Hati-Hati Membeli iPhone Garansi Inter di Tokopedia!

Pada tanggal 02 Agustus 2022, saya membeli 1 unit iPhone 13 Pro 256 GB warna Green garansi inter, senilai Rp17.560.000, di Tokopedia dari seller: Tech Studio Indonesia (Diamond 1). Sebelum transaksi, saya sudah bertanya perihal IMEI Kemenperin dan garansi. Dijawab bahwa IMEI aman dan garansi Apple 1 tahun.

Pada tanggal 27 Oktober 2022, iPhone hilang sinyal dan dicek di website Kemenperin, ternyata IMEI tidak terdaftar. Saya menghubungi seller perihal IMEI yang tidak terdaftar (seharusnya sudah didaftarkan oleh seller setelah transaksi). Seller menganjurkan untuk reset network setting, dan sudah dilakukan. Seller meminta foto kotak yang tertulis nomor IMEI dan sudah dikirimkan via chat Tokopedia. Lalu saya diminta untuk menunggu beberapa hari.

Pada tanggal 01 November 2022, kami menanyakan kembali prosesnya, dan diminta untuk menunggu lagi. Dijawab oleh seller, karena banyak yang didaftarkan, jadi harus menunggu didaftarkan (yang berarti sebelumnya tidak didaftarkan ). Sampai tanggal 11 November 2022, saya meminta bukti proses/pendaftarannya, tapi tidak bisa diberikan oleh seller. Diberitahukan oleh seller, bahwa sistem Kemenperin yang sedang bermasalah, termasuk barang yang dibeli di Digimap. Karena sistem Kemenperin yang bermasalah, saya mencoba memakluminya.

Pada tanggal 21 November 2022, iPhone dapat berfungsi kembali, tetapi IMEI tetap tidak terdaftar di website Kemenperin. Saya meminta bantuan seller untuk diurus, untuk mencegah kendala yang sama di kemudian hari dan meminta infonya apabila sudah terdaftar.

Pada tanggal 13 Desember 2023, iPhone kembali mengalami hal yang sama. Sudah menghubungi seller via chat di Tokopedia, dijawab bahwa sudah diregistrasi dan akan diproses lagi.

Tanggal 18 Maret 2023, saya menanyakan prosesnya, dijawab akan di-follow up hari Senin, tetapi tidak ada kabar dan tidak ada respons lanjutan.

Tanggal 29 Maret 2023, saya sudah meminta kepada seller untuk diperhatikan, karena sudah 2 bulan unit tidak dapat digunakan (beberapa teman yang mengalami kendala yang sama saat pertama kali hilang sinyal, iPhone-nya sudah berfungsi normal dan IMEI sudah terdaftar). Saya diminta mengirim video reset network setting, foto invoice dan kotak iPhone kembali via WhatsApp, karena admin toko di Tokopedia berbeda dengan admin toko di WhatsApp. Saya sudah dikirim via WhatsApp, tapi setelah beberapa hari, chat via WhatsApp juga tidak direspons.

Sewaktu iPhone berkendala pertama kali, saya pernah bertanya kepada CS Tokopedia, dijelaskan karena transaksi sudah selesai, admin tidak dapat berbuat apa-apa. Diminta untuk menghubungi seller saja.

Untuk pembaca Media Konsumen, berhati-hatilah apabila ingin membeli iPhone dengan garansi inter di Tokopedia. Karena apabila berkendala, admin Tokopedia tidak dapat berbuat apa-apa, pembeli akan diminta menunggu tanpa kejelasan. iPhone hanya akan menjadi pajangan karena terbuai iming-iming dari seller IMEI aman.

Reputasi seller Diamond 1, juga tidak menjamin apabila unit berkendala akan dapat dibantu dengan baik (contohnya permasalahan saya). Seller akan menjawab sedang proses/sudah diproses/sedang di-follow up, tanpa ada bukti proses maupun perkembangan dari masalah yang ada.

Lebih baik beli di iBox offline store saja, karena walaupun membeli garansi iBox di seller yang ada di Tokopedia, seller dengan prosedur kerja seperti ini tidak dapat membantu dengan baik, apabila barang yang dibeli bermasalah. Seller tetap dapat berjualan di Tokopedia, walaupun kendala pada unit yang sudah terjual bermasalah dan tidak dapat diselesaikan dan kemungkinan besar akan terulang kembali di kemudian hari.

Tokopedia seharusnya dapat sedikit membantu pembeli yang berkendala, karena masalah bukan kerusakan unit setelah pemakaian, tetapi ada pada IMEI yang tidak terdaftar sehingga sinyal terblokir yang tidak sesuai dengan janji seller IMEI yang terdaftar sebelum pembelian. Pengalaman berharga buat saya membeli iPhone di Tokopedia. Semoga masalah ini tidak terjadi pada pengguna iPhone yang lain.

Terima kasih.

Tjoe William
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

47 komentar untuk “Hati-Hati Membeli iPhone Garansi Inter di Tokopedia!

  • 7 April 2023 - (20:06 WIB)
    Permalink

    Ga usah dengerin toxic2 dibawah cuma bisa ngehina tapi g ngasih solusi.. kl pgn diaktifin bisa ke SG dulu sehari nanti regist pas masuk ke indonesia bisa 2 hp perorang kl g salah, jd bisa patungan.. atau bisa jg pake paspor orang yg baru pulang dr luar negri..

  • 8 April 2023 - (05:09 WIB)
    Permalink

    Maaf sebelumnya apakah anda beli garansi kerusakan barang selama pemakaian atau kehilangan yang ada saat pembayaran? Kalau emang beli itu garansi seharusnya pihak CS TOKOPEDIA pasti akan membantu selama garansi tsb berlaku dan sesuai ketentuan garansi tsb TAPI jika mengandalkan garansi toko atau saller atau penjual dan tidak ditambah dengan membeli garansi yang disediakan dari tokopedia dan melebihi batas waktu complaint barang yang telah ditentukan oleh tokopedia ITU SUDAH URUSAN ANDA DENGAN SI PENJUAL ATAU SELLER karena anda tidak membeli garansi resmi tsb yang dimana mencakup barang rusak atau hilang dengan menambahkan nominal tertentu untuk pembelian garansi tsb. Semoaga lain kali jangan lupa beli garansi tambahan yang sudah disediakan oleh tokopedia pada waktu pembayaran untuk menghindari barang rusak saat pemakaian dalam waktu garansi tsb dan jangan hanya mengandalkan garansi yang diberikan oleh penjual saja???

  • 8 April 2023 - (12:43 WIB)
    Permalink

    Harus mengerti jg sebenernya hp inter ga ada kemenperin yg ada bea cukai..klu kemenperin pasti ke begal imei nya..saller daftarin hp nya itu pake turis pny plng lama 3 bln ke blok,

  • 9 April 2023 - (09:45 WIB)
    Permalink

    Seller dan admin toped meminta bukti video reset network, sudah diberikan video terbaru sejak hari kamis malam. Sampai hari ini, minggu, tidak ada kejelasan. Terlihat jelas admin toped hanya perpanjangan tangan seller ( cenderung mengikuti permintaan seller dengan alasan bukti dll), sama sekali tidak melihat kerugian pembeli, dan admin toped bergantian menjawab, banyak yang tidak paham masalah, hanya mejawab sesuai template seolah-olah profesional padahal jawaban seperti anak SD. Dan salah satu jawaban yang paling hebat adalah menunggu respon penjual, padahal saya sudah menunggu 2 bulan ( respon penjual memang parah dan sudah memberitahu admin toped tentang hal ini ) dan harusnya sudah baca kendala dari awal, tapi karena tidak paham masalah, seperti mengulang-ngulang menunggu. Dan memang jarang sekali admin toped yang paham masalah dan menyelesaikan masalah dengan baik.

  • 10 April 2023 - (12:24 WIB)
    Permalink

    Dengan membuat aduan ini TS sudah berbuat baik pada kita untuk berhati-hati. Meski sebenernya pasti didasari atas kekecewaan dari pengalamannya. Tapi sebaiknya kita ambil pelajaran kalau beli online pastikan barang yg diterima dalam keadaan baik secara keseluruhan. Ketika ada permasalahan apalagi diminta menunggu mending langsung batalkan dan balikin ke penjual. Saya juga pernah mengalami pas beli sepeda listrik. Sama online juga… Saya tea seharian dan matot.. kemudian disaranin ini itu ah saya tolak aja dengan alasan ga ngerti. Intinya saya beli barang baru harus dalam keadaan utuhlah.. penjual ngotot minta diselesaikan transaksi agar bisa di proses garansi. Ya saya ngotot balik ogahlah masa barang beli baru 1bhari udah harus service.. ?
    Mending saya batalin aja transaksi nih bawa balik barang.. akhirnya di kirim ganti unit baru.. ?

  • 12 April 2023 - (12:13 WIB)
    Permalink

    utk pembaca lain, rupanya admin toped melindungi seller ini. memberikan batas waktu sampai 11/04/23 23:59. hr ini 12/04/23, setelah batas waktu lewat, masi membela seller ini dan seller ini masi bebas berjualan di tokopedia. berhati-hati lah pembeli di tokopedia, admin toped berada di pihak seller penipu walaupun video reset network sudah jelas dan seller tidak merespon permintaan dari admin.

 Apa Komentar Anda mengenai Garansi Inter iPhone?

Ada 47 komentar sampai saat ini..

Hati-Hati Membeli iPhone Garansi Inter di Tokopedia!

oleh tjoe william dibaca dalam: 2 menit
47