Menunggu Surat Keterangan Lunas dari Bank DBS

Saya selaku nasabah Bank DBS sejak tahun 2019 awalnya ditawarkan KTA dan disetujui dengan tenor 36 bulan. No. Rek DBS 780-109-***2:

  • Periode awal pinjaman: Oktober 2019
  • Periode akhir pinjaman: September 2022

Awalnya cicilan lancar dan semenjak COVID pembayaran stuck dan ada tunggakan, tepat pada akhir tahun 2022 ada yang menghubungi saya staff collection untuk bantu pengajuan keringanan pembayaran. Dengan syarat membuat surat permohonan, dilampirkan KTP, KK, dan surat keterangan sudah tidak bekerja (paklaring).

Yang diajukan diskon 50% namun membayar 3x setelah dokumen lengkap diajukan oleh petugas dan diakui, draf yang terima via email saya kesulitan untuk buka file-nya. Hal ini sudah saya sampaikan kepada staf collection yang membantu saya pengajuan (diberitahukan melalui WhatsApp). Jadi saya cicil 3x, bulan Juni ini saya sudah bayar (pembayaran yang terakhir) dengan nominal diskon menjadi 16.620.232.

Setelah lunas, saya meminta hak saya untuk mendapatkan surat lunas, namun informasi beliau ada biaya proses surat keterangan lunas sekitar Rp150-200 ribu dan dijanjikan 1-2 hari bisa diproses. Saya hubungi call center dan disarankan untuk hubungi bagian collection di nomor 021-30400695. Diinformasikan bahwa pembayaran gagal jika tidak sesuai dengan draf (hal ini sudah saya sampaikan saat saya buka drafnya ada kendala dengan staff lapangan) dan saat saya dihubungi dijanjikan akan dihubungi kembali.

Saya telepon hari Senin, 12 Juni 2023, hari ini Kamis, 15 Juni 2023, sampai hari ini saya tidak menerima telepon dari pihak DBS. Dan akhirnya saya meminta staff lapangan untuk membantu urus surat, saya sudah transfer Rp100 ribu tapi sudah 3 hari tidak ada informasi.

Tolong kebijakan pihak DBS di mana yang dirugikan adalah nasabah, oknum yang tidak bertanggung jawab.

Karina Rahmawati
Kota Depok, Jawa Barat


Update (20 Juni 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi bahwa permasalahan telah diselesaikan sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Surat Tanggapan PT Bank DBS Indonesia atas Surat Sdri. Karina Rahmawati

Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mediakonsumen.com. Melalui surat ini, kami...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Menunggu Surat Keterangan Lunas dari Bank DBS

  • 16 Juni 2023 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Dimana2 surat keterangan lunas itu gratis nggak bayar, begitu membayar kewajiban sesuai kesepakatan surat keterangan lunas akan di terbitkan oleh bank tanpa biaya apapun.. yg minta uang buat nerbitkan surat lunas itu pasti oknum bank..

  • 17 Juni 2023 - (14:44 WIB)
    Permalink

    Sama dengan saya.
    Saya juga sedang menunggu Surat Lunas dari Bank DBS.
    Kewajiban sudah terselesaikan tapi Surat Lunas tak kunjung di keluarkan.
    Buat Bank DBS, di perbaiki dong pelayanannya.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank DBS Indonesia?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Menunggu Surat Keterangan Lunas dari Bank DBS

oleh Karina dibaca dalam: 1 menit
5