BTN Membuat Rumit Pelunasan KPR

Surat ini saya tujukan untuk Bank BTN beserta seluruh stafnya.

Dengan keterbatasan ekonomi, untuk memiliki rumah sendiri, saya melakukan pengajuan KPR yang kemudian diarahkan melalui Bank BTN cabang Kelapa Gading, dengan plafon 225 juta rupiah. Sudah berjalan 4 tahun dari 20 tahun, mulai cicilan 2,1 juta rupiah hingga sekarang 2,5 juta rupiah per bulan.

Karena saya merasa jika dilanjutkan rasanya terlalu besar pengembaliannya, saya memutuskan untuk take over atau pindah bank. Saya kemudian mendapatkan penawaran dari sebuah bank, yang jika saya kalkulasi, sangat lebih efisien dalam segi waktu tenor dan biaya cicilan.

Proses demi proses saya lewati, dan pengajuan take over saya mendapat persetujuan dari bank tersebut pada tanggal 31 Agustus 2023. Namun masih harus mendapat persetujuan pelunasan dipercepat dari Bank BTN. Saya bertanya melalui call center BTN 1500286, yang awalnya menyebutkan jika pelunasan masih di bawah plafon 350 juta rupiah (dalam hal ini sisa plafon saya adalah 204 juta rupiah), maka tidak perlu membuat surat permohonan pelunasan dipercepat dan waktu tunggu jawaban adalah maksimal 10 hari kerja.

Namun ketika petugas bank take over mendatangi BTN Kelapa Gading pada tanggal 11 September 2023, diinformasikan bahwa saya harus mengisi form permohonan disertai materai. Saya lalu menghubungi call center BTN Kelapa Gading untuk dapat melakukan pengisian form melalui surat elektronik atau email, form pernyataan pelunasan yang akan saya lakukan pada tanggal 2 Oktober 2023, dan syarat dokumen telah saya attach dan submit pada tanggal 12 September 2023.

Sudah masuk 6 hari kerja setelah saya submit permohonan, tetapi masih belum ada titik terang. Lalu pada tanggal 19 September 2023, saya coba tanyakan via email follow up permohonan saya sudah sampai sejauh mana. Namun tidak ada respons jawaban sama sekali hari itu juga.

Kemudian pada tanggal 20 September 2023, kembali saya tanyakan. Namun jawaban dari loan support BTN Kelapa Gading adalah saya masih harus menunggu jawaban dari BTN pusat minimal 15 hari dan maksimal 1 bulan kerja. Saya penasaran lalu coba menghubungi BTN pusat (Harmoni). Sangat berbeda jauh dari apa yang disampaikan ketika saya bertanya pada call center BTN dan BTN pusat Harmoni, bahwa waktu tunggu jawaban maksimal adalah 10 hari kerja, itu pun jika plafon di atas 350 juta rupiah.

Kembali pada tanggal 22 September saya tanyakan via chat email, tapi lagi-lagi tidak mendapat balasan.

Jadi sebenarnya prosesnya seperti apa ya untuk pengajuan pelunasan ini? Padahal saya ingin melunasi pinjaman, kenapa masih harus melalui proses yang berkelit serta menunggu persetujuan yang bahkan lebih dari 10 hari? Saya tidak ingin menunggu hingga tiba jatuh tempo cicilan lagi pada tanggal 7 Oktober 2023 nanti, seolah-olah seperti masih ingin memetik keuntungan dengan memperpanjang waktu tunggu jawaban.

Mohon pihak BTN dapat segera merealisasi rencana pelunasan saya tanpa harus ditunda-tunda lagi. Terima kasih.

Mario Febriawan
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

49 komentar untuk “BTN Membuat Rumit Pelunasan KPR

  • 25 September 2023 - (06:41 WIB)
    Permalink

    kenapa berbelit? ya iya lah bwang, kan kalo take over btn rugi atuh, kalo segampang itu ntar pada mabur pindah bank lain.

    16
    3
    • 25 September 2023 - (07:00 WIB)
      Permalink

      padahal udah cukup untung, 4 tahun saya cicil 2jt Lebih tiap bulan, dari plafon 225jt dan sekarang masih di angka 204jt sisa nya.
      artinya kan hanya 20jt an saja pokok pinjaman yang terbayar,,

      5
      1
      • 26 September 2023 - (08:07 WIB)
        Permalink

        Saya juga mengalami hal berbelit di BTN, mau pelunasan percepat, padahal saya sudah telp ke pusat di surabaya, diinfo bs pelunasan dimana saja, sudah ke bank BTN terdekat katanya pelunasan di bank tersebut ga bisa diarahkan sesuai info mereka, ternyata ditolak lagi di cabang tersebut. Dr pagi jam 9 saya dikerjain bank, masa staff bank sendiri ga tau dimn saya bs pelunasan, hal ini aja udah bikin kliatan ga profesional sekali. Di bank arahan yg ke 3,krn diputar2 saya sampai bank BTN ke 3 ini jam 12.05 dan mereka sampaikan istirahat akhirnya saya komplain, saya terlambat karena pihak staff nya merka sendiri yg tolak tolak proses saya. Akhirnya nunggu 15 mnit saya bs dibantu. Udah gt saya masih kena bunga untuk yg berjalan, akhirnya dr total yg harus saya lunasi ada tambahan bunga dan penalti(ini memang aturan). Tp proses nya ini lhoh yg SANGAT TIDAK PROFESIONAL. mempersulit dalam berbagai sisi. Jk memang kepepet kredit sepertinya saya tidak mengulang ke bank ini. Sekian keluhan yg saya alami juga. Terimakasih

      • 26 September 2023 - (10:45 WIB)
        Permalink

        KALAU SEPERTI ITU JAWABAN DARI BTN NYA TIGAL DI DEMO AJ MAU NYA APA KITA KAN MAU PELUNASAN KNAPA DI BLAT BLIT SEPWETI ITU ITUERUSAK NAMA PRUSAAN SENDIRI KALAU ADA KONSUMEN MAU PELUNASAN BANYAK ALASAN INI ITU LH KALAU JIKA SAMA SAYA SEPEETIBITU TAK RAMEIN ITU KITA MAU PELUNASA BUKaN MAU KABUR.

      • 27 September 2023 - (17:00 WIB)
        Permalink

        Saya jg ambil KPR di BTN Malang sejak 2018
        Karena dlm 5 tahun sisa pokok yg terpotong hanya sedikit, sy berusaha melakukan pelunasan dipercepat, alhamdulillah bisa terwujud di tahun 2023
        Proses nya mudah, pagi ke CS loan utk pengajuan pelunasan, kemudian transfer dana sesuai dgn sisa pokok ke rekening KPR, sore ke teller utk proses pendebetan rekening, lalu kembali lagi ke CS loan utk ttd pengambilan sertifikat jaminan kredit
        Alhamdulillah selesai dalam 1 hari saja 🥰

        1
        1
    • 26 September 2023 - (15:30 WIB)
      Permalink

      pengalaman saya dulu..setelah pelunasab lebih awal, sertifikat rumah nya belum jadi, langsung saya buat heboh di kantornya, sampai mereka memanggil saya dan proses penyelesaian sertifikatnya bisa dipercepat. Ternyata banyak yang ngalami seperti saya di lobby BTN itu

    • 26 September 2023 - (21:40 WIB)
      Permalink

      Teman-teman pembaca yang setia.
      yang pro maupun yang kontra, per sore ini 26 September 2023 pukul 18:00 saya sudah terima jawaban mengenai availability pelunasan pada tanggal 2 October nanti.
      terima kasih atas dukungan support maupun kritik yang sudah teman-teman sampaikan di forum ini.
      terima kasih juga Media Konsumen yang sudah menyalurkan berbagai aspirasi, keluhan, maupun review dari teman-teman pembaca semua.
      Salam Sukses untuk kita semua..

    • 28 September 2023 - (00:04 WIB)
      Permalink

      Saran saya bagi semua nasabah KPR untuk SEGERA lakukan pengecekan Sertifikat Rumah anda sekarang juga. Mungkin saja kasus berbelit2 ini bisa saja sama kasusnya dengan Warga Perumahan Violet Garden Kranji, Bekasi yang ternyata sejak akad kredit 12 tahun lalu hingga saat ini tidak ada sertifikatnya di tangan bank pemberi kredit. Yang mana seharusnya Bank dapat menyimpan dengan baik sertifikatnya untuk kapanpun dapat dikeluarkan jika nasabah melunasinya.
      Jadi lakukan segera cek sertifikatnya sekarang ada atau tidak sebelum semuanya terlambat..

      • 12 Oktober 2023 - (09:49 WIB)
        Permalink

        betul itu pak, kita harus sering tanyakan perihal sertifikat, mungkin ada abaiknya tanyakan langsung ke developer perumahan pak

    • 1 Oktober 2023 - (02:25 WIB)
      Permalink

      Iya BTN bunga sangat tinggi..
      Suku bunga mengikuti Suku bunga BI.
      Disaat Bunga BI turun BTN gak mau turun.
      Giliran Bunga BI naik ikutan naik..
      Waktu ditanya dan mengajukan penurunan bunga. Jawabnya itu sudah sistem dari pusat.. Hadiuuhhh. Wajar aja debitur mulai kabur

    • 25 September 2023 - (09:29 WIB)
      Permalink

      ada prosedurnya dari bank yang akan melakukan take over menghubungi pihak BTN untuk mengetahui sisa kewajiban yang harus dilunasi.

      4
      1
        • 25 September 2023 - (10:34 WIB)
          Permalink

          mungkin ya pak, rata2 konsumen take over itu dikarenakan mencari rate yang lebih murah, dalam hal ini seharusnya pihak BTN peka terhadap situasi, bisa dengan menawarkan rate yang minimal sebanding dengan pesaingnya, saya rasa tidak ada ruginya juga kan.
          tapi ini malah menggantung availability pelunasan yang sudah saya rencanakan.

          9
          1
          • 25 September 2023 - (10:39 WIB)
            Permalink

            Y ga bisa begitu..nanti bank c nawari bunga lbh murah lg..tiap bank kan Ada promo2 sendiri…
            Jelas dipersulit..klo d permudah ntar konsumen yg ada take over semua a ke b ke c..

            1
            4
          • 25 September 2023 - (12:18 WIB)
            Permalink

            Bank Tabungan Nigeria memang kalau bukan Badan Usaha Milik Nigeria paling sudah bangkrut sejak zaman dinosaurus, payah dan ruwet sekali, pusat dan cabang bisa beda kebijakan, maklum kan banyak “titipan” roti bakar, ups, canda bestie)

            11
            2
          • 27 September 2023 - (12:30 WIB)
            Permalink

            Bunga cicilan aq 13% lebih,,betah banget ARA nya,,dikondisi yg TDK menentu ini,, TDK ada toleransi bunga dibawah 10% dr bank pemerintah,, padahal kita sedang menunggu ARB bukan ARA ,, wkwk,,

        • 25 September 2023 - (11:06 WIB)
          Permalink

          take over itu juga bukan tanpa biaya pak, untuk akad kredit di bank “B” itu ada analisa kredit konsumen dan biayanya kurang lebih sama seperti akad kredit pada bank awal bahkan ada beberapa bank yang sebelum analisa diwajibkan membayar biaya appraisal, jadi menurut saya ga sesimple itu juga pindah2 bank.
          dan saat saya hubungi call center BTN, mereka dengan senang hati menjelaskan dengan detail apa saja syarat2nya, coba lihat pada screenshot yg saya lampirkan diatas. dan yang saya tekankan disini itu komitmen point ke-4 nya, dijelaskan maksimal 10 hari kerja, perhari ini sudah genap 10 hari kerja namun belum ada konfirmasi.

          4
          1
          • 25 September 2023 - (18:44 WIB)
            Permalink

            Setahu saya kebijakan BTN terkait pelunasan itu ada 3 mekanisme pak.
            1. Pelunasan biasa (baik kpr subsidi & Non subsidi palfon di bawah 350jt)
            2. Pelunasan dipercepat utk plafon diatas 350jt. (Permohonan terlebih dahulu)
            3. Pelunasan indikasi take over berlaku utk semua plafon. (Permohonan terlebih dahulu).
            Pak Mario ada di point 3.
            Biasa nya setelah debitur melakukan permohonan menunggu estimasi 14 hari kerja.
            Setelah bpk melakukan permohonan petugas BTN akan mengirimkan permohonan bapak k kantor pusat btn.
            Apabila sdah mendapatkan persetujuan petugas btn akan menghubungi via email atau tlfon yg tertera pd form permohonan. Pelunasan bisa di lakukan di tgl 1-15 setiap bln nya.
            Biasa nya kendala petugas btn blm bisa membalas chat atau email krna blm mendapatkan jawaban persetujuan dri kantor pusat. Meskipun blm ada blasan dri pusat petugas btn akan menjawab pertanyaan2 dasar alasan2 knpa blm bisa di eksekusi pelunasan nya dan akan membuat perhitungan estimasi pelunasan mau dibuatkan tgl berapa.
            Terkait biaya2.. klo sy bc hasil sc dgn CC BTN itu sepertinya ada sdkit salah informasi
            -Biaya srt pengantar roya:
            Roya manual Rp. 250.000,-
            Roya elektronik Rp. 350.000,-
            Roya take over Rp. 1.000.000,-
            -Srt ket. LUNAS
            *Subsidi Rp. 100.000,-
            *Non subsdi Rp. 150.000,-
            *take over Rp. 500.000,-
            ….
            Itu sih sdkit informasi yg sy dpt, klo ga slh sy jg pernh d ksh selembaran kertas terkait informasi prosedur take over bank lain dri ptgas btn.
            Semoga permasalahan bpak bisa segera terselesaikan.

          • 2 Oktober 2023 - (19:03 WIB)
            Permalink

            Yang perlu ditanyakan juga adalah bagaimana pengembalian asuransi jiwa dan kebakaran atas pelunasan dipercepat, karena di polis asuransi biasanya sudah tertulis perhitungan nya

          • 3 Oktober 2023 - (09:52 WIB)
            Permalink

            asuransi jiwa ada refund nya Bu Erniwati, namun untuk asuransi kebakarannya tidak ada refund.

            untuk asuransi jiwa saya masih belum tau pasti berapa % refund nya, karena nanti tanggal 5 Oct pencairannya sekaligus pengambilan sertifikat2 dan dokumen.

      • 26 September 2023 - (10:02 WIB)
        Permalink

        Emang pasti ribet gan kalau take over, beda kalau agan lunasi dulu secara cash ke pihak bank terkait, lalu agunan nya dijaminkan ke bank yang dituju

          • 26 September 2023 - (10:44 WIB)
            Permalink

            bukan koplak, tapi cerdas dengan mengalihkan kredit ke bank lain yg memberikan bunga yg lebih rendah

          • 26 September 2023 - (15:16 WIB)
            Permalink

            Loh kenapa emang nya gan, selama bisa bayar ga ada masalah pinjam kebank, lagian lebih rasional minjam kebank yang ngasih bunga atau cicilan lebih rendah, anehnya dimana ya ? Apalagi kalau agan punya usaha, bisa ngajuin pinjaman mikro pakai sertifikat rumah yang dilunasi tadi, bunga dan cicilan mikro jauh lebih rendah, koplaknya dimana ya ?

          • 26 September 2023 - (15:42 WIB)
            Permalink

            wkwkwk, kalo punya cash ngapa lah lunasin terus pinjem lagi wkwkwk, cerdas emang gali lobang tutup lobang, wkwkwk

        • 25 Desember 2023 - (13:40 WIB)
          Permalink

          koplaknya antum ndorong orang dari mulut buaya ke mulut macan, ngeRIBA kok bangga, dunia mulu dikejar, mirissss

    • 26 September 2023 - (21:42 WIB)
      Permalink

      Teman-teman pembaca yang setia.
      yang pro maupun yang kontra, per sore ini 26 September 2023 pukul 18:00 saya sudah terima jawaban mengenai availability pelunasan pada tanggal 2 October nanti.
      terima kasih atas dukungan support maupun kritik yang sudah teman-teman sampaikan di forum ini.
      terima kasih juga Media Konsumen yang sudah menyalurkan berbagai aspirasi, keluhan, maupun review dari teman-teman pembaca semua.
      Salam Sukses untuk kita semua..

      • 5 Desember 2023 - (12:17 WIB)
        Permalink

        pak, mau tanya mengenai asuransi jiwa jika kpr di take over ke bank lain itu gimana ya ? memangnya bisa di refund ? karena pihak BTN tidak menjelaskan perihal asuransi jiwa yg bisa di refund. mohon pencerahannya.

  • 25 September 2023 - (12:16 WIB)
    Permalink

    sabar bang,
    wajar prosesnya lama sih
    karena emang harus hitung hitungan dulu sisa hutang pokok,denda, penalti dsb

    emangnya pinjam dulu seratus,bisa langsung dilunasin gitu aja 😆

    1
    3
    • 25 September 2023 - (12:25 WIB)
      Permalink

      faktanya ketika saya hubungi via call center, langsung disebutkan total nominal pokok + 2% penalty + denda bunga berjalan.
      call center saja bisa langsung hitung, 10 hari bisa ditoleransi, kalau 15 hari atau bahkan sampai 1 bulan bagaimana? teamnya sulit menghitung kah?

    • 26 September 2023 - (00:23 WIB)
      Permalink

      Sama saya jg nasabah btn syariah, mau pelunasan berkelit2 dari th 2022. Sertifkt blum ada kejelasan. Bingung mau berkata apa lagi.

    • 26 September 2023 - (11:41 WIB)
      Permalink

      Memang gitu btn, kayak bank masih zaman nokia batu, sedangkan ngurus masalah buku tabungan atau atm saja di peribet apalagi kpr.

    • 26 September 2023 - (21:42 WIB)
      Permalink

      Teman-teman pembaca yang setia.
      yang pro maupun yang kontra, per sore ini 26 September 2023 pukul 18:00 saya sudah terima jawaban mengenai availability pelunasan pada tanggal 2 October nanti.
      terima kasih atas dukungan support maupun kritik yang sudah teman-teman sampaikan di forum ini.
      terima kasih juga Media Konsumen yang sudah menyalurkan berbagai aspirasi, keluhan, maupun review dari teman-teman pembaca semua.
      Salam Sukses untuk kita semua..

  • 25 September 2023 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Sudah jadi platform BTN ( Bayar Tapi Nyicil ),mungkin pihak BTN gak mau ganti Platform BTL ( Bayar Tapi Lunas ) ..Hadeuh..

  • 26 September 2023 - (12:26 WIB)
    Permalink

    Saya pribadi merasakan hal yang sama, ketika saya selesai cuti pembayaran 1 tahun, dengan syarat2 yang telah di penuhi, ketika pembayaran kembali berjalan saya kaget karena sebelumnya pembayaran kredit rumah tidak sesuai dengan apa yang saya bayar sebelum ambil cuti pembayaran

    • 26 September 2023 - (21:41 WIB)
      Permalink

      Teman-teman pembaca yang setia.
      yang pro maupun yang kontra, per sore ini 26 September 2023 pukul 18:00 saya sudah terima jawaban mengenai availability pelunasan pada tanggal 2 October nanti.
      terima kasih atas dukungan support maupun kritik yang sudah teman-teman sampaikan di forum ini.
      terima kasih juga Media Konsumen yang sudah menyalurkan berbagai aspirasi, keluhan, maupun review dari teman-teman pembaca semua.
      Salam Sukses untuk kita semua..

      • 2 Oktober 2023 - (15:53 WIB)
        Permalink

        sore pak, maaf mau tanya sudah dikabarin BTN nya via apa ya pak? karena kebetulan saya juga kasusnya sama persis kaya bapak sudah pengajuan dari tgl 13 september tapi sampai saat ini belum dapat kabar.

        • 2 Oktober 2023 - (18:58 WIB)
          Permalink

          di push saja terus bu, kaLau ga gitu lambat responnya.
          saya diberi jawaban via email.
          semoga cepet selesai problemmya bu..

      • 11 Oktober 2023 - (16:31 WIB)
        Permalink

        hallo pak, maksimal berapa lama waktu jawabannya itu pak ??
        dan apa bisa dalam 1 hari sekaligus untuk ambil sertifikat rumahnya?

        • 12 Oktober 2023 - (07:03 WIB)
          Permalink

          kaLau menurut BTN CaLL Center,
          maksimaL tunggu approvaL 10 hari kerja Bu.
          tapi daLam case saya, 12 hari baru terbit approvaLnya.
          dan ketika peLunasan, sertifikat dapat diambiL H+3 seteLah peLunasan, terkecuaLi Roya,
          daLam case ini, Roya saya sudah Roya ELektronik, stepnya Roya akan di submit ke BPN berbarengan saat pengambiLan dokumen. sekitar ±2 hari dari BPN akan ada informasi mengenai biaya admin sebesar Rp 50,000 yang harus dibayarkan bisa Lewat tokopedia maupun M-Banking. seteLah dibayarkan, Roya eLektronik akan terbit sekitar ± H+2.

          • 12 Oktober 2023 - (08:48 WIB)
            Permalink

            oh 12 harian yaa, nanti yg konfirmasi itu bank awal kita akad ya?? dan surat roya elektroniknya hanya berbayar 50rb pak ?? dari BTN keterangannya terbit surat roya 350rb kalau tidak salah,
            dan selain kena pinalty apa harus bayar angsuran 1x pak ?? soale saya sedang menunggu approval persetujuan.

          • 12 Oktober 2023 - (10:07 WIB)
            Permalink

            dari BTN dan BPN masing² kena biaya bu..
            benar, dari BTN biaya admin penerbitan roya adaLah 350,000 namun diLuar itu ada biaya Lagi dari BPN seharga 50,000.
            kecuaLi jika kita ingin urus sendiri HT Roya nya, hanya bayar ke BPN nya saja..

            mengenai pinaLty dan angsuran, kaLau saya peLunasan sebeLum jatuh tempo angsuran, jadi tidak perLu dibayarkan angsurannya. hanya bayar penaLty saja.

 Apa Komentar Anda mengenai BTN?

Ada 49 komentar sampai saat ini..

BTN Membuat Rumit Pelunasan KPR

oleh Mario dibaca dalam: 2 menit
49