidoarjo, di depan Alun-Alun Sidoarjo). Saya mendapat nomor pengaduan: 44284398. Saat itu petugas CS menyampaikan bahwa transaksi saya gagal dan untuk pengembalian dana ditunggu 5 atau 7 hari.

Namun setelah saya menunggu 7 hari jam kerja, saya tidak mendapatkan pengembalian dana. Saya datang lagi ke Bank BRI KC Sidoarjo pada tanggal 08 Februari 2023, saya sampaikan lagi nomor pengaduan saya yang sebelumnya sudah sampai mana progresnya. Saya diminta untuk menunggu lagi dan akan di-follow up lagi untuk pengaduan saya.

Pada tanggal 11 Februari 2023, saya mendapatkan SMS notifikasi dari Bank BRI, yang menyatakan “Yth. Nasabah BRI kami informasikan pengaduan Bpk/Ibu no 44284398, berdasarkan penelitian kami, transaksi tsb normal atau sukses. Terima kasih.”.

Esoknya tanggal 13 Februari 2023, saya datang ke Bank BRI KC Sidoarjo, dan saya konfirmasi lagi mengenai pengaduan saya dan SMS yang saya terima. Ini dasar penelitiannya apa kok bisa uang tidak keluar tapi transaksi dinyatakan berhasil dan sukses? Petugas Bank menjelaskan bahwa hendak ditelepon ke pihak Jakarta. Namun tidak ada yang menjawab telepon dan saya diminta menunggu lagi dan dibuatkan nomor pengaduan baru. Saya tidak diberitahu nomor pengaduan saya dan saat saya cek di akun BRImo di daftar pengaduan juga tidak ada.

Ini saya sudah menunggu hingga sesuai dengan yang disampaikan 5 sampai 10 hari kerja, tapi uang saya masih belum kembali juga. Pada tanggal 1 Maret 2023, di akun BRImo – Pusat Bantuan – Pengaduan Saya, statusnya masih tahap “Diterima”, dengan nomor tiket: TTB000044818626. Tanggal 2 Maret 2023, masuk tahap “Diproses”. Namun pada tanggal 24 Maret 2022, pengaduan saya hilang, tidak ada pengaduan, baik yang “Diterima”, “Diproses”, maupun “Selesai”.

Tanggal 25 Maret 2023, saya mendapat pesan SMS “Yth. Nasabah BRI kami informasikan pengaduan Bpk/Ibu no 44818626, berdasarkan penelitian kami, transaksi tsb normal atau sukses. Terima kasih.”.

Saya e-mail ke CallBRI, diminta untuk ke CS terdekat untuk pengecekan CCTV dan disuruh bayar Rp 150.000. Namun saat saya minta di CS, juga tidak dikasih surat rekomendasi buat cek CCTV. Lalu ini bagaimana maksudnya? Uang saya ini bagaimana? Saya ini sebagai nasabah sudah e-mail ke callbri@bri.co.id, lapor CS, buat pengaduan di BRImo, WhatsApp ke nomor resmi BRI 08121214017, tapi sudah hampir 2 bulan tapi tidak ada kejelasan tentang bagaimana uang saya dan pengaduan saya?

Mohon bantuannya, terima kasih.

Dewi Larasati
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Ibu Dewi Larasati

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Tarik Tunai Rekening BRI di Mesin ATM Mandiri, Uang Tidak Keluar tapi Saldo Terdebit

    • 30 Maret 2023 - (11:51 WIB)
      Permalink

      Selamat siang,
      Terimakasih atas bantuannya ntuk permasalahan saya, pada tgl 28 Maret 2023 uang saya sudah di transfer kembali ke rekening saya pukul 10.22 WIB oleh pihak Bank BRI. Selain itu pada tgl 30 Maret 2023, perwakilah dari Bank BRI Sidoarjo juga sudah berkunjung ke rumah saya yang ada di Malang untuk mengklarifikasi dari proses tindak lanjut permasalahan saya.
      Terimakasih.
      Dewi Larasati

  • 28 Maret 2023 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Ijin nimbrung Mbak, itu khan udah disaranin cek CCTV, berarti masih diproses tuh. Trus tanya ke call center atau whatsapp resminya lg, utk tau progresnya sampe dimana. Pihak bank pasti ngasih tau kok hasilnya. Ditunggu aja, semoga cepet selesai ya.

    • 28 Maret 2023 - (10:23 WIB)
      Permalink

      ijin nimbrung juga say… kita baca baik baik keluhan si ibu/mbaknya. Itu sudah larut masalahnya, wajar jika batas kesabaran mulai menghilang. Disaranin cek CCTV, pertama setelah sekian lama, dan sudah ada notifikasi yang menyatakan transaksi normal, kok CCTV baru dicek, lalu dasar putusan bahwa transaksi tersebut normal dari mana saja? Kedua, kalau saya tidak salah menangkap maksudnya, itu nasabah yang kehilangan uang, terus untuk biaya pengecekan CCTV sebesar 150.000 nasabah juga yang dibebankan. Gile lu ndrooo!!!

      Sebenarnya masalah seperti ini biasa terjadi, dan memang biasanya segera diselesaikan pihak bank, tapi yah jarang juga sampai berlarut begini. Apalagi sudah ada sms pemberitahuan yang menyatakan transaksi normal.

      Buat TS, gas terus bu… 750.000 itu uang yang lebih dari cukup buat beli beras.

      • 28 Maret 2023 - (21:26 WIB)
        Permalink

        Saya juga ngalamin tarik tunay satu juta tidak keluar uangnya di ATM,Langsung di KCP BRI SLAWI
        Dan pengaduan sama yang di alamin dewi larasati
        Suruh cek cctv,saya pengin ngurus sampay selesai uang saya kembali,tapi untuk ijin libur kerja dan pulang pergi jakarta slawi mengahbiskan 500.000,
        Engga saya lanjutin iklas buat bri dan langsung ganti bank,
        Catatn untuk BRI kalau cek cctv,BRI PUSAT seharusnya menyuruh kantor cabang terdekad

    • 28 Maret 2023 - (11:23 WIB)
      Permalink

      Saya sudah tanyakan masalah CCTV ke CS, dan untuk lihat CCTV ini harus ada surat rekomendasi, nah saya tidak d kasih….lalu untuk potongan gambar-gambar kalau saya melakukan transaksi d ATM terkait juga hanya dijanjikan2 saja, belum ada hasilnya hingga sekarang….dan ini sudah hampir 2 bulan

  • 31 Maret 2023 - (09:23 WIB)
    Permalink

    Jangan pake ATM Link. Itu ATM yg sering bermasalah..dimana mana. Sdh bnyal kasus. Lebih ATM rekeningnya sendiri

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Tarik Tunai Rekening BRI di Mesin ATM Mandiri, Uang Tidak Keluar tapi …

oleh Dewi Larasati dibaca dalam: 2 menit
7