Kode Token Listrik Pembelian dari Shopee Tidak Bisa Dipakai

Saya membeli token listrik yang Rp100 ribu di Shopee dan berhasil. Kode tokennya juga sudah dikirimkan. Namun setelah diinput sampai beberapa kali, kode token tersebut tak bisa dipakai alias muncul tulisan reject di meteran listrik tersebut.

Saya sudah mencoba komplain ke Shopee, tetapi fitur tersebut mengharuskan saya untuk menginput 14 digit kode pesanan. Sementara untuk pembelian token listrik, yang ada 18 digit, sehingga tak bisa berlanjut untuk komplain tersebut.

Baru kali ini beli token listrik gagal. Padahal sudah beberapa tahun saya beli token listrik di toko online, hanya biasanya di toko hijau. Pas beli yang kedua kali di Shopee, eh gagal. Sampai saat ini saya masih belum klik “Pesanan Diterima”, karena kode tokennya juga tak bisa dipergunakan

Machmud, SE
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Kode Token Listrik Pembelian dari Shopee Tidak Bisa Dipakai

  • 1 Juni 2023 - (08:42 WIB)
    Permalink

    sudah Hub PLN 123 atau via PLN mobile, Beberapa bulan terakhir banyak listrik alami gagal input token, nanti dapat Kode KCT yg di input dimeter

    • 1 Juni 2023 - (09:42 WIB)
      Permalink

      Iyaa bener bgt. Saya juga ngalami. Ternyata emg ada update dr PLN nya. Trus dlu dibantu via telp sama.petugas PLN. Input apa gtu angka2 habis itu masukin tokennya normal seperti biasa lagi

      • 2 Juni 2023 - (04:50 WIB)
        Permalink

        Hubungi pln 123 atau pakai aplikasi pln mobile cek nomor token terakhir biasanya akan ada di aplikasi apakah nomornya sama atau beda jika tidak ada bikin keluhan jelaskan kronologinya nnt akan ada petugas datang, ngk usah keluarim duit buat bayar petugas, malah laporin di pln mobile jika ada petugas pln minta duit.

    • 1 Juni 2023 - (09:44 WIB)
      Permalink

      Ya masalah ini baru beres kemarin sore, yaitu ketemu dengan yang jualan token offline dan menyarankan datang ke PLN. Saya datangi dan oleh PLN diberi kode token KT1 (20 digits) dan kode token kt2 20 digits juga, setelah input kedua kode token tsb baru menginput kode token sari shoope dan berhasil.

      Yang saya sayangkan informasi tsb dari tetangga bukan dari shoope, minimum dari shoope tanya dulu kendalanya apa dan solusi misal huhungi PLN, ini langsung saja komplain ditolak tanpa basa basi sehingga pikiran saya melayang beli token tak terpakai.

      Sekaligus kejadian ini untuk pembelajaran saja kalau terjadi demikian harus huhungi pihak PLN walau mengeluarkan biaya ya tetap huhungi PLN daripada tak bisa isi token.

      Saya anggap kasus ini selesai karena pulsa token sudah masuk dengan bantuan orang PLN

      Terima kasih

      • 1 Juni 2023 - (23:08 WIB)
        Permalink

        Saya pun pernah mengalaminya kak. Memang permasalahannya pada PLN yang mengalami pembaharuan atau upgrade dan biasanya jika beli di online shop memang mereka hanya taunya transaksi berhasil krn token lsg dari PLN yg kasih. Jadi kita yg harus komplain ke pln langsung krn dgn komplain ke pln akan tepat sasaran. Biasanya jika komplain ke PLN langsung ditangani sesuai ID Pelanggan PLN yg kemudian di telp/di wa org PLN. Menurut pendapat saya, kemungkinan tim shopee tidak berani tangani krn takutnya saling tumpang tindih atau tidak tepat sasaran penanganannya.

      • 4 Juni 2023 - (10:15 WIB)
        Permalink

        Kek nya bukan salah shopee juga sih. Krn ini mmg gak ada pemberitauan apa2 dr PLN. Jd pihak shopee nya juga gatau. Soale saya beli di tokped pun mrk gak kasih solusi apa2. Gak suru telp PLN juga. Jd harus telp sendiri ke PLN. Jd dsini yg salah itu PLN. Maslaah ini di alami banyak orang. Harusnya PLN kasih pemberitauan resmi sih. Waktu itu saya harus nunggu smpe setengah 1 pagi baru ditelp sm PLN. Kondisi lampu udh mati total. Padahl janjinya jam 8 malam. Parah emg PLN

  • 1 Juni 2023 - (14:42 WIB)
    Permalink

    bukan cuma di Shopee kok.
    saya beli di konter terdekat juga gak bisa.
    itu bukan salah tokennya, cuma emang mesin PLNnya perlu di setting ulang ( kata petugas PLNnya ).
    katanya sih yang udah berumur 10thn-an emang ada kayak gitunya.
    coba aja hubungi petugas PLN dulu.

  • 1 Juni 2023 - (16:18 WIB)
    Permalink

    Maaf tapi itu bukan token dari Shopee yang gak bisa digunakan, tapi emang meteran listriknya yang lagi bermasalah sehingga harus menghubungi PLN, punya saya juga pernah beberapa kali reject saat memasukkan token listrik, tapi setelah lapor ke PLN lewat aplikasi PLN Mobile langsung dikasih kode buat reset agar token bisa diinput lagi. Dan itu juga sudah diluar tanggung jawab pihak shopee.

  • 2 Juni 2023 - (00:35 WIB)
    Permalink

    Kalo spti penjelesan beberapa org di atas, ini mah emg kesalahan PLN.
    Entah sistemnya yg ga bnr, atau IT nya yg ga pinter.
    Semoa keluhan TS bs di jawab PLN beserta solusinya kalau ada yg mengalami lg.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Kode Token Listrik Pembelian dari Shopee Tidak Bisa Dipakai

oleh Dea dibaca dalam: <1 menit
10