Permohonan Perpanjangan Paspor Sudah 1 Mingguan Belum Selesai dan Belum Ada Kepastian Kapan Selesai

Dear Media Konsumen,

Paspor yang saya pegang sudah expired bulan Mei 2023 lalu dan dikarenakan kuota penuh bahkan sampai September, maka saya memutuskan untuk mendaftar online di UKK Mempawah (masih di bawah naungan Imigrasi Pontianak).

Tanggal 15 Agustus saya pergi foto & wawancara tanpa hambatan. Diinfokan oleh petugas bahwa paspor selesai dan bisa diambil setelah 4 hari kerja yaitu tanggal 22.

Tanggal 22 saya pergi ambil dan baru diinfo paspor belum jadi dan masih dalam proses verifikasi. Saya protes kenapa tidak diinfo jika belum bisa diambil? Padahal kalian (petugas) yang bilang bisa diambil tanggal 22 loh.
Jarak Pontianak – Mempawah – Pontianak adalah 4 jam (PP).

Setelah saya pulang ke Pontianak lagi, dari UKK Mempawah ada chat WA, tapi ketika saya bertanya berapa lama prosesnya, chat hanya dibaca tanpa dibalas (ss chat terlampir).

Saya coba inbox ke IG Imigrasi Pontianak untuk minta bantuan cek, tapi hasilnya tetap disuruh menunggu tanpa kejelasan kapan selesai.

Terakhir tadi sore (25 Agustus) Imigrasi Pontianak inbox membahas perihal perubahan nama saya di paspor pertama & kedua dan saya jelaskan sedetilnya (percakapan saya lampirkan di sini).

Semua dokumen kependudukan lengkap. Surat penetapan pengadilan pun ada, dan ini yang menjadi dasar perubahan data di paspor yang kedua dari paspor pertama. Saat mengurus paspor kedua dulu di Imigrasi Pontianak, tidak ada hambatan yang berarti meskipun harus bolak balik menjalani wawancara berlapis terkait perubahan nama tapi pada akhirnya selesai.

Sekarang saat ingin memperpanjang paspor kedua ternyata dipersulit, dan terkesan sengaja mencari celah untuk dijadikan masalah. Logikanya jika ada masalah, seharusnya muncul saat pembuatan paspor yang kedua dulu karena proses perubahan data. Lah dulu saja lancar tidak ada masalah, kok sekarang malah dipersulit?

Apa gunanya dokumen kependudukan yang update, lengkap, sah di mata hukum tapi pada prakteknya tetap dipersulit saat dijadikan lampiran untuk mengurus dokumen lain di instansi tertentu?

Semoga melalui Media Konsumen bisa membantu menyambungkan saya ke pihak terkait yang bisa membantu. Terima kasih sebelumnya.

Aurelia Yanti Lay
Pontianak, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Permohonan Perpanjangan Paspor Sudah 1 Mingguan Belum Selesai dan Belum Ada Kepastian Kapan Selesai

  • 27 Agustus 2023 - (12:12 WIB)
    Permalink

    Bukan mencari celah untuk dijadikan masalah, tapi dicari celah buat dijadiin “UUD”.
    ke lapor.go.id ditujukan ke ditjen imigrasi kemenhukam sama twit mention ke pak Yasonna H. Laoly biar jadi perhatian.

  • 27 Agustus 2023 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Sepertinya UKK Mempawah adalah sub-cabang yah? Ditulis bahwa sebelumnya dibuat di Imigrasi Pontianak. Nah itu yang buat lama.

    Tampaknya bahwa UKK Mempawah tidak punya data2 hard copies nya mengenai pergantaian nama, yang punya adalah Imigrasi Pontianak.

    Ini lagu lama buat kantor2 yang kecil. Kalau ada dokumen resmi berubah jadi lama.

    Untuk ke depannya tetap buat di Imigrasi Pontianak saja walaupun nunggu lamaaaaaa (Baca: memang ngeselin yang bagian ini)

    Anyway, semoga cepat jadi yah.

    • 28 Agustus 2023 - (08:49 WIB)
      Permalink

      Iya bisa dibilang begitu…Unit Kerja yg mencover masyarakat sekitar spy tdk usah ke ptk. Tapi dokumen yg hrs diisi, map, dll msh judulnya Imigrasi Pontianak…

      Pdhl saat wawancara, petugas ada tny “sebelumnya namany ini dan berubah menjadi ini ya?” Dan sy jawab iya, semua berkasnya ada di dlm map yg bpk pegang…
      Bearti memang data sdh update di sistem, tp memang terkesan sengaja mencari celah…

      Negara lain sdh go green, tinggal tap tap…disini msh sana sini berbelok² berliku².

      Sy sdh berusaha daftar online sejak Juli cuma full terus sampai Sept dan Okt belum dibuka quotanya…rada susah dpt quota krn disini buat paspornya hanya 1 tempat, jd pasti berebut 😔

      Amin makasi banyak kak supportnya 🙏

    • 28 Agustus 2023 - (08:54 WIB)
      Permalink

      Bukan krn beda kantor sih kak…karena saat daftr online pun, sudah tertera pemberitahuan bahwa bisa mengurus paspor di kantor Imigrasi seluruh Indonesia…

      Apalagi ini memang UKK yg dinaungi Imigasi Pontianak…

      Iya next time, hrs urus 6 bln sebelumnya…

      Makasi kak 🙏

  • 27 Agustus 2023 - (22:05 WIB)
    Permalink

    hehe oknum2 menjalankan aturan pake keinginan dan perasaan bukan pake ilmu dan logika. coba liat aja cara menata lalu lintas, itu aja udah keliatan. di jakarta jg etle bisa digunakan buat incar pelanggar yg berkendaraan, tapi para kriminal, pencopet, pencopot spion, pak ogah gak ada yg kena? hehe logika logika kemana kamu perginya.

  • 28 Agustus 2023 - (11:55 WIB)
    Permalink

    2023 indonesia masih banyak pungli, di jateng masih banyak pungli BLT,dll. Itu urus paspor kasih duit segepok paling cepet jadi 😁 tp eman2 duitnya

 Apa Komentar Anda mengenai pelayanan Kantor Imigrasi?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Permohonan Perpanjangan Paspor Sudah 1 Mingguan Belum Selesai dan Belu…

oleh Aurelia Yanti Lay dibaca dalam: 1 menit
11