Surat Terbuka Terkait Penutupan Kursus Online Refocus

Pelajar Kursus Online Refocus (PT. Digital Edukasi Plus) asal Indonesia Rugi ± 22 Milyar Akibat Penutupan Operasional Perusahaan Secara Sepihak, dan Masih Tetap Ditagih Cicilan Danacita, Edufund & Kartu Kredit

Salam Sejahtera,

Kami adalah perwakilan siswa kursus online Data Analytic yang diselenggarakan oleh Startup Edutech asal Rusia dengan brand “Refocus” yang dinaungi oleh PT. Digital Edukasi Plus yang sudah menyelenggarakan kursus di 6 negara di dunia termasuk di Indonesia .

Refocus bekerja sama dengan beberapa perusahaan pembiayaan kursus di Indonesia, di antaranya yaitu Danacita (PT. Inclusive Finance Group) dan Edufund (PT. Fintech Bina Bangsa), yang telah terdaftar di OJK sebagai Perusahaan peer to peer lending.

Pada tanggal 13 September 2023, kami para siswa menerima pengumuman via email dari Refocus perihal penghentian operasional Refocus di Indonesia. Sehingga menimbulkan kegelisahan, kebingungan bahkan kemarahan dari siswa Refocus di seluruh Indonesia, karena merasa tertipu.

Siswa yang membiayai kursusnya dengan mencicil, masih harus terbebani dengan cicilan, dan terus ditagih oleh pihak terkait. Sedangkan lembaga kursusnya sudah tutup dan kami sebagai siswa pun tidak mendapatkan hak kami secara penuh, bahkan ada yang belum mendapat pelatihan sama sekali.

Kami ingin menegaskan kepada pihak Refocus agar segera menyelesaikan permasalahan ini dengan pihak-pihak pembiayaan di atas. Kami sebagai konsumen enggan untuk melanjutkan pembayaran, karena kami merasa dirugikan secara sepihak.

Kami juga telah membaca pernyataan resmi via akun Instagram Refocus Indonesia, tetapi harap pihak Refocus juga memahami bahwa ada kurang lebih 886 Students yang membayar dengan cicilan melalui partner Refocus (Danacita, Edufund, Kartu Kredit) terus menerus diberi peringatan dan penagihan oleh partner Refocus tersebut. Sehingga bukan hanya menimbulkan kegelisahan dan kebingungan, bahkan juga kemarahan dari para siswa yang merasa ditipu dan dirugikan oleh Refocus.

Sehubungan dengan hal ini, kami telah mengirimkan surat melalui email dengan tembusan ke pihak-pihak terkait sebagai berikut:

  1. Refocus, tanggal 14 September 2023 – 23.13 WIB, dilanjutkan surat reminder – tanggal 19 September 2023 – 10.46 WIB
  2. Danacita, tanggal 15 September 2023 – 23.47 WIB
  3. Edufund, tanggal 15 September 2023 – 23.53 WIB
  4. OJK, tanggal 15 September 2023 – 23.50 WIB
  5. Kominfo, tanggal 18 September 2023 – 11.10 WIB
  6. Bank Indonesia, tanggal 18 September 2023 – 11.16 WIB
  7. BPKN, tanggal 18 September – 11.22 WIB
  8. BPK, tanggal 18 September – 11.40 WIB
  9. BSSN, tanggal 18 September – 11.42 WIB
  • Salinan bukti surat-surat dilampirkan untuk redaksi -red

Adapun sebelum kami melakukan tindakan dengan mengirim surat ke berbagai pihak, kami juga meminta teman-teman siswa untuk mengisi Google Form yang menyatakan bersedia diwakili oleh kami tim kecil dalam menghadapi kasus ditutupnya Refocus Indonesia. Adapun jumlah siswa Refocus sudah mengisi Google Form yang terbaru sampai saat ini ada 1.160, meskipun sebenarnya jumlah siswa Refocus lebih dari 1.160 orang.

Pasca pengiriman surat ke beberapa pihak, kami sempat membuat Zoom Meeting dengan teman-teman siswa untuk melaporkan progress dalam mengurus permasalahan ini:

Kami berharap pihak Refocus benar-benar serius dalam menyikapi masalah ini, dan segera memberikan surat tanggapan dan bentuk pertanggungjawaban yang jelas atas dampak kerugian yang dialami oleh seluruh siswa atas penutupan sepihak oleh Refocus.

Tuntutan kami yang mewakili Students Refocus adalah:

  1. Mengembalikan pelayanan dan fasilitas pembelajaran seperti semula sesuai dengan perjanjian yang meliputi:
    –  Akses modul/materi tanpa batas waktu
    –  Live Chat di platform pembelajaran (Thinkific)
    –  Live Session
    –  Praktek dan Ujian
    –  Career Center
    –  Sertifikat
    –  Job Guarantee / Jaminan Uang Kembali ketika tidak mendapatkan pekerjaan
  2. Jika fasilitas yang diberikan Refocus tidak lengkap sesuai dengan perjanjian, maka kami meminta pengembalian biaya kursus secara penuh bagi yang membayar secara cash lunas atau bertahap kepada Rerfocus (PT. Digital Edukasi Plus) dan dana yang berasal dari partner pembiayaan refocus dikembalikan juga (Danacita, Edufund, Kartu Kredit), sehingga perjanjian kredit para Student dapat dibatalkan oleh partner pembiayaan Refocus.
  3. Demikian juga ada banyak siswa yang sama sekali belum memulai pembelajaran, tapi sudah membayar biaya pelatihan sebagian, bahkan ada yang sudah lunas. Maka kami juga meminta uang mereka harus dikembalikan secara penuh.

Kami memiliki Surat Petisi/Daftar Student Refocus terbaru yang bersedia kami wakili dengan jumlah kurang lebih 1.160 (Seribu Seratus Enam Puluh) Students dengan estimasi kerugian kurang lebih Rp22.040.000.000 (Dua Puluh Dua Milyar Empat Puluh Juta Rupiah) yang kemungkinan akan terus bertambah.

Demikian surat keluhan ini kami buat, dan kami menunggu itikad baik dari pihak Refocus untuk segera menanggapi surat kami melalui email ke refocusstudent@gmail.com atau secara langsung melalui pertemuan dengan kami Perwakilan Students Refocus.

Kepada pihak Danacita (PT. Inclusive Finance Group) & Edufund (PT. Fintech Bina Bangsa): Kami mohon agar selama proses ini berlangsung dapat membantu kami dalam menyelesaikan dengan Pihak Refocus dan menyetop penagihan kepada para student refocus selama proses ini berlangsung.

Kepada pihak OJK, Kominfo dan Badan Perlindungan Konsumen serta Instansi terkait lainnya: Kami mohon bantuan dan perlindungannya karena ini melibatkan lebih dari 1.000 siswa dari seluruh Indonesia, dengan estimasi kerugian mencapai ± Rp22.040.000.000 (Dua Puluh Dua Milyar Empat Puluh Juta Rupiah) akibat penutupan operasional perusahaan secara sepihak ini dan hanya memberikan kursus biasa (belajar mandiri tanpa fasilitas lainnya sesuai dengan perjanjian yang setara dengan biaya kursus seharga ratusan ribu rupiah di pasaran, sangat jauh dengan biaya kursus refocus yang mencapai belasan juta rupiah).

Hormat kami,

Ari Palgunadi
Ketua Perwakilan Siswa Refocus
Kota Salatiga, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

1,058 komentar untuk “Surat Terbuka Terkait Penutupan Kursus Online Refocus

    • 24 September 2023 - (20:18 WIB)
      Permalink

      Saya melliza dari batch 87,
      Tolong kembalikan hak kami, pembelajaran,live chat, dan career center, serta project assient.

      34
      • 25 September 2023 - (06:20 WIB)
        Permalink

        saya merupakan salah satu student batch 68 yang merasa di rugikan, apalagi danacita juga tidak mau menghentikan cicilan saya. semoga pemerintah bisa melihat ini dan membantu kami para korban yang dirugikan ini

        20
        • 25 September 2023 - (09:04 WIB)
          Permalink

          Saya Almaidah dari batch 10 dari jakarta selatan.
          Cicilan terus berjalan.. Sedangkan hak kami tidak dipenuhi refocus.tiap bulan saya menyisihkan uang kan demi mengikuti kursus ini. Ternyata tidak sesuai iklan yang dijanjokan. Kembalikan uang kami. Semoga kami berharap ada keadilan untuk kami semua yg menjadi korban.

          15
          • 26 September 2023 - (08:35 WIB)
            Permalink

            Lebih baik refocus kembali hal hal siswa.. Adri pada nanti pemerintah yang turun tangan .. kalian bisa dipidana..
            #savestudentrefocusindonesia

            Aulia Fasli blom onboarding kota Depok.

          • 27 September 2023 - (22:50 WIB)
            Permalink

            #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

        • 25 September 2023 - (09:52 WIB)
          Permalink

          Saya Eka Rizky Pradana dari batch 9,
          Tolong kembalikan hak kami, pembelajaran,live chat, dan career center, serta project assient.

          12
          • 25 September 2023 - (12:50 WIB)
            Permalink

            Saya Ruzky (Batch 16) dari Depok.

            Awalnya tertarik join Refocus dari iklan di youtube dana ada video Pak Ainun Najib (Head of Analytics di Grab Singapura) jadi saya kira mungkin beliau sbg mentor atw PJ di Refocus. Akhirnya hanya muncul di sesi Introduction, mungkin hanya endorsement aja.

            Saya sdh lunas cicilan via danacita sebesar 10jt an, dan harapan saya agar pihak Refocus bertanggung jawab material atas penutupan sepihak dan juga hak saya sbg Student seperti hak materi pembelajaran, mentoring dan janji konsultasi career center.

            #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

          • 28 September 2023 - (09:14 WIB)
            Permalink

            Tetap semangat.. yakin Allah pasti bantu kita…

          • 28 September 2023 - (10:30 WIB)
            Permalink

            Halo sy Reindi Student Refocus Batch #88 Kota bogor
            Sy juga termasuk korban, baru juga di module 1 udah scam ini lembaga

            #SaveStudentRefocusIndonesia

          • 18 Oktober 2023 - (10:37 WIB)
            Permalink

            Saya dari batch 18, cicilan setiap bulan tapi hak tidak diberikan .kembalikan hak-hak kami

        • 25 September 2023 - (17:13 WIB)
          Permalink

          Saya Rahimah fitriani group 47, maksud hati ingin upgrade ilmu, karna pekerjaan di kantor memerlukan analisi data dengan jumlah besar sesuai siklus hidup manuasia,analisis data yg baik akan memberikan intervensi dan kebijakan yg sesuai dengan kebutuhan karna berdasarkan data, namun sedang asik2nya belajar tiba2 pembelajaran dari mentor sudah tak ada lagi, sedih sih, semoga pemerinta melindungi warganya yg ingin belajar namun akhirnya terhenti karna tiba2 memberhentukan pembelajaran

          • 28 September 2023 - (09:27 WIB)
            Permalink

            Semoga pemerintah mendengarkan suara kita…

          • 27 September 2023 - (22:54 WIB)
            Permalink

            Saya Robi siswa Refocus batch 14
            Mohon pemerintah bisa membela dan melindung hak2 konsumen khususnya untuk generasi muda yang mau berkembang
            #Savestudentrefocusindonesia

        • 28 September 2023 - (01:55 WIB)
          Permalink

          Saya irsan nst dari batch 94 dari kota medan
          Cicilan terus berjalan.. Sedangkan hak kami tidak dipenuhi refocus.tiap bulan saya menyisihkan uang kan demi mengikuti kursus ini. Ternyata tidak sesuai iklan yang dijanjokan. Kembalikan uang kami. Semoga kami berharap ada keadilan untuk kami semua yg menjadi korban.dan saya berharap edufan hentikan cicilan saya

        • 28 September 2023 - (07:23 WIB)
          Permalink

          Saya Azhari Fahmi dari Riau, salah satu student di course online Refocus yang sudah membayar secara lunas. Harapan saya agar bisa mendapatkan kembali hak kami sebagai student di course ini. Dan pihak Refocus hendaknya memberikan tanggapan dengan bijak untuk segera bertanggung jawab atas hal yang saat ini terjadi.
          Terimakasih.

          • 28 September 2023 - (09:15 WIB)
            Permalink

            Refocus wanprestasi… danacita edufund dan kartu kredit harus stop cicilan…

      • 25 September 2023 - (06:29 WIB)
        Permalink

        Sedih rasanya lagi semangatnya belajar ..tiba tiba dapat kabar seperti ini …mu belajarpun sedikit kesulitan jika tidak ada mentor yg mendampingi

        Untuk para pihak refocus serta danacita sebagai platform pembiayaan mohon di perhatikan dan jadikan ini isue yg sangat penting untuk segera di tanggapi ..surat tanggapan kami pun engkau abaikan

        Layaknya anak yg kehilangan induknya

        Salam sejahtera, semoga dapat keadilan seadil adilnya

        Rubi, student bacth 76
        Kab. Bakasi
        Cikarang selatan

        20
        • 25 September 2023 - (07:54 WIB)
          Permalink

          Setuju. Semoga kami sebagai student mendapatkan solusi yang adil dan tidak dirugikan.

          Hanny (Bandung)
          Batch 78

          • 25 September 2023 - (09:29 WIB)
            Permalink

            Saya merupakan salah satu student refokus, saya berada pada batch 34, saya telah membayar secara lunas biaya kursus sebesar 16.500.000, tetapi refokus dengan sepihak menutup layanan pembelajaran, saya sangat merasa di rugikan dengan kejadian ini ,yang mana refokus telah melanggar kontrak secara sepihak dan tidak memenuhi kewajiban sebagai pemberi pembelajaran terhadap saya ,seperti penghentian , live session, mentor, carer center, serta sertifikat yang telah di janjikan.
            Dan saya berharap semoga dengan ada nya tim kecil ini juga dapat membantu saya untuk dapat mengembalikan hak saya sebagai siswa refokus.

            12
          • 25 September 2023 - (16:40 WIB)
            Permalink

            #savestudentrefocusindonesia

            Danacita harus bertanggung jawab KLO nanti saya ada niat bunuh diri..

            2
            3
        • 25 September 2023 - (08:45 WIB)
          Permalink

          Semoga permasalahan ini bisa terselesaikan dengan baik. Saya sebagai siswa sangat merasa dirugikan dan saya memberikan dukungan penuh kepada tim kecil yang terbentuk untuk mewakili kami menyuarakan permasalahan ini. SEMANGAT !!!!

          Suhaidir (Sulawesi Barat) Group 10

          12
          • 25 September 2023 - (15:37 WIB)
            Permalink

            Saya Saka asal Pasuruan batch 96 di kursus refocus, bersama dengan ini saya harap mendapatkan keadilan terkait dana cicilan yang harus dibayarkan namun operasional refocus sudah tak beroperasi, belum satu bulan saya mengikuti kursus ini dan sudah membayar cicilan 1x, namun dengan berita ini saya harap tidak ada cicilan lagi karena hak saya sebagai pelajar tidak terpenuhi dan rasa kepercayaan saya terhadap refocus sudah hilang

        • 25 September 2023 - (08:56 WIB)
          Permalink

          Saya Yukoningsih Suciandari
          Student Refocus Batch 25
          Termasuk yang di rugikan Refocus
          Semoga segera ada solusi yang menguntungkan pihak refocus dan student.

          12
        • 25 September 2023 - (10:00 WIB)
          Permalink

          Saya Nassar batch 21. Sudah bayar lunas, mengikuti seluruh module kecuali module 7, & sudah apply CV 200+ sesuai saran career Center. Merasa dirugikan karena tidak bisa mendapatkan job yang dijanjikan dengan money back guarantee .

          10
          • 25 September 2023 - (13:00 WIB)
            Permalink

            iming-iming mendapatkan job dengan money back guarantee itu yg bikin saya berani join Refocus dengan harga mahal… eeehhh ga tau nya malah di ghosting.

          • 30 September 2023 - (20:53 WIB)
            Permalink

            Kena scam ponzi kayaknya, semoga sukses walau jangan berharap banyak.

        • 25 September 2023 - (13:25 WIB)
          Permalink

          Ada yang udah bayar full bahkan pakai skema cicilan lewat beberapa mitra fintech yang kerjasama dengan refocus ini. Live chat, layanan ke mentor bahkan discord yang jadi tempat komunikasi student di hapus gitu aja.

          Please hak-hak studentnya gimana? Yang udah bayar full dan sekarang kelilit pinjol gimanaa? Apakah tetap harus bayar padahal layanannya ngga ada?

          Salam dari Aku Novina di angkatan 61 dari Jakarta

      • 25 September 2023 - (09:14 WIB)
        Permalink

        Refocus harus konsisten sesuai dengan janji2 yang ditawarkan. Kami bergabung karena janji Refocus. Baru 1 bln gabung sudah bubar. Padahal saya bayar lunas 15jt. Kalau mang tutup kembalikan uang kami. Jangan ngabur… tanggung jawab dong

      • 25 September 2023 - (09:21 WIB)
        Permalink

        Saya Haniif dan saya adalah salah satu dari ex-Student yang terdampak.

        Berharap untuk mendapat pekerjaan dan ilmu sebagai seorang data analyst, eh ternyata malah dapat cicilan yang seharusnya tidak pernah ada. Semoga dengan surat terbuka ini, hak hak kami dan kewajiban refocus untuk mengayomi student studentnya kembali… Karena biayanya cukup besar bagi kondisi finansial saya sekarang ini

      • 25 September 2023 - (09:21 WIB)
        Permalink

        Assalamualaikum
        saya iyom dari Batch 68, dan saya Bru mengetahui hal ini bahwa refous tutup dari Sura pembaca, karena selama 1 bln ini saya off dulu dikarenakan persiapan umroh
        untuk join dengan teman2 lainnya untuk memperjuangkan hak2 kita dimana ya, karena saya pun masih ada cicilan di danacita

        • 25 September 2023 - (10:58 WIB)
          Permalink

          Saya Revi Rusfiani merupakan Student Refocus batch #91 dari Bekasi.

          Saya mohon sekali dengan adanya surat terbuka ini, pihak refocus bisa segera memberikan solusi konkrit serta mengembalikan hak2 kami sebagai student refocus. Saya baru bergabung 1 bulan lebih dengan pembayaran cicilan melalui pihak ketiga dan saat operasional refocus dinyatakan tutup, kewajiban kami untuk membayar cicilan ini harus terus berlanjut dengan cicilan yang tidak dalam jumlah kecil, oleh karena itu kami sangat merasa dirugikan. Mohon sekali ini bisa menjadi perhatian dan ditanggapi secara serius

      • 25 September 2023 - (09:30 WIB)
        Permalink

        Saya tadinya berharap refocus bisa memberikan layanan terbaik sesuai janji janjinya.sampai bulan ke 5 di project assignment 1terlihat baik baik saja.tapi mendadak mendapatkan pengumuman tutup refocus sangat mengejutkan saya.semoga masalahnya segera mendapatkan win win solution.
        Riwinoto-Batch 52

        • 28 September 2023 - (09:28 WIB)
          Permalink

          Selalu support kepada tim kecil yang sudah membatu kita sampai sejauh ini.. langkah yang sangat luar biasa
          #savestudentrefocusindonesia

      • 25 September 2023 - (09:46 WIB)
        Permalink

        Semoga semua korban diberikan ganti yang lebih baik dan hal seperti ini tidak terulang kembali. Semoga sistem pendidikan dan keuangan Indonesia bisa menjadi lebih baik

        • 25 September 2023 - (10:26 WIB)
          Permalink

          Saya Donny Alwi ..peserta betch 8..saya berharap semua pihak terkait dapat segera menyelseaikan masalah ini dan hak2 kami segera di penuhi…
          Terimaksih

      • 25 September 2023 - (10:12 WIB)
        Permalink

        Saya edi purwanto
        Belum pernah merasakan pembelajaran dari re fokus. Uang sudah masuk separuh. Re fokus sudah tutup. Nasib…

      • 25 September 2023 - (13:06 WIB)
        Permalink

        Muhammad Dony Triwidodo – Siswa Refocus Bacth 75

        Bantu kami, kami butuh keadilan soal ini bukannya fokus untuk belajar malah kami fokus mengurusi hal hal kami yang belum ditunaikan kami tidak bisa apa2 selain terus2an ditagih mengenai cicilan ini.

      • 25 September 2023 - (13:20 WIB)
        Permalink

        Kalau balik pun gak worthed. Career center asal jadi, gak betul betul mempersiapkan kita untuk dapat kerja. Malah lebih lengkap dari youtube. Janji dapat kerja nya pun kita sendiri yang ngusahain. Padahal diawal sales bilang kita bakal dibantu dapatin kerja, dipertemukan dengan perushaan. Yang bermanfaat cuma materinya. Tapi kalau soal materi, diluar refocus banyak yang programnya lebih murah bahkan gratis dengan kualitas yang gak kalah.

      • 25 September 2023 - (14:15 WIB)
        Permalink

        Saya student refocus yg membayar lunas merasa sangat dirugikan sekali. Saya ingin money back jika refocus menurup edutech nya.

      • 25 September 2023 - (14:44 WIB)
        Permalink

        Saya Aulia Fasli blom onboarding dari Depok.. saya mohon kepada danacita,edufun dan kartu kredit segera stop cicilan … kli memang ada biaya cancelan saya siap tapi dengan nominal yang wajar.. saya betul betul takut KLO sampai depcolektor sampai kerumah dan menyita barang barang saya .

      • 25 September 2023 - (15:57 WIB)
        Permalink

        Saya salah satu student refocus yang telah membayar lunas biaya kursus melalui kartu kredit. Harapan saya uang 19 jt yang sangat besar dan berarti bagi saya bisa dikembalikan oleh refocus.
        Sangat disayangkan sebagai intelektual para pendiri refocus malah menunjukkan sikap tdk bermoral dan tidak bertanggungjawab.

      • 25 September 2023 - (16:07 WIB)
        Permalink

        Saya menuntut agar kembalinya uang kami dan pemberhentian cicilannya. Dan ingin agar refocus ditutup secara permanen

      • 25 September 2023 - (18:51 WIB)
        Permalink

        #savestudentrefocusindonesia
        Saya Tria septiani asal Sukabumi.

        Kami menuntut hak kami, smg segera bisa diselesaikan secara Adil.

      • 26 September 2023 - (08:46 WIB)
        Permalink

        Dampaknya besar bagi ekonomi dan dunia pendidikan khususnya online education, masalah kepercayaan terhadap penyelenggara pendidikan..

      • 28 September 2023 - (09:17 WIB)
        Permalink

        Refocus harus kembalikan dana siswa yang sudah bayar cash… jangan pada kabur. Ini sudah jadi kasus nasional.

      • 3 Oktober 2023 - (14:03 WIB)
        Permalink

        Saya Indra Sulistiana batch 57 dari Kota Serang-Banten.
        Cicilan terus berjalan.. Sedangkan hak kami tidak dipenuhi oleh refocus. Tiap bulan menyisihkan uang demi mengikuti kursus. Ternyata tidak sesuai iklan yang dijanjikan. Kembalikan uang kami. Semoga kami berharap ada keadilan untuk kami semua yg menjadi korban.

    • 24 September 2023 - (20:25 WIB)
      Permalink

      Refocus memberikan janji: dibantu sampe dapat pekerjaan, bimbingan dari mentor, dana kembali, tapi….. Bohonggggg

      11
      • 25 September 2023 - (13:03 WIB)
        Permalink

        benar Kak, sy pun termakan janji manis diawal… ternyat sepertinya itu modus operandi mereka & kita jadi korban.

      • 28 September 2023 - (09:21 WIB)
        Permalink

        Refocus sudah kabur… Dancita sudah mengambil langkah hukum .. edufund sudah mengancam para siswa.. saya yakin tim kecil lebih cepat dari pada mereka..

    • 24 September 2023 - (20:33 WIB)
      Permalink

      Saya merasa sangat dirugikan dan ditipu oleh Refocus, oleh refocus. Saya menuntut uang kembali dan hentikan penagihan dari danacita, edufund, dan pihak-pihak lainnya.

      Salam,
      Heri Herdiansyah
      Ex-student batch 45 dari Bandung

      #SaveStudentRefocusIndonesia

      12
    • 24 September 2023 - (20:34 WIB)
      Permalink

      Dari awal sudah mulai curiga karena kena prospek dari dari sales refocus sangat menarik dan to good to be true dari janji job guarantee dengan ikut kursus 3-4 bulan sudah bisa menghasilkan dari freelance sampai money back apabila gk bsa dapat kerjaan. tapi niatanya sih kalo gak dapat seperti janji ya gpp setidaknya saya dapat ilmu kursusnya .eh baru 2 bulan ikut kursus malah kursusnya tutup secara sepihak. Uang sudah habis belasan juta , ilmu gak dapat, sertifikat gak dapat apalagi iming-iming janji job guarantee sama money back.
      Salam,
      Rahmat Incje Dahlan dari Luwuk, Banggai, Sulawesi Tengah – Student Refocus Batch 88
      #SavesStudentRefocusIndonesia

      12
    • 24 September 2023 - (20:51 WIB)
      Permalink

      Saya salah satu student asal Surabaya yang dirugikan dengan berhentinya refocusn Indonesia.
      Harapan saya perusahaan finance yang bekerja sama bisa bersama-sama kami para siswa untuk menyelesaikan persoalan ini ke refocus.

      #savestudentrefocusindonesia

      Salam//
      ardian

      • 25 September 2023 - (07:38 WIB)
        Permalink

        Saya sdh membayar diawal secara tunai,tp sd saat ini tidak maksimal dlm proses pembelajaran apalagi saat ini refocus berhenti operasional…utk itu kami menuntut dana kursus dikembalikan.iming2 pekerjaan omong kosong!!!!

          • 25 September 2023 - (12:54 WIB)
            Permalink

            Tolong bantu kami siswa refocus yang terlantarkan ketidak jelaskan soal program ini, kami tidak mendapatkan fasilitas semestinya sedangkan kami harus terus-menerus menanggung biaya pendidikan,

    • 24 September 2023 - (20:51 WIB)
      Permalink

      Assalaamualaikum wr wb,
      Saya Kurnia – Student Refocus Batch #74

      Melalui surat terbuka dengan tim kecil perwakilan kami Kak Ari yg diterbitkan oleh Media Konsumen ini, saya dan kawan2 semua, meminta pihak terkait bertanggung jawab atas kami sesuai yg dijelaskan dalam surat terbuka ini, terutama concern sy pribadi khususnya dan kawan2 umumnya adalah biaya installment kami di fintech yang sudah ditunjuk sebagai partner pembiayaan kami… Ada kewajiban ada hak, tp hak kami hilang kewajiban harus terus dijalankan, dimana adilnya??

      10
    • 24 September 2023 - (20:57 WIB)
      Permalink

      Saya student Refocus Indonesia dari Jogja. Penutupan secara mendadak kursus online ini merupakan tindakan penipuan karena janji awalnya adalah job guarantee setelah 6 bulan lulus dan bisa mengajukan refund jika tidak mendapatkan pekerjaan. Semoga bisa segera diselesaikan dengan baik.

      #SaveStudentRefocusIndonesia

    • 24 September 2023 - (20:59 WIB)
      Permalink

      Kami menuntut untuk kembalikan fasilitas pembelajaran sesuai perjanjian diawal
      Atau kembalikan dana pendidikan kamk baik yang membayar secara penuh, cicilan dan hentikan penangihan dari pihak pendanaan baik danacita, edufund dan kartu kredit

      • 25 September 2023 - (05:51 WIB)
        Permalink

        Saya hasanudin dari tangerang student refocus batch 7a , tolong kembalikan dana pendidikan kami baik yang membayar secara penuh, cicilan dan hentikan penagihan dari pihak pendanaan baik danacita, edufund dan kartu kredit
        #savestudentrefocusindonesia

      • 25 September 2023 - (06:09 WIB)
        Permalink

        Sy wimpi kristanto batch 54 dr salatiga
        Layoff sepihak refocus menyebabkan kerugian bg sy,hak sy hilang tp kewajiban msh ada di Dana Cita,bgmana bisa kewajiban sy dpt terpenuhi bila hak atas kewajiban sy tidak dptkan,.,mohon bantuannya pihak terkait unt dpt membatalkan sisa angsuran dan refund uang kami ex student refocus.

    • 24 September 2023 - (21:24 WIB)
      Permalink

      Semoga kasus ini bs segera selesai dan kami semua para ex student Refocus bs mendapatkan keadilan.

      • 25 September 2023 - (07:03 WIB)
        Permalink

        #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA
        Nurlaelah
        Student Refocus batch 27

        Saya telah bergabung dengan refocus sejak des 22, dimana saya membayar kursus ini dengan system 2 termin yakni dibulan des 22 dan jan 23 dengan total 13,5 juta. Kursus ini menjanjikan prospek switch karir ke bidang data analis dengan jaminan uang kembali jika saya tidak dapat pekerjaan. Refocus juga menjanjikan akses seumur hidup ke thinkific namun apa yg terjadi, tiba2 refocus mengumumkan penutupan refocus tgl 12 sep 23, dan secara sepihak me layoff semua tim mentor dan karyawannya. Saya minta agar refocus mengembalikan uang saya karena refocus telah wan prestasi dimana tidak dapat memberikan fasilitas mentor, sertifikat dan jaminan kerja.
        Terimakasih

      • 25 September 2023 - (08:44 WIB)
        Permalink

        Saya Rizka – student refocus batch#69

        Semoga bisa segera menemukan solusi untuk kasus ini. Terimakasih untuk TIM Inti yang sudah membantu rekan2 student untuk menyelesaikan permasalahan refocus.

        #savestudentrefocusindonesia

        • 25 September 2023 - (08:59 WIB)
          Permalink

          Saya zainal mulai belajar dari refocus mulai bulan mei. Tiba tiba tanggal 12 kemarin platform belajar saya di dischord hilang dan mentor tidak menjawab konsultasi belajar saya. Sementara saya terus ditagih oleh danacita. Sedangkan hak saya tidak dipenuhi oleh refocus. Mohon bantuannya untuk pemangku kebijakan dan pihak berwenang

        • 27 September 2023 - (17:53 WIB)
          Permalink

          Saya Johan Mickael dari Grup 18 student refocus, dari kota Balikpapan.
          Dari Oktober 2022 s.d. Februari 2023 saya rutin & rajin mengikuti refocus karena ingin mendapatkan pekerjaan yg bisa dilakukan secara remote. Dari Februari 2023 s.d. Agustus 2023 saya idle karena ada pergumulan hidup. Ternyata ketika ingin melanjutkan kelas lagi diawal September, saya mendapat kabar bahwa Refocus tutup. Tolong kembalikan hak kami utk modul pembelajaran, akses ke tenaga pengajar dan lainnya. Karena saya sudah bayar cicilan 11x dari total 12.. Sudah banyak waktu yg saya gunakan utk mencari uang tambahan demi bisa membayar cicilan. Tapi janji di iklan Refocus tidak terbukti. Mulai dari Career Center yg sifatnya hanya membantu kita sendiri dalam menghadapi wawancara, mempercantik CV, tapi tidak ada jaminan bahkan koneksi untuk mendapatkan pekerjaan. Dan bulan September malah tutup/kabur..
          #savestudentrefocusindonesia

    • 24 September 2023 - (22:06 WIB)
      Permalink

      Saya siswa refocus batch 36 dari Jepara Semarang, merasa prihatin pihak refocus menutup sepihak dan menghindar dari janji-janji akan menyediakan mentor, career center dan garansi uang kembali jika tidak dapat pekerjaan. Stop tagihan/cicilan danacita ke kami karna tidak mungkin kami membayar apa yang kami tidak jadi dapatkan, pak Menteri pendidikan mohon solusinya

      • 25 September 2023 - (08:34 WIB)
        Permalink

        Saya zaenal dari batch 45..
        Agar kasus ini menjadi perhatian serius oleh semua pihak yang berwajib..usut tuntas..banyak korban yang sudah menggantungkan harapan dan masa depan di kursus ini..solusi terbaik harus ada sampai kami mendapat kejelasan…kembali belajar atau kembalikan uang bagi yang cash dan hentikan cicilan bagi yang melalui termin..danacita..edufund atau kredit card.. terimakasih tim kecil sehat2 selalu pak ari dkk…maju terus pak..ribuan orang ada di belakang bpk semua..semoga allah swt ..tuhan yme senantiasa memberikan kemudah bagi kita semua…aminn

    • 24 September 2023 - (22:25 WIB)
      Permalink

      Saya Hery Koestanto siswa Refocus Batch 44 dari Tangerang Selatan

      Mohon pihak Instansi Pemerintah yang terkait ( Menteri Pendidikan & OJK ) dserta pihak pendanaan seperti Edu Fund / Danacita melihat case ini secara arif & bijak. Artinya dapat ditindak lanjuti keluhan konsumen sebagai korban lebih dari seribu orang yang tidak mendapat ilmu yang dijanjkan Refocus karena secara sepihak menghentikan kegiatan di Indonesia, namun dari satu sisi ex siswa Refocus harus melunasi cicilannya ( ibarat sudah jatuh ketimpa tangga … )

      #SaveStudentRefocusIndonesia

    • 24 September 2023 - (23:25 WIB)
      Permalink

      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

      Aulia Fasli student refocus kota Depok blom onboarding.
      Semoga pemerintah segera mengambil langkah cepat jangan sampai memakan korban..

    • 25 September 2023 - (05:54 WIB)
      Permalink

      Saya Akbariyansah siswa Refocus Batch 96

      Mohon pihak Instansi Pemerintah yang terkait ( Menteri Pendidikan & OJK ) beserta pihak pendanaan seperti Edu Fund / Danacita melihat case ini secara arif & bijak. Artinya dapat ditindak lanjuti keluhan konsumen sebagai korban lebih dari seribu orang yang tidak mendapat ilmu yang dijanjikan Refocus karena secara sepihak menghentikan kegiatan di Indonesia, namun dari satu sisi ex siswa Refocus harus melunasi cicilannya

      Jika dibiarkan maka akan berdampak terhadap orang orang yang tidak membayar seperti slik ojk yang bermasalah, dan mempengaruhi ketika akan melamar kerja atau mengajukan pembiayaan ke bank

      Semoga pemerintah bisa mengambil tindakan atas kejadian ini untuk menolong masyarakatnya

      #SaveStudentRefocusIndonesia

    • 25 September 2023 - (07:13 WIB)
      Permalink

      Saya tri agus H dari batch 67,tolong kembalikan hak kami, dan yang baru belajar ,dan membayar ke danacita, masa belajar gak bayar terus..

    • 25 September 2023 - (08:17 WIB)
      Permalink

      Saya baru tau berita ini pagi ini dari temen Group 79 yg chat di Group 79 Whatsapp, sebelumnya saya Group 24 tapi karena saya sambil kerja jadi tidak fokus, sehingga minta pindah ke Group 79 (Group yg baru mulai saat itu) lalu skrg dapat info kalo Refocuse tutup. Kami Group 79 masih berjalan belajarnya. Terus bagaimana kalo pembayaran sudah lunas via Danacita tapi materi belum semua dapat, carrier juga gak dapat. Jadi tolong Refocuse kembalikan biaya yg sudah kami bayarkan. Karena sesuai janji pihak Refocuse terkait job guarantee “Jika tidak mendapatkan pekerjaan, maka uang 100% kembali penuh. Terima kasih Pak Ari Pal guna di, kami dukung prosesnya lebih lanjut. Sampai tuntas, kita dirugikan.

    • 25 September 2023 - (08:56 WIB)
      Permalink

      Semoga PPATK melacak keuangan refocus. Dan juga dnacita edufun dan kartu kredit segera melakukan penyetopan cicilan . Dan harapan saya semoga yang bayar cash uang nya dikembalikan oleh refocus.. ini adalah kejahat yg luar biasa pak….

      • 25 September 2023 - (16:07 WIB)
        Permalink

        Saya dari Batch 5, menjadi batch awal Refocus bukan berarti kami juga selamat dari dampak penutupan platform Thinkific. Sejak awal kami diberi perkiraan jangka waktu belajar 8 bulan, namun yang terjadi adalah kemunduran estimasi waktu karena modul yang belum rampung, sehingga kami harus menunggu. Melihat pihak Refocus yang terus membuka kelas baru membuat kami bergerak menuntut hak kami, karena angkatan baru yang sudah menyusul materi yang kami pelajari.

        Mengapa estimasi menjadi masalah ? Ini berkaitan dengan kami yang ingin segera bisa apply pekerjaan namun terhalang oleh kurang lengkapnya persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi full stack Data Analyst di dunia kerja. Untuk beberapa dari kami yang sedang menganggur, waktu tentu jadi hal yang krusial.

        Tidak hanya itu, kami juga menerima kabar bahwa terjadi perubahan kesepakatan mengenai penyaluran kerja yang pada saat awal masuk kami dijanjikan penyaluran kerja menjadi self apply, begitu juga dengan persyaratan money back guarantee yang mempersyaratkan 700 apply yang awalnya 500.

        Saat ini, angkatan awal ini telah terpencar karena berbagai hal yang tidak sesuai kesepakatan di awal dan waktu yang terlalu lama. Kami masih melanjutkan pembelajaran ini namun tidak seerat awal kali. Kami mengandalkan mentor yang dapat kami ajak diskusi dan konsultasi, namun rupanya hal inipun tidak bertahan lama.

        Dengan biaya yang tidak sedikit, platform yang tiba” hilang, wajar bila kami kecewa.

    • 25 September 2023 - (08:58 WIB)
      Permalink

      Refocus harus bertanggungjawab terhadap kasus yang merugikan ini. Nita (angkatan 47) – Jakarta Selatan

    • 25 September 2023 - (09:14 WIB)
      Permalink

      Saya Ira, Tangerang student refocus batch 16 korban refocus tutup,

      Tidak Ada pertanggungjawaban founder Tutup sepihak secara tiba², melanggar perjanjian fasilitas yang telah mereka janjikan, kami merasa dirugikan
      Mohon pihak terkait kembalikan hak hak student
      – Tolong stop penagihan Danacita
      – Bersihkan dari BI checking
      -Beri soft copy modul karena Saya sudah bayar sebelumnya
      – Refund Biaya yang telah di bayarkan, karena sudah tidak Ada mentoring Dan fasilitas lain

    • 25 September 2023 - (09:39 WIB)
      Permalink

      Semoga pihak refocus bisa memberikan pelayanan prima juga kemitraan anggaran bisa juga memberi solusi bahwa kemitraan pendidikan kursus online harus dilihat tidak hanya kinerja yang baik pada sebelumnya juga berbicara keberlanjutan pembelajaran serta output lulusannya. Izin saran dan memberi masukan

    • 25 September 2023 - (09:45 WIB)
      Permalink

      Saya mohon dengan adanya penutupan sepihak dari refocus , ditutup juga tagihan dengan pembayaran cicilan dari lembaga keuangan danacita serta lainnya, karena kami tidak menerima seperti yang diharapkan semula

      • 28 September 2023 - (21:37 WIB)
        Permalink

        Saya sigir dari batch 59,
        Tolong kembalikan hak kami, pembelajaran,live chat, dan career center, serta project assient

        Kami rugi besar dengan di tutupnya layanan refocis secara sepihak dan kami harus masih mengangsur layanan kursur.

    • 25 September 2023 - (10:05 WIB)
      Permalink

      Saya kiswar dari batch 48 | terimakasi buat yg mewakili kami. Tetap semangat tujuan kita sama agak kita mendapatkan hak kita. Jika refocus tutup maha sepantasnya cicilan kita di pembiaayaan jg harus di stop dan yg sudah melunasi harusnya dana mereka di kembalikan . Semangattttgg

    • 25 September 2023 - (10:43 WIB)
      Permalink

      Sejauh ini yang paling jauh gua dari batch 44 ex student refocus cicilan tetep jalan tapi perusahaan tutup. Aneeh

    • 25 September 2023 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Saya juga korban dari group 72, sejak ada email penutupan refocus saya jadi malas belajar. Padahal sudah mengangsur di danacita 3 kali.

    • 25 September 2023 - (11:24 WIB)
      Permalink

      Saya susiana batch 16.
      Saya ingin uang saya dikembalikan. Karena tidak ada job guarantee sesuai janji malah tutup sepihak

    • 25 September 2023 - (12:04 WIB)
      Permalink

      saya Wamaulana siswa refocus batch 71dari kota makassar, terimakasih buat tim kecil yg sudah menyuarakan dan mewakili kami para ex student refocus, saya merasa sangat dirugikan dengan penghentian sepihak oleh refocus Indonesia yg telah banyak menjanjikan diantaranya yang paling saya soroti sehingga saya yakin untuk membayar mahal adalah fasilitas belajar seumur hidup ,garansi pekerjaan yang mana apabila dalam masa waktu yg ditentukan ex student tidak mendapatkan pekerjaan maka dana/biaya selama belajar di refocus akan dikembalikan.
      tapi semua itu sirna dan sekarang masih harus menanggung biaya cicilan yg sangat berat menurut saya. banyaknya teman-teman ex student refocus yg sangat berharap akan bisa merubah nasib nya dengan meng-upgrade diri bahkan rela berhutang untuk belajar yg pada akhirnya harapan itu harus pupus. bagi pihak yang dapat memberikan kami ex student solusi dan keadilan kami mohonkan untuk sudi membantu kami.

      #SaveStudentRefocusIndonesia

    • 25 September 2023 - (12:29 WIB)
      Permalink

      Batch 17
      Saya sebagai korban disini hanya bisa berharap kasus ini bisa ditindak lanjuti oleh pihak2 yang berwenang, tolong usut tuntas

    • 25 September 2023 - (12:48 WIB)
      Permalink

      Selaku yaya batch 66 dari jambi

      Refocus sudah tutup sepihak, intinya kami korban penipuan refocus. Dan Saya sudah membayar cicilan berjalan 5x ke danacita. Seharusnya kami para korban sudah tidak ditagih lagi tiap bulan. Tapi danacita seperti tidk mau tau dengan masalah ini sehingga kami seperti dipaksa tetap membayar cicilan tiap bulan. Seharusnya danacita menuntut Refocus bukan kami para korban.

    • 25 September 2023 - (13:18 WIB)
      Permalink

      Saya angkatan dari grup 32 Refocus
      Angela Florencia koya Bandung,
      Saya bergabung di refocus Desember 2022, dengan informasi penutupan refocus saya ingin kembali uang saya, karena saya juga ada keperluan lain yang membutuhkan uang.
      Terima kasih.

    • 25 September 2023 - (13:42 WIB)
      Permalink

      Saya Batch 76 dan berharap agar Refocus memiliki itikad baik untuk menyelesaikan permasalahan ini, baik dengan para student, para pegawai yang belum mendapat haknya dan dengan partner danacita dan edufund agar segera mengembalikan dana yg telah disetor sehingga para student tidak terbebani

      Best Regards
      M. Ashadi Caesar

    • 25 September 2023 - (15:06 WIB)
      Permalink

      Awal mengikuti kursus di refocus yakin akan berhasil tapi melalui pembelajaran bukan yg instant, ternyata harapan kami pupus refocus tutup sepihak. Kami dirugikan jika kami harus membayar trs cicilan tapi kmi tidak menerima manfaatnya.
      Semoga ada keadilan bagi kami para korban agar cepat di kembalikan/tidak dilanjutkan cicilan kami ke pihak dana cita.

      Terima kasih

      Novita
      Batch 58
      Jakarta

    • 25 September 2023 - (16:24 WIB)
      Permalink

      Saya dari batch 3. Berharap dengan belajar di refocus ada jaminan dapat kerja , malah buntung. Semoga saya bisa mendapat hak2 saya kembali

    • 25 September 2023 - (16:52 WIB)
      Permalink

      Saya Rahayu dari Batch 22

      Mohon hak kami dapat diperjuangkan.

      kami meminta pengembalian biaya kursus secara penuh bagi yang membayar secara cash lunas atau bertahap kepada Rerfocus (PT. Digital Edukasi Plus) dan dana yang berasal dari partner pembiayaan refocus dikembalikan juga (Danacita, Edufund, Kartu Kredit), sehingga perjanjian kredit para Student dapat dibatalkan oleh partner pembiayaan Refocus.

      Berbagai pihak yang konsen agar dapat dibantu permasalahan ini. Mencari solusi yg tepat.

      Niat belajar justru malah dirugikan.
      Savesiswa-siswiRefocus Indonesia

    • 25 September 2023 - (17:51 WIB)
      Permalink

      Saya Roy dari batch 62, Saya merasa sangat dirugikan dengan pemutusan sepihak dari pihak refocus untuk pembelajaran dan janji2 kosong yang diberikan. Mohon bantuan pihak2 berwenang untuk menuntut tanggung jawab dari pihak refocus.

    • 25 September 2023 - (20:05 WIB)
      Permalink

      Saya Karin batch 74 merasa dirugikan karna tidak mendapatkan hak sebagai student namun cicilan di danacita harus tetap dilanjutkan, semoga ada kabar baik selanjutnya. Terima kasih.

    • 25 September 2023 - (21:49 WIB)
      Permalink

      Saya Desty dari batch 25, Bandung. Awal gabung karena informasi bidang data analisis yang sedang banyak dibutuhkan, ingin jadi freelancer dengan gaji yang lumayan, dijanjikan akan dibimbing untuk mendapat kerja. Ternyata sekarang ZONK, belum lagi masih ditagih cicilan. Pihak Refocus tanggung jawablah. Ribuan kami dirugikan dengan situasi ini.

    • 25 September 2023 - (23:40 WIB)
      Permalink

      Saya Aulia Fasli blom onboarding dari Depok . Sebetulnya saya sudah kasih tahu kepada danacita mengenai kesehatan keuangan refocus akan tetapi tangkapan saya malah dicuekin.

    • 26 September 2023 - (08:10 WIB)
      Permalink

      Refocus harus kembalikan hal hal siswa… danacita edufun dan kartu kredit juga jangan diem Bae… ini sama aja kalian sebagai mengiyakan kejahatan yang dilakukan oleh pihak refocus.. apa jangan jangan kalian ada maen dengan orang orang yang direfocus .. POLRI, PPATK dan ojk tolong selidiki masalah ini .. PT edukasi plus juga harus diselidiki.! #savestudentrefocusindonesia
      Saya Aulia Fasli blom onboarding dari Depok.. terima kasih 🙏 media konsumen.

    • 26 September 2023 - (10:13 WIB)
      Permalink

      Saya Nenda Bagja Surendra, student refocus batch 74-Bogor, sudah memasuki modul 6, dan secara tiba2 refocus menutup secara sepihak beberapa fasiltas yang di sediakan, termasuk yang dijanjikannya. Di satu sisi kami tetap harus membayar cicilan dari total biaya pendidikan refocus. Dalam hal ini Refocus sudah cidera janji, harusnya Edufund atau DanaCita, menerapkan juga cidera janji ini ke Refocus, dan menuntut Refocus, serta membebaskan sisa cicilan para student, karena tentunya sebelum refocus ditetima menjadi partner resmi Edufund/Danacita, ke dua fintech ini sudah memeriksa kredibilitas refocus, jadi secara otomatis ikut bertanggung jawab dalam penyelesaian kasus ini.

    • 26 September 2023 - (10:35 WIB)
      Permalink

      Saya Suryo eko nugroho dari karanganyar… Tolong berikan hak kami sesuai promosi di awal…. Saya berharap sangat tinggi untuk hal yg di janjikan, saya sudah pinjam kesana dan kemari untuk bisa kursus di sini…. Sekarang saya tidak mendapatkan hal saya, bahkan setiap bulan saya harus membayar cicilan yang bahkan tidak ada manfaatnya…. Tolong kembalikanlah uang kami, atau berikan janji2 ketika kalian mendekati kami

    • 27 September 2023 - (10:48 WIB)
      Permalink

      Saya nurgi dari batch 69,
      Tolong kembalikan hak kami, pembelajaran,live chat, dan career center, serta project assient.

    • 3 Oktober 2023 - (18:39 WIB)
      Permalink

      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

      Kewajiban cicilan masih lanjut tp hak belajar tidak diberikan..

      Mohon dipertimbangkan oleh pihak OJK maupun Danacita terkait hal ini, bahwa ini bukan gagal bayar ya…. tp hal kasus yg berbeda

      Salam dr Batch 73

    • 5 Oktober 2023 - (10:27 WIB)
      Permalink

      Sungguh berat penjuang kami KLO sendiri sendiri… tapi akan ringan berjuang kami KLO bersama sama.. tetap semangat ya teman teman . Ingat ini kejahatan yang sungguh luar biasa di dalam lembaga kursus pendidikan di Indonesia..

    • 5 Oktober 2023 - (16:38 WIB)
      Permalink

      Saya dari batch 66… Semoga dimudahkan dan kami mendapatkan hak kami kembali tanpa harus ditagih cicilan dana cita

  • 24 September 2023 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Wow, sangat2 luar biasa jika memang refocus tidak menepati janjinya ,itu berita terburuk bagi students. Serta pasti akan berdampak bagi pelaku kursus online lainnya , berharap instansi terkait dan pemerintah membantu menyelesaikan ini.

    52
    2
    • 24 September 2023 - (20:18 WIB)
      Permalink

      Saya nungki bangkit prayogi student refocus batch 24, dari jakarta utara. Tolong selesaikan isu ini, karena kami mengumpulkan uang untuk membayar kursus ini malah jadi tutup

    • 24 September 2023 - (20:19 WIB)
      Permalink

      Perlu ada tindak lanjut dan transparansi untuk mempertemukan pihak refocus, penyedia dana dan students atas pemutusan sepihak layanan. Saya dari Depok sebagai salah satu korban dari grup 76.

    • 24 September 2023 - (20:23 WIB)
      Permalink

      Hashtag: #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

      Tolong kembalikan hak kami sebagai student refocus, dan refocus menepati janji janji di awal waktu kami mau bergabung.

    • 24 September 2023 - (20:33 WIB)
      Permalink

      Mohon dibuka dan diberikan full materi Training nya. Jika memang tidak bisa tolong diberikan dispensasi untuk yg masih mencicil agar dibebaskan karena kami tdk mendapatkan hak Training.

    • 24 September 2023 - (20:35 WIB)
      Permalink

      Saya siswa refocus, nama saya Erni meilani asal Bima NTB.
      Saya ikut refokus untuk niat belajar dan mendapat kerja 2 digit seperti yang di janjikan refokus. Tapi akhirnya begini, malah takut terlilit utang online karna biaya kursus nyicil di danacita.
      #SaveStudentRefocusIndonesia

    • 24 September 2023 - (20:45 WIB)
      Permalink

      Saya siswa refocus indonesia batch 53. Sangat dirugikan
      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

      Kembalikan uang kami, tidak berminat untuk lanjut belajar di refocus

    • 24 September 2023 - (21:08 WIB)
      Permalink

      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

      refocus harus bertanggung jawab terhadap ex student , karena banyak di rugikan

    • 24 September 2023 - (21:11 WIB)
      Permalink

      Cukup mengagetkan juga, tertarik dengan penawaran refocus utk bisa mencoba bidang baru malah yang terjadi cut off sepihak.. Semoga bisa mendapatkan tanggapan yang baik dari pihak refocus.

    • 24 September 2023 - (21:14 WIB)
      Permalink

      imam muhlis, student batch 19, bekasi
      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

      refocus harus bertanggung jawab kepada ex student karena banyak di rugikan

    • 24 September 2023 - (21:48 WIB)
      Permalink

      Biaya kursusnya mahal banget karena ada iming-iming garansi pekerjaan & akses pembelajaran seumur hidup, eeehhh ga taunya penipuan berkedok kursus online.

    • 24 September 2023 - (22:26 WIB)
      Permalink

      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA
      Saya Muslimin Student Refocus dari Batch 6 Tangerang , saya salah satu siswa dari sekian ribu siswa yang merasa dirugikan dari pihak Refocus menutup pelayanan proses belajar program kursus online

    • 24 September 2023 - (22:27 WIB)
      Permalink

      Saya berharap semua korban mendapatkan keadilan, semoga segala proses dalam memperjuangkan hak hak kita ex-student ini di mudahkan jalannya sama Allah SWT. Terimakasih team perwakilan student sehat selalu dan salam semangat 🙏💪

    • 25 September 2023 - (04:39 WIB)
      Permalink

      Krispina titis sari / batch 53/ asal kota singkawang(kalbar).

      Tutup secara tiba2 dan tanpa pemberitahuan sedikit pun ke siswa. Padahal kami belum selesai kursus disana. Kami sangat berharap pihak refocus mau bertanggungjawab dan memperhatikan tuntutan kami.

      #savestudentrefocusindonesia

    • 25 September 2023 - (06:29 WIB)
      Permalink

      Saya Dwie windu batch 68,
      stop cicilan edufund dan dana cita. Karena sdh jelas re focus tutup. Kalaupun dipindahkan ke lembaga pendidikan lain tentu tdk sama dgn benefit yg re focus janjikan kepada para student nya.
      Semangat Pa Ari, semoga kita para student segera mendapatkan keadilan yg sesuai. Aamiin

    • 24 September 2023 - (20:31 WIB)
      Permalink

      Saya onggo satrio student refocus batch 72 dari jakarta

      Hingga saat ini belum sama sekali ada kejelasan dari pihak refocus terkait nasib saya sebagai peserta pelatihan yang seharusnya mendapatkan hak akan pelatihan sebagai data analyst hingga tuntas. Sedihnya juga, hingga saat ini tidak ada penyelesaian yang terbaik dari dana cita selaku penangguh pembayaran tentang kondisi ini dimana refocus tutup. Sampai saat ini bukannya meberikan solusi terbaik yang membantu dana cita malah tetap menutut saya untuk wajib menyelesaikan administrasi pembayaran
      Pelatihan full tanpa ada penangguhan/pembatalan pembayaran.
      Saya mohon sekiranya ini bisa menjadi perhatian

      #SaveStudentRefocusIndonesia

    • 24 September 2023 - (20:34 WIB)
      Permalink

      Salam,
      Dena Oktaviana – Student Refocus Batch #68 Kota Subang

      Hingga saat ini Masi belum ada kejelasan atas kasus refocus yang sedang terjadi. Kami sama sekali tidak mendapatkan hak kami namun kami harus tetap membayar cicilan. Saya merasa tertekan dengan keadaan ini dan tolong untuk pihak terkait segera beri tanggapan dan lakukan tugas yang seharusnya kalian lakukan
      Terimakasi
      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

    • 24 September 2023 - (21:10 WIB)
      Permalink

      Saya juga korban saya tinggal di Tangerang dan masih ditagih bayar sama kolektor #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

    • 24 September 2023 - (21:55 WIB)
      Permalink

      Saya adalah salah satu dari lebih dari
      delapan ratus lebih siswa Refocus Indonesia, saya berada di batch 28 (atas nama. Ennita Wibowo), terdampak besar atas penutupan sepihak Refocus Indonesia, dimana secara materi sudah hilang, namun hak sebagai siswa tidak dipenuhi.

      Saya membayar biaya pendidikan dengan menggunakan cicilan Danacita, dan saya masih ada sisa cicilan Danacita yg masih harus dibayar.

      Sedih sekali, sekarang saya dan teman-teman siswa lainnya sudah tidak bisa belajar lagi.

      Semoga akan segera ada solusi perihal bagaimana nasib saya selaku siswa dan bagaimana dengan uang yang sudah dibayarkan, juga bagaimana perihal sisa cicilan nya.

    • 25 September 2023 - (09:01 WIB)
      Permalink

      Saya Fitra Lugina Siswa refocus batch 15. Harapan saya untuk menjadi seorang Data Analis akhirnya harus tertunda dengan ditutupnya lembaga refocus secara sepihak dan tiba-tiba. Tidak seperti iklannya dulu yang jor-joran penuh percaya diri menawarkan program switch karir dan jaminan kerja eh malah tiba-tiba kabur begitu saja tanpa pertanggungjawaban yang jelas. Uang tabungan yang saya bayarkan untuk investasi pengembangan diri pun raib sudah. Semoga kami bisa mendapat keadilan dan solusi yang terbaik.

      #SaveRefocusStudentIndonesia

  • 24 September 2023 - (09:58 WIB)
    Permalink

    Terima kasih Media Konsumen telah menerbitkan surat kami yang mewakili siswa refocus di seluruh indonesia.
    Semoga segera mendapatkan tanggapan dari Refocus dan yg pihak terkait lainnya.

    101
    1
      • 24 September 2023 - (20:21 WIB)
        Permalink

        Saya salah satu student Refocus masih dibuat bimbang dg keputusan sepihak ini, kursus belum selesai dan dana sudah full masuk..
        Semoga bisa menjadi media sulusi untuk kami semua..

        • 25 September 2023 - (06:54 WIB)
          Permalink

          Saya salah satu Student dari Bekasi. Alasan saya memilih kursus ini adalah untuk menambah skill dan ke depan nya untuk penghasilan sampingan. Namun karena ketidakjelasan dari satu sisi yakni, pihak Refocus. Jadi bingung dan bimbang untuk memilih kursus lagi. Semoga ke depan nya tidak ada lagi yang dirugikan
          #SaveStudentRefocusIndonesia

      • 24 September 2023 - (20:31 WIB)
        Permalink

        Saya Wisnu dari bandung grup 52.
        Refocus parah banget, mereka tutup secara sepihak setelah mengambil uang dari kami para student. Saya ikut kursusnya 22 jutaan.

        #SaveStudentRefocusIndonesia

      • 24 September 2023 - (20:32 WIB)
        Permalink

        Saya arfian widya mukti siswa refocus batch 22 dari Jawa Timur

        Berharap para siswa termasuk saya mendapatkan keadilan baik pengembalian dana dan pemberhentian cicilan bagi yang menggunakan cicilan.

        #savestudentrefocusindonesia

        • 24 September 2023 - (21:41 WIB)
          Permalink

          Saya Rumbel siswa refocus batch 30

          Kami sangat menyesali penutupan refocus secara sepihak. Kami menuntut fasilitas pembelajaran secara penuh sebagaimana perjanjian diawal atau kembalian dana kami baik yang kami bayar secara penuh cash, atau cicilan via pendanaan online dan hentikan segera cicilan n penagihan

        • 24 September 2023 - (22:17 WIB)
          Permalink

          Saya Anita siswi refocus Batch 22 dari Kota Tangerang

          Semoga dapat terselesesaikan masalah ini dg solusi yg terbaik aamiin

          SavestudentsRefucusIndonesia

      • 24 September 2023 - (20:59 WIB)
        Permalink

        Semoga Alloh SWT memberikan kita kekuatan dan jalan terbaik, sehingga yang benar terungkap dengan jelas dan seluruh siswa mendapatkan kembali dana yang telah dibayarkan dan perjanjian dengan Danacita bisa dibatalkan, aamiin ya rabbal alamin.

        Hary #64

      • 24 September 2023 - (21:14 WIB)
        Permalink

        Saya Teguh, Student Refocus batch 56 dari Surabaya.

        Semoga dengan diangkatnya kasus ini di media konsumen mendapat perhatian dan solusi dari pemerintah. Cicilan yg di Danacita dan edufund dihentikan. Dan yang sudah lunas dapat mendapatkan pengembalian dana.

        #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

      • 24 September 2023 - (21:22 WIB)
        Permalink

        Berharap uang bisa kembali. Atau bisa diberikan pekerjaan Data Analyst sebagai gantinya.

        Atau lebih gampangnya “Pembayaran Dihentikan”

      • 24 September 2023 - (21:25 WIB)
        Permalink

        Saya bener-bener Kecewa dengan REFOCUS!! Pembayaran terus di tagih dari Danacita tapi pembelajarannya zonk!!
        Berharap segera mendapatkan tanggapan dari Refocus dan pihak terkait lainnya.
        Terima kasih

      • 24 September 2023 - (21:25 WIB)
        Permalink

        Semangat terus dalam berjuang temen2ku….saya belajar data analis untuk persiapan pensiun dengan data hasil menabung malah refocuse tutup….

      • 24 September 2023 - (21:44 WIB)
        Permalink

        #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

        Saya Muhammad Rizal Jibran dari Batch 35.

        Karena kejadian ini, kepercayaan sudah turun drastis walaupun Refocus kembali terbentuk.

        Jadi harapan terbesar adalah “Pengembalian Uang”.

      • 24 September 2023 - (21:54 WIB)
        Permalink

        Semoga pihak Refocus segera bertanggung jawab, karena kami sebagai student sangat dirugikan, apalagi kami yang membayar biaya kursus dengan cicilan, kami sangat tertekan karena ditagih setiap bulan, tapi kami tidak mendapatkan hak kursus kami

      • 24 September 2023 - (23:33 WIB)
        Permalink

        #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

        Aulia Fasli student refocus kota Depok blom onboarding.
        Semoga pemerintah segera mengambil langkah cepat jangan sampai memakan korban..

      • 24 September 2023 - (23:43 WIB)
        Permalink

        Semoga para siswa tetap mendapatkan hak-haknya semua.terlebih yang belajar belum, onboard belum tetapi refocus sudah dinyatakan close dan pembiayaan hutang pembelajaran sudah berjalan Ridwan,SE siswa

        #SaveStudentRefocusIndonesia

      • 25 September 2023 - (08:34 WIB)
        Permalink

        Saya Yusuf dari batch 40, saya juga termasuk korban dari refocus ini
        Dari awal sbenernya saya agak ragu dgn iming2 kerja dan money back tp tetep saya jalani karena bayarnya sistem pinjol pakai danacita jd mau gamau harus diberesin dlu sampe lulus
        Eh belum juga lulus, udah tutup duluan
        Saya bener2 dirugikan

    • 24 September 2023 - (20:22 WIB)
      Permalink

      “Akhirnya kami Warga Negara Indonesia yang mau pintar dengan dana sendiri tidak membebankan APBN, malah terjerat hutang, bagaimana peran Negara ?”

      Saya student refocus asal Jember.
      #savestudentrefocusindonesia

    • 24 September 2023 - (20:29 WIB)
      Permalink

      Saya salah satu siswa kursus data analyst yang terdampak atas penutupan sepihak oleh Refocus Indonesia (PT Digital Edukasi Plus) . Semoga segera ada solusi bagi para siswa.
      Carolus Group 66, Depok

    • 24 September 2023 - (20:32 WIB)
      Permalink

      #save student ex refocus

      Group70-Prast-Kebumen

      Saya nyesek kenal Refocus dan Danacita , ternyata begitu.
      Saya mewakilkan diri saya pada pergerakan team.

      #saveIndonesia

    • 24 September 2023 - (20:33 WIB)
      Permalink

      Saya Erwin Zulfikar – Siswa Refocus Batch 73 dari Kota DKI Jakarta.

      Hingga saat ini belum sama sekali ada kejelasan dari pihak refocus terkait nasib saya sebagai peserta pelatihan yang seharusnya mendapatkan hak akan pelatihan sebagai data analyst hingga tuntas. Sedihnya juga, hingga saat ini tidak ada penyelesaian yang terbaik dari dana cita selaku penangguh pembayaran tentang kondisi ini dimana refocus tutup. Sampai saat ini bukannya meberikan solusi terbaik yang membantu dana cita malah tetap menutut saya untuk wajib menyelesaikan administrasi pembayaran
      Pelatihan full tanpa ada penangguhan/pembatalan pembayaran.
      Saya mohon sekiranya ini bisa menjadi perhatian

      #SaveStudentRefocusIndonesia

      • 25 September 2023 - (06:45 WIB)
        Permalink

        mohon segera di tindaklanjutin untuk danacita. karena kita tidak mendapatkan hak dan fasilitas yang ditawarkan di awal. Tapi cicilan masih tetap berjalan. dengan harga yang mahal hanya mendapatkan modul saja, lebih baik belajar di platform lain yang harganya hanya ratusan ribu. Terimakasih

        #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA
        salam
        yunita – batch 73 – jakarta

    • 24 September 2023 - (21:16 WIB)
      Permalink

      Parah ini. Banyak sekali student yang dirugikan. Harus ada sanksi hukum yang harus dilakukan untuk Refocus. Semoga permasalahan ini cepat selesai dan Refocus harus bertanggungjawab

    • 24 September 2023 - (21:34 WIB)
      Permalink

      terima kasih kak Ari..

      harapan dana kembali, cicilan dihapuskan
      dan mendapat perhatian dari semua pihak supaya masalah di selesaikan dengan baik

    • 24 September 2023 - (21:34 WIB)
      Permalink

      Saya sebagai student memaksakan diri untuk bisa ikut kursus yang mahal ini bahkan rela mencicipi, karena masif nya iklan Refocus yang menginformasikan trend permintaan tenaga Data Analis yang ‘sangat’ tinggi ditambah ‘iming2’ uang kembali jika tidak dapat pekerjaan setelah lulus.
      Seiring perjalanan berita miring menerpa Refocus, dan berakhir tutup.
      Kami sebagai student sangat dirugikan apalagi cicilan tanpa ampun dituntut untuk diselesaikan. Tolong kepada instansi terkait supaya ada solusi yang baik.

    • 24 September 2023 - (21:35 WIB)
      Permalink

      Saya arfian widya mukti siswa refocus batch 22 dari Jawa Timur

      Berharap para siswa termasuk saya mendapatkan keadilan baik pengembalian dana dan pemberhentian cicilan bagi yang menggunakan cicilan.

      #savestudentrefocusindonesia

    • 24 September 2023 - (21:42 WIB)
      Permalink

      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

      Tolong pemerintah ambil langkah secepatnya takut nya DC melakukan tindakan kekerasan ..

    • 24 September 2023 - (22:12 WIB)
      Permalink

      Saya adalah ex-student Refocus,dan saya udah membayar 2x cicilan dan belum onboarding lagi tp Refocus keburu ttup jadi saya ingin uang saya kembali,karena demi untuk bisa membayar cicilan biaya kursus sy harus memangkas semua kewajiban yang lain termasuk dana untuk sekolah anak saya..😔😔

    • 24 September 2023 - (22:14 WIB)
      Permalink

      Waduh baru denger kalo re focus sdh tutup… Kak sy minta link google formnya sy juga salah satu siswa dgn pembiayaan dana cita..

    • 24 September 2023 - (22:29 WIB)
      Permalink

      Pihak Student Refocus jelas sangat dirugikan . Dgn harapan dpt karir lebih baik susah payah menabung atau mencicil dari hasil keringat .. ternyata raib . Student juga sudah tidak percaya lagi dgn kursus online lain nya.. semoga menjadi perhatian pihak terkait Mentri pendidikan. ojk terima kasih #savesiswarefocusindonesia

    • 24 September 2023 - (22:42 WIB)
      Permalink

      Aulia Fasli student refocus blom onboarding dari Depok… terimakasih tim kecil.. semoga refocus mau mengembalikan dana student dan saya berharap ojk, danacita dan edufun segera merespon dengan tutupnya refocus . kejadian ini sampai memakan korban ..

    • 24 September 2023 - (23:31 WIB)
      Permalink

      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

      Aulia Fasli student refocus kota Depok blom onboarding.
      Semoga pemerintah segera mengambil langkah cepat jangan sampai memakan korban..

    • 25 September 2023 - (04:59 WIB)
      Permalink

      Saya berharap Refocus dan berbagai pihak terkait dapat mendengarkan dan menindaklanjuti suara kami. Uang yang kami keluarkan untuk kursus ini cukup besar, dan ga selalu “uang dingin”

    • 2 Oktober 2023 - (18:48 WIB)
      Permalink

      Yth Pak Ari, terima kasih untuk mewakili kami sebagai korban Refocus. Mohon petunjuk untuk bergabung dalam komunitas tersebut. Terima kasih. Salam. Richard

  • 24 September 2023 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Iklannya sering lewat pas nonton video youtube.
    Itu biayanya per orang berapa ya kalo boleh tau.. ?

    Semoga ketemu jalan penyelesaian yang terbaiknya…

    31
    1
    • 24 September 2023 - (20:23 WIB)
      Permalink

      Saya Ervina Student Refocus batch 90 , dari kota Cirebon

      Saya harap masalah ini bs segera selesai, saya harap saya tidak harus membayar uang sejumlah 15jta, tapi tidak mendapatkan fasilitas yang dijanjikan oleh pihak refocus seperti mentoring, sertitikat, project, job guarantee (6bulan), akses pembelajaran seumur hidup, group discord

      Saya merasa sangat tertipu saat group discord tiba2 hilang pada tanggal 11 september 2023, dan kemudian refocus mengumumkan bahwa mereka tutup dan bangkrut keesokan harinya

      padahal saya baru onboarding tanggal 30 juli 2023

      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

      • 25 September 2023 - (21:14 WIB)
        Permalink

        Saya Irpan Hidayat Pamil dari batch 47,
        Saya minta ganti rugi, sesuai janji manis pembelajaran,live chat, dan career center, serta project assisten.

        Saya merasa sangat tertipu saat group discord tiba2 hilang pada tanggal 11 september 2023, dan kemudian refocus mengumumkan bahwa mereka tutup dan bangkrut keesokan harinya

        padahal saya baru onboarding tanggal 30 juli 2023

        #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

    • 24 September 2023 - (20:32 WIB)
      Permalink

      Saya Dozaria Yuliana siswa Refocus batch 66 asal jambi

      Niat menambah ilmu dengan join di refocus baru berjalan 5 bulan eh ternyata tutup sepihak. JOBGARANTEE, JAMINAN UANG KEMBALI!! Dan parahnya cicilan ke danacita harus dibayar terus.

      #SaveStudentRefocusIndonesia

    • 24 September 2023 - (21:14 WIB)
      Permalink

      Belajar data analitik bukan hal yang mudah, pertama butuh kemauan untuk maju, learner yang kuat, butuh kecerdasan dan butuh modal karena biaya kursusnya mahal. Butuh komitmen karena belajarnya selayaknya lanjut S2 selama 9 bulan biayanya mirip. Lantas apa yang kami dapat, penipuan. Lembaga tutup sedangkan pembelajaran belum selesai. Alhamdulillah sudah selesai sql, excel dan data visualization. Jadi kalau ada yang butuh jasa saya bisa email. Saya lanjut belajar dengan jalan ninja. Semoga Allah SWT memberikan keadilan pada kami aamiin

      • 25 September 2023 - (06:01 WIB)
        Permalink

        Alesan pemberhentiannya karena dana berhenti dari investornya. Padahal kan yang mau belajar juga bayar mahal ya…

        1 batch itu biasanya berapa siswa, dan udah sampe batch ke berapa ?

      • 25 September 2023 - (10:01 WIB)
        Permalink

        #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

        Saya Frencis, Student Refocus batch 59 dari Bekasi.

        Semoga dengan diangkatnya kasus ini di media konsumen mendapat perhatian dan solusi dari pemerintah. Cicilan yg di Danacita dan edufund dihentikan. Dan yang sudah lunas dapat mendapatkan pengembalian dana. Dan tindak Refocus atas pemutusan sepihak.

  • 24 September 2023 - (10:30 WIB)
    Permalink

    JAMINAN UANG KEMBALI bila tidak dapat pekerjaan ??? Gampang banget ya mungutin duit dari masyarakat. Masyarakat lagi butuh logikapun tertutup janji manis, akhirnya duit melayang.

    32
    1
    • 24 September 2023 - (20:32 WIB)
      Permalink

      Jaminan uang kembali, jaminan pekerjaan menjadi jargon, senjata yang membuai calon siswa, hati2 agar tidak lagi terjadi bagi yang lainnya.

    • 24 September 2023 - (23:40 WIB)
      Permalink

      Saya Tjutju Sudrajat Siswa Refocus angkatan 32

      Bermaksud untuk memperbaiki karir dengan mengikuti refocus malah ditengah pembelajaran, terkena musibah refocus hengkang dan hilang sudah janji2 manis yang dikatakan saat gabung refocus. Alih2 berharap memperbaiki masa depan malah tertimpa beban cicilan yg cukup besar dan masa depan yang ngga menentu.

      Semoga ada jalan keluar terbaik khususnya dari DanaCita. Pendidikan ngga tuntas utang jalan terus.

      #savestudentrefocusindonesia

  • 24 September 2023 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Terimakasih pak Ari ( Tim kecil )
    Sudah mewakili semua student refocus dalam menghadapi masalah ini.

    Sangat mengecewakan dan menyedihkan tempat belajar yg saya banggakan bisa tiba tiba tumbang.

    33
    1
    • 24 September 2023 - (20:23 WIB)
      Permalink

      Saya Irna Aldi dari grup 88 on boarding 24 juli, sudah bayar cash kursusnya tutup. Sangat terguncang dana segitu2nya untuk invest skill malah melayang, mohon bisa ditanggapi oleh semua2 pihak yang peduli, yg berwenang, untuk membantu kami22 ini, agar dana bisa kembali, dan jugateman2 kami bisa terselamatkan dari jeratan pinjaman untuk membiayai pendidikan ini.

    • 24 September 2023 - (20:19 WIB)
      Permalink

      Selamat malam..

      Saya wina dari group/batch 75 dari kota Bandung. Saya sangat merasa rugi dan tertipu dengan terkait tutup refocus, sedang pembiayaan lewat pinjaman danacita. Karena saya tidak mendapatkan apa yg disudah di janjian oleh refocus , saya ingin melakukan pembatalan pinjaman danacita. #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

    • 24 September 2023 - (20:22 WIB)
      Permalink

      Saya Mety , student Refocus batch 70 asal Bekasi
      Kecewa, Sedih, Kesal, bayar mahal sampai 2 digit niat belajar tapi terima kenyataan tiba2 tutup tanpa ada pemberitahuan apapun.

    • 24 September 2023 - (20:31 WIB)
      Permalink

      Hak di putus
      Cicilan di tagih terus
      😭
      Salam,
      Satrio Tri Utomo, siswa refocus batch 29 dari Tangerang
      #SaveStudentRefocusIndonesia

    • 25 September 2023 - (00:02 WIB)
      Permalink

      Saya berharap refocus tidak lari dari masalah setelah membuat kegaduhan yang merugikan ribuan orang. Buktikan itikad baik Anda jika Anda seorang Profesional

    • 25 September 2023 - (05:22 WIB)
      Permalink

      Pemerintah harus turun tangan dalam masalah ini,, karena ini jelas telah merugikan banyak student dengan biaya yang tidak sedikit,

      #savestudentrefocusindonesia

    • 24 September 2023 - (20:33 WIB)
      Permalink

      say selalu rutin dan tepat waktu melakukan pembayaran biaya pendidikan ke Dana Cita,namun beberapa hari lalu lembaga kursus yang saya ikuti yaitu refocus tiba tiba menyatakan tutup secara sepihak tanpa ada komunikasi kepada kami para siswa, kami tidak mendapatkan akses belajar dan fasilitas yg dijanjikan oleh refocus,namun dari pihak Dana cita terus melakukan penagihan kepada kami, sedangkan kami sudah tidak mendapatkan fasilitas belajar kami dari refocus, saya sangat kecewa dan berharap sekali permasalahan ini segera bisa terselesaikan,Mohon bantuannya 🙏🙏

      Salam

      Safrika Vw – Siswa refocus group 55 – Kabupaten Wonosobo

      #SaveSiswaRefocusIndonesia

    • 24 September 2023 - (20:38 WIB)
      Permalink

      Saya Raras, siswa Refocus batch 101. Saya sudah membayar 50% bahkan belum mulai kursusnya (baru mau onboard) dan tiba2 ada berita penutupan Refocus di Indonesia (untungnya belum sempat pelunasan). Semoga segera menemui titik terang utk temen2 siswa yang dirugikan.
      #SaveStudentRefocusIndonesia

    • 24 September 2023 - (21:21 WIB)
      Permalink

      Terimakasih team kecil
      Terus semangat kita semua siap mendukung demi hak hak student Refocus sesuai janjinya

  • 24 September 2023 - (20:10 WIB)
    Permalink

    Akhirnya kami Warga Negara Indonesia yang mau pintar dengan dana sendiri tidak membebankan APBN, malah terjerat hutang, bagaimana peran Negara ?

    30
    1
  • 24 September 2023 - (20:11 WIB)
    Permalink

    Mohon bantuannya, saya ingin meminta solusi terbaik, jika tidak bisa melanjukan bootcamp nya, mohon kembalikan uang saya

    29
    1
    • 24 September 2023 - (20:22 WIB)
      Permalink

      Saya Achmad Fadel Damar Megantara batch 49 kota Batang

      Saya Kecewa tidak sesuai apa yang diiklankan refocus

      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

    • 24 September 2023 - (20:33 WIB)
      Permalink

      Semoga ada jalan keluar dari permasalahan ini, mohon instansi pemerintahan yang terkait mendengar dan menindaklanjuti permasalahan ini. Mengingat korban lebih dari seribu orang.
      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

    • 24 September 2023 - (20:33 WIB)
      Permalink

      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA
      Saya Yulianto Kamaludin Zaky – Siswa Refocus Batch 9 Kota Bandung.

      Saya sebelumnya tiap bulan menyisihkan uang gaji saya untuk melunasi cicilan kursus dengan harapan saya bisa mempelajari skill baru untuk mengembangkan karir saya.
      Rencana saya awalnya karena sedang sibuk dengan pekerjaan sekarang, saya akan kembali fokus melanjutkan kursus setelah lunas cicilan kursusnya. Namun ternyata pihak Refocus secara sepihak menutup institusi mereka dan lepas tangan begitu saja, saya berharap uang yang sudah disisihkan untuk kembali dikarenakan jumlahnya tidak sedikit.

      Salam perjuangan
      Yulianto Kamaludin Zaky – Siswa Refocus Batch 9
      Kota Bandung

    • 24 September 2023 - (21:33 WIB)
      Permalink

      Saya siswa batch 71, sedih sekali, Sangat disayangkan, niat berjuang demi keluarga , malah refocus tutup secara tiba2, cicilan tetap ditagih, dan pelajaran tidak berlanjut, tolong refocus tanggungjawabnya,
      Karena re focus sudah menerima uang dari siswa.
      Terimakasih pak ari dan team yang luar biasa
      Semoga masalah kita cepat selesai

      #savestudentrefocusindonesia

  • 24 September 2023 - (20:12 WIB)
    Permalink

    Terima kasih teman2 isu ini sudah diangkat, kami ex siswa refocus sangat merasa dirugikan dengan adanya pemutusan layanan secara sepihak dari Refocus, kami ex siswa saat ini masih harus menyelesaikan berbagai cicilan melalui bbrp fintech (danacita, edufund) dan juga CC.
    Mohon bantuan pihak berwajib, interpol, bareskrim, badan perlindungan konsumen, kemenkominfo, kemendikbud, OJK, dll, agar segera ditindaklanjuti.

    35
    1
      • 24 September 2023 - (20:24 WIB)
        Permalink

        Saya Handika siswa refocus batch 83 bandung merasa dirugikan dengan penutupan refocus …saya menuntut tanggung jawab dari refocus termasuk edufund sebagai lembaga pembiayaan kursus saya … semoga ada solusi dari masalah ini

      • 24 September 2023 - (20:30 WIB)
        Permalink

        Saya angkatan 32, siswa refocus yang lunas, sekarang saya belum selesai menyelesaikan modulnya. Sedangkan refocus tutup, mohon kembali uang

        • 28 September 2023 - (09:25 WIB)
          Permalink

          Tetap semangat kakak…
          #savestudentrefocusindonesia
          Mereka tidak bisa lari dari kenyataan.. refocus betul betul jahat

      • 24 September 2023 - (20:37 WIB)
        Permalink

        Saya Heri Wibowo, siswa refocus dari Bekasi, batch 37,
        Refocus tutup sepihak. Kami tinggalkan begitu saja sebagai peserta.
        #SaveStudentRefocusIndonesia

        • 25 September 2023 - (09:44 WIB)
          Permalink

          Saya Kristo – student refocus batch 54 dari Jakarta.

          Saya menggunakan cicilan danacita dan belum lunas. Saya berharap cicilan danacita dihentikan dan dikembalikan pembayaran cicilan sebelumnya. Karena refocus tutup secara sepihak.

      • 24 September 2023 - (22:03 WIB)
        Permalink

        Untuk saat ini saya belum terkena jatoh tempo dikarenakan sudah di bayar sebelum pengumuman refocus tutup.
        Belum tau bulan depan akan seperti apa.

        Minta tolong agar dapat cicilan di berhentikan, karena memang sudah tidak dapat hak-hak yang sudah di janjikan oleh refocus.

        Salam,
        Denny Darmawan – Student Refocus Batch 61
        Kota Depok

        #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

    • 24 September 2023 - (20:32 WIB)
      Permalink

      Saya Olevia Lasmana, student Refocus grup 78 dari kota Tasikmalaya

      Saya sungguh kecewa dengan penutupan Refocus. Saya sudah bayar lunas. Tolong bantu kembalikan hak-hak kami semua para student. Atau kembalikan uang kami. Terima kasih buat teman-teman yang membantu.

      #SaveStudentRefocusIndonesia

    • 24 September 2023 - (20:32 WIB)
      Permalink

      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA
      .
      .
      .
      Semoga refocus bertangungjawab, Edufund transparan,pemerintah/ OJK bisa membantu kami para student utk jdi pihak ke 3 yg menyelesaikan dengan bbrp pihak diatas🙏

    • 24 September 2023 - (20:52 WIB)
      Permalink

      Tresno selasepa student refocus batch 52 dari kota pekanbaru.

      Refocus indonesia / PT Digital Edukasi Plus tidak bertanggung jawab nih, sudahlah bayar mahal dengan cicilan menggunakan Danacita malah tutup tanpa pemberitahuan. Gimana saya mau bayar cicilan kalo kaya ini ? Mana nama rusak kena BI checking dan Mana deg degan kalo diuber2 sama debt collector nantinya. Bener2 meresahkan nih, semoga ada solusi buat kami.

      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

    • 24 September 2023 - (22:01 WIB)
      Permalink

      Saya Almaidah group 10 dari jaksel. Bagaimana dengan hak kami dengan adanya penutup sepihak yang dikirimkan via email serta cicilan pembayaran kami yg masih berjalan? Kembalikan uang kami jika tidak bisa menepati janji
      #savestudentrefocusindonesia

    • 25 September 2023 - (06:52 WIB)
      Permalink

      Saya, Endi Iswanto, siswa refocus grup 26 dari kota Malang.
      Belajar yang tidak mudah di refocus, berharap segera dapat pekerjaan idaman.
      Sayang sekali, kurang 2 modul untuk lulus, malah ditinggal pergi dengan tidak bertanggung jawab.
      Musnah sudah impian pekerjaan yang dijanjikan.
      KEMBALIKAN IMPIAN KAMI.
      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA.

  • 24 September 2023 - (20:14 WIB)
    Permalink

    Semoga dapat berakhir baik sehingga tidak ada lagi korban kedepannya. saya student grup 85 dan tiba tiba kelasnya hilang dan ga dapet lagi produknya. Yang lunas belum tau nasibnya dan yang cicilan hingga saat ini tidak bisa dihentikan dan khawatir akan mempengaruhi BI Checking

    33
    1
    • 24 September 2023 - (20:33 WIB)
      Permalink

      Saya Student Refocus batch 56 dari Surabaya.

      Semoga dengan diangkatnya kasus ini di media konsumen mendapat perhatian dan solusi dari pemerintah. Cicilan yg di Danacita dan edufund dihentikan. Dan yang sudah lunas dapat mendapatkan pengembalian dana.

      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA
      #savestudentrefocusindonesia

    • 24 September 2023 - (20:34 WIB)
      Permalink

      Saya sudah mengajukan penghentian kursus di Refocus dan sudah di setujui oleh Refocus, kemudian ada berita Refocus tutup.

      Sampai saat ini tagihan Danacita masih terus berjalan.

      Harapan saya adalah tagihan Danacita di hentikan.

      Salam,
      Frans Daniella – Student Refocus Batch 36
      Dari kota Pandaan, Pasuruan

      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

    • 24 September 2023 - (22:04 WIB)
      Permalink

      iya Kak.. community manager & marketing tiba2 ga bisa dihubungi, akses live chat & grup hilang mendadak, cicilan tetep ditagih pula.

      • 25 September 2023 - (09:22 WIB)
        Permalink

        #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA
        PENUTUPAN SEPIHAK INI SANGAT MERUGIKAN BAGI KAMI YANG MENGENYAM PENDIDIKAN DENGAN DANA MANDIRI KAMI BERHARAP PEMERINTAH SEGERA MENINDAK LANJUTI TERKAIT PERMASALAHAN INI

    • 24 September 2023 - (20:54 WIB)
      Permalink

      Harapan untuk upgrade skill agar bisa meningkatkan penghasilan yang lebih baik diusia yang tidak lagi muda. Tapi malah kena scam. Tempat belajar tutup secara sepihak. Mana biaya belajar masih nyicil. Mohon bantuan agar cicilan juga berhenti karena pembelajaran sudah tidak berjalan. Mentor menghilang, Refocus tutup.

      Yuli.S.
      Student batch 41 – Depok

    • 24 September 2023 - (21:01 WIB)
      Permalink

      Jimmy siswa refocus batch 54 dari Bekasi.
      REFOCUS tolong uang kami dikembalikan titik
      #savestudentrefocusindonesia

      23
      1
    • 24 September 2023 - (21:12 WIB)
      Permalink

      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

      Saya Nina Rianingsih student refocus bacht 6 dr Purworejo, dah sampai modul 4 lunas pembayaran juga sudah, eh kok tiba2 tutup refocusnya, kami sangat kecewa.
      Mohon bantuan penyelesaiannya ya.

      #savestudentrefocusindonesia
      #refocustutup
      #danacita
      #edufund

      • 25 September 2023 - (09:10 WIB)
        Permalink

        Terima kasih kepada tim yg telah maksimal bekerja guna mendukung sepenuhnya hak2 student. Mudah2an kerja keras tim selalu diberikan jalan kemudahan.
        Dan kepada manajemen Refocus tetaplah profesional sesuai komitmen dlm menuntaskan kewajiban memberikan sepenuhnya hak hak student.

    • 24 September 2023 - (21:22 WIB)
      Permalink

      Saya Yuwanita, Student Refocus, #Batch 37, dari Kota Pati

      Refokus sangat mengecewakan, segera tanggungjawab, lembaga pendidikan tapi menjerat student dengan pinjaman dengan penutupan tempat pendidikan secara sepihak. Kembalikan pinjaman dari Danacita yg diatas namakan kami.9

    • 24 September 2023 - (21:57 WIB)
      Permalink

      REFOCUS ended as a scam. Semoga OJK dan Danacita bisa recovery semua cicilan students yang masih outstanding tanpa mempengaruhi riwat BI checking masing2 nasabah. Semoga para siswa exrefocus bisa segera mendapatkan kabar baik dan hak nya kembali!!

    • 24 September 2023 - (22:57 WIB)
      Permalink

      Wimpi|54|salatiga
      Bagaimana bisa melakukan kewajiban jika hak atas kewajibannya aja blm terpenuhiii,…oh nasibbbb …😭😭😭😭😭..DC please open your main and heart,.stop cicilan kuuuuu ….

  • 24 September 2023 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Saya Haris batch 19 dari jakarta. Saya sangat merasa dirugikan atas pengambilan keputusan sepihak dari refocus ini. Mohon pihak refocus dapat segera bertanggung jawab.

    • 25 September 2023 - (13:33 WIB)
      Permalink

      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

      PENUTUPAN SEPIHAK INI SANGAT MERUGIKAN BAGI KAMI YANG MENGENYAM PENDIDIKAN DENGAN DANA MANDIRI KAMI BERHARAP PEMERINTAH SEGERA MENINDAK LANJUTI TERKAIT PERMASALAHAN INI

      ARIS HANDAYANI
      BATCH 34

      • 10 Oktober 2023 - (22:00 WIB)
        Permalink

        Saya Heni Angraeni, student Refokus batch 25. Saya sangat dirugikan oleh Refokus atas penutupan sepihak tanpa adanya ganti rugi/tanggung jawab. Saya harus tetap nyicil ke danacita walaupun refokus sudah tutup, dan pihak refokus ilang begitu aja. Mohon Refokus untuk bertanggang jawab dan mohon bantuan pemerintah untuk membantu kami yang terkena dampak

  • 24 September 2023 - (20:19 WIB)
    Permalink

    Saya Jovan Pioma Pakpahan – Student Refocus Batch 14 Kota Medan
    Terimakasih pak Ari ( Tim kecil )
    Sudah mewakili semua student refocus dalam menghadapi masalah ini.
    Sangat mengecewakan dan menyedihkan tempat belajar yg saya banggakan bisa tiba tiba tutup dan saya juga khawatir untuk platform danacita dimana saya belum menyelesaikan cicilannya

    #SaveStudentRefocusIndonesia

  • 24 September 2023 - (20:19 WIB)
    Permalink

    Saya Andiny Lusy, Student Refocus Batch 70 dari Jakarta Timur.
    Saat ini saya dikecewakan dengan pihak Refocus, karena telah memberhentikan program kelas secara mendadak, sementara itu paylater danacita harus tetap di bayarkan.
    Saya merasa dirugikan dengan hal ini, materi, waktu dan janji dari pihak Refocus.

    • 24 September 2023 - (20:35 WIB)
      Permalink

      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA
      saya sebagai sisqa REFOCUS dengan segala hormat memohon agar EDUFUND , DANACITA, OJK, PEMERINTAH RI bisa menghentikan cicilan pendidikan bagi siswa karena REFOCUS menghentikan operasional secara dadakan dan sepihak tidak memberikan hak yg telah dijanjikan (Pembelajaran, Group/Community Discord, Career Centre, Jaminan Kerja, Akses ke Ujian, Live Consultation dan Modul # 7) ..
      Harapan saya itu adalah solusi yg “win-win” bagi kasus ini.

    • 24 September 2023 - (21:38 WIB)
      Permalink

      Berharap tidak lagi melakukan pembayaran cicilan, karena saya sudah tidak menerima layanan dan jaminan yang dijanjikan Refocus dan jumlah yang dibayarkan cukup besar.

      Monica – Student Refocus Batch 26
      #SaveStudentRefocusIndonesia

      • 25 September 2023 - (08:07 WIB)
        Permalink

        Saya Lisa dari Jakarta ikut Batch42 berharap dapat oppurtunity baru setelah lulus ini malah zonk, belajar belum selesai tempat kursus tutup mendadak tanpa pemberitahuan sebelumnya. Hak kami untuk mendapatkan mentor, bimbingan karir dan sertifikat tidak kami dapatkan.. Saya berharap cicilan untuk kursus kami dapat dihapuskan karena tempat belajarnya sudah tutup dan kami tidak mendapatkan hak hak kami lagi.

  • 24 September 2023 - (20:19 WIB)
    Permalink

    Saya masih cicilan tapi kursusnya udah tutup. Tolong pihak terkait untuk menyelesaikan masalah ini….

    Salam,
    Bambang Herlambang – Siswa Refocus Batch 34
    Kota Serpong

    #SaveStudentRefocusIndonesia

  • 24 September 2023 - (20:19 WIB)
    Permalink

    Semoga segera ditanggapi oleh Refocus dan pihak terkait lainnya. Tolong pihak2 terkait dari pemerintah dapat memfasilitasi kasus ini agar segera diselesaikan dengan seadil2nya

    Salam,
    Alwan – Siswa Refocus Batch 70
    Bandung

  • 24 September 2023 - (20:20 WIB)
    Permalink

    #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA Agus Hartanto Student Refocus Batch 13
    Surat Terbuka Terkait Penutupan Kursus Online Refocus

  • 24 September 2023 - (20:20 WIB)
    Permalink

    Saya Bobby Pratama Student Refocus batch 66 asal Magetan

    Harapan saya Refocus bisa kembali dengan janji jaminan pekerjaan, atau kembalikan uang saya

    #SaveStudetRefocusIndonesia

    • 25 September 2023 - (08:16 WIB)
      Permalink

      inikan namanya maling, rampok, merampas hak2 yg harus kami dapatkan setelah kewajiban sudah selesai dilunaskan atau sebagian teman2 ada yg sedang menyicil.
      kembalikan hak kami utk belajar atau kembalikan uang kami!!

      • 25 September 2023 - (17:32 WIB)
        Permalink

        Mohon bantuanya kepada pihak kepolisian, hukum, lembaga konsumen dan pihak2 berwenang lain untuk mengusut tuntas kasua refocus ini supaya tidak ada lagi kejadian serupa kedepanya

    • 25 September 2023 - (10:24 WIB)
      Permalink

      Saya Iqbal Maulana dari Tangerang batch 71
      Saya merasa dirugikan karena penutupan secara sepihak dan tagihan cicilan selalu di tagih sementara hak kami tidak terpenuhi
      #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

  • 24 September 2023 - (20:20 WIB)
    Permalink

    Saya harist, student refocus batch 76 dari Surabaya.

    Mohon diperhatikan oleh pihak refocus dan danacita. Terutama untuk cicilan yang akan segera jatuh tempo. Hasil investigasi dari danacita pun belum ada kejelasan. Kami harus membayar cicilan untuk kursus yang sudah ditutup. Cukup konyol ini, seakan akan ada kejahatan scam secara masif dari masing-masing pihak penyedia dana dan refocus indonesia.

    #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

    • 25 September 2023 - (11:33 WIB)
      Permalink

      Saya putri siswa refocus batch 69 dari Tangerang Selatan.

      Terkait penutupan dan hal lainnya semoga bisa segera terselesaikan baik dari fasilitas yg semestinya kami terima sebagai siswa ataupun kejelasan biaya pendidikan yg kami harus bayarkan. Semoga segera ada kejelasan dari pihak refocus dan instasi lain yg terkait agar kami bisa melanjutkan dengan baik study kami maupun jalan tengah terbaik untuk masalah ini.

      #SaveStudentRefocusIndonesia

      • 25 September 2023 - (11:51 WIB)
        Permalink

        Saya Libertin Gulo student group 9 dari Jakarta, baru aja bulan September ini pembayaran tagihan kursus refocus lunas menggunakan danacita tiba-tiba ada info pemberhentian secara secara sepihak dari refocus, nyesak banget pastinya.

        #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

        • 25 September 2023 - (14:56 WIB)
          Permalink

          Saya Rinanda merupakan Student Refocus batch 33 dari Medan.
          Dengan adanya surat terbuka ini, pihak Refocus bisa segera memberikan solusi konkrit serta mengembalikan hak2 kami sebagai student refocus. Saat operasional refocus dinyatakan tutup, kewajiban kami untuk membayar cicilan harus terus berlanjut dengan cicilan sementara kami tidak memperoleh hak” Kami sesuai dengan perjanjian dari Refocus dan kami sangat dirugikan.

        • 25 September 2023 - (19:29 WIB)
          Permalink

          #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

          Saya mega, Manado batch 72
          Dengan kejadian ini saya sangat dirugikan dengan keputusan sepihak, cicilan terus berlanjut sedangkan hak sebagai siswa tidak dapat!

          • 26 September 2023 - (17:57 WIB)
            Permalink

            #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA
            Saya : Krisno. Student refocus batch 99. Baru ikut kursus seminggu tiba2 penghentian sepihak oleh refocus. Biaya kursus sdh dibayar 10% sebagai DP, plus cicilan pertama juga sdh. Oleh edufund seluruh biaya kursus sdh dilunasi ke refocus. Cicilan ke edufund jalan terus sampai 11 bln ke depan. Skrg call center refocus sdh tdk bisa dihubungi. Dzalim nya luar biasa. Saya meminta dikembalikan seluruh biaya yg telah disampaikan ke refocus kepada saya atau lanjutkan kursus sebagaimana perjanjian awal.

          • 8 Oktober 2023 - (13:33 WIB)
            Permalink

            Saya salah satu korban refocus juga. Ada nomor kontak yg bisa dihubungi?
            Bisa dapat info terbaru

        • 26 September 2023 - (20:12 WIB)
          Permalink

          Saya mochamad nurhata siswa refocus batch #66,..dan merasa dirugikan atas kejadian ini….mohon kiranya secepatnya dapat diselesaikan baik sudah bayar cash maupun yang masih dalam cicilan, dn saya sudah masuk bulan ke lima tahap project assignment PA#1..tiba-tiba dikejutkan dengan tutupnya lembaga kursus refocus..#SABESTUDENTREFOCUSINDONESIA

          • 27 September 2023 - (01:22 WIB)
            Permalink

            Saya Nunuy siswa refocus batch 71, sangat kecewa atas informasi pemberhentian ini, saya tidak berharap uang kembali karena saya baru masuk modul 1, hanya saja saya tidak mau ada tagihan di kemudian hari karena itu sangat merugikan dan saya tidak dapat manfaatnya dari kursus ini. Tolong pihak2 berwenang bisa seperti ojk bisa menulusuri danacita dan refocus. #SAVESTUDENTREFOCUSINDONESIA

 Apa Komentar Anda?

Ada 1058 komentar sampai saat ini..

Surat Terbuka Terkait Penutupan Kursus Online Refocus

oleh Ari Palgunadi dibaca dalam: 3 menit