Tidak Bisa Melakukan Pembayaran dengan Saldo Google Play

Saya melakukan pembelian saldo Google Play di Tokopedia pada tanggal 31 Mei 2023 sebesar Rp 1.000.000. Voucher langsung saya input ke akun Play Store saya dan saldo saya bertambah.

Namun, pada tanggal 6 Juni 2023, saat saya ingin menggunakan saldo Google Play saya untuk pembayaran di Play Store, saldo saya tidak bisa digunakan. Muncul notifikasi error saat saya ingin melakukan pembayaran dan saya disuruh mengisi formulir yang disediakan.

Saya kemudian mengisi formulir yang diminta dan mengirimkan bukti invoice pembelian dari Tokopedia beserta data lengkap. Setelah satu hari, saya mendapat balasan dari Google bahwa saldo saya masih belum bisa digunakan dengan alasan “inkonsistensi data yang saya berikan”.

Saya kemudian menghubungi customer service (CS) Google melalui layanan chat yang disediakan dan menanyakan data yang kurang lengkap. Saya diminta untuk mengirim ulang bukti pembelian dari Tokopedia. Saya memastikan ke CS apakah bukti yang saya kirim sudah sesuai, dan CS mengatakan bahwa sudah sesuai. Saya diminta untuk menunggu beberapa hari karena data pembelian yang saya kirim akan diperiksa oleh pakar Google.

Setelah menunggu selama 7 hari tanpa ada balasan, saya menghubungi CS melalui chat dan diminta untuk mengirim ulang bukti pembelian. Saya mengirimkan kembali bukti pembelian, dan pada tanggal 16 Juni ini, saya menerima balasan melalui email bahwa saldo saya masih belum bisa digunakan dengan alasan yang sama.

Saya kembali menanyakan kepada CS apa yang kurang, namun CS tidak bisa menjelaskan bukti yang diminta. Padahal saya sudah memberikan bukti pembelian yang sah dari Tokopedia. Sebelumnya, saya juga pernah mengalami hal serupa pada bulan Februari 2023, dan saldo saya bisa digunakan lagi setelah satu minggu setelah melakukan komplain dan berdebat dengan CS.

Saya sangat kecewa dengan pelayanan yang diberikan oleh Google. Sudah jelas saya telah mengirimkan bukti pembelian yang sah, tetapi tetap saja saya tidak bisa menggunakan saldo yang saya beli.

Mohon bantuan dari pihak Google/Tokopedia untuk menyelesaikan masalah ini agar saldo saya bisa digunakan kembali. Mengapa malah dipersulit penggunaan saldo sendiri? Mohon agar pihak Google dapat menyelesaikan masalah ini secepat mungkin agar saldo saya bisa digunakan lagi.

Ini akan menjadi kali terakhir saya membeli saldo Google Play. Saya tidak ingin membeli saldo Google Play lagi jika malah menjadi merepotkan bukannya mempermudah.

Khairil Afin Huda
Pekalongan, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Tidak Bisa Melakukan Pembayaran dengan Saldo Google Play

  • 17 Juni 2023 - (16:06 WIB)
    Permalink

    saya senasib sama kmu bro… padahal kita beli pakai uang kita pribadi dan seenaknya di bekukan saldo kita… tidak ada penjelasan rinci kesalahan kita… pihak google membuat keputusan sepihak untuk membekukan saldo kita… mungkin oknum pekerja google sudah tidak bekerja dengan baik, kepada kosumennya… dan mencuri saldo kita dengan membuat keputusan membekukan saldo kita… atau tidak bisa dipakai untuk apapun…

  • 17 Juni 2023 - (20:10 WIB)
    Permalink

    Bisa bgtu ya, saya selama transaksi menggunakan saldo googlenya aman aja sih…. Selama pembelian aplikasi atau perpanjangan layanan. Klo google saldonya masalah saya pake alternatif lain.

  • 18 Juni 2023 - (16:27 WIB)
    Permalink

    Menurut pengalaman ane gini kak TS. Apakah google playstore nya beberapa waktu lalu barusan update? Update terbaru playstore saat ini include ttg konsistensi payment. Apabila pake voc, seterusnya pake voc, apabila pake pulsa sterusnya pake pulsa, apabila pake balance ewallet/cc, maka seterusnya pake itu. Itu penyebab terjadi inkonsistensi. Jika ada user lain buka daleman apk playstore pake selenium, bisa ditemukan source code nya yg bikin inkonsisten itu. Cmiw ..

    • 18 Juni 2023 - (17:35 WIB)
      Permalink

      Sebelumnya saya pakai saldo google terus sih setiap pembayaran, nah masalahnya ini dr pihak googlenya kq tidak membantu ada masalah kayak gini, tidak ada penyelesaian seperti dibiarkan saja kalo saldo tidak bisa digunakan y dibiarkan, tidak ada penjelasan yg jelas dr pihak googlenya

  • 18 Juni 2023 - (18:02 WIB)
    Permalink

    Sama bro, gw voucher google 300rb tidak bisa digunakan diakun manapun, padahal beli pakai DANA, udah mulai aneh sekarang google mentang2 monopoli perdagangan, jd seenaknya sama konsumen

 Apa Komentar Anda?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Tidak Bisa Melakukan Pembayaran dengan Saldo Google Play

oleh Ariez dibaca dalam: 1 menit
7