Surat Pembaca

Telkomsel Mengganti Paket Berlangganan Kartu Halo Tanpa Konfirmasi Pelanggan

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya menyampaikan keluhan mengenai pemaksaan perubahan paket Halo+ yang dilakukan oleh Telkomsel tanpa seizin pelanggan. Berikut kronologinya:

  • Pada tanggal 30 Mei 2023 pukul 23:26 WIB, saya menerima SMS dari Telkomsel yang menyatakan paket Halo saya telah diubah ke paket baru. Padahal saya tidak pernah menerima info atau menyetujui perubahan paket sama sekali.
  • Keesokan harinya, tanggal 31 Mei 2023 pukul 16:53 WIB, saya menghubungi CS Telkomsel di 188 dan mengeluhkan kejadian ini.
  • Awalnya CS menginfokan bahwa mereka sudah mengirimkan SMS pemberitahuan pada bulan Januari 2023, tapi ini tidak kami terima. Selang 2 menit kemudian, infonya diralat, CS mengatakan info telah pada SMS tanggal 6 dan 12 April 2023. Ini juga tidak kami terima!
  • CS kemudian menawarkan membuat keluhan untuk ditindaklanjuti, dengan nomor tiket: 1-HEQQ8WD dan dijanjikan saya akan dihubungi oleh pihak terkait.
  • Tanggal 31 Mei jam 23:42 saya kemudian menerima SMS yang isinya tiket keluhan di atas sudah diselesaikan. Padahal sama sekali tidak ada orang Telkomsel yang menghubungi saya untuk memberikan penjelasan.

Mengapa Telkomsel melakukan pembohongan berulang kali? Apakah ini bentuk layanan pelanggan dari provider besar di Indonesia? Mohon penjelasannya.

Djunadi Satrio
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Telkomsel atas Surat Bapak Djunadi Satrio

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 3 Juni 2023 oleh Bapak Djunadi Satrio mengenai Telkomsel mengganti paket berlangganan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • memang aneh sih Telkomsel.
    harusnya pelanggan lama biarkan saja berada di paket yg telah dipilihnya.
    kalo mau menerapkan paket baru, diberlakukan untuk pelanggan baru saja.

    kedepannya secara bertahap semua pelanggan kartuHalo akan dipaksa untuk migrasi ke paket Halo+

    kartuHalo saya juga bulan lalu sudah jadi paket Halo+ 80K

    • Saya juga terpaksa ganti ke paket Halo+ 80rb padahal saya ngga butuh kuotanya. Kalau ngga mau harus ganti nomor padahal nomor HP ini sudah saya pakai lebih dr 20 thn. Nyesel waktu itu ganti dr simpati ke Halo, ternyata malah lebih kaku dan pemaksaan melulu

      • @Lina
        Bisa dibalikin ke prabayar lg mbak . Asal nomer awal bukan 0811.
        Kalau CS nya bilang gak bisa, berarti dia menipu anda.

        • Oh gitu.. Saya dulu sering nanya ke telkomselnya soalnya ngga bisa. Nanti kapan2 saya coba tanya lagi kalau pas ke grapari. Terima kasih infonya pak..

          • Info dr cs telkomsel katanya kalau lebih dr 6 bulan sudah tidak bisa migrasi lagi pak 😅

        • Saya juga barusan menghubungi Grapari. Kok katanya ngga bisa. Awal nomor nya 0812

        • Saya juga barusan menghubungi. Kok katanya ngga bisa. Awal nomor nya 0812. Harus lewat apa ya?

          • Mana bisa kk jika pemakaian sudah lebih dari 3bln
            Perubahan kembali dari pasca bayar ke prabayar hanya bisa dilakukan apabila pelanggan yg bermigrasi ke halo dalam waktu 3 bln

        • April 2023 saya menerima sms "pemaksaan" migrasi ke halo+. Saya lihat di my telkomsel minimal halo+ 80k. Dengan terpaksa saya ambil 80k tsb. Maren 4 juni 2023 lg trending di twitter dan saya baca tagihan halo di bawah 40k bisa migrasi ke halo+ 50k. Maka saya dm ke telkomsel kenapa di my telkomsel saya paling murah 80k ? Pdhl selama ini tagihan halo saya dibawah 40k. Saya minta di migrasikan ke halo+ 50k. Tp balasan telkomsel "paket dasar terendah saat ini yaitu halo+ 80k.informasi lengkap halo plus bisa di lihat di https://www.telkomsel.com/hal"
          Kemudian saya balas lg dm tuh dg memberikan bbrp link customer yg dpt halo+ 50k termasuk link ini. Dan di balas "mimin cek terlebih dahulu". Tahu deh mau cek smp kapan, yg jelas kelihatan banget BOHONG nya.

          • Ada kok Pake halo + 50rban.
            Jadi bohong kalo si cs bilang ga ada.

            Soalnya sy adalah pelanggan yg dipaksa pindah ke halo +50rb an.
            Awal paket nya sy adalah halo flexi yg bisa byr 35rb (+ppn). Sy gunakan untuk tlp rmh dan kantor sj. Gara2 di paksa pindah, tarif tlp rmh/kntr nya jadi mahal. Paket data yg didapat sebetulnya ga terlalu berguna, karena sy tdk banyak menggunakan paket data tsbt. Untuk internet sdh ada wifi di rmh/kntr.

            Menurut sy, perbuatan Telkomsel yg merubah paket2 pelanggan adalah perbuatan yg sangat arogan . Demi mengejar untung, dia memaksa para pelanggan nya untuk mengeluarkan budget lebih di luar kemauannya. Perilaku yg mencerminkan para kapitalis yg haus dgn harta duniawi.

        • Ini menyesatkan sekali, mungkin dr 10 orang yg berpendapat SPT anda hanya anda saja, meskipun saya berharap saya yang salah, tapi informasi anda tidak benar.

    • Juga terjadi kepada saya. Terpaksa upgrade jadi halo+ 80 ribu. Tidak pernah dipakai tapi kok tagihan 100 - 120 ribu. Ini akan saya selidiki dan lapor di MK.

    • Udah g ane bosqu,ane ajah udah di off make kartu halo drpd tekor mending stop ajah ganti prabayar,yg aneh nya pasca lebih mahal prabayar lebih murah,sedangkan pasca udah jelas pelanggan tetap,di samping itu ane wkt di Kalimantan payah sinyalnya kaloh ma Indosat

  • Saya adl pelanggan Halo sejak tahun 2003.
    Dan problem saya dan migrasi ke Halo+ adalah tidak adanya konfirmasi dan persetujuan dari pelanggan. Harusnya ada upaya kontak, pemberian opsi dan konfirmasi bahwa pelanggan setuju dengan paket baru yang ditawarkan.
    Lucunya lagi, laporan resmi yang dibuat sama sekali tidak ada tindak lanjut, malah langsung dinyatakan selesai!

    • Kyaknya ada wktu itu melalui sms pemberitahuannya. Klo bakalan kena penyesuaian paketnya... Nah pas itu saya langsung paketan halo+ 80k. Klo ngga kyak temen saya kena halo+ yg 250k klo ngga salah....

    • Saya juga pelanggan lama Telkomsel puluhan tahun. Nomor sebelum nya Simpati. Disuruh migrasi ke Halo.

      Tagihan sebelumnya di kisaran 30-100rb. Tiba-tiba 2 hari lalu menjadi 80+

      Saat ini saya ajukan keberatan ke CS, meminta untuk dikembalikan jadi Prabayar lagi.

      Tidak fair memang, sepihak menaikkan paket.

      Semoga berhasil. Nanti update di sini lagi

  • Saya juga gitu, tapi sekarang sudah bisa migrasi dari halo ke prabayar.
    Bisa dari GraPARI online, ato gerai GraPARI langsung.

    • Mana bisa dari Halo Migrasi ke Prabayar?
      Sy udah tlp CS, dan sudah ke GraPARI Bekasi, dari Halo ga bs Migrasi ke Prabayar..

      • Ini saya coba mengajukan ke CS lewat email. Sementara ditanggapi, nanti kalau berhasil saya update di sini lagi

        • @Lina
          Bisa dibalikin ke prabayar lg mbak . Asal nomer awal bukan 0811.
          Kalau CS nya bilang gak bisa, berarti dia menipu anda.

      • Puyeng deh....jadi korban jual paksa sebuah paket Halo,mau ditutup juga repot udah jd bagian dr kontak relasi dan perbankan,payah

    • Ada syarat apa saja kalau boleh tahu? Sementara ini CS hanya menanyakan nama lengkap, tempat tanggal lahir dan alasan migrasi.

    • sampe kiamatpun yg namanya migrasi dari halo ke pra tidak bisa.mau komplain di mk pun gak akan merubah kebijakan tersebut itu sudah kebijakan baku dari telkomsel ,beda cerita migrasi dari pra ke halo sewaktu waktu dan bisa online.

      • Tidak perlu sampai kiamat. Karena ini hanya mau atau tidak mau, goodwill dari Telkomsel. Kalau mau ya bisa.
        Tempo hari ada balasan dari email CS. Katanya disuruh langsung ke Grapari, bisa migrasi kembali ke prabayar. Kalau berhasil nanti saya update di sini lagi

      • Saya hari ini dari Grapari. Nomor Halo 0812xx sudah saya proses balik ke prabayar. Tidak perlu menunggu hari kiamat

      • Saya hari ini dari Grapari. Nomor Halo 0812 sudah saya proses balik ke prabayar. Tidak perlu menunggu kiamat

      • Saya hari proses Halo 0812, saya proses balik ke prabayar. Tidak perlu menunggu kiamat

  • Sama saya juga sudah dari pertengahan bulan lalu, mendadak di sms telkomsel bahwa berubah ke paket halo 80k, mau request migrasi balik ke simpati gk dikasih, harus diviralin di twitter service menjebak konsumen kyk gini, biar viral baru takut dan berbenah mereka

  • Saya juga dipaksa bisa dibilang terpaksa... migrasi pindah ke halo+.. ini lagi siap2 prepare nomer baru buat ganti provider... btw kalau ada class action saya bersedia ikut

  • Saya pengguna nomor Telkomsel dari tahun 2002, dizolimi dengan cara serupa. Ditelepon dengan gencar oleh nomor 188 menjelang tahun 2020, diberi janji janji surga agar mau migrasi dari simpati ke kartu halo. Ternyata janji janji palsu dan zonk semua. Mau dibuang sayang juga, sudah pakai lama nomor ini. Hanya bisa berdoa semoga Telkomsel diberi balasan setimpal oleh Allah.

  • Itulah perusahaan plat merah.. suka bertindak se wenang² yg merugikan konsumen 😏😏😏

    • Hadeh, telkomseel telkomsel, mestinya kalo ada perubahan di informasikan dlu ke konsumen biar gak kecewa. 12 tahun pake nomor ini endingnya nyesel karna di tawari migrasi dari prabayar ke kartu halo, dengan perjanjian kalo bosen, bisa pindah lagi ke prabayar, ternyata setelah saya datangi gerai grapari, malah gak sesuai harapan.

    • Saya juga di paksa pindah, setelah 10thn an dgn paket 50rb di sesuaikan ke 80rb. Pdhl 2Gb sebulan aja gk habis2 ...

  • Saya juga pengguna kartu halo, ada sms pemberitahuan dari 31 maret, di mei saya coba ke halo+ 200rb tapi gagal karena paket yang sedang berjalan 225rb, d 1 juni otomatis jadi halo+ 250rb,,

    • Paling nanti jawaban dari Telkomsel, begini:

      "Dapat kami sampaikan bahwa Telkomsel telah menghubungi pelanggan secara langsung dan melakukan pemeriksaan terhadap kendala yang dialami oleh pelanggan. Telkomsel juga telah mengupayakan solusi terbaik atas kendala yang dihadapi. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami dan terima kasih atas kritik serta saran yang disampaikan kepada Telkomsel.

      Beragam informasi produk, fitur, serta layanan self care Telkomsel dapat dinikmati pelanggan dengan kemudahan menggunakan layanan GraPARI Online untuk melakukan proses layanan seperti ganti/upgrade kartu SIM 4G, pembelian SIM card Telkomsel Prabayar, serta pendaftaran Telkomsel Halo (pascabayar) secara online dengan mengakses tsel.me/graparionline.

      Pelanggan Telkomsel Prabayar dan Telkomsel Halo juga dapat menghubungi Call Center 188. Berbagai channel digital Telkomsel dapat pula diakses oleh pelanggan melalui e-mail ke cs@telkomsel.com, facebook.com/telkomsel, Twitter @telkomsel, dan Instagram @telkomsel."

      Tanpa menyebutkan solusinya apa. Mungkin hanya Tuhan dan Telkomsel yang tahu (bisa jadi ditambah Pak Djunadi, nanti). Yang rame di Tiktok juga sama. Hanya Tuhan, Telkomsel dan yang mengeluhkan yang tahu solusinya.