Masalah Transfer Dana dari Luar Negeri Menggunakan Wise

Dear Media Konsumen,

Entah kepada siapa saya mau melaporkan kasus saya ini. Saat ini saya domisili di Kuala Lumpur, Malaysia untuk bekerja sistem kontrak. Per 1 Juni 2023, saya mencoba untuk mentransfer sejumlah uang dari Malaysia ke Indonesia, menggunakan layanan transfer uang WISE (terdaftar di Malaysia dan Indonesia).

Jumlah uang yang saya transfer berkisar 1.550 Ringgit Malaysia atau setara kurang lebih 5 juta rupiah. Akan tetapi uang tersebut masih menggantung dan sampai saat ini belum diterima di rekening Indonesia milik saya (atas nama saya sendiri).

Sudah saya coba lakukan pelaporan ke pihak WISE. Tanggapan dari pihak WISE, saya harus melampirkan bukti transaksi dan rekening pengirim (atas nama saya sendiri), dengan alasan uang tidak terlihat dari pihak WISE. Padahal transaksi jelas-jelas sukses dan sudah saya lakukan dengan Bank HSBC tempat saya mentransfer uang dan telah dilengkapi dengan bukti transaksi.

Pihak WISE terkesan mempersulit walaupun saya sudah melampirkan bukti sah dari Bank HSBC untuk transaksi yang telah sukses didebit dan dikirimkan ke pihak WISE. Mohon bantuannya, dan bagi siapa pun yang ingin menggunakan layanan transfer uang antar negara untuk mempertimbangkan kembali ketika menggunakan WISE.

Hormat saya,

Mohammad Agus Salim
Lumajang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Masalah Transfer Dana dari Luar Negeri Menggunakan Wise

        • 10 Juni 2023 - (19:10 WIB)
          Permalink

          Sama dg punya temen saya, pake BCA langsung nyampe gak sampe 12 jam. Sepertinya hanya BCA yg bisa “sesakti” itu daripada Bank BUMN Indonesia lainnya.

          • 10 Juni 2023 - (23:51 WIB)
            Permalink

            pake kripto aja om lah usdt trc20 lamgsung masuk hitungan detik

          • 23 Februari 2024 - (07:27 WIB)
            Permalink

            apakah kaka sudah menerima kak? kalau boleh tau tanggal penerimaan dari masalah terkait kapan kak? doalnya saya juga sepertinya mengalami hal yg sama

  • 10 Juni 2023 - (19:05 WIB)
    Permalink

    Bank penerimanya BNI yah? Kemarin ada yg komplain transfer dari luar juga, nyangkutnya di BNI ternyata.

    • 10 Juni 2023 - (19:12 WIB)
      Permalink

      Iya benar sekali Kak, apakah perlu konfirmasi ulang ke BNI nya? karena sampai saat ini belum ada saldo masuk di BNI. Sedangkan dari pengirim HSBC sudah jelas dan sukses terkirim, tetapi dari WISE dicek tidak terbaca dan tidak ada dana masuk.

      • 11 Juni 2023 - (08:28 WIB)
        Permalink

        Ini mungkin masalah di WISE-nya, kalau yang mengirim uang ke rekening rupiah biasanya dia pake BCA, dan cukup cepat juga hitungan detik atau menit sudah nyampai. Apakah ini transaksi pertama? Biasanya memang dibikin agak ribet untuk transaksi pertama, harus provide bukti dokumen transfer segala macem. Untungnya ini ngirim ke atas nama sendiri, jadi harusnya lebih gampang urusnya.

  • 11 Juni 2023 - (04:51 WIB)
    Permalink

    Kayaknya error di jaringan bank malay. Terus screenshotnya juga ga ada nama anda. Coba yg screenshot thank you itu, klik pojok kanan atas itu, save as photo (biasanya ada nama anda) terus kirim ke wise

    • 11 Juni 2023 - (18:34 WIB)
      Permalink

      sudah dikirim bukti transaksi di print langsung dari Bank HSBC ke WISE dan tertera nama saya secara jelas dan lengkap.

      • 12 Juni 2023 - (19:00 WIB)
        Permalink

        Sudah ada perkembangan? Email lagi terus kontak supportnya. Semngat memperjuangkan hak anda 👍

        • 13 Juni 2023 - (19:45 WIB)
          Permalink

          Dari pihak Bank BNI sudah saya kontak, disuruh nunggu. Begitu sebaliknya dari HSBC juga menunggu sekitar 10 hari kerja untuk proses refund. Memang yang agak2 dari BNI tidak secanggih BCA untuk urusan kliring luar negeri.

  • 11 Juni 2023 - (05:01 WIB)
    Permalink

    Soalnya setahuku kalau nama pengirim dan nama di akun wise beda ga bisa (klo pakai metode top up)

    • 11 Juni 2023 - (13:18 WIB)
      Permalink

      Kalo ga salah ada di rulesnya.

      Bank ke akun Wise harus identik(Top Up)

      Dari saldo Wise, baru bisa ke mana .

      • 11 Juni 2023 - (14:47 WIB)
        Permalink

        Benerkan ya, kayaknya tu wise pengen ngecek tu akun giro, bener2 milik penulis apa bukan. Biasanya aja ga sampai 5 detik aja udah sampai

      • 11 Juni 2023 - (18:35 WIB)
        Permalink

        Tidak perlu Top Up kemaren dg rekening BCA langsung terkirim keesokan harinya. Hanya waktu pakai rekening BNI tidak terkirim hingga saat ini.

  • 11 Juni 2023 - (11:23 WIB)
    Permalink

    zaman skrg mase pake bank/sejenis WE/wise dll?.
    hahaa…..
    pke tuh bang
    flip.co.id

    tp sy rekomen yg 3 bawah ini.
    pintu.co.id
    binance.com
    indodax

    kalo mau kirim puluhan /ratusan miliyar.
    pake trust wallet/safepal/metamask

    • 12 Juni 2023 - (16:12 WIB)
      Permalink

      Lah, dia kan mau tf uang dari Malaysia ke Indonesia, dan bukan sebaliknya. Memang Flip ada/bisa di akses di Malaysia juga? Kalau tf dari ID ke MY dgn Flip memang sudah bisa.

      Pengalaman 2x menggunakan Wise dari teman yang kerja di DE, lancar kok tidak ada masalah, bisa dibilang cukup cepat. Dia sering tf dari lokal bank DE topup Wise lalu dikirim ke BNI, tidak ada kendala. Dan aku jg pernah topup akun sendiri untuk kirim ke (semacam) e-wallet di Philipine, juga tidak ada masalah. Sepertinya emang masalahnya ada di Wise yang belum terima uang tsb.

  • 14 Juni 2023 - (18:32 WIB)
    Permalink

    Proses refund telah berhasil kembali ke akun rekening HSBC saya per 14 Juni 2023. Demikian surat ini saya tutup. Terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai Wise?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Masalah Transfer Dana dari Luar Negeri Menggunakan Wise

oleh MOHAMMAD AGUS SALIM dibaca dalam: 1 menit
22