Jadwal Pick Up Kurir Saat Waktu Istirahat

Perkenalkan nama saya Andreas Budisetianto selaku penjual di Shopee, nama toko saya: “toko_millennials”. Di sini saya ingin menjelaskan tentang kebijakan Shopee terlebih dahulu, yang mewajibkan penjual menggunakan kurir Shopee Xpress dan J&T. Kemudian ada kebijakan yang sudah berjalan dari sekitar bulan Maret, yaitu penjual diminta untuk memenuhi target minimum paket 10/hari supaya tetap bisa menggunakan layanan pick up dari Shopee Xpress.

Di sini sudah sangat jelas kalau Shopee ingin ekspedisinya digunakan semaksimal mungkin oleh penjual. Namun saya menyayangkan kebijakan ini, yang terlalu terkesan memonopoli ekspedisi. Karena saya sebagai penjual jadi harus menonaktifkan ekspedisi lain dan malah terjebak di ekspedisi Shopee Xpress dan J&T.

Tidak berhenti di situ, saya selalu dibuat kecewa dengan kurir Shopee Xpress yang selalu datang saat waktu yang tidak tepat. Berikut bukti bahwa kurir Shopee Xpress sering kali pick up saat waktu istirahat:

Apabila kurir pick up waktu sore hari, itu saya masih maklumi. Namun sering kali saya harus kompromi dengan kendala kurir yang selalu alasan “Saya back up yang shift malam, jadi harus ikut sortir paket“. Kemudian alasan lainnya yang menurut saya menunjukkan bahwa ekspedisi Shopee Xpress sangat tidak profesional.

Di sini saya mempertanyakan pihak Shopee yang ingin memonopoli ekspedisi, tapi selalu menunjukkan bahwa ekspedisi Shopee Xpress ini tidak berkualitas.

Terima kasih,

Andreas Budisetianto
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Jadwal Pick Up Kurir Saat Waktu Istirahat

  • 27 September 2023 - (14:41 WIB)
    Permalink

    maaf bertanya soalnya bukan pengguna toko orange. Apakah ketika permintaan pickup dilakukan pagi/ siang hari? pengalaman saya dengan my besti sicepat dan anteraja. mereka akan pickup segera kita menekan tombol permintaan pickup. bahkan sering sekali justru saya yang kadang request pickup di jam istirahat, karena pembeli transaksi sudah mendekati malam, udah gitu minta segera diproses. alhamdulillah anteraja khususnya, kurirnya sangat baik baik, meski sudah lewat jam kadang mereka mau pickup sampai jam 9 malam.

    2
    2
    • 27 September 2023 - (15:01 WIB)
      Permalink

      saya selalu minta pickup di jam paling cepatnya jam 1-3 siang.. dan sepanjang saya pakai shopee express, ga pernah dia pickup siang.. paling cepat jam 5 sore. Saya maunya juga pakai anteraja kak, tapi ada kebijakan yg mengikat per hari harus 10 paket dipickup shopee express, kalo dibawah itu nanti terancam ga dipickup, sedangkan di shopee itu gabisa matiin shopee express..

      2
      3
  • 27 September 2023 - (15:54 WIB)
    Permalink

    Maaf bukan maksud mengkomporin sih, ini hak kamu sebagai pedagang. Tapi kalau disaya, saya sudah 2 tahun meninggalkan orange. Karena semakin banyak aturan yg kurang berpihak kepedagang. Ditambah saya berfikir akan lebih baik jika saya fokus di marketplace yg asli dari bangsa sendiri si hijau dan simerah. Alhamdulillah rejeki gak akan kemana, sihijau selama ini lebih manusiawi. Memiliki aturan yg jelas, dan yang terpenting pemiliknya dari RAS sendiri 🙂

    3
    9
    • 27 September 2023 - (16:33 WIB)
      Permalink

      saya setuju kak, si hijau lebih melindungi hak pedagang, sejauh ini saya masih bisa sabar saja, cuman kasihan saja yang umkm kecil ga bisa berkembang di oren..

      1
      4
      • 27 September 2023 - (19:43 WIB)
        Permalink

        Letak tidak berkembangnya dimana di oren kl boleh saya tau dan bisa tunjukkan.

        1
        4
        • 27 September 2023 - (19:51 WIB)
          Permalink

          kebijakan yg harus mempertahankan 10 paket per hari supaya bisa dipickup kurir shopee express, kalo umkm baru kan blum tentu 10 paket per hari, bisa saja di bawah itu, otomatis dia diharuskan utk ngejar target 10 per hari, ya kalo deket dari kantor shopee express, kalo jauh? kalo ada fitur pickup kan lebih mudah seperti anteraja atau sicepat yang ga ada target seperti shopee express. J&T juga gamau pickup kalo paketnya sedikit, ya fakta di lapangan saja, kalo anda kontra sama pernyataan saya, tidak masalah. Cuman aneh kenapa udah ditunjukan bukti di artikel, tapi masih ngotot minta bukti, anda ini gabisa menyimpulkan apa gimana?

          3
          2
        • 27 September 2023 - (20:00 WIB)
          Permalink

          disini poin utamanya kenapa harus dipaksa menggunakan ekspedisi tertentu dan ditargetkan, ngerti anda? poinnya adalah ada indikasi monopoli ekspedisi, kalo anda ga setuju, ya terserah anda. Karena sejauh yg saya lihat ini persaingan yg tidak sehat, otomatis umkm kecil sulit berkembang karna keluar biaya ongkos nganterin paket terus, blom lagi ekspedisi lain seperti anteraja, sicepat, dll itu otomatis menurun pickup paketnya, ini udah terjadi mas, saya udh tanya langsung ke kurir anteraja dan dia bilang “iya akhir akhir ini turun”, kalau anda merasa semua baik” aja, ya ga masalah, bagus di anda.

          2
          3
          • 1 Oktober 2023 - (11:43 WIB)
            Permalink

            Mungkin coba jam PU nya diubah ka, biasanya kan kaka nya atur PU antara jam 13.00-15.00. Coba bisa dirubah yg 17.00-19.00 atau yg 19.00-23.00 jadi biar di PU pagi hari berikutnya. Jadi contohnya seumpama kaka ada paket buat kirim besok, dan biasanya kaka atur pengiriman baru besok langsung kaka atur pengiriman hari ini aja, masukin ke pengiriman malam. Biasanya pagi hari besoknya udah di PU. Kalo di tempatku gitu sih

  • 27 September 2023 - (16:04 WIB)
    Permalink

    Saya menggunakan semua dan semua baik2 saja. Kecuali bukalapak, sdh mati sepertinya. Semuanya punya aturan yg jelas, kalau menurut anda tdk jelas ya belajar. RASis.

    2
    4
    • 27 September 2023 - (16:26 WIB)
      Permalink

      justru saya rasa kk yg perlu pelajarin artikel saya lagi deh, soalnya ga nyambung komentarnya sama artikel saya.

      1
      2
    • 27 September 2023 - (17:42 WIB)
      Permalink

      😋RASISME itu terkadang diperlukan bapak. demi keutuhan bangsa. cintailah ploduk ploduk indonesiah… begitu kurasa

    • 27 September 2023 - (20:03 WIB)
      Permalink

      @Hery Mulyanto
      Tumben bro komentar ente begini amat, terutama bagian akhir. Akun dibajak?

  • 27 September 2023 - (22:59 WIB)
    Permalink

    Saya sih mikirnya simpel aja. Pakai logika aja. Ibaratnya rumah kontrakan. Walaupun kita sudah membayar bukan berarti kita bebas seenaknya tinggal dirumah itu. Ada peraturan yang dibuat pemilik yang harus kita taati. Kalau gak suka ya tinggal keluar aja. Gitu aja kok repot…

    • 27 September 2023 - (23:11 WIB)
      Permalink

      tetep kita harus peka sama lingkungan mas, kita gabisa liat dari satu sisi saja, ada brp banyak umkm yg terbantu lewat platform marketplace, ada brp banyak umkm yg baru mulai usaha, ada brp banyak ekspedisi yg kerjasama dgn marketplace, blom lagi ada brp banyak yg sudah terbiasa belanja lewat shopee, semua kalo dipikirin dri satu sisi ya gampang apa” tinggal cabut.. tapi kan ga semudah yg masnya bilang.. kalo memang ada indikasi persaingan tidak sehat, itu bahaya juga

      • 28 September 2023 - (11:18 WIB)
        Permalink

        Kalau saya tidak salah ingat, ada beberapa artikel di MK mengenai dipaksa ekspedisi S.
        Kalau tidak salah baca bisa di non aktifkan tetapi sistemnya ke customer service deh pengajuan ya?

        Saran saya daripada berasa ribet, di coba chat ke CS saja dulu mas minta non aktifkan.

  • 28 September 2023 - (12:11 WIB)
    Permalink

    Ya itu lah pemerintah kita yang tidak peduli hal2 ini sebenarnya shopee mulai monopoli terselubung cuman ya itu sellermya pada tidak kuat mengangkat hal ini ke dunia nyata, cerita ini hanya habis di seler dan paling tinggi di medsos. Coba lihat ojol mereka ada aturan yg menaungi khususnya tarif, di marketplace pedagang ya ngurus sendiri semua, mau ada kebijakan baru semua hanya manut saja ngak bisa ngapa2in.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Xpress?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Jadwal Pick Up Kurir Saat Waktu Istirahat

oleh Andreas dibaca dalam: 1 menit
18