Surat Pembaca

Kurir Tidak Datang Menjemput Paket, Malah Seenaknya Membuat Status Gagal Pickup karena Paket Tidak Siap

Sebelumnya di sini saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen, jika surat saya ini dimuat. Karena jujur saat ini saya sangat tidak terima atas perlakuan kurir Ninja, yang sudah ke sekian kalinya dengan seenaknya menggagalkan status pick up pada paket dengan nomor resi: NLIDAP1674185358 dan NLIDAP1674197869.

Sebelumnya kurir tanpa konfirmasi dulu ke saya, tahu-tahu paket dibuat status paket gagal pick up, dengan alasan paket tidak siap pada pukul 17.59 hari Minggu, 6 Agustus 2023. Padahal jelas-jelas paketnya sudah saya taruh di luar sejak pagi.

Yang sebenarnya terjadi adalah, kurir itu tidak datang ke rumah saya, dan tidak menghubungi saya juga. Namun kurir dengan seenak sendiri membuat status pick up, seolah-olah paket tidak siap saat penjemputan. Padahal saya sudah mempersiapkan paketnya sejak pagi. Jadi atas hal ini saya sangat tidak terima, karena toko saya jadi kena poin keterlambatan pengiriman

Bahkan yang lebih menjengkelkan lagi, staf Ninja bagian supervisor yang bertugas di sorting Hub Ninja Xpress Yogyakarta yang di jalan Imogiri Barat (yang katanya kalau ada masalah dengan kurirnya suruh menghubungi sana supaya masalahnya bisa diselesaikan tanpa harus dimuat di Media Konsumen dan mau memperbaiki sikap kurirnya), tapi nyatanya tidak diperbaiki. Justru malah tambah parah dari sebelumnya.

Karena sebelumnya saya jarang mendapat status palsu gagal pick up yang seolah-olah paket belum ready seperti itu. Namun sekarang, terutama akhir-akhir ini toko saya jadi sering diperlakukan seperti itu oleh kurirnya.

Melalui surat ini, saya minta pihak Ninja untuk memberikan sanksi tegas yang tidak main-main dan kalau perlu tidak usah dipakai lagi kurir yang seperti itu. Karena sudah beberapa kali kurir Ninja bikin ulah yang merugikan toko saya sampai kena poin keterlambatan pengiriman gara-gara ulah kurir yang seperti itu. Saya minta pihak Ninja Xpress bertanggung jawab atas masalah yang merugikan toko saya ini.

Saya sudah berkali-kali menulis surat di sini, tapi masih ada saja kurir Ninja lain yang membuat status gagal pick up palsu di toko saya. Apalagi kalau tidak saya muat di sini, makin tambah semena-mena itu para kurir Ninja. Jadi sekali lagi, tolong pihak ninja express, kurir yang dengan seenaknya merugikan toko saya itu segera ditindak secepatnya.

Wiji Lestari
Bantul, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal “Kurir Tidak Datang Menjemput Paket, Malah Seenaknya Membuat Status Gagal Pickup karena Paket Tidak Siap”

Jakarta, 10 Agustus 2023 Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com di Tempat Perihal: Tanggapan atas surat pembaca di mediakonsumen.com mengenai pengiriman paket...
Baca Selengkapnya

Komentar

      • Pernah mkek jasa ini beli hp lewat marketplace tapi hilang butuh proses 2 Minggu buat refund uangnya jdi kapok mkek ini

        • Kalau menurut Gusdur " gitu aja repot" ganti jasa kurirnya jangan pakai jasa kurir itu lagi, masih banyak jasa kurir yang amanah.

          Salam satu aspal
          Driver Gojek Cikarang

    • Kan bisa ajukan ke j&t atau jne biar tidak ada status gagal pickup karena bisa antarkan kapan saja, setahu saya kalau expedisi ninja komplainnya di cs pusat di telegram ninjaboot atau di mesenger cepet penyelesaiannya paket yg di permainkan uang cod aja bisa langsung masuk saldo, nb saya pengalaman pakai jasa kirim ninja bertahun²

    • ih ada wijil lg..yg sering muncul di media konsumen..po mungkin karena paketmu cuma satu jil terus rumahmu pelosok kali ya..jd kurire ga ambil

      • sepertinya hampir semua kurir nyeleneh, semua kurir ingin mendapatkan bonus dari banyaknya barang yg dia kirim tapi tdk melihat kemampuan, pd akhirnya barang gagal terkirim tepat waktu, dan kurir dgn entengnya mengatakan, barangnya baru besok dikirim, dan barang aman.. itulah kata2 yg sering dipakai.
        buat kurir, kalau tdk mampu jgnlah banyak2 mengambil paket !!! hanya utk mengejar bonus yg besar.,karena ulah kalian bnyk konsumen yg dirugikan.

  • Mohon maaf, kalau status seperti itu apakah berpengaruh di poin? Saya penjual di tokopedia dan beberapa kali ada status seperti ini kalau kurir sicep*t tidak pickup dan sepertinya di toped tidak ada pengurangan poin.

    • Nggak kak, kalau udh req pickup jatohnya status paket udh dikirim, orderan udh dianggap dlm proses pengiriman. Ntah TS jualan dimana sampe ada aturan poin begitu. Kecuali masih sistem dropship kalo blm diterima ekspedisi status paket msih gantung di seller.

  • Slogannya aja kami bantu sampai tujuan,, yang namanya bantu ya gitu kak, seolah olah ngirim paket gak bayar jadi ya terserah mereka aja prosesnya seperti apa kayak gak ada tanggung jawab pasti.

    Hal serupa yg beberapa kali saya alami adalah status gagal antar karena penerima tidak ditempat / tidak bisa dihubungi dll tanpa kurir datang ke lokasi atau konfirmasi by phone (tp jasa kurir yg berbeda). Jadi seakan akan pihak ekspedisi bisa berbuat semau mereka aja

  • Sekarang tinggal di balik aja, anda kirim langsung ke gerai ninja nya. Kelar kan?
    Kurir juga punya keterbatasan, apalagi alamat anda jauh dari ekspedisi. Kalau rumah di pelosok jangan harap minta service extra.

    • Harusnya ke agen lazadanya si, jadi order lazada itu walapun pengiriman jnt ninja JNE kirimnya ke agen lazada, kebetulan saya selalu drop ke agen lazada daripada nunggu kurir yg ujung2nya ga pick up, lebih cepet update, customer gak rewel penjual bahagia 😂😂

      • Biasa begitu kalau belanja di Lazada dan kalau sudah dibahas gini nanti lazada akan jadi pahlawqn kesiangan dengam sok bela dan perhatikan konsumen. Saya pernah mengalami hal yang sama di lazada juga. Lagu lama

      • Kurir fungsinya utk pickup dan pickup paket kak. Tp kurir cm manusia biasa, jd jgn berharap muluk2, dia bs telat, sakit, kehujanan, jd gak bs kita minta pickup dia langsung nongol aja. Kadang ada kurir yg muter2 satu wilayah dulu, trs pindah ke wilayah lain, nah pas dia udh di wilayah lain trs wilayah yg sblmnya ada seller minta pickup ya gak bs serta merta dia balik kan? Yg minta pickup itu bnyk. Makanya kita hrs menjalin hubungan baik dgn kurir, atur jadwal pickup, sekali2 ajak ngobrol. Sy jg pernah ada masalah dgn kurir ninja waktu kurir lamanya resign, kurir baru ini masih gak terbiasa, sampe telat mulu ambil paketnya. Akhirnya setelah sy komplain ke blibli, manajer wilayah ninja sampe chat dan minta maaf, cm sebisa mungkin sy sampaikan kalau sy gak marah dan mengerti karna kurirnya masih baru. Akhirnya masalah selesai, kurirnya jg selalu chat tiap pagi utk tanyain ada pickup-an apa nggak.

        • Kalo Ninja emang sering gitu Bos,,, malah produk saya sering kena over load,, padahal sdh d up beratnya.

      • Status kayak gitu gak cuman di ninja express aja tapi di ekspedisi lain juga sama. Mungkin emang kurir sedang sibuk sehingga enggak sempat ngambil paket. Emang jenis paketnya apa? Kalo reguler bisa nunggu besok. Kalo belum kepick up, anter aja langsung ke cabangnya. Ini berdasarkan pengalamanku kerja di retail kopi di posisi pengiriman barang. Dan hal kayak gitu juga sering terjadi

    • Dia jg blg "sy akan terus menggunakan ekspedisi ninja selama sy berjualan di MP". Tp kenyataannya ngeluh melulu ttg ninja. 👍