Kecewa dengan Pelayanan Service Center Asus Indonesia

Saya membeli laptop baru online via Tokopedia e-commerce (tidak ada masalah dengan toko dan e-commerce nya) merek Asus di 3 Februari 2023 (invoice terlampir). Rencana dari laptop ini adalah untuk menggantikan laptop lama yang sudah tua.

Karena kesibukan dalam transfer file dari laptop lama ke laptop baru tidak dapat saya kerjakan sekaligus, maka laptop Asus yang baru ini tidak terlalu saya gunakan setiap saat. Dalam bekerja, laptop lama masih digunakan lebih signifikan daripada laptop baru.

Selama pemakaian laptop baru, jika aplikasi dan web browser yang dibuka menggunakan RAM yang besar, layar selalu blank hitam dan restart sendiri. Kejadian berulang-ulang, sampai saya tidak tahan lagi, lalu pada tanggal 23 Februari menghubungi dan drop laptop di Asus Service Center di Poins Square, Lebak Bulus (tanda terima terlampir).

Tanggal 3 Maret 2023, diinfokan laptop sudah selesai diperbaiki dengan informasi penggantian LED Screen (note data di komputer hilang – dan sudah diinfokan memang jika data akan hilang dan saya setuju karena sudah di-back up).

Lalu pada tanggal 4 Maret 2023, keluhan yang sama masih terulang dengan tambahan keluhan baru yaitu suara dari speaker yang serak-serak (dalam posisi sedang nonton youtube). Lalu saya chat ke service center, disarankan kembali lagi.  Keluhan terlampir di foto.

Tanggal 21 Maret baru sempat saya masukkan laptop saya ke Asus Service Center Poins karena kesibukan saya dalam pekerjaan. Dan kembali diinfokan data akan hilang dan saya setuju. Tapi dalam pesan ke CS nya, saya wanti-wanti mohon dicari sumbernya dan perbaiki dengan benar.

Karena ini laptop baru dan jika ada kerusakan lain saya minta diganti yang baru saja, karena artinya laptop ini sudah gagal dalam QC nya. Tapi ditolak, karena SOP di Asus tidak diizinkan mengganti yang baru. Hanya jika ada part yang rusak agar diganti.

Tanggal 29 Maret, laptop sudah selesai diservis, dan yang dilakukan hanyalah recovery windows, tanpa penggantian part (suku cadang). Tanda terima terlampir. Dan lagi, data hilang.

Dalam kurun waktu seminggu (tidak ingat berapa hari tepatnya). kejadian serupa dengan masalah yang sama terulang. Lalu saya hubungi CS Poins, dan disarankan dibawa ke Asus Service Center di Senayan Trade Center (STC). Karena di Poins Lebak Bulus hanyalah tempat drop laptop, dan teknisi di STC.

Saya sanggupi tapi karena kesibukan baru dapat saya drop laptop di 3 Mei 2023. Note: Laptop baru yang saya beli untuk bekerja menggantikan laptop lama, tapi dalam kenyataannya, laptop lama masih digunakan dengan frekuensi yang sama. Antrean di Asus STC sangatlah panjang, lebih dari 1 jam, karena banyak konsumen dan hanya ada 2 CS yang stand by. Bisa dicek di review-nya, banyak yang mengeluh antrean yang panjang.

Lagi, saya titip pesan dengan nada yang sudah tidak baik ke CS nya, ini sudah ketiga kalinya laptop di-drop dengan keluhan yang sama. Dan saya minta diganti baru. Lagi ditolak karena alasan SOP. Dan sudah saya titip pesan ke teknisi, agar dilakukan stress test jika selesai diperbaiki. Karena saya buang-buang waktu untuk back up data, mampir ke service center bolak balik.

Tanggal 16 Mei 2023 laptop saya jemput kali ini ajaibnya data tidak hilang sama sekali, dengan informasi ada penggantian mainboard. Dan info CS sudah di-stress test. Terlampir tanda terimanya.

Dan hari ini tanggal 17 Mei 2023, saya coba dari pagi menggunakan laptop yang sudah direkondisi yang sudah diganti LED screen dan mainboard dan sekarang crash dengan tampilan layar terlampir.

Dengan kejadian ini, saya sudah kecewa dengan Asus dan laptopnya. Saya sudah anggap ini sial karena sudah membeli brand Asus, dan tidak ada rencana untuk drop laptop ke Asus STC kembali, karena akan sia-sia dengan jawaban template.

Saya beli laptop baru seperti beli laptop bekas. For info, selama 3 bulan dari Februari ke Mei garansi Asus 1 tahun tidak diperpanjang yang ujung-ujungnya, jika diulang 10x pun, mereka hanya akan menunggu sampai garansi expired. Sungguh hebat bukan Asus Service Center???

Terima kasih saya ucapkan kepada CS di Poins dan STC, juga saya tidak lupa ingin memberikan sujud terima kasih kepada teknisi yang baik sekali yang sudah mengganti spare part laptop dengan free (gratis), karena jika ini di luar garansi pasti biaya penggantian LED Screen dan Mainboard harganya akan sama dengan laptop baru.

Semoga surat ini dibaca oleh orang ramai dan viral agar menjadi pelajaran bagi kita semua untuk bijak dalam membeli brand laptop. Ini adalah pos saya yang pertama di Media Konsumen karena pengalaman saya yang sungguh sangat mengecewakan. Semoga saya diberikan rezeki untuk dapat membeli laptop pengganti dalam waktu dekat. Amin.

Fendy
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Asus Vivo Book?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Kecewa dengan Pelayanan Service Center Asus Indonesia

oleh Fendy dibaca dalam: 3 menit
28